Skincare Routine: Untuk Kulit Kering (2018)

3:00 PM

skincare-routine-untuk-kulit-kering

If you aware that it’s been a while since the last time I updated about my skin care routine. It was last November, so it’s been 4 months already. Ingat tulisanku di post sebelumnya? Aku bilang make up yang terlihat bagus berawal dari kanvas (kulit) yang bagus juga. Maka dari itu aku sarankan untuk merawat kulit supaya hasil make up lebih maksimal. Nah, hari ini aku mau sharing skin care routine yang sedang aku pakai sekarang.

For your information, tipe kulitku kering, rutinitas yang aku jalankan saat ini akan terlihat maksimal jika kamu punya tipe kulit yang sama. But still, produk-produk dibawah ini juga bisa aja dipakai untuk tipe kulit lainnya. Untuk kamu yang sedang cari pengganti produk untuk routine-mu, aku harap post ini bisa membantu ^^;

Pada post tentang routine sebelumnya aku hanya menyebutkan routine di pagi hari, tapi kali ini aku mau bahas semuanya. Mulai morning routine, night routine sampai weekly routineSebagian besar produk yang aku gunakan adalah produk lokal jadi lebih mudah dicari. Rutinitas ini sudah aku jalankan mulai bulan Januari 2018, jadi sampai tulisan ini dibuat sudah masuk bulan ke-empat. Step yang aku jalankan masih sama, tapi ada beberapa produk yang berubah. 

Morning Routine: clean  ̶   moisturize  ̶   protect

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#1 Clean
Pastinya cuci muka dulu pakai sabun. Pilih sabun yang nggak bikin kulit terasa tertarik (tight feeling) dan tetap melembabkan kulitmu. Aku pakai sabun (mandi) bayi dari Zwitsal. Sabun ini punya kandungan susu dan madu dengan pH seimbang. Aku sudah pernah review sabun ini, kamu bisa baca selengkapnya disana.


#2 Moisturizer
Ada beberapa tahapan di bagian ini, yaitu aplikasi toner, essence dan day cream.

Toner
Aku pakai toner dari Viva varian lemon dan cucumber. Dua produk ini nggak aku pakai sekaligus. Face tonic lemon aku pakai selama 2 bulan sampai bulan Februari, sedangkan yang Cucumber aku pakai setelahnya sebagai pengganti sampai sekarang. Pilihan toner bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Untuk aku pribadi memilih toner yang bisa mencegah jerawat dan meringkas pori.

Nb: iya memang tipe kulitku kering, but sadly aku punya pori-pori yang besar di area hidung dan pipi :-(

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Essence
It’s my first time using an essence ever. Back then I’m not really interested in those kinds of extra moisturizer products like essence or serum. Karena merasa belum butuh dan.... harganya agak mahal haha. Dulu punya pikiran pakai krim biasa aja cukup. But now, I’m not regretting my decision to buy an essence! It works wonderfully amazing!

Aku pakai essence Wardah dari seri Renew You. Yes it famous for the anti-aging formula. Kulitku yang kering ini biasanya membuat fine lines terlihat jelas, terutama di area pipi (smile line). Jadi aku pilih varian ini. Aku pakai produk ini sejak 10 Januari. Efek yang paling terasa adalah tekstur kulit jadi semakin bagus. 

Baca juga: Wardah Renew You Treatment Essence Review

Day Cream
As you can see on the infographic, ada 3 produk pelembab. Banyak ya hahaha. Nggak kok, nggak pakai ketiganya sekaligus. Aku kombinasikan dua pelembab sebagai day cream untuk sehari- hari, yaitu:

  • Hada Labo Shirojyun Milk > Fair & Lovely Multivitamin
  • Johnson’s Baby Lotion 24-hour > Fair & Lovely Multivitamin

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Step ini masih sama seperti yang aku tulis sebelumnya. Aku memang biasa pakai dua produk supaya kelembaban di kulitku lebih tahan lama. Wardah Aloe Gel yang aku pakai sebelumnya sudah digantikan Johnson’s Baby Lotion.


Walaupun aku pernah bilang kalo Hada Labo Milk hasilnya nggak begitu terlihat di kulitku tapi aku tetap pakai sampai sekarang. Ini botol keduaku. Overall karena produk ini bisa kasih efek lembab aku yang aku butuhkan.


Lip Care
Nggak cuma wajah saja yang perlu perawatan, bibir juga. Kedua produk dibawah ini aku pakai bergantian, tapi si Nivea lebih sering aku bawa kemana-mana karena bentuknya yang lebih praktis. Nama produknya adalah:

  • Nivea Fruty Shine – Strawberry Shine
  • Vaseline Petroleum Jelly

Cara pakainya, oleskan segera setelah mandi dan sebelum memulai skin care routine apapun. Maksudnya, supaya saat kamu selesai melakukan morning routine, bibirmu juga sudah siap untuk diaplikasikan lip product. Hasilnya bibir akan lebih lembab jadi lipstik/lip tint/lip cream juga akan terlihat lebih bagus.

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Anyway, aku juga sudah pernah sharing tentang daily to weekly lip care routine-ku. Kalo kamu mau baca bisa cek link dibawah ini ya.

Baca juga: Lip Care Routine

#3 Protect
Banyak yang melewatkan step ini karena terlihat nggak penting. Tapi kulit juga perlu perlindungan, lho. Jadi lindungi kulitmu dari sinar UV dari sekarang! Aku pakai produk sunblock dari Wardah dengan kandungan SPF 30 PA+++. My all time favorite, sejak tahun 2014 sampai sekarang :-)


Night Routine: clean  ̶   deep moisturize  ̶   special care

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#1 Clean
Bersihkan wajah dari semua kotoran dan make up. Aku menerapkan sistem double cleansing. Apa sih double cleansing itu? Intinya, membersihkan make up menggunakan dua jenis cleanser yang berbeda. Jenis produk yang dapat digunakan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

skincare-routine-untuk-kulit-kering
Produk yang aku pakai untuk membersihkan wajah ada 4 macam, yaitu 2 produk cleansing/make up remover dan 2 produk face wash.


Saat pakai full make up aku selalu bersihkan dengan Maybelline Make Up Remover terebih dahulu, setelah itu lanjut pakai Viva Milk Cleanser lalu Pixy Cleansing Express. Tapi kalo cuma pakai bedak+lipstik saja tanpa make up lainnya, cukup pakai Cleansing Milk dan Cleansing Water aja.

Langkah selanjutnya, aku cuci muka. Saat pakai full make up aku pakai face wash dari Hada Labo, kalo nggak pakai full make up aku pakai sabun Zwitsal. Jadi, aku menggunakan 3 produk berbeda untuk tahap cleansing di malam hari.


skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#2 Deep Moisturize

Toner
Produk yang aku pakai sama seperti saat pagi hari.

Essence
Masih sama juga ya, hehe.

Serum
Khusus di malam hari aku tambahkan 1 layer skin care lagi di kulitku dengan serum. Aku mulai pakai serum ini sejak bulan Januari lalu. Sejauh ini kulitku cocok dan kelihatan hasilnya. Aplikasinya aku fokuskan ke area yang membutuhkan aja, seperti smile line dan dahi. Pemakaiannya cukup 1-2 tetes di masing-masing sisi. 

Baca juga: Wardah Renew You Anti-Aging Intensive Serum Review

Night Cream
Aku pakai krim malam dari Khalisa yang punya kandungan Water Lily Extract. Produk ini sudah dapat sertifikat Halal MUI lho. Aku juga sudah tulis review lengkapnya, baca disana ya~


skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#3 Special Care

Lip Care
Produk yang aku pakai adalah Vaseline Petroleum Jelly yang dijadikan lip sleeping mask. Sebenarnya sama saja seperti lip balm biasa, tapi aplikasikan lebih banyak dan biarkan sampai besok pagi.

Acne Care
Step ini hanya aku lakukan kalo ada jerawat / noda jerawat. Aplikasinya sebelum serum dan night cream. Jadi, aku oleskan langsung di atas jerawat/noda jerawatnya tanpa dilapisi dengan produk lain. Caranya dengan membersihkan (lapisan skincare sebelumnya) pada area akan diobati dengan cotton bud.


Weekly Routine: exfoliate  ̶   mask

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018
#1 Exfoliate
Sel-sel kulit mati harus dibersihkan secara berkala, caranya adalah dengan eksfoliasi. Hal ini aku lakukan minimal satu kali dan maksimal dua kali dalam seminggu. Kalo di jadwalku sih setiap hari Rabu dan Minggu hehe. Tapi khusus area hidung dan dagu, aku lakukan hampir setiap hari.


#2 Mask
Untuk masker, ada yang aku lakukan setiap hari dan setiap 2-3 hari sekali. Masker yang aku pakai rutin setiap hari adalah masker alami dari oatmeal ^^; Sedangkan setiap beberapa hari sekali aku pakai dua produk masker, yaitu:



Masker ini tipe peel-off jadi aplikasinya cukup praktis. Komposisi unggulan yang ada di masker ini adalah ektrak biji anggur. Masker ini bekerja sangat baik dalam melembabkan kulit.



Maker tipe wash-off buatan India ini cukup terkenal dengan baunya yang khas. Kalo aku bilang sih bau jamu gitu. Selama pakai masker ini aku merasa kulit jadi lebih bersih karena oil control-nya bagus banget dan noda jerawat jadi lebih cepat hilang.

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Prevention is the key for youthful skin, jadi selalu sempatkan memberi perhatian lebih ke kulitmu. Your skin will surely thank you for it. Anyhow, the great skin doesn’t happen by chance, iya kan? Butuh proses dan kesabaran hehe.

Finally, this is the end of today post. Nanti pasti aku update lagi kalo ada produk baru. Lumayan panjang juga ternyata haha. Share juga yuk produk apa aja lagi kamu pakai untuk skin care routine-mu  :^)


You Might Also Like

38 comment(s)

  1. Kak foto yg kaya ada produk dan keterangan nya bagus banget, itu bikinnya pke aplikasi apa? Salfok 😆 #kbbvmember

    ReplyDelete
  2. wardah essence ini ko bikin kepengen coba ya, sempet banget kemarin pengen beli tapi ragu2 katanya ada yang ga cocok #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok atau nggak-nya balik lagi ke kulit masing-masing sih ya ^^;

      Delete
  3. Lengkap banget infonya. Bisa jadi insight untuk perawatan kulit oily juga nih terutama untuk maskernya! #KBBVmember

    FIA - fiarevenian.com

    ReplyDelete
  4. Aku penasarn juga pengen pake Baby Oil, katanya bagus untuk yang punya kulit berjerawat. Ingin coba 🔥🔥😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pakai baby oil buat make up remover, lumayan juga hasilnya 😀

      Delete
  5. Penasaran banget sama Wardah renew you nih. Mumpung masih belum, harus concern sama anti aging dari sekarang.
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. Wah banyak nih rekomendasinya, kebetulan kulitku tadinya normal sekarang jadi agak kering hiks , masker himalaya blm aku cobain si #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masker himalaya punya oil control yang oke banget ^^

      Delete
  7. wah jenis kulitmu sama kayak aku, perlu di contek nih skincarenya :) TFS ya #kbbvmember

    www.dajourneys.com

    ReplyDelete
  8. Kak lengkap banget reviewnya. Aku salfok sama gambar nya. Cakep. Btw aku pemasaran sama esense nya wardah. Ini dipake sebelum pelembab kan ya kak? #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! 😄 Iya dipakai setelah toner dan sebelum pelembab~

      Delete
  9. Telaten banget kamu beb.. Aku mah nyerah deh kalau sedetail itu. Ga sabaran anaknya wkwk. #kbbvmember

    ReplyDelete
  10. suka deh fotonya cakep, effort yah #kbbvmember

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka pake zwitsal ih, samaan kita hehe #kbbvmemeber

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh kulit kita sama sama cocok pakai si Zwitsal 😝

      Delete
  12. Thank you for sharing beb!! Sayang nya kulit aku ini cenderung oily :(

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat kulit oily aku rekomendasi buat cobain masker himalaya~ 😀

      Delete
  13. Salfok ke crop"nya.. niat sekaliiii tapi bagus, satisfied aku liatnya.
    Btw, thank you for sharingg

    runachoo.com
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. Wah..komplit banget ya produk skincarenya. Btw aku suka banget liat foto yang ada diblogku kamu, rapi dan bagus.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga infonya bisa membantu! Thank you hehe 😺

      Delete
  15. wah sabun mandi baby bisa buat facial wash? benar-benar ilmu baru nih.. makasih loh yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa lho, hasilnya bikin kulit bersih dan halus 😄

      Delete
  16. aku penasaran deh sama first essence nya wardah yg renew you ini, soalnya dulu coba serum-nya dan suka sama hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja kak, kalo di aku hasilnya tekstur kulit jadi lebih bagus hehe ^^

      Delete
  17. Fotonya cantik sekali, mudah dibacanya, produk nya juga gampang ditemuin.
    www.hdytlinna.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih enak pakai produk yang gampang dicari, jadi nggak perlu beli ke tempat yang jauh 😄

      Delete
  18. Aku suka banget sama foto-fotonya, jadi gampang ngerti pas bacaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalo mudah dipahami. Selamat mencoba step-stepnya! 😄

      Delete
  19. Wah wah lengkap bener nih, Mbak. Panjang. Beraneka merk. Untung disertai gambar, jadi sangat membantu pemahaman pembaca. He

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak haha soalnya lebih lengkap 😁

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Sorry, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)