02 April 2018

Sunscreen Lokal Terbaik : Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Review

Buat kamu yang masih belum pernah memakai sunscreen atau sedang ingin mencari pengganti sunscreen yang lama, membaca review ini adalah pilihan tepat. Kali ini mau sharing review tentang sunscreen dari Wardah yang sudah jadi produk favoritku sejak tahun 2014.


review-sunscreen-gel-wardah

SunscreenSunblock? Tabir surya? Pasti sudah pernah dengar tentang mereka, kan? Apapun nama panggilan yang kamu pakai untuk produk sejenis ini, intinya sama, yaitu pelindung dari sinar UV/matahari. Panasnya matahari dan sinar UV seolah nggak bisa dihindari lagi, kemanapun kamu pergi pasti masih ketemu sama si matahari. Terutama di negara tropis seperti Indonesia, ditambah lagi tinggal di kota yang panas seperti Surabaya ini. Makanya produk sunscreen diperlukan. 

review-sunscreen-gel-wardah

Kemasan luarnya berupa box warna biru muda. Isinya sendiri dalam bentuk tube warna putih dengan tutup bentuk flip warna biru muda. Wardah hanya mengeluarkan satu ukuran yaitu 40 ml. Menurutku kemasannya oke, aku suka desain produk yang minimalis begini. Nggak hanya dari segi bentuk wadah aja tapi juga ukurannya. Aplikasi krimnya akan sangat mudah karena betuknya tube dan tetap aman nggak akan tumpah karena tutupnya flip. Ukurannya juga termasuk ukuran travel size. Gampang dibawa kemana-mana (nggak butuh space terlalu banyak) dan bisa dibawa masuk ke kabin.

review-sunscreen-gel-wardah

Ini adalah produk sunscreen atau sunblock atau tabir surya, terserah mau pakai sebutan yang mana. Intinya produk ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari. Dengan pemakaian produk sunscreen Wardah ini kulitmu akan terlidungi dari sinar UV A dan UV B serta berbagai pengaruh buruk dari sinar matahari. Nggak cuma itu aja, produk ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk kulitmu, karena mengandung Vitamin E. Dan lagi, juga akan menjaga kelembaban kulitmu dengan tambahan ekstrak aloe vera dan Vit. B5.

Saking sukanya sama produk ini aku selalu simpan cadangan, takut habis hahaha. Produknya mudah didapat, murah juga harganya. Dua hal ini jadi pertimbangan yang cukup penting bagiku sebelum beli sunscreen. Karena ini adalah produk yang wajib banget dipakai sebelum keluar rumah. Sunscreen akan dipakai berulang, setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari. Kalo ada produk lain yang punya efek seperti si Wardah ini tapi susah dapetinnya bakal percuma. Menurutku sih gitu ^^



Apa komposisinya?
Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, 4-Methylbenzylidene Camphor, Acrylates Copolymer, Propylene Glycol, Polyacrylamide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, C13-14 Isoparaffin, Triethanolamine, Panthenol, Laureth 7, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Dimethicone Crosspolymer, Carbomer, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Triethylene Glycol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Dimethiconol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.

Kamu bisa lihat acne/irritant/safety score dari bahan di komposisinya di sini.

Bahan aktif yang berguna sebagai pelindung sinar UV:
  • Ethylhexyl Methoxycinnamate 
  • 4-Methylbenzylidene Camphor
  • Butyl Methoxydibenzoylmethane

Octyl Methoxycinnamate
Disebut juga sebagai Octinoxate atau Ethylhexyl Methoxycinnamate, merupakan bahan aktif dalam produk sunscreen. Berfungsi sebagai UV Filter yang akan melindungi kulit dari sunburn. Ethylhexyl Methoxycinnamate dapat melindungi kulit dari sinar UV terutama UVB.

 4-Methylbenzylidene Camphor (4-MBC)
Merupakan derivat camphor yang digunakan sebagai filter UV B pada kebanyakan tipe produk sunscreen. Menurut publikasi ini penggunaannya diperbolehkan dengan konsentrasi maksimum hingga 4%. 4-MBC punya nama lain yaitu enzacamene / eusolex 6300 / parsol 5000.

Butyl Methoxydibenzoylmethane (Avobenzone)
Termasuk dalam chemical sunscreen yang dikenal sebagai broad-spectrum sunscreen agent untuk menghalangi sinar UV terutama UVABahan ini juga dikenal dengan nama lain parsol 1789. Menurut FDA, penggunaannya dalam produk Over-the-Counter (OTC) diperbolehkan dengan konsenstrasi maksimum hingga 3% sedangkan menurut Cosmetics Directive of the European Union diperbolehkan hingga konsentrasi 5%.

Bahan yang berperan sebagai pelembab kulit, antara lain:
► Propylene Glycol
Propylene Glycol atau PG pada kosmetik biasanya digunakan untuk menjaga kada air dalam produk maupun kulit sehingga bisa mempertahankan kelembaban.

► Aloe Barbadensis Extract
Aloe Vera atau lidah buaya berfungsi sebagai soothing agent yang menenangkan kulit. Selain itu juga bisa memberikan hidrasi pada kulit kering. Ekstraknya sering dipakai pada after sun products karena dapat memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit.

Ada kandungan silikon juga, yaitu:
  • Dimethicone
  • Cyclopentasiloxane
  • Dimethiconol

Dimethicone
Merupakan salah satu tipe silikon yang banyak digunakan pada kosmetik, skincare dan hair care. Nama lainnya adalah Polydimethilsiloxane (PDMS). Dalam penggunaannya di skincare, Dimethicone dapat memperbaiki tekstur skincare yaitu sebagai emulsifier yang dapat menjaga agar bahan-bahan di dalam suatu komposisi produk tetap menyatu. Sehingga produknya dapat diratakan dengan mudah serta dapat mengisi/menyamarkan pori-pori dan garis halus.

Cyclopentasiloxane (CPS)
Merupakan salah satu tipe silikon sintetik. Jika diaplikasikan ke kulit dan rambut dapat memberikan efek halus dan licin. Seperti halnya silikon lain, Cyclopentasiloxane juga dapat mengisi/menyamarkan pori-pori dan garis halus dan memberikan efek ‘plump’ sementara pada kulit.

Dimethiconol
Merupakan silikon berbasis polymer yang berfungsi sebagai skin/hair conditioner, emollient dan anti-foaming agent. Menurut CIR bahan ini punya berat molekul yang besar sehingga sulit menembus permukaan kulit. Efeknya pada kulit dan rambut dapat memberikan subtle gloss dan membuatnya terasa halus.

Update November 2018;
Komposisi produknya berubah. Dibandingkan dengan produk yang aku posting di bulan April lalu, produk keluaran terbaru sudah nggak mengandung paraben lagi. Bahan seperti Methylparaben, Propylparaben dan Methylisothiazolinone sudah nggak tercantum di ingredients-nya. Ketiga bahan tersebut berfungsi sebagai preservatives. Walaupun nggak ada kandungan paraben bukan berarti produk ini nggak mengandung pengawet. Ada penggantinya yaitu Phenoxyethanol, Potassium Sorbate dan Sodium Benzoate.

Baca juga: La Tulipe Sunscreen Gel Review

► Phenoxyethanol
Dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Fungsi utamanya sebagai preservatives, selain itu juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Sering digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk dan mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur. Selain bisa dibuat secara sintetis, phenoxyethanol juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%.

Cara pakainya dengan mengoleskan krim tipis-tipis ke seluruh permukaan wajah. Aplikasikan minimal 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Itu menurut petunjuk pemakaian yang tertulis dibelakang kemasan. Tekstur krimnya nggak begitu cair yang watery gitu, tapi juga nggak padat. Tekstur yang pas untuk krim wajah. Warna krimnya putih, seperti pada foto di bawah. Kelihatannya susah dibaur tapi nggak kok, sunscreennya gampang banget nyatu sama kulit. Sesuai dengan deskripsi produknya, di sana tertulis bahwa produk ini mudah meresap ke kulit. 

Setelah aplikasi kulit akan terasa licin. Well, normal sih karena memang ada kandungan silikonnya. Biasanya aku tepuk-tepuk supaya lebih cepat menyerap. Tapi setelah "kering" kulit nggak akan terasa lengket atau greasy kok. Ini hasil pemakaian di kulitku yang tipenya kering ya. Kalo tipe kulit lainnya mungkin bisa berbeda. Hasil akhirnya nggak bikin kulit kelihatan matte but somewhat dewy? Biasanya aku pakai ini setelah pelembab, sebelum lanjut ke makeup. Aku tunggu sekitar 8-10 menit sebelum lanjut ke makeup. Aplikasikan minimal 15 menit sebelum keluar rumah dan re-apply setiap 2 jam sekali dan setiap kali wajah kena air.

review-sunscreen-gel-wardah

Sunscreen Gel Wardah ini baunya enak dan lembab banget. Walalupun nggak pakai makeup, hasil di kulit juga tetap bagus. Kelihatan dewy tapi nggak berminyak. Pokoknya bikin kulit kelihatan sehat deh. Aromanya kayak buah-buahan, I guess? Sorry I can't describe the scent very well. Sunscreen ini juga nggak bikin kulit white cast, aman untuk foto-foto hehe. 


Kalo dihitung nih ya, aku sudah pakai produk ini selama hampir empat tahun. Setia banget kan ya hahaha. Overall, aku suka sama sunscreennya. Selama pemakaian aku nggak pernah merasakan sesuatu yang aneh di kulitku. Aku nggak merasa gatal, nggak merah, nggak bikin breakout juga. Sejak pakai Wardah Sunscreen Gel kulit wajahku nggak gampang gosong. I feel my skin is getting better, dibandingkan sebelum pemakaian. Produk ini jadi sesuatu yang wajib banget aku bawa kemanapun. Bahkan aku rela nggak pakai gincu asal tetap pakai sunscreen hahaha. Sepenting itu, karena memang produk ini memberikan efek yang berpengaruh besar ke kulitku.


review-sunscreen-gel-wardah

Kesalahan terbesarku dulu itu hanya pakai pelembab aja, tanpa SPF pula. Semasa SMP-SMA sampai tahun pertama kuliah dulu kulit wajahku belang banget, tapi sekarang jadi mendingan. Sejak sadar pentingnya produk sunscreen untuk kulit, aku selalu pakai rutin. Hasilnya? Belangnya hilang, warna kulitku sudah rata dan skin tone-ku juga naik. Eh, bukan berarti dengan pakai sunscreen akan bikin kulitmu semakin putih atau cerah, noSunscreen ya sunscreen. Memang tujuannya hanya melindungi, bukan memutihkan atau mencerahkan. Jadi jangan berharap dengan pakai sunscreen akan bikin kulit jadi lebih cerah. Yang bisa bikin skin tone naik itu pelembab dan atau serum dengan kandungan brightening agent. Sedangkan yang melindungi kulit ya si sunscreen ini. Ada "kerjasama", nggak bisa hanya pakai salah satu aja. Pilihan sunscreen dan pelembab yang pas bisa bikin kulitmu jadi lebih cerah. Kalo pengen tau apa aja produk yang aku pakai sebagai skincare routine bisa baca blogpost dibawah ini ya :-)

Baca juga: Morning Skincare Routine 2017 | (updated) Skincare Routine 2018



✿ murah
✿ mudah didapat
✿ SPF 30 PA+++
✿ melembabkan
no whitecast

✿ nggak ada!

[Formula] ★★★★★
[Texture] ★★★★★
[Scent] ★★★★★
[Overall] ★★★★★

Where to buy? official store/minimarket/supermarket/online shop
Price? Rp. 35.000 (40 ml)


14 comments:

  1. Wahhh br aja nih kmrn aku tanya2 produk ini di guardian, tp msh maju mundur, alhasil blm jadi beli hahaha

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa tuh kak? Ada bahan yang kurang cocok kah? 😅

      Delete
  2. wah wardah lagi hihi, emang produk andalan yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, brand lokal yg satu ini favorit aku banget hehe 😍

      Delete
  3. Aku jg pake ini dan cocok, harganya jg murce ya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah cocok di kulit dan di kantong pasti bakal repurchase terus ya? 😍

      Delete
  4. Aku juga pakai ini hemat karena murah, apalagi sunscreen cepet abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya tuh, kalo mahal bakal bikin kantong cepet bolong juga kan? :'D

      Delete
  5. Pas banget nih. Harga murah dan cocok.

    ReplyDelete
  6. Aku juga pake ini spf nya lumayan banget dan murcee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga merasa SPF 30 cukup banget buat dipakai sehari-hari :)

      Delete
  7. Waaahh hebat banget kamu setia 4 thn pakai produk ini. Aku pakai sunscreen selalu gonta ganti 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setia karena belum kenal sunscreen lain haha. Sekarang ini aku juga cobain brand lain tapi yang nomor satu tetep sunscreen wardah 😂

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES