16 January 2019

Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

cara-mengecilkan-pori-pori

Nggak bisa dipungkiri bahwa pori-pori masih menjadi masalah nomor satu bagi banyak orang. Utamanya karena ukurannya yang terlihat besar. Apa kamu juga salah satunya?

Rasanya memiliki pori-pori yang less visible atau bahkan invisible adalah mimpi bagi kebanyakan orang. Nah, aku punya cara yang lebih oke dibandingkan bergantung dengan produk-produk pengecil pori yang dijual di pasaran itu. 

Yuk, cari tau selengkapnya di bawah ini!

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah semua orang dengan jenis kulit apapun pasti memiliki pori-pori. Nggak ada manusia di dunia ini yang nggak punya pori-pori. 

Nah, yang membedakan adalah penampakan dari pori-pori tersebut. Kalo ngomongin pori-pori pasti nggak lepas juga dari blackhead dan whitehead

Dibandingkan whitehead, blackhead lebih sering dihubungkan dengan masalah pori-pori besar. Tapi tau nggak, sesuatu yang kamu anggap blackhead itu bisa jadi bukan blackhead yang sebenarnya, melainkan sebaceous fillaments.

Apa kamu pernah lihat titik-titik gelap dipermukaan hidung yang rata dengan kulit? Ya itulah sebaceous fillaments

Kalo dibayangkan, hidung yang penuh sebaceous fillaments itu mirip sama stroberi. Mereka rata dengan kulit, beda dengan blackhead yang sedikit lebih menonjol. Kalo mau baca perbedaan keduanya bisa main ke artiklenya theklog ini.

Balik ke topik awal. Terlepas dari segala hal yang sudah kamu dengar selama ini, sebenernya ukuran pori-pori nggak bisa dikecilkan. Well, penggunaan produk dengan fungsi menghidrasi memang bisa membantu menyamarkan penampakannya. 

Tapi ukurannya nggak akan bisa berubah. Selain itu pori-pori juga nggak bisa terbuka atau tertutup dengan otomatis. Kenapa? Karena pori-pori nggak punya otot yang mendukung fungsi tersebut. 

Jadi kalimat yang bilang bahwa penggunaan air hangat atau handuk hangat dapat membuka pori-pori itu mitos, ya. Begitu juga sebaliknya, bahwa penggunaan air dingin dapat menutup pori-pori juga adalah mitos. Dua-duanya nggak bener.

Nah, sekarang aku akan kasih tau apa yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan pori-porimu supaya terlihat lebih kecil. Hasilnya memang nggak permanen, hanya sementara. 

Neverthelss, sejauh ini cara inilah yang paling membantu dan terbukti efektif di kulitku.

cara-mengecilkan-pori-pori
COSRX BHA Blackhead Power Liquid

Bahan yang perlu kamu siapkan:

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori di wajah? Berikut ini langkahnya:

  1. Proses ini memakan waktu hingga 1 jam. Aku pribadi sering melakukannya saat pagi hari. Tapi bisa juga dilakukan di waktu yang lain sesuai dengan kebutuhanmu.
  2. Aplikasikan BHA di area yang diinginkan. Aku pribadi hanya mengaplikasikan di area hidung aja karena produk BHA cenderung bikin kulitku kering. Tunggu sekitar 20 menit.
  3. Aplikasikan clay mask lalu tunggu maskernya mengering sesuai petunjuk pemakaian yang tertera pada produknya.
  4. Bilas clay mask hingga bersih. Saranku gunakan air dengan suhu normal supaya kulitmu nggak terlalu kering.
  5. Keringkan wajahmu.
  6. Aplikasikan oil cleanser dan tunggu sekitar 15 menit.
  7. Pijatlah area yang dibersihkan tadi selama 2 menit. Pada tahap ini kamu bisa merasakan ada butiran-butiran kecil yang keluar dari pori-pori dan terasa kasar. Jangan terlalu ditekan, ya. Pijatnya pelan-pelan aja. Kalo kamu nggak merasakan butiran tersebut, mungkin kotorannya terlalu kecil atau memang nggak banyak.
  8. Emulsifikasi oil cleanser-nya dengan air lalu bilas.
Done! Prosesnya sudah selesai dan pori-porimu sekarang sudah jadi lebih bersih sekaligus terlihat lebih kecil. 

Seperti yang aku bilang di atas, cara ini hanya bisa “mengecilkan” pori-pori untuk sementara. Pada dasarnya sebaceous fillaments akan terus ada di kulitmu dari waktu ke waktu. 

Pori-pori pun bisa “terisi” kembali dan terlihat “besar” lagi. Anyway, kamu bisa ulangi prosesnya setiap satu atau dua kali seminggu untuk menjaga penampilan pori-porimu.

Semoga cara ini bisa membantu :-)

19 comments:

  1. Wah penasaran banget pengen nyobain caranya tapi mau lihat dulu aku punya BHA pH 3-4 atau ga hehehe. Aku lebih masalah sama whiteheads sih ya ampun sampe capek mau dibersihin kayak apa juga besoknya udah muncul lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih. Aku juga lebih banyak whiteheads dibanding blackheads. Kalo aku, asal cleansingnya bener dan kulitnya lembab whiteheads bisa copot sendiri 😅

      Delete
  2. Butuh bha buat ngecilin pori2 nih sama claymask juga 😍

    ReplyDelete
  3. Thanks banget kak tips nya, pas banget, aku baru tau tips ini. bisa dicobain nih nanti.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya berguna banget nih buat pori-pori yang kayak kulit jeruk. Prosesnya memang lama. Tapi kalau hasilnya bagus, pasti aku lakuin hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya nggak permanen tapi bisa bikin tampilan kulit jadi lebih baik~

      Delete
  5. Ku juga pori-pori kulit jeruk 😢
    Aku pake COSRX beb tapi belum pernah coba COSRX BHA Blackhead Power Liquid, bagus ya?

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka bermasalah sama pori pori ca tapi belakangan lagi suka pake produk pore blackhead balmnya wardah lumayan bagus buat ngatasin blackheadku.TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga tertarik buat coba, tapi baca reviewnya katanya dia nggak bisa diemulsi ya?

      Delete
  7. Yang susah itu ngumpulin niat buat praktekin treatment nya 😅😅 (dasar emak pemalas! 🤣✌️)

    ReplyDelete
  8. aku akan cobain trik ini d rumah, kek nya gampang bgt yaa, cuma emng butuh waktu. makasi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh waktu sih, tapi nggak begitu lama kok ^^

      Delete
  9. Iya banget ya, zaman sekarang bahkan yang berusia baru aja masuk 20an, wajahnya udah punya pori2 yang lumayan menyedihkan.
    Gak tau karena apa.

    Kulit saya juga lumayan pori2nya, maklum udah 30plusplus wkwkwk
    Alhamdulillahnya sih jarang berkomedo, asal rajin bersihin wajah dan pakai skincare.

    ReplyDelete
  10. Ih mitos ternyata air hangat bisa buka pori2. Padahal dulu sering ngelakuin hal kayak begituan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES