14 January 2019

Acnes Foaming Wash Review

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Ini jadi ulasan face wash yang kesekian dalam dua bulan terakhir. Semoga nggak bosan deh, ya. Soalnya koleksi face wash-ku ada banyak haha. Nah, yang satu ini dari Mentholatum Acnes. Kayaknya sudah hampir habis, dilihat dari foam-nya yang mulai susah keluar. Jadi sebelum bener-bener habis, aku sempatkan buat tulis ulasannya di sini buat kamu :3


Ada tiga kegunaan Mentholatum Acnes Foaming Wash yaitu untuk membersihkan wajah, anti-bakteri dan anti-oksidan. Ada kandungan isopropylmethylphenol yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan Vitamin C sebagai anti-oksidan untuk membantu merawat kulit. 

Baca juga: Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam Review

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Face wash ini dikemas dalam botol plastik dengan pump berwarna putih. Bagian pump-nya dilindungi tutup yang terbuat dari plastik transparan. Sekeliling botolnya dilapisi plastik yang sekaligus jadi tempat melekatnya informasi produk. Kalo kamu mau menyimpan informasi ini, pastikan kamu hati-hati dalam membuka plastiknya supaya nggak sobek.

INGREDIENTS:
Aqua (water), Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroyl Methylaminopropionate, Alcohol, Lauric Acid, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Polysorbate 60, Palmitic Acid, Octyldodecanol, Methylparaben, Phenoxyethanol, Propylparaben, Fragrance, Disodium EDTA, Dipotassium Glycyrrhizate, o-Cymen-5-ol (Isopropylmethylphenol), Magnesium Ascorbyl Phosphate.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Ada empat bahan yang kurang safe untuk Fungal Acne, yaitu: lauric lcid, myristic acid, polysorbate 60 dan palmitic acid. Kalo kamu punya masalah dengan Fungal Acne, nggak ada salahnya berhati-hati.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Pump-nya mudah digunakan, nggak keras dan nggak susah buat dipencet. Satu kali pump sudah cukup untuk membersihkan seluruh wajah. Tapi aku biasanya pakai dua kali pump untuk wajah dan leher. Bedanya face wash tipe foaming dan face wash biasa terletak pada tekstur produknya. Foaming face wash seperti ini nggak perlu dibusakan lagi karena sabunnya sudah dalam bentuk foam (busa). Bisa langsung dituang ke telapak tangan lalu usapkan ke wajah. Intinya pemakaian face wash ini lebih parktis dan secara nggak langsung juga bisa mempersingkat waktu.

Cara pemakaian:
Basahi wajah > Keluarkan foam ke telapak tangan > Usapkan ke wajah sambil dipijat > Bilas dengan air.
Foam-nya sendiri berwarna putih, creamy dan lembut. Aromanya khas Acnes banget, mirip sama aroma produk Acnes lainnya. Aku pribadi mengartikan aroma ini seperti jeruk segar. Aroamnya enak kok hehe. Saat diaplikasikan ke kulit wajah nggak terasa apa-apa. Setelah dibilas aroma segar jeruknya masih tercium sedikit. Kulitku lebih bersih (minyak dan kotoran terangkat) dan permukaannya jadi lebih halus. Face wash ini nggak bikin kulit ketarik dan nggak ada efek kesat. Produk dengan netto 100 ml ini bisa bertahan hingga 3 bulan dengan pemakaian rutin.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Oh ya, hati-hati waktu aplikasi ke wajah supaya nggak kena mata. Aku pernah sekali kena mata dan rasanya perih bangeettt lol. Terutama pas ngedipin mata, perihnya berlipat ganda. Setelah dibilas berkali-kali dan didiamkan beberapa saat, merahnya berkurang tapi rasa perihnya masih nyisa. Untung aja besoknya mataku sudah baikan dan normal lagi.

Mentholatum Acnes Foaming Wash bisa membersihkan sisa makeup dan kotoran setelah aplikasi first cleanser. Saat dipakai sendirian sebagai cleanser tunggal di pagi hari juga sama efektifnya. Di dalamnya terdapat beberapa surfactant yang berfungsi sebagai cleansing agent untuk mengangkat kotoran. Surfactant-nya yaitu cocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methylaminopropionate, lauric acid, myristic acid dan polysorbate 60.
Awalnya aku sempat ragu mau mencoba produk ini karena ada kandungan alkohol di urutan ke tiga pada komposisinya. Setelah dicoba ternyata alkoholnya nggak berpengaruh banyak di kulitku. Maksudnya, nggak bikin kulitku jadi kering, ketarik, kemerahan atau bahkan breakout. Pokoknya nggak ada reaksi negatif yang biasanya aku temukan saat aku pakai produk beralkohol. Tentu, reaksi ini bisa jadi berbeda pada kulit orang lain, termasuk kulitmu.

Terdapat tiga klaim utama dari produk ini, yaitu:
  • Remove excess sebum and dirt
  • Keep skin fresh and smooth
  • Hypoallergenic-Dermatologically tested.

Sejauh ini aku sudah merasakan klaim yang disebutkan. Sabunnya memang bisa membersihkan, mengangkat kotoran dan sebum di kulit dan membuat kulitnya halus. Sedangkan untuk klaim hypoallergenic-nya juga terbukti di kulitku yang ditandai dengan tidak adanya reaksi negatif atau iritasi. Walau sebenernya klaim hypoallergenic ini nggak bisa disamaratakan karena belum ada standar khusus. Kamu bisa baca lebih lanjut tentang hypoallergenic via artikel dari FDA ini.

Ngomongin komposisinya, ternyata dua bahan (isopropylmethylphenol & Vit. C) yang disebutkan pada kegunaan produk ada di dua urutan terbelakang. Artinya persentasenya nggak banyak. Vitamin C yang ada di dalam produk ini dalam bentuk derivat yaitu Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) yang selain sebagai antioksidan juga berfungsi sebagai skin brightenerIsopropylmethylphenol berfungsi sebagai pengawet untuk menghambat pertumbuhan bakteri/mikroorganisme dalam produk. Selain isopropylmethylphenol ada tiga bahan lain yang punya fungsi serupa yaitu, methylparaben, phenoxyethanol, propylparaben. Selengkapnya tentang skor bahan-bahan di produk ini bisa kamu lihat di sini.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Aku suka botolnya yang dilengkapi pump. Terlebih lagi karena pump-nya nggak pernah macet. Kepala botolnya bisa dibuka-tutup sehingga memungkinkan untuk digunakan lagi dan diisi ulang, if you wish to. Botolnya juga kokoh dan nyaman digenggam. Sayangnya Acnes Foaming Wash ini nggak ada di minimarket seperti Indomaret/Alfamart. Kalo kamu mau beli kamu harus main ke supermarket besar atau beli online di Marketplace.  Kalo ditanya apakah akan beli lagi, jawabanku mungkin iya hehe. Kalo kamu gimana? Apa tertarik untuk mencoba?


 pump-nya berfungsi dengan baik
 busa lembut
 efektif membersihkan kotoran
 nggak bikin kulit kesat/ketarik/kering

 ada alkohol

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Supermarket / Marketplace
Price? Rp. 32.000

32 comments:

  1. Jadi selama 2 bulan ini Icha pake berapa facial wash? hehehee

    ReplyDelete
  2. Aku pernah pake ini ca, dan iya perih banget kalo kena mata :( aku suka sih sama facial wash ini, foam nya banyak cuma aku stop karena sempet bikin mata sampe merah banget pas kena huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini perihnya nggak kira kira. Apalagi pas ngedipin mata.. perihnya minta ampun T.T

      Delete
  3. Aku blm pernah pake ini, takut ga cocok. Aku sering jerawatan tp cocok2an sama facial wash. Sampe skrg blm ad yg bener2 cocok sih. Boleh deh aku coba ini nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak dicoba dulu nggak bakal tau cocok nggaknya hehe.

      Delete
  4. Wah jadi tertarik banget nih buat coba produk ini. Kayaknya cocok banget ya buat yang oily skin? Aku lagi cari fw untuk oily skin 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja. Dia nggak bikin kulit kering dan bagus buat bersihin sebum di wajah.

      Delete
  5. Aku ngiler liat foamy dari facial wash ini sepertinya sesi cuci muka akan sangat menyenangkan hihi💜

    ReplyDelete
  6. Aku udh coba juga nih karena tertariknya dia bentuk foam gt 😍

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah pakai yang ini. Yang pernah yg tube.. hehehe... Kyk nya aku lebih prefer yg tube

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pernah pakai yang tube. sama enaknya sih :D

      Delete
  8. aroma alkohol nya ganggu ga kak?? berasa kek bau obat gitu ga sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tercium kok. Nggak juga hahaha. Di hidungku sih nyaman aja.

      Delete
  9. Aku juga pakai produknya acnes yg facial foam dan sukaa

    ReplyDelete
  10. Ku blm oernah coba.. tp pernah pake yg acne gel nya . Gak mempan..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acne gel dan face wash kan beda fungsinya mbak hehehe

      Delete
  11. wah acnes ini jujue ak udah pngen coba trus, eh tapi pas nyoba trnya ga ada efeknya di aku :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada efeknya? Nggak bikin bersih juga gitu? :0

      Delete
  12. Dulu banget pernah coba skincare Acnes karena pas jerawatan tapi kurang cocok, jadi sampai sekarang gak cobain lagi gara2 kepincut produk lokal lainnya 😁 #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skincare memang dasarnya cocok-cocokan ya kak 😅

      Delete
  13. busanya melimpah banget ya :) seneng kalau busanya banyak gitu #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Ci, pas cuci muka lihat busanya bikin seneng gitu XD

      Delete
  14. Aku lagi nyari banget nih untuk foam. Kayaknya yg ini oke yah. #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. Syukurlah gak ada efek buruk di kulit kamu. Tbh, aku agak takutai coba produk2 acnes lagi karena bikin jerawatan yang sakiiit banget :(

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kulitku nggak ada reaksi negatif sejauh ini. Sayang banget kalo dikulitmu nggak cocok :(

      Delete
  16. Buat kulit bruntusan cocok ga yah kebetulan lg lepas krim dokter dan lagi bruntusan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak, waktu aku pakai ini kondisi kulitku nggak lagi beruntusan, jadi kurang tau juga.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES