14 January 2019

Mentholatum Acnes Foaming Wash Review

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Ini jadi ulasan face wash yang kesekian dalam dua bulan terakhir. Semoga nggak bosan deh, ya. Soalnya koleksi face wash-ku ada banyak haha. Nah, yang satu ini dari Mentholatum Acnes. Kayaknya sudah hampir habis, dilihat dari foam-nya yang mulai susah keluar. Jadi sebelum bener-bener habis, aku sempatkan buat tulis ulasannya di sini buat kamu :3


Ada tiga kegunaan Mentholatum Acnes Foaming Wash yaitu untuk membersihkan wajah, anti-bakteri dan anti-oksidan. Ada kandungan isopropylmethylphenol yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan Vitamin C sebagai anti-oksidan untuk membantu merawat kulit. 

Baca juga: Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam Review

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Face wash ini dikemas dalam botol plastik dengan pump berwarna putih. Bagian pump-nya dilindungi tutup yang terbuat dari plastik transparan. Sekeliling botolnya dilapisi plastik yang sekaligus jadi tempat melekatnya informasi produk. Kalo kamu mau menyimpan informasi ini, pastikan kamu hati-hati dalam membuka plastiknya supaya nggak sobek.

INGREDIENTS:
Aqua (water), Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroyl Methylaminopropionate, Alcohol, Lauric Acid, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Polysorbate 60, Palmitic Acid, Octyldodecanol, Methylparaben, Phenoxyethanol, Propylparaben, Fragrance, Disodium EDTA, Dipotassium Glycyrrhizate, o-Cymen-5-ol (Isopropylmethylphenol), Magnesium Ascorbyl Phosphate.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Ada empat bahan yang kurang safe untuk Fungal Acne, yaitu: lauric lcid, myristic acid, polysorbate 60 dan palmitic acid. Kalo kamu punya masalah dengan Fungal Acne, nggak ada salahnya berhati-hati.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Pump-nya mudah digunakan, nggak keras dan nggak susah buat dipencet. Satu kali pump sudah cukup untuk membersihkan seluruh wajah. Tapi aku biasanya pakai dua kali pump untuk wajah dan leher. Bedanya face wash tipe foaming dan face wash biasa terletak pada tekstur produknya. Foaming face wash seperti ini nggak perlu dibusakan lagi karena sabunnya sudah dalam bentuk foam (busa). Bisa langsung dituang ke telapak tangan lalu usapkan ke wajah. Intinya pemakaian face wash ini lebih parktis dan secara nggak langsung juga bisa mempersingkat waktu.

Cara pemakaian:
Basahi wajah > Keluarkan foam ke telapak tangan > Usapkan ke wajah sambil dipijat > Bilas dengan air.
Foam-nya sendiri berwarna putih, creamy dan lembut. Aromanya khas Acnes banget, mirip sama aroma produk Acnes lainnya. Aku pribadi mengartikan aroma ini seperti jeruk segar. Aroamnya enak kok hehe. Saat diaplikasikan ke kulit wajah nggak terasa apa-apa. Setelah dibilas aroma segar jeruknya masih tercium sedikit. Kulitku lebih bersih (minyak dan kotoran terangkat) dan permukaannya jadi lebih halus. Face wash ini nggak bikin kulit ketarik dan nggak ada efek kesat. Produk dengan netto 100 ml ini bisa bertahan hingga 3 bulan dengan pemakaian rutin.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Oh ya, hati-hati waktu aplikasi ke wajah supaya nggak kena mata. Aku pernah sekali kena mata dan rasanya perih bangeettt lol. Terutama pas ngedipin mata, perihnya berlipat ganda. Setelah dibilas berkali-kali dan didiamkan beberapa saat, merahnya berkurang tapi rasa perihnya masih nyisa. Untung aja besoknya mataku sudah baikan dan normal lagi.

Mentholatum Acnes Foaming Wash bisa membersihkan sisa makeup dan kotoran setelah aplikasi first cleanser. Saat dipakai sendirian sebagai cleanser tunggal di pagi hari juga sama efektifnya. Di dalamnya terdapat beberapa surfactant yang berfungsi sebagai cleansing agent untuk mengangkat kotoran. Surfactant-nya yaitu cocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methylaminopropionate, lauric acid, myristic acid dan polysorbate 60.
Awalnya aku sempat ragu mau mencoba produk ini karena ada kandungan alkohol di urutan ke tiga pada komposisinya. Setelah dicoba ternyata alkoholnya nggak berpengaruh banyak di kulitku. Maksudnya, nggak bikin kulitku jadi kering, ketarik, kemerahan atau bahkan breakout. Pokoknya nggak ada reaksi negatif yang biasanya aku temukan saat aku pakai produk beralkohol. Tentu, reaksi ini bisa jadi berbeda pada kulit orang lain, termasuk kulitmu.

Terdapat tiga klaim utama dari produk ini, yaitu:
  • Remove excess sebum and dirt
  • Keep skin fresh and smooth
  • Hypoallergenic-Dermatologically tested.

Sejauh ini aku sudah merasakan klaim yang disebutkan. Sabunnya memang bisa membersihkan, mengangkat kotoran dan sebum di kulit dan membuat kulitnya halus. Sedangkan untuk klaim hypoallergenic-nya juga terbukti di kulitku yang ditandai dengan tidak adanya reaksi negatif atau iritasi. Walau sebenernya klaim hypoallergenic ini nggak bisa disamaratakan karena belum ada standar khusus. Kamu bisa baca lebih lanjut tentang hypoallergenic via artikel dari FDA ini.

Ngomongin komposisinya, ternyata dua bahan (isopropylmethylphenol & Vit. C) yang disebutkan pada kegunaan produk ada di dua urutan terbelakang. Artinya persentasenya nggak banyak. Vitamin C yang ada di dalam produk ini dalam bentuk derivat yaitu Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) yang selain sebagai antioksidan juga berfungsi sebagai skin brightenerIsopropylmethylphenol berfungsi sebagai pengawet untuk menghambat pertumbuhan bakteri/mikroorganisme dalam produk. Selain isopropylmethylphenol ada tiga bahan lain yang punya fungsi serupa yaitu, methylparaben, phenoxyethanol, propylparaben. Selengkapnya tentang skor bahan-bahan di produk ini bisa kamu lihat di sini.

mentholatum-acnes-foaming-wash-review

Aku suka botolnya yang dilengkapi pump. Terlebih lagi karena pump-nya nggak pernah macet. Kepala botolnya bisa dibuka-tutup sehingga memungkinkan untuk digunakan lagi dan diisi ulang, if you wish to. Botolnya juga kokoh dan nyaman digenggam. Kalo ditanya apakah akan beli lagi, jawabanku mungkin iya hehe. Kalo kamu gimana? Apa tertarik untuk mencoba?


 pump-nya berfungsi dengan baik
 busa lembut
 efektif membersihkan kotoran
 nggak bikin kulit kesat/ketarik/kering

 ada alkohol

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Supermarket / Marketplace
Price? Rp. 32.000

19 comments:

  1. Berarti ada sensasi dingin ya waaahhh

    ReplyDelete
  2. Udah lama tahu juga tapi mau coba ke suami kayaknya perlu nih #kbbvmember

    ReplyDelete
  3. aku oake acne jaman sma, sekarang udah gapake lagi:/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nggak paka lagi? Kalo dulu aku pernah pakai yang tube dan suka sih. Tapi sekarang penasaran sama yang foaming makanya kucobain juga deh hehe.

      Delete
  4. Jadi selama 2 bulan ini Icha pake berapa facial wash? hehehee

    ReplyDelete
  5. Aku pernah pake ini ca, dan iya perih banget kalo kena mata :( aku suka sih sama facial wash ini, foam nya banyak cuma aku stop karena sempet bikin mata sampe merah banget pas kena huhu

    ReplyDelete
  6. Aku blm pernah pake ini, takut ga cocok. Aku sering jerawatan tp cocok2an sama facial wash. Sampe skrg blm ad yg bener2 cocok sih. Boleh deh aku coba ini nanti.

    ReplyDelete
  7. Wah jadi tertarik banget nih buat coba produk ini. Kayaknya cocok banget ya buat yang oily skin? Aku lagi cari fw untuk oily skin 😅

    ReplyDelete
  8. Thank you for your review
    Sangat membantuuuu

    ReplyDelete
  9. Udah lama banget aku nyobain ini waktu masih remaja, jd lupa sensasinya. Aku baru tau lo ada jenis fungal acne. Itu acne krn jamur gt?

    ReplyDelete
  10. foamnya gede banget! sering liat ini di supermarket tp ga nyangka ternyata bagus yaaa

    ReplyDelete
  11. Foamnya banyaK ya besok kalo kesupermarket beli akh

    ReplyDelete
  12. Aku ngiler liat foamy dari facial wash ini sepertinya sesi cuci muka akan sangat menyenangkan hihi💜

    ReplyDelete
  13. ini ganti packaging atau seri beda dengan facial was yang dulu acnes puny?

    ReplyDelete
  14. Aku jg pakai acnes tp yg ini kurang suka, lebih suka yg creamy wash 😁😁 btw mampir jg ke blog aku yaa #IFB

    ReplyDelete
  15. Aku udh coba juga nih karena tertariknya dia bentuk foam gt 😍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi dan akun unknown akan dihapus. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2017-2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES