19 December 2018

The Saem Natural Condition Cleansing Oil (Moisture) Review

review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

First cleanser apa yang sedang kamu pakai sekarang? Balm? Milk? Oil? Kalo aku sekarang ini lagi pakai cleansing oil dari The Saem Natural Condition. Menariknya, produk ini punya tiga varian yang disesuaikan untuk jenis kulit yang berbeda. Aku mengikuti saran produknya dan memilih varian Moisture yang ditujukan untuk kulit kering.


Percaya nggak percaya, produk ini adalah cleansing oil pertamaku di tahun ini. Yang aku ingat, sepanjang tahun 2018 aku lebih sering pakai cleansing milk. Aku excited nunggu paket ini datang dan begitu sampai rumah langsung aku cobain haha. 


Varian The Saem Natural Condition Cleansing Oil 

Sesuai namanya, produk ini adalah cleansing oil atau pembersih dalam bentuk oil (minyak) yang berfungsi sebagai first cleanser. Produk ini diklaim efektif membersihkan makeup sekaligus membuat kulit terasa lembab dengan kandungan ekstrak green tea oil. Seperti yang aku bilang di atas, produk ini punya tiga varian berbeda dengan star ingredient yang berbeda pula. Varian Mild punya kemasan berwarna kuning dan varian deep clean kemasannya berwarna oranye.

review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Packaging-nya berupa botol plastik warna hijau dengan tutup pump warna putih. Di bagian depan ada ilustrasi daun yang menggambarkan bahan unggulannya. Varian lain juga punya gambar yang berbeda. Aku suka botolnya yang nggak terlalu besar jadi bisa dipegang dalam satu genggaman. Bagian pump-nya dilengkapi dengan “lock” atau kunci yang berfungsi untuk menahan leher pump agar tetap tegak. Secara nggak langsung juga melindungi cleansing oil-nya supaya nggak tumpah. Saat botolnya terguling dalam keadaan nggak terkunci isinya juga tetap aman sih. Jadi oil-nya hanya akan keluar saat pump-nya ditekan.

review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Bagian atas pump-nya ada tulisan “The Saem” dengan warna senada. Aku suka pump-nya yang mudah ditekan. Samasekali nggak keras. Di sekeliling botolnya ada informasi produk yang ditulis dalam stiker. Infonya berupa deskripsi, cara pakai dan komposisi produk ditulis dalam Bahasa Korea dan Inggris.

review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Apa aja komposisinya?

Mineral Oil, Ethylhexyl Palmitate, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Ethylhexyl Stearate, PEG-8 Diisostearate, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Camellia Sinensis Seed Oil, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Aspalathus Linearis Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Chrysanthemum Indicum Flower Extract, Jasminum Officinale (Jasmine) Extract, Melissa Officinalis Leaf Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Extract, Thymus Vulgaris (Thyme) Extract, Glycerin, Water, Tocopheryl Acetate, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Octanediol, Ethylhexylglycerin, Fragrance (Parfum).

Menurut publikasi ini ektrak dari tanaman teh hijau mengandung Polyphenols yang berfungsi sebagai antioksidan dan L-thenine sebagai skin-soothing. Green Tea juga dapat meningkatkan kelembaban kulit. 


review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Menurut informsi dari cosdna di dalamnya memang ada bahan yang berfungsi sebagai emulsifyer, yaitu PEG-20 glyceryl triisostearate dan PEG-8 diisostearate. Keterangan mengenai ingredients score dan fungsi singkat dari bahannya bisa kmu lihat di sini

PEG atau polyethylene glycol merupakan campuran fatty acids dan fatty alcohols yang dapat dibentuk untuk berbagai macam fungsi. Misalnya sebagai stabilizer, emollients, binding agents dan cleansing agents. Semakin besar angkanya berarti komponen tersebut semakin berat dan molekulnya semakin kompleks. Contohnya, PEG-10 lebih "berat" daripada PEG-2.

Aku butuh dua kali pump untuk sekali pemakaian. Cara pakainya dengan mengoleskan oil ke seluruh bagian yang ingin dibersihkan sambil dipijat pelan-pelan. Setelah selesai, usapkan air sedikit demi sedikit ke wajah dan pijat lagi lalu bilas dengan air. Oil-nya akan teremulsi saat kena air jadi bisa dibersihkan tanpa kapas. Setelah itu silakan lanjutkan dengan second cleanser.

Baca juga: Sariayu Pembersih All in One Review

review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Teksturnya cair dan nggak terlalu kental. Oil-nya nggak berwarna tapi saat kena air akan berubah jadi putih susu. Aromanya khas green tea. Nggak menyengat kok, malah lembut banget. Produk ini mengandung mineral oil (sebagai bahan utama) dan fragrance. Kalo kamu nggak suka wewangian atau nggak suka mineral oil ya lebih baik cari produk lain.


review-the-saem-natural-condition-cleansing-oil-moisture

Saat dioleskan ke kulit rasanya nggak lengket dan nggak ‘kasar’. Makeup-ku langsung luntur dan lumer jadi satu dengan oil-nya. Aku hanya pakai cleansing oil The Saem ini untuk membersihkan makeup selain di area mata. Bukannya nggak bisa untuk eye makeup tapi aku pribadi kurang suka aja. Jadi khusus area mata aku tetap pakai eye makeup remover. Walaupun nggak aku pakai untuk membersihkan eye makeup, tapi produk ini nggak kehilangan fungsi utamanya. Aku sudah pernah coba pakai untuk menghapus complexion dan beberapa jenis lip product. Aku bisa bilang kalo cleansing oil The Saem ini bekerja dengan baik tanpa menginggalkan residu.

Baca juga: Sephora Waterproof Eye Makeup Remover Review

Setelah dibilas aku merasa kulitku lebih bersih tapi nggak kesat. Aku sarankan setelah membilas sebaiknya langsung lanjutkan dengan second cleanser. Atau, jika kamu mau melakukan hal lain in between first cleanser dan second cleanser, pakailah face mist dulu. Yang aku rasakan kalo dijeda tanpa pakai apapun kulitku akan cenderung kering. Mungkin efeknya bisa beda di kulit orang lain, sih.

Baca juga: My Cleansing Routine

Buat kamu yang punya masalah dengan fungal acne mungkin kamu harus berpikir ulang sebelum membeli produk ini. Menurut info dari skincarisma, cleansing oil ini mengandung beberapa bahan yang kurang safe untuk fungal acne; yaitu ethylhexyl palmitate, PEG-20 glyceryl triisostearate, ethylhexyl stearate, camellia sinensis seed oil dan cocos nucifera (coconut) oil. Meski info ini bukan sesuatu yang pasti akan memperparah kondisimu, but still, nggak ada salahnya hati-hati.


Untuk aku pribadi, sejauh ini nggak ada reaksi negatif. Aku suka produknya dan akan aku lanjutkan sampai habis. Kalo nanti ditengah jalan ternyata ada sesuatu yang perlu disampaikan, aku akan update lagi blogpost ini. I do recommend The Saem Natural Condition Cleansing Oil kalo kamu tipe orang yang nggak mau ribet dalam hal menghapus makeup. Juga buat kamu yang mau mengurangi gesekan kapas dengan kulit, karena cleansing oil ini cuma perlu dibilas air aja. Overall jadi lebih praktis dan lebih hemat, nggak perlu beli kapas lagi :D


 bisa teremulsi jadi nggak perlu diusap kapas
 efektif; hasilnya bersih tanpa residu
 nggak lengket
 aroma khas green tea, enak!

 nggak ada!

Rating: ★★★

Where to buy? Jolse Website
Price? $ 14.66 (180 ml)

29 comments:

  1. beb berarti ini all in one gitu ya, cukup remove makeup pake cleansing oil ini trs langsung cuci muka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau lebih bersih aku saranin tetep double cleansing sih kak. Setelah dibilas lanjut pakai face wash ^^

      Delete
  2. Waaaa pengen juga punya ini 😂😂

    ReplyDelete
  3. Duh aku keracunan nih kayaknya😍 jd pengen punya setelah baca review mu. Makasih ya infonya

    ReplyDelete
  4. Boljug nih kalo bisa lanhsung teremulsi sama air. Pengalaman pake cleansing oil brand lain berakhir buruk semua gegara hrs pake kapas dan pas dibaurkan tuh gak smooth. Ga enak. Akhirnya skr pilih pake cleansing balm #bsid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu ada kan ya cleansing oil yang rasanya rada kasar pas digosok 😂

      Delete
  5. Keren gak perlu ribet lagi buat hapus make up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak soalnya nggak perlu pakai kapas hehe

      Delete
  6. Unchhh aku keracunan cleanser oilnya kk

    ReplyDelete
  7. haaaaahhh kakak the saem ini produk korea jugaa kan?

    ReplyDelete
  8. Range harganya brpa say? Klo aq bru coba yg biore aja sih klo cleansing oil dan ngapusnya cpet tp pedih d mata.. pgn nyoba yg lain #BSI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belinya $14 di Jolse tapi waktu itu kena diskon dikit sih. Kalo di Indo kurang tau ya. Kan tergantung tokonya hehe.

      Delete
  9. Wah aku belun pernah nyoba cleansing oilnya the saem nih next boleh ku coba

    ReplyDelete
  10. Keren nih, oilnya ngga nyisa pas dibilas pke air jd ga ngerasa lengket2 gt

    ReplyDelete
  11. aku mampir ke sini habis liat postingan ig-mu heheh. buat makeup waterproof bisa kehapus juga nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sudah sempat mampir ke sini hehe. Bisa kok. Buat maskara/eyeliner bisa bersih juga. Tapi cuma aku test aplikasi ke tangan bukan ke mata ^^;;

      Delete
  12. Menarik banget nih jadi pengen cobain juga deh kayknya bagus

    ReplyDelete
  13. Waah pengen coba nih cleansing oilnya

    ReplyDelete
  14. Wah aku belum pernah pakai cleansing oil sebagai first cleanser aku.
    Selama ini selalu pakai micellar water. Jadi ingin coba nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibandingin micellar water, menurutku pakai oil jauh lebih nyaman. Plus nggak perlu pakai kapas lagi :D

      Delete
  15. selama ini aku cuma ngandelin micellair water sih kak...belum pernah nyoba cleansing oil....jadi penasarn...

    ReplyDelete
  16. Belum pernah pakai cleansing oil apapun karena masih senyaman itu cuma pake micellar water. Tp sepertinya pake cleansing oil wajah jadi lebih bersih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling membedakan ya cara pakainya. Kalo cleansing oil ini nggak perlu diusap kapas lagi.

      Delete
  17. Yg trpenting, tidak meninggalkan residu. Itu mantul.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi dan akun unknown akan dihapus. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2017-2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES