27 July 2021

Avoskin The Great Shield SPF 50 PA++++ Review

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Sunscreen Lokal dari Avoskin: The Great Shield with SPF 50 & PA++++

Sebenernya aku sudah nyoba sunscreen ini sejak pertama kali lauching tahun lalu. Cuma aku ngerasa belum yakin aja apakah aku beneran suka sama sunscreen ini. Soalnya kalo dilihatin kok plus dan minusnya sama besar ya hahaha.

Kalo ditarik ke belakang, aku rasa Avoskin termasuk salah satu brand indie yang mengawali produksi sunscreen lokal. Hypenya kerasa banget pas awal lauching dulu tuh. Banyak diomongin, banyak yang penasaran.

Aku pribadi karena sudah sering cocok sama produk buatan Avoskin juga ikut penasaran. Bakal sebagus apa ya sunscreennya?

baca juga: Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen Toner

Sama halnya kayak sunscreen pada umumnya, produk ini pun diklaim dapat menjaga kulit agar terhindar dari efek buruk sinar UVA dan UVB.

Kandungan dan Manfaat Sunscreen Avoskin:

Produk ini termasuk hybrid sunscreen yang isinya gabungan antara physical dan chemical sunscreen agents. Physical dari zinc oxide dan titanium dioxide, sedangkan chemicalnya dari avobenzone dan octinoxate.

Zinc Oxide dan Titanium Dioxide untuk melindungi dari sinar UV A dan B, Avobenzone atau Butyl Methoxydibenzoylmethane untuk melindungi dari sinar UV A, serta Ethylhexyl Methoxycinnamate atau Octinoxate yang bemanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV B.

Spesialnya, di dalamnya dilengkapi dengan kandungan Centella Asiatica sebagai soothing agent, Niacinamide sebagai anti-acne, dan Vitamin C (dalam bentuk Sodium Ascorbyl Phosphate) sebagai antioksidan. Plus, dibuat tanpa tambahan parfum, tanpa alkohol, dan katanya sih bakal cocok untuk kulit yang sensitif juga.

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Ingredients Avoskin The Great Shield:

Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, C12-15 Alkyl Benzoate, Methylpropanediol, Cetearyl Alcohol, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Diisopropyl Adipate, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, C20-22 Alkyl Phosphate, Isononyl Isononanoate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Lauryl C20-22 Alcohols, Lauryl Lactate, Sorbitan Isos Isostearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Squalane, Dimethicone, Polyglyceryl-3 Squalane, Polydimethyl Siloxyethyl Dimethicone, Phenoxyethanol, Sodium Ascorbyl Phosphate, Isodecyl Neopentanoate, Niacinamide, Centella Asiatica Leaf Extract, Ceteareth-33, Diisopropyl Sebacate, Imidazolidinyl Urea, Stearic Acid, Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Aluminum Hydroxide, Chamomilla Recutita Flower Extract, Polysorbate 60, BHT, Disodium EDTA, Triethoxycaprylylsilane.

Sunscreen ini dikemas dengan packaging yang handy dan travel-friendly dalam tube plastik berwarna hijau muda. Dilengkapi box juga dengan informasi yang lengkap.

  • Manufactured by: PT Fabindo Sejahtera
  • For: PT Avo Innovation Technology
  • BPOM: NA18201700944
  • Netto: 30 ml
  • PAO: 12M

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Packagingnya yang berbentuk pump ini bikin sunscreen avoskin kelihatan beda dari sunscreen lokal lainnya. Jarang ada packaging gini kan? Menurutku packagingnya bagus, hanya aja kurang efisien.

Karena aku nemuin masalah sama packagingnya. Kepala pumpnya kurang bisa menyalurkan isi produknya dan beberpa kali sempat macet. Pas aku cek dengan membuka tutupnya, aku lihat nggak ada yang tersumbat tapi selang bagian dalamnya ternyata pendek. Pantas aja isinya lebih susah dikeluarkan haha.

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Soal pump ini aku masih bisa maklumin sih. Walau agak effort ngeluarin isinya, tapi at least masih bisa dipakai lah. Semoga aja masalah pumpnya sudah diperbaiki sekarang.

Di luar masalah pump itu, sebenernya formula sunscreen ini sudah oke. It's alcohol-free and fragrance-free. Teksturnya yang krim putih itu nggak berasa lengket sama sekali. Mungkin akan terasa seret dan susah diratakan di awal, tapi kalo sudah nemu combo skincare yang pas, rasanya bakal nyaman kok.

Sebelum apply sunscreen ini pastikan kulit dalam keadaan lembap. Sangat aku sarankan untuk pakai toner/serum/moisturizer dulu lalu tunggu hingga setengah kering, baru deh habis itu mulai pakai sunscreennya.

baca juga: Avoskin Advanced Action Eye Ampoule

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Berhubung fragrance-free, jadi nggak tercium wangi apapun. Cocok nih buat yang nggak suka skincare beraroma kuat. Soal kemampuan melembapkannya aku rasa standar.

Tipe kulitku kering, nah pas kulitku dalam keadaan normal (nggak bermasalah), rasanya nyaman aja walau dipakai tanpa moisturizer. Tapi di waktu lain saat kulitku lagi dehidrasi, rasanya akan lebih nyaman jika pakai moisturizer dulu sebelumya.

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Berhubung di dalamnya ada kandungan physical sunscreen agents maka besar kemungkinan akan menimbulkan whitecast. Apalagi penggunaan sunscreen yang baik itu kan minimal sebanyak 2 jari (telunjuk dan tengah). Dengan jumlah sebanyak ini wajar sekali kalo akan whitecast.

Di skintoneku yang light to medium pun ada. Begitu selesai diratakan whitecastnya akan nampak banget, tapi setelah nunggu sekitar 10 menit warnanya pelan-pelan nyatu sama warna kulitku.

baca juga: Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Di akhir sih efek whitecastnya ini minim, mirip sama tone-up cream yang bikin skintoneku naik jadi lebih cerah natural gitu. Untungnya sih karena aku berkerudung jadi bedanya dengan warna kulit leher nggak kelihatan hahaha.

Cara pakai versiku, lebih nyaman jika diratakan per layer, bukan langsung ditemplokin semua. Jangan lupa perhatikan area hair line juga ya. Soalnya di aku di area tersebut sunscreennya sering numpuk. Pastikan semua rata dengan baik.

Finishnya nggak sepenuhnya matte, masih ada sheennya sedikit. Terasa ringan di kulit dan ternyata oil controlnya cukup bagus. Aku suka nih, jadi kacamataku nggak gampang melorot haha.

Setelah pakai sekian lama, aku bisa dengan yakin bilang kalo aku lebih suka pakai ini untuk kegiatan indoor yang nggak perlu panas-panasan.

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Soalnya dia cenderung ninggalin jejak putih yang kurang enak dilihat saat wajah berkeringat (yang mana bakal nampak banget pas dipakai outdoor). Well, di sisi lain ya wudhu-friendly sih karena gampang dibilas dengan air.

Kalo sunscreennya luruh karena keringat atau terbilas air, baiknya segera reapply supaya perlindungannya tetap maksimal.  Kalo nggak berkeringat pun, tetap reapply  yah! Sebisa mungkin rutin tiap 3 jam sekali.

review-sunscreen-avoskin-the-great-shield-spf50-southskin

Sejauh ini nggak ada tanda iritasi. Overall feelsnya nyaman. Nggak clogging pores dan acne-friendly juga deh. Soalnya pas aku jerawatan sunscreen ini nggak bikin kondisi jerawatku makin parah. Jadi ya nyaman lah dipakai di segala kondisi.

baca juga: COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Tapi kalo kalian cari sunscreen yang hasilnya "cantik" mungkin ini bukan sunscreen yang tepat. Apalagi kalo punya kulit yang tonenya lebih gelap, whitecast yang kayak gini mungkin akan kurang nyaman dilihat.

Oh ya satu lagi, seandainya bisa ngubah sesuatu di sunscreen ini untuk batch selanjutnya, aku pengen tube pumpnya diganti aja ke wadah tube flip top biasa.. please? Capek bun kudu ngetok tubenya tiap mau pakai hahaha :"D


Where to buy? Marketplace / Avoskin Website
Price? Rp. 139000 (30 ml) / Rp. 55.000 (5 ml)

(kalo ada pertanyaan, aku jawab lebih cepat via instagram & twitter ^^)

2 comments:

  1. buat kemasan sunscreen kayaknya emang lebih pas pakai tutup flip top biasa yah 😂 aku sempet eyeing sunscreen ini juga, tapi kebanyakan baca review emang whitecastnya keliatan banget. sepertinya masih kurang tepat buat aku 🥲

    ReplyDelete
  2. Dari segi harga terjangkau. Avoskin ini memang bener bener bikin orang penasaran
    Sampe serum aja yang sering direview blogger sukses bikin aku beli juga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES