22 April 2019

Etude House Sunprise Mild Watery Light SPF 50+ PA+++ Review

review-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Aku sudah eye-ing sunscreen Etude House sejak lama. Sempat bingung mau ambil yang Mild Airy atau Mild Watery. Well, ujungnya aku beli yang Mild Watery gara-gara yang Airy sold out haha. Kelebihan sunscreen ini? Proteksinya SPF50+, PA+++, isinya banyak dan harganya murah (oops! 😜).


Dari dekripsinya produk ini adalah sunscreen berbentuk gel yang melembabkan dengan formula yang ringan dan gampang diratakan. Dengan klaim light & fresh: non-sticky gel type that glides on skin lightly to deliver fresh application dan safe & smooth: containing natural water-soluble 'lecithin' for skin-friendly application. Isinya 50 gram dengan PAO 12 bulan.

Mengandung Dwarf Ground Sedge Extract & Sunflower Seeds–untuk melindungi kulit dari sinar UV, Acai Berry & Acerola–untuk menguatkan kulit, Portulaca Oleracea, Centella Asiatica & Mistletoe Leaves, Aloe Vera, Cactus & Hyaluronic Acid–untuk menghidrasi kulit.

ingredients-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Kemasannya berbentuk tube plastik doff yang travel-friendly dan gampang digunakan. Nggak perlu colak-colek karena tinggal pencet aja kalo mau aplikasi. Tube-nya nggak keras jadi isi produk juga gampang dikeluarkan.

packaging-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50
packaging-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Seluruh tube-nya dilapisi vacuum plastic yang dilengkapi stiker berisi ingredients dalam Bahasa Inggris. Sedangkan info produk yang nempel di badan tube kebanyakan dalam Bahasa Korea. Yang Bahasa Inggris cuma description, direction dan caution aja.

Warnanya kemasannya bagus, aku suka! Perpaduan warna mint–untuk tube-nya dan putih–untuk tutupnya. Tutupnya ini bentuk ulir dengan mulut yang runcing dan lubang yang kecil. Sayangnya tipe warna kayak gini cenderung susah difoto dengan background putih.

packaging-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Sunscreen ini punya tekstur berupa gel, warnanya kehijauan hampir mirip sama warna packaging-nya. Teksturnya lebih ringan dari Emina Sun Protection tapi sedikit lebih kental dari Apieu Everyday Sun Gel. Nonetheless, gampang diratakan kok.

Sunscreen agents di produk ini ada Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Ethylhexyl Salicylate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate dan Octocrylene. Jadi full chemical sunscreen.

texture-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Berhubung dia chemical sunscreen jadi nggak ninggalin whitecast di kulit. Setelah rata gel-nya akan nyatu juga sama warna kulit. Rasanya di kulit nggak lengket, ringan–sama ringannya kayak sunscreen gel lain dan nggak pedih di mata.

Aku suka finish-nya yang dewy dan cenderung basah. Hasil yang begini ngasih poin plus ke kulitku yang kering jadi bikin kelihatan lebih sehat hehe. Sebaliknya, kalo oily skin mungkin akan kurang suka ya. Kalo dibiarkan dan tanpa makeup finish-nya akan tetap sama. Aku pernah coba biarkan 4 jam, hasilnya nggak jadi matte/kering tapi juga nggak makin berminyak.

review-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

On the other side, kayaknya campuran humectant, emollient dan occlusive di sunscreen ini masih kurang melembabkan kulitku. Humectant-nya ada Butylene Glycol, Centella Asiatica Extract, Opuntia Ficus-Indica Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice dan Hyaluronic Acid. Emollient/occlusive-nya ada Dicaprylyl Carbonate, Cyclopentasiloxane, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Octyldodecanol, Adansonia Digitata Seed Oil dan Sunflower Seed Oil. 

Walaupun finish-nya dewy tapi kalo dipakai sendirian (tanpa skincare lain) kulitku masih terasa kering, terutama di pipi bagian atas. Ini jadi masalah buat aku karena kalo re-apply pas siang/sore biasanya cuma pakai sunscreen aja. Solusinya, aku selau semprot face mist atau pakai gel moisturizer sebelum re-apply biar lebih lembab.

Sayangnya lagi, beberapa produk skincare-ku kurang menerima kehadiran sunscreen ini. Akibatnya jadi pilling dan ini cukup mengganggu. Well, ini belum tentu kejadian di kamu juga. Soalnya produk skincare yang kita pakai bisa jadi beda. Dan lagi, nggak semua produk skincare di dunia ini akan ngasih reaksi (pilling) yang sama.

Aku pribadi ngatasi masalah ini dengan aplikasi makeup (minimal powder) di atas sunscreen setelah didiamkan 8-10 menit. Meskipun di atas skincare dia pilling, tapi kalo di bawah makeup malah nggak kenapa-napa. Makeup-ku nggak ikutan pilling juga. Aman lah~

review-etude-house-sunprise-mild-watery-light-spf-50

Sunscreen-nya nggak waterproof, kalo kena air bisa luntur. Di kulit akan ninggalin residu licin. Kalo keganggu dengan residunya, kamu bisa hapus sisanya pakai micellar water sebelum aplikasi ulang. Dan, walau ada alkoholnya tapi nggak nggak nimbulin reaksi negatif di kulitku.

Ah hampir lupa, aromanya seger, lho. Menurutku kayak campuran fresh orange dan mint gitu. Aromanya termasuk kuat walau tanpa tambahan fragrance. Mungkin asalnya dari campuran beberapa oil–Bergamot Fruit Oil, Lemon Peel Oil, Eucalyptus Globulus Leaf Oil, Lime Oil dan Orange Peel Oil yang juga bisa befungsi sebagai perfuming agents. Segernya enak, nggak overpowering  dan nyaman di hidungku.

Kesimpulannya, sunscreen ini punya performa yang sesuai klaimnya. Memang bener gel ringan yang gampang diratakan, rasanya light & fresh di kulit dan mudah diaplikasikan. Aku pribadi lebih merekomendasikan produk ini untuk normal/dry skin dibanding oily/combi skin–karena finish-nya yang dewy dan cenderung basah. Although, buat dry skin juga ada catatan lain. Pas pakai ini harus dibarengi skincare yang moisturizing juga supaya kulit lebih lembab :-)


Rating: ★★★☆☆

Where to buy? JOLSE
Price? $13.07

20 comments:

  1. Aku juga pertama lihat suka sama packagingnya. Hehehehe.

    Kulitku juga kering, jadi lebih suka yang hasilnya gak keset gitu. Enakan kalau rada-rada berminyak. Jadi pakai makeupnya lebih gampang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnanya eye-catching ya 😆
      iya sih, finish dewy gitu lebih enak ya buat kulit kering~

      Delete
  2. Pas tau nggak bikin white cast udh seneng banget dan mikir "boleh nih masuk wish list" tapi ternyata ngk di rekomendasikan buat kulit berminyak, sedangkan kulitku berminyak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kulitnya berminyak kayaknya nggak bakal suka deh sama finishnya :(

      Delete
  3. Informatif banget blog kamu kak, aku termasuk org yang baru coba2 sunscreen, "sunscreen waterproof" aku baru tau ini hehe aku kira semua sunscreen sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang waterproof ada yang nggak. bisa pilih sesuai kebutuhan :D

      Delete
  4. Kalau mengandung alkohol gitu berarti cepat nyerap ya. Btw aku sama sekali blm pernah cb sunscreen dr brand korea sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya alkohol bisa bikin teksturnya lebih ringan jadi lebih gampang diratakan.

      Delete
  5. Wah kren ni beb spfnya gede juga ya ,boleh ni jadi alternatif sunscreen dan packagingnya warna nya cute syuka 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suka sama teksturnya boleh banget dicoba :D

      Delete
  6. Aku selama ini repurchase skin aqua terus, kayanya bisa coba ini nih utk nextnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum ini aku juga pakai skin aqua. kamu pakai yang mana?

      Delete
  7. agak takut ga cocok juga sih untuk kulit oily ku nih. soalnya kalo yg berbahan gel kadang malah makin oily di muka aku. tapi selalu tertarik sama etude karena packagingnya hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nemu yang cocok aja mungkin yaa. cobain apieu everyday sun gel deh. itu gel tapi ringan dan nggak bikin makin oily. kali aja cocok hehe.

      Delete
  8. Berarti produknya ngga terlalu nyerap ya sis kalo bikin lembab? Btw lengket ga beb di wajah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sunscreen memang nggak menyerap. dan sunscreen ini nggak lengket kok.

      Delete
  9. Sebenernya waktu baca sekilas di IG itu aku udh mupeng, tapi karena kulitku combi/oily, jadi mundur lagi beb hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. finishnya kurang ramah buat kulit yang berminyak 🙁

      Delete
  10. racun nih..hehe biasanya saya pake spf 50 biore..sekarang lg make nacific spf 50 juga.. next mau coba deh ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku baru tau kalo nacific punya sunscreen juga 😂

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES