06 October 2018

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ Review

review-emina-sun-protection-spf-30

Halo! Sudah pakai sunscreen hari ini?

Kali ini aku mau bahas salah satu sunscreen lokal best seller dari Emina. Gara-gara baca banyak review positif tentang produk ini, akhirnya men-encourage aku untuk coba juga hehe. Kalo kamu mau tau kelebihan dan kekurangan dari produk ini, kamu bisa baca review selengkapnya disini!

Emina Sun Protection ini adalah tabir surya yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV. Di dalamnya ada kandungan SPF 30 dan PA+++ serta ektrak aloe vera dan emollient yang dapat melembabkan kulit. Produknya hanya tersedia dalam satu ukuran dengan netto 60 ml.

Sunscreen ini dikemas dalam packaging yang menarik khas Emina. Kombinasi ilustrasi bentuk segitiga, persegi panjang dan lingkaran berwarna kuning dan abu-abu ini membuat kemasaannya terkesan fun dan playful. Cocok banget dengan sasaran utamanya yang ditujukan untuk para remaja. Tube-nya sendiri terbuat dari plastik dengan tutup flip top berwarna putih tulang. Pada badan kemasan sudah tercantum info penting, termasuk dekripsi produk, komposisi, cara pakai dan tanggal kadaluarsa. Plastik yang digunakan pada body produk punya permukaan doff sedangkan pada tutupnya glossy.

review-emina-sun-protection-spf-30

Bagian dalam tutupnya dilengkapi dengan seal tambahan supaya mencegah agar isi produk nggak tumpah. Mencegah supaya nggak dicoba orang lain juga sih sebenernya. Jadi produk yang kamu beli pasti produk baru yang isinya utuh dari pabrik.

review-emina-sun-protection-spf-30


Komposisinya?
Aqua, Ethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glyceryl Stearate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolyzed Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, EDTA, Sodium Benzoate.

Ket. warna: oranye – sunscreen, hijau – emollient, merah - preservatives
Kamu bisa lihat irritant/acne/safety score dari produk ini disini.

Bahan aktif dalam sunscreen ini adalah Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate. Selain itu, pada deskripsi produk disebutkan bahwa ada kandungan ektrak aloe vera dan emollient. Kalo dilihat dari komposisinya, posisi aloe vera nggak ada di urutan lima teratas tapi juga nggak terlalu dibawah. Berarti persentasenya nggak terlalu sedikit. Sedangkan posisi emollient-nya berbeda-beda.

Aloe barbadensis Extract
Aloe vera atau lidah buaya berfungsi sebagai soothing agent yang memberikan hidrasi pada kulit kering & iritasi. Ekstraknya juga sering dipakai pada after sun products karena dapat memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit.

Octyl Methoxycinnamate (OMC)
Disebut juga sebagai Octinoxate atau Ethylhexyl Methoxycinnamate, merupakan bahan aktif dalam produk sunscreen. Berfungsi sebagai UV Filter yang akan melindungi kulit dari sunburn. Ethylhexyl Methoxycinnamate dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Selain pada sunscreen, OMC juga digunakan pada produk sampo, cat kuku, cat rambut, lipstik dan pelembab. Pada produk selain sunscreen OMC berfungsi sebagai UV yang akan melindungi produk dari degradasi saat terpapar sinar matahari.

► Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate
Fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

Ethanol
Ethanol dalam skincare biasanya berfungsi sebagai solvent (pelarut), astringent untuk menyamarkan pori-pori, mempermudah penyerapan bahan agar dapat masuk ke dalam kulit, preservative untuk membunuh kuman dan memberikan efek dingin (cooling effect/fast drying). Namun di sisi lain, ethanol dapat membuat kulit terasa kering karena dapat menarik kelembaban alami kulit sehingga mungkin menyebabkan garis halus akan semakin terlihat dan mungkin menyebabkan iritasi.

► Phenoxyethanol
Dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Fungsi utamanya sebagai preservatives, selain itu juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Sering digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk dan mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur. Selain bisa dibuat secara sintetis, phenoxyethanol juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%.

Cara memakai Emina Sun Protection sudah dijelaskan pada kemasannya. Disaranakan untuk mengoleskan produk ini ke area wajah dan leher 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Banyaknya produk yang harus digunakan memang nggak disebutkan. Aku pribadi butuh produknya sebanyak 6 ruas jari untuk aplikasi ke seluruh muka dan leher. Dipakai setelah moisturizer dan sebelum makeup. Aku juga akan kasih jeda 8-10 menit sebelum lanjut pakai makeup supaya sunscreen-nya menyerap dulu.

Teksturnya mirip lotion. Kalo dibandingkan dengan sunscreen Wardah, punya Emina ini lebih encer dan lebih ringan. Sunscreen-nya berwarna putih kekuningan dengan aroma fruity segar. Aromanya nggak mengganggu sih, tapi lumayan wangi. Saat dioleskan ke wajah aromanya masih akan tercium beberapa saat.

review-emina-sun-protection-spf-30

Teksturnya yang agak cair ini membuat produknya mudah diratakan ke kulit. Ada sensasi dingin saat produknya menyentuh kulit. Finish-nya nggak matte. Setelah diratakan kulit akan terlihat dan terasa agak basah tapi nggak lengket. Sunscreen ini ngasih kelembaban yang cukup tanpa bikin kulitku berminyak. Tapi nggak cukup lembab untuk dipakai sendirian tanpa moisturizer. Well, di kulit orang lain mungkin berbeda hehe.


review-emina-sun-protection-spf-30

Saat di ruangan ber-ac, efek lembabnya berkurang tapi juga nggak bikin kulit seketika jadi terasa kering. Pokoknya rasa lembabnya beda dibanding saat di suhu ruang tanpa ac. Selain itu, aku nggak melihat ada whitecast atau perubahan skin tone. Sunscreen ini berhasil menyatu dengan baik di kulitku. Yang nggak kalah penting, dia juga nggak bikin foundie/cushion atau makeup yang aku aplikasikan diatasnya jadi menggumpal. Tenang, makeup-mu akan aman. Nggak ada gumpalan atau pilling. Satu lagi, sunscreen ini nggak waterproof.

Aku suka dengan formulanya yang ringan dan cepat meresap. Mungkin ini karena ada kandungan ethanol kali ya. Eh tapi jangan salah, walaupun ada ethanolnya tapi nggak kerasa kering kok. Bahan-bahan pendukung lain yang ada dalam komposisinya bisa membantu sunscreen ini cepat meresap sekaligus bikin kulit tetap lembab. Bisa dilihat, ada kandungan emollient dan moisturizer seperti Butylene Glycol, Propylene Glycol, Panthenol dan Ethylhexylglycerin.

Plus-nya, kandungan ethanol pada sunscreen ini ternyata nggak bereaksi negatif di kulitku. Nggak bikin kulitku break out. Padahal awalnya ragu banget buat coba karena aku punya pengalaman buruk dengan kandungan alkohol dan sebangsanya pada produk berbentuk krim/liquid. Bahkan semua produk yang aku coba sebelumnya selalu berakhir dengan menimbulkan jerawat disana-sini. Lesson learned. Kamu nggak bisa menyimpulkan performa suatu produk hanya dengan melihat komposisinya aja. Walaupun dengan memperhatikan komposisi kamu bisa menduga kemungkinan apakah produk tersebut akan menimbulkan reaksi negatif atau nggak. Tapi tetap, opini paling valid adalah setelah kamu coba langsung produknya.


review-emina-sun-protection-spf-30

Karena Emina Sun Protection ini nggak waterproof, saat kena air dia akan luntur. Kelebihannya, kamu cukup membilas dengan air dan diusap ringan tanpa harus menggosok dengan kapas untuk membersihkan sunscreen-nya saat akan re-apply. Tapi membilas dengan air ini nggak berlaku saat double cleansing ya. Cara ini bukan untuk menggantikan cara pembersihan sunscreen dengan oil based cleanser. Kalo selesai berativitas tetap harus double cleansing kayak biasanya.

Setelah dibilas aku nggak merasa residunya mengganggu. Kulitku nggak terasa licin gitu, tetap terasa nyaman. Berhubung sunscreen ini nggak waterproof, jadi kurang cocok untuk digunakan saat kegiatan outdoor di cuaca yang panas/suhu tinggi dan kegiatan yang berhubungan dengan air. Renang dan main di pantai, misalnya. Kemungkinan akan terusap dan cepat luntur kena keringat.


Waktu aku pakai saat kegiatan indoor tanpa aplikasi bedak, wajahku bisa bertahan hingga 6 jam tanpa kilap. Sedangkan saat di kegiatan outdoor, bisa bertahan selama 2 jam tanpa kilap. Setelah pemakaian beberapa jam juga nggak bikin wajahku kelihatan kusam. Kan ada tuh, sunscreen yang bikin wajah kelihatan kayak orang belum mandi. Kusam nan kucel haha. Overall, aku suka kenyamanan yang diberikan oleh sunscreen ini. Walaupun dipakai seharian dan re-apply berkali-kali tetap terasa ringan di kulit.

Produknya bisa dibeli di official store Emina yang ada di kotamu atau di online shop, seperti Sociolla. Kalo kamu belanja di Sociolla kamu bisa dapat ekstra diskon 50 ribu, lho. Caranya pakai kode SBNLA4EN saat check out.

diskon-belanja-di-sociolla


Apa kamu punya pengalaman menggunakan Emina Sun Protection juga? Apa produknya cocok dengan kulitmu?


 mudah diratakan
 cepat menyerap
 ringan
 nyaman dipakai seharian tanpa kilap yang berlebihan

 ada kandungan ethanol
 nggak waterproof

Rating: ★★★

Where to buy? Official Store, Sociolla
Price? Rp. 29.000

55 comments:

  1. Aku juga pake ini dan sudah berulang-ulang sesuka itu #KBBVmember

    ReplyDelete
  2. Wah..wah.. Ini dia favorit aku. Aku suka ini cuma karena wanginya kaya biskuit bayi. Hahaha. #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada biskuit bayi yang baunya kayak gini? Aku baru tau haha ^^;

      Delete
  3. kalau tidak waterproof, berarti cocok buat city lifestyle ya #KBBVMember Carnellin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak juga kalo dipakai wudhu hehe, bisa dibilas~

      Delete
  4. Ak jg pake ini. Suka soalnya g lengket dan cpt meresap dimuka 😍 #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, cepat keringnya jadi bisa dipakai pas lagi buru-buru πŸ˜‚

      Delete
  5. Dulu sunscree emina fav tapi sekarang udah punya new fav 😁 enak sih pakai ini😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. aku juga punya ini tapi sunscreen yang sekarang lagi di pake blom habis :( #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aja ci, jadi pakai dua produk sekaligus. Aku juga gitu πŸ˜‚

      Delete
  7. wahh harganya mayan terjangkau yak, ak jadi pengen beli ntr kl sunscreen q d habis
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  8. Sama sekali blm coba skincarenya Emina nih aku. Jd pengen cb 😍 #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain juga. Skincarenya Emina not bad kok~

      Delete
  9. Akupun pake emina sunscreen ini,hehe...tapi masih penasaran juga sama sunscreen biore aqua rich katanya bagus juga,walaupun harganya lebih mahal :D udah coba belum yang biore? #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mbak. Aku kurang cocok sama yang Biore :(

      Delete
  10. wahhhh bisa nahan minyak ya, cus di tampung noted hihihi #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kulit berminyak mungkin akan lebih cocok. Soalnya cepat kering jadi nggak berat di muka.

      Delete
  11. Aku suka banget loh sunscreen ini, udah repurchase berkali-kali. Pas kehabisan ini, aku nyoba sunscreen merk lain yang harganya sama tapi gak cocok di kulitku. Akhirnya ya balik lagi ke sunscreen ini #KBBVmember

    ReplyDelete
  12. Wah penasaran nih sunscreen bisa melembabkan tp ngga bikin berminyak😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. menarik ya nga white cast, sayang cm spf 30 hehehe aku biasa pake spf 50 soalnya males reapply #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku pakai SPF berapapun tetap reapply hehe

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. aku belum coba sun protection nya emina ini nih, tapi banyak yang bilang bagus karena ga lengket ya beb, jadi pengen cobain hehe #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak lengket kok, dia cepat keringnya. Ringan dan nyaman banget.

      Delete
  16. Aku suka nih sama sunscreen ini, wanginya, teksturnya dan hasilnya di kulit gak terlalu oily. Murah lagi ^0^
    #KBBVMEMBER

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya dia cepat nge-set di kulit jadi nggak lengket hehe

      Delete
  17. Aku suka bgt sama teksturnya, asli nyaman bgt. Sayangnya bikin break out hiks...

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo sudah bikin breakout kudu berhenti tuh :(

      Delete
  18. Aku udah pernah pakai ini beb. Suka sama teksturnya #kbbvmember

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah coba sunscreen lain selain dari Skin Aqua,mau ganti takutnya kurang nampol, hhee
    #kbbvmember *Elvina

    ReplyDelete
  20. Eeh ini seriusan ga ada whitecast?? Menarik niih buat dicoba.. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak nampak whitecast-nya! Bolehlah dicoba dulu hehe.

      Delete
  21. Oke fix habis baca beli sunscreen ini😍

    ReplyDelete
  22. rekomendasi sunscreen buat minggu depan ke bali hihiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo kena air harus reapply soalnya dia nggak waterproof kak. Kalo mau main di air mending pakai yang waterproof aja~

      Delete
  23. halo kak. kulit kk tipenya oily atau dry ya? aku pgn coba tapi kulitku oily, makin minyakan ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitku kering. Sunscreen ini bisa banget buat yang berminyak. Teksturnya ringan, cepat nge-set di kulit dan nggak lengket. Coba aja dulu.

      Delete
  24. Wah thanks infonya sis. Anyway, ini bisa untuk kulit berminyakkah?

    ReplyDelete
  25. wah bisa bebas kilap ya. jadi tergiur nih soalnya aku kombinasi lebih ke berminyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen-nya cepat 'kering' jadi nggak ada kilapnya.

      Delete
  26. Aku belom pernah sih nyobain emina ini.. Baru nyobain wardah dan aku sukaaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekstur dan hasil akhirnya beda sama Wardah, tapi sama-sama enak kok.

      Delete
  27. Setelah baca review ini, fix lah aku menjatuhkan hati ke emina aja, banyak review lain yang positif juga sih

    ReplyDelete
  28. aku juga pernah coba emina yang sun block ini, kemasannya mungil jadi pas dibawa traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya isinya 60 ml, termasuk travel size lah yaa.

      Delete
  29. aku udah pakai produk ini yang kedua. Ringan di kulitku yang sensitif walaupun aku rasa kandungan alkoholnya agak tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalo alkoholnya nggak bereaksi negatif di kulitmu ^^

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES