18 April 2019

Purito Centella Green Level Calming Toner Review

review-purito-centella-green-level-calming-toner

Kayaknya aku pernah bilang kalo aku bukan anak toner. Makanya jarang beli dan coba produk toner. Kalo aku akhirnya memutuskan untuk beli satu, bisa dipastikan itu bukan karena iming-iming hydrating-nya tapi karena soothing/calming-nya. Dan toner Purito ini pun sama. I was intrigued with it claims yang bilang bisa kasih efek calming ke kulit. Ditambah lagi karena Centella yang jadi main ingredient-nya.


Toner ini termasuk dalam Purito Centella Green Level collection together with Buffet Serum, cream, Pad & Eye Cream. Produknya vegan dan cruelty free yang diformulasikan tanpa ethanol, PEG, paraben dan synthetic fragrance. Mostly komposisinya punya rating ‘Green level’ dari EWG. Klaimnya dapat memberi efek soothing, calming dan melembabkan kulit dengan kandungan unggulan 10% Centella asiatica (Cica).

packaging-purito-centella-green-level-calming-toner

Apa hebatnya Cica? Centella asiatica disebut juga Gotu Kola atau Tiger Grass dikenal sebagai sumber Madecasoi. Cica dapat membantu menenangkan, melembabkan, menyembuhkan luka, sekaligus sebagai agen anti inflamasi dan antioksidan.

Selain itu juga ada kandungan Sodium Hyaluronate – yang terkenal dengan kemampuannya mengikat air sehingga kulit terlihat plump dan elastis, Panthenol – yang dapat melembabkan dan memberi efek soothing ke kulit dan Witch Hazel Extract – yang bekerja sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, antioksidan sekaligus membantu penyembuhan pada kulit yang luka.

INGREDIENTS:
Water, Centella Asiatica Extract (10%), Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate, Panthenol, Portulaca Oleracea Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Glycerin, Allantoin, Trehalose, Polyglyceryl-10 Laurate, Carbomer, Polyglyceryl-10 Myristate, Arginine, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Cananga Odorata Flower Oil, Rose Flower Oil.

Memang nggak ada Paraben tapi ada Ethylhexylglycerin yang fungsi serupa, sebagai pengawet. Nggak perlu parno karena dia akan bantu menjaga kualitas toner sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. PAO toner ini 12 bulan.

packaging-purito-centella-green-level-calming-toner
pao-purito-centella-green-level-calming-toner

Sama kayak produk Purito yang lain, toner ini juga dikemas dengan cara yang sama, pakai kardus karton cokelat. Kalo kamu buka kardusnya di bagian dalam ada penjelasan tentang variasi cara pakai tonernya dalam bentuk animasi. Informasi umum tentang tonernya tertulis jelas dan dilengkapi dengan Bahasa Inggris. Nggak ada segel di kardusnya tapi ada segel di bagian dalam mulut botolnya.

packaging-purito-centella-green-level-calming-toner

Botonya semi-transparan dari plastik doff berwarna hijau tua dengan tutup ulir warna hitam. Kalo dilihat-lihat, botolnya mirip banget sama CNP Soothing Toner. Mulai dari bahan, bentuk, tinggi sampai diameter lubang botolnya. Nggak ada yang salah kok sama botolnya. Cuma mau bilang aja kalo mirip hehe.

First of all, aromanya enak! Herbal scent gitu tapi dominan manisnya. Nggak overpowering, malah relaxing banget. Aroma ini mungkin berasal dari campuran essential oil yang ada di dalamnya. Karena Bergamot Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Cananga Odorata Flower Oil dan Rose Flower Oil juga bisa berfungsi sebagai perfume agents.

Cairannya transparan dengan tesktur watery tapi sedikit lebih kental dibandingkan toner dari korean brand yang pernah aku coba. Menurut beberapa review blogger lain, aroma dan teksturnya toner ini mirip sama toner Klairs yang original.

purito-centella-green-level-calming-toner-texture

Teksturnya light, kok. Bahkan untuk layering beberapa kali pun nggak masalah. Tonernya cepat meresap dan nggak ada rasa tacky atau lengket sama sekali. Rasanya tetap ringan dan nggak terasa greasy di kulit. Purito menyarankan untuk pakai toner ini 3-4 layer kalo kulitnya kering dan aku setuju sama saran ini.

Aku pribadi biasanya layering 4-5 kali (4-5 tetes per layer-nya). Cara pemakaiannya setelah cleansing dan sebelum essence. Tuang toner ke telapak tangan atau kapas lalu usapkan ke kulit.

Menurut animasi yang ada di dalam kardusnya, ada 4 cara untuk menggunakan centella toner. Selain dipakai langsung dengan tangan/kapas, kamu juga bisa pakai untuk CSM, menyatukan powder eyesahdow yang pecah dan sebagai campuran face mist.

Untuk kulitku yang kering dan sering dehidrasi aplikasi 1 layer nggak ada rasanya, sis. Berasa basah doang. Makanya butuh sampai 5 layer supaya lembabnya kerasa. Bisa juga aku tambah sampai 7 lapis kalo pengen efek kulit yang lebih plump.

purito-centella-green-level-calming-toner

It would be a perfect toner buat kamu yang suka layering toner berlapis-lapis. Tapi, buat aku ini justeru jadi poin minus. Meskipun aku suka pakai ratusan lapis toner, layering toner ini minimal 4 kali hanya untuk dapat efek lembab malah terasa boros. Kalo boleh milih aku akan beli produk lain yang dengan 1-2 layer aja sudah cukup lembab.

Di lain sisi, aku suka sama efek calming-nya. Di kulitku ini cocok banget dipakai untuk menenangkan kulit yang marah tiba-tiba. Akibat pakai serum vitamin c kebanyakan, misalnya. Kalo sudah terlanjur begitu rasanya bukan tingling lagi tapi panas dan jadi merah-merah (jangan ditiru T-T). Nah, toner ini berhasil calmed down the skin in seconds dan bikin healing process-nya lebih cepat.

Buat aku toner ini punya poin plus dan minus. Aku kurang suka efek lembabnya yang bersyarat (harus pakai 4 layer dulu), tapi aku suka aromanya yang relaxing dan calming effect-nya yang superb. Kalo kulitmu kering dan perlu toner yang hydrating, mending pilih toner lain. Sebaliknya, kalo kulitmu normal/oily/kombinasi, mungkin ini toner yang kamu cari.

Dan sedikit catatan buat pemilik kulit sensitif. Meskipun komposisinya didominasi oleh Green Level EWG di dalamnya masih ada kandungan essential oil. Posisinya memang ada di urutan paling bawah tapi potensinya mengiritasi kulit tetap ada. Sebaiknya hati-hati sebelum coba produk ini :-)



Rating: ★★★☆☆

Where to buy? JOLSE
Price? $22.12 (200 ml)

12 comments:

  1. Untung sebelum beli toner ini aku baca review mu dulu kak. Jadi mikir2 lagi deh buat nyoba krn kondisi kulitku sama kyk km :'( Thanks ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, kenapa? dry skin juga kah? tapi toner ini buat calming bagus lho

      Delete
  2. Sekilas konsep packaging produk ini mirip sama Benton ya , warna produk dan warna box + tulisan nya juga, selalu suka baca reviewnya karena pembahasan ingredientnya jelas banget ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya hahaha. tapi dari harga purito ini rata-rata lebih murah.
      kalo sudah baca ayo cobain juga :D

      Delete
  3. Dari kemarin aku penasaran banget sama produk ini, soalnya wajahku suka kemerahan gitu beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai toner ini bisa bantu bikin kalem kemerahan di muka~

      Delete
  4. Kulitku oily nih mgkin pas nih pake toner ini. Btw kita sama sih bukan anak toner tp kadang aku juga penasaran coba2 produk gini wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kamu bakal suka sama tekstur dan feelnya. silakan dicoba XD

      Delete
  5. Ada kandungan cica nya menarik ya soalnya jarang aku temui produk dengan kandungan cica๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. cica lagi terkenal banget nih, rasanya ada dia di mana -mana :D

      Delete
  6. Masih meraba-raba apa itu calming toner, sejauh ini saya cuma tau hydrating dan exfoalting toner aja... kalau saya pakai toner 2 lapis, dari exfoalting ke hydrating, baru lanjut ke essence, moist dan terakhir sunscreen

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya sama aja kayak hydrating toner, mas. tapi kelebihannya calming toner punya fungsi untuk menenangkan kulit. cocok buat yang kulitnya kemerahan/iritasi gitu ๐Ÿ˜€

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun tanpa nama/unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES