11 April 2018

Skincare Routine: Untuk Kulit Kering (2018)

skincare-routine-untuk-kulit-kering

If you aware that it’s been a while since the last time I updated about my skin care routine. It was last November, so it’s been 4 months already. Ingat tulisanku di blogpost sebelumnya? Aku bilang make up yang terlihat bagus berawal dari kanvas (kulit) yang bagus juga. Maka dari itu aku sarankan untuk merawat kulit supaya hasil make up lebih maksimal. Nah, hari ini aku mau sharing skin care routine yang sedang aku pakai sekarang.


For your information, tipe kulitku kering, rutinitas yang aku jalankan saat ini akan terlihat maksimal jika kamu punya tipe kulit yang sama. But still, produk-produk dibawah ini juga bisa aja dipakai untuk tipe kulit lainnya. Untuk kamu yang sedang cari pengganti produk untuk routine-mu, aku harap post ini bisa membantu ^^;

Pada post tentang routine sebelumnya aku hanya menyebutkan routine di pagi hari, tapi kali ini aku mau bahas semuanya. Mulai morning routine, night routine sampai weekly routineSebagian besar produk yang aku gunakan adalah produk lokal jadi lebih mudah dicari. 

Rutinitas ini sudah aku jalankan mulai bulan Januari 2018, jadi sampai tulisan ini dibuat sudah masuk bulan ke-empat. Step yang aku jalankan masih sama, tapi ada beberapa produk yang berubah. 

Morning Routine: clean  ̶   moisturize  ̶   protect

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#1 Clean
Pastinya cuci muka dulu pakai sabun. Pilih sabun yang nggak bikin kulit terasa tertarik (tight feeling) dan tetap melembabkan kulitmu. Aku pakai Zwitsal Baby Bath Milk & Honey ReviewSabun ini punya kandungan susu dan madu dengan pH seimbang. 

#2 Moisturizer
Ada beberapa tahapan di bagian ini, yaitu aplikasi toner, essence dan day cream.

Toner
Aku pakai toner dari Viva varian lemon dan cucumber. Dua produk ini nggak aku pakai sekaligus. Face tonic lemon aku pakai selama 2 bulan sampai bulan Februari, sedangkan yang Cucumber aku pakai setelahnya sebagai pengganti sampai sekarang. Pilihan toner bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 


skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Essence
It’s my first time using an essence ever. Back then I’m not really interested in those kinds of extra moisturizer products like essence or serum. Karena merasa belum butuh dan.... harganya agak mahal haha. Dulu punya pikiran pakai krim biasa aja cukup. But now, I’m not regretting my decision to buy an essence! It works wonderfully amazing!

Aku pakai Wardah Renew You Treatment Essence. Yes it famous for the anti-aging formula. Kulitku yang kering ini biasanya membuat fine lines terlihat jelas, terutama di area pipi (smile line). Jadi aku pilih varian ini. Aku pakai produk ini sejak 10 Januari. Efek yang paling terasa adalah tekstur kulit jadi semakin bagus. 

Day Cream
As you can see on the infographic, ada 3 produk pelembab. Banyak ya hahaha. Nggak kok, nggak pakai ketiganya sekaligus. Aku kombinasikan dua pelembab sebagai day cream untuk sehari- hari, yaitu:

  • Hada Labo Shirojyun Milk > Fair & Lovely Multivitamin
  • Johnson’s Baby Lotion 24-hour > Fair & Lovely Multivitamin

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Step ini masih sama seperti yang aku tulis sebelumnya. Aku memang biasa pakai dua produk supaya kelembaban di kulitku lebih tahan lama. Wardah Aloe Gel yang aku pakai sebelumnya sudah digantikan Johnson’s Baby Lotion.

Walaupun aku pernah bilang kalo Hada Labo Shirojyun Whitening Milk hasilnya nggak begitu terlihat di kulitku tapi aku tetap pakai sampai sekarang. Ini botol keduaku. Overall karena produk ini bisa kasih efek lembab aku yang aku butuhkan.

Lip Care
Nggak cuma wajah saja yang perlu perawatan, bibir juga. Kedua produk dibawah ini aku pakai bergantian, tapi si Nivea lebih sering aku bawa kemana-mana karena bentuknya yang lebih praktis. Nama produknya adalah:

  • Nivea Fruty Shine – Strawberry Shine
  • Vaseline Petroleum Jelly

Cara pakainya, oleskan segera setelah mandi dan sebelum memulai skin care routine apapun. Maksudnya, supaya saat kamu selesai melakukan morning routine, bibirmu juga sudah siap untuk diaplikasikan lip product. Hasilnya bibir akan lebih lembab jadi lipstik/lip tint/lip cream juga akan terlihat lebih bagus.

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#3 Protect
Banyak yang melewatkan step ini karena terlihat nggak penting. Tapi kulit juga perlu perlindungan, lho. Jadi lindungi kulitmu dari sinar UV dari sekarang! Aku pakai produk sunscreen dari Wardah dengan kandungan SPF 30 PA+++. My all time favorite, dan sampai sekarang pun masih suka :-)

Night Routine: clean  ̶   deep moisturize  ̶   special care

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#1 Clean
Bersihkan wajah dari semua kotoran dan make up. Aku menerapkan sistem double cleansing. Apa sih double cleansing itu? Intinya, membersihkan make up menggunakan dua jenis cleanser yang berbeda. Jenis produk yang dapat digunakan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

skincare-routine-untuk-kulit-kering
Produk yang aku pakai untuk membersihkan wajah ada 4 macam, yaitu 2 produk cleansing/make up remover dan 2 produk face wash.

  • Maybelline Eye + Lip Make Up Remover > Viva Milk Cleanser (lupa nggak kefoto) > Pixy Cleansing Express
  • Hada Labo Tamagohada Face Wash / Zwitsal Milk & Honey Baby Bath

Saat pakai full make up aku selalu bersihkan dengan Maybelline Make Up Remover terebih dahulu, setelah itu lanjut pakai Viva Milk Cleanser lalu Pixy Cleansing Express. Tapi kalo cuma pakai bedak+lipstik saja tanpa make up lainnya, cukup pakai Cleansing Milk dan atau Cleansing Water aja.

Langkah selanjutnya, aku cuci muka. Saat pakai full make up aku pakai face wash Tamagohada dari Hada Labo, kalo nggak pakai full make up aku pakai sabun Zwitsal. Jadi, aku menggunakan 3 produk berbeda untuk tahap cleansing di malam hari.

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#2 Deep Moisturize

Toner
Produk yang aku pakai sama seperti saat pagi hari.

Essence
Masih sama juga ya, hehe.

Serum
Khusus di malam hari aku tambahkan 1 layer skin care lagi di kulitku dengan serum Wardah Renew You Anti-Aging Intensive Serum. Aku mulai pakai serum ini sejak bulan Januari lalu. Sejauh ini kulitku cocok dan kelihatan hasilnya. Aplikasinya aku fokuskan ke area yang membutuhkan aja, seperti smile line dan dahi. Pemakaiannya cukup 1-2 tetes di masing-masing sisi. 

Night Cream
Aku pakai krim malam dari Khalisa yang punya kandungan Water Lily Extract. Produk ini sudah dapat sertifikat Halal MUI lho. Aku juga sudah tulis review lengkapnya, baca disana ya~


skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

#3 Special Care

Lip Care
Produk yang aku pakai adalah Vaseline Petroleum Jelly yang dijadikan lip sleeping mask. Sebenarnya sama saja seperti lip balm biasa, tapi aplikasikan lebih banyak dan biarkan sampai besok pagi.

Acne Care
Step ini hanya aku lakukan kalo ada jerawat / noda jerawat. Aplikasinya sebelum serum dan night cream. Jadi, aku oleskan langsung di atas jerawat/noda jerawatnya tanpa dilapisi dengan produk lain. Caranya dengan membersihkan (lapisan skincare sebelumnya) pada area akan diobati dengan cotton bud.


Weekly Routine: exfoliate  ̶   mask

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018
#1 Exfoliate
Sel-sel kulit mati harus dibersihkan secara berkala, caranya adalah dengan eksfoliasi. Hal ini aku lakukan minimal satu kali dan maksimal dua kali dalam seminggu. Kalo di jadwalku sih setiap hari Rabu dan Minggu.

Produk: Mustika Ratu Peeling MundisariSariayu Facial Scrub Mawar

#2 Mask
Untuk masker, ada yang aku lakukan setiap hari dan setiap 2-3 hari sekali. Masker yang aku pakai rutin setiap hari adalah masker alami dari oatmeal ^^; Sedangkan setiap beberapa hari sekali aku pakai dua produk masker, yaitu:

Masker ini tipe peel-off jadi aplikasinya cukup praktis. Komposisi unggulan yang ada di masker ini adalah ektrak biji anggur. 

Maker tipe wash-off buatan India ini cukup terkenal dengan baunya yang khas. Kalo aku bilang sih bau jamu gitu. Selama pakai masker ini aku merasa kulit jadi lebih bersih karena oil control-nya bagus banget dan noda jerawat jadi lebih cepat hilang.

skincare-routine-untuk-kulit-kering-2018

Prevention is the key for youthful skin, jadi selalu sempatkan memberi perhatian lebih ke kulitmu. Your skin will surely thank you for it. Anyhow, the great skin doesn’t happen by chance, iya kan? Butuh proses dan kesabaran hehe. Kalo kamu baru mau mulai merawat kulit dan mau tau step serta produk apa aja yang diperlukan, kamu bisa baca blogpost tentang skincare untuk pemula. Aku jelaskan disana.

Finally, this is the end of today post. Nanti pasti aku update lagi kalo ada produk baru. Lumayan panjang juga ternyata haha. Share juga yuk produk apa aja lagi kamu pakai untuk skin care routine-mu  :^)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES