13 February 2019

Purito Pure Vitamic C Serum Review

purito-pure-vitamin-c-serum-review

Apa kamu pernah coba produk dengan kandungan Vitamin C yang tinggi? Buat aku, serum ini adalah yang pertama. Aku tertarik coba Vitamin C karena katanya efektif untuk memudarkan noda hitam (PIH). Aku pribadi memang punya sejarah panjang dengan PIH dan ada noda-noda yang belum bisa pudar dengan spot treatment.


Vitamin C bukan satu-satunya bahan yang bisa membantu memudarkan PIH. Ada bahan lain seperti niacinamide dan arbutin.  Lalu, apa yang spesial dari Vitamin C?

Vitamin C utamanya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan skin brightening agent untuk membantu mencerahkan kulit. A superstar ingredient yang bisa bantu memudarkan pigmentasi dan noda hitam. Nah, supaya Vitamin C dapat bekerja optimal dia harus berada di konsentrasi 5-20%. Serum dari Purito ini punya konsentrasi 10% dari L-Ascorbic Acid yang merupakan bentuk Vitamin C yang dikenal paling efektif.

Purito menerapkan cruelty-free dan 10 free system ingredients. Produknya bebas dari 10 bahan berikut: Ethanol, Paraben, Surfactant, Artificial Colorant, Artificial Fragrance, Triethanolamine, Phthalein, Triclosan, Petrochemicals dan Benzoyl Peroxide. Menurut website, serum ini diklaim dapat:
  • Suitable for all skin types
  • The serum’s ingredients help soothe and smooth blemishes
  • Build collagen, diminishes fine lines and wrinkles, lightens age spots, minimize pore size, brightens skin, lessens dark circle and puffiness under the eyes, and fades acne scars

packaging-purito-pure-vitamin-c-serum

Produknya dikemas dalam botol plastik gelap berwarna hitam kecokelatan dengan tutup pump plus cap transparan. Aku suka packaging-nya yang praktis dan mudah disimpan. Tapi kalo boleh memilih, aku lebih suka serum dalam botol pipet dibanding botol pump. Volumenya 60 ml dengan PAO 12 bulan. Walau PAO-nya 12 bulan, Purito juga menyarakan untuk segera menghabiskan serumnya dalam waktu 2 bulan setelah dibuka.

pump-purito-pure-vitamin-c-serum

INGREDIENTS:
Sodium Hyaluronate liquid (84%), Ascorbic Acid (10%), 1,2 Hexanediol, Niacinamide, Arginine, Human Oligopeptide-1, Hydrolized Collagen, Nelumbium Speciosum Flower Extract, Magnolia Liliflora Bud Extract, Lilium Tigrinum Extract, Paeonia Albiflora Root Extract, Tuber Magnatum Extract, Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract, Red Ginseng Extract, Sodium Polyacrylate, Adenosine, Disodium EDTA.

ingredients-purito-pure-vitamin-c-serum

Teksturnya watery dan runny tapi saat disentuh agak licin, nggak seperti air. Serumnya berwarna light orange. Aku nggak mencium ada aroma wangi saat mengaplikasikan serumnya ke wajah. Bisa dibilang hampir nggak ada aromanya. Tapi kalo dicium langsung dari kemasan menurutku aromanya slightly mirip obat. Eh tapi ada juga yang mendeskripsikan aromanya sebagai aroma citrus. Buat kamu yang anti sama wewangian di skincare, produk yang satu ini aman untuk hidungmu.
Rasanya saat dioleskan ke kulit dia cepat meresap dan terasa super ringan. Teksturnya yang watery itu membuat serum ini jadi mudah diratakan. Aku pribadi nggak merasakan ada sensasi tingling/cekit-cekit selama pemakaian. Tapi waktu pertama kali pakai di area kulitku yang sensitif (di bagian pipi atas) terasa sedikit perih. Nggak lama sih, cuma beberapa detik aja.

texture-purito-pure-vitamin-c-serum

Aku hanya pakai serumnya saat malam hari setiap 3 malam sekali. Aku selalu pakai serum Vitamin C disaat yang berbeda dengan aplikasi produk chemical exfoliator. Jadi selang-seling begitu lho. Cara pakainya dengan mengambil serum sebanyak 2 drops ke telapak tangan lalu diusapkan ke wajah kecuali area mata dan mulut. Steps aku lakukan yaitu cleansing > Purito Pure Vitamin C Serum > tunggu 10 menit > hydrating toner > essence > moisturizer > sleeping mask. Step ini nggak baku dan bisa kamu ubah dan sesuaikan dengan produk yang kamu pakai. Pokoknya yang wajib dipakai itu yang termasuk di basic skincare sedangkan selebihnya hanya tambahan.

Sesaat setelah aplikasi aku merasa kulitku lebih kenyal, lembab dan permukaannya lebih halus. Serum ini mengandung 84% sodium hyaluronate yang merupakan bentuk sodium dari hyaluronic acid (HA) sebagai komposisi utamanya. HA ini termasuk dalam humectant yang fungsinya untuk mengikat air sehingga dapat menghidrasi kulit. Nggak hanya menghidrasi, HA juga bisa mempertahankan elastisitas kulit dan membantu regenerasi skin barrier yang rusak. Secara umum, HA membantu kulit supaya terlihat dan terasa sehat. Selain HA juga ada humectant lainnya yaitu, hydrolized collagen dan apple fruit extract.

Vitamin C dengan segala kelebihannya memang terdengar sangat menggiurkan. Janjinya manis banget, iya kan? Apart of those positive things, Vitamin C adalah bahan yang nggak stabil dan cenderung mudah teroksidasi saat kontak dengan air maupun cahaya. Maka dari itu, segala produk dengan kandungan utama Vitamin C perlu penyimpanan khusus. Aku pribadi menerapkan beberapa cara:
  • Menyimpan botol dalam kardus aslinya
  • Menyimpan produk (botol dalam kardus) di dalam lemari es
  • Usahakan hanya mengeluarkan botol produk sesingkat mungkin dari lemari es
  • Saat akan aplikasi, buka botol dan ambil serumnya dari dalam lemari es
Apa efeknya jika serum terlanjur teroksidasi? Nanti hasilnya nggak optimal di kulit dan yang paling parah, mungkin akan menimbulkan reaksi negatif. Jadi pastikan kamu menyimpan serumnya dengan baik. Karena efek produk akan terlihat maksimal jika kondisi produknya baik :-)

purito-pure-vitamin-c-serum

Anyway, selain Vitamin C juga ada brightening agent lain yaitu niacinamide yang sering dikenal sebagai Vitamin B3 / Nicotinamide (NAA). Niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan garis halus dan mengurangi efek kusam pada kulit. Ada juga bahan-bahan baik lainnya,  Human Oligopeptide-1 atau Epidermal Growth Factor (EGF) untuk menstimulasi pertumbuhan sel, red ginseng extract sebagai antioksidan serta adenosine sebagai anti-inflammatory agent dan mempercepat penyembuhan luka.

Serum ini nggak menggunakan paraben sebagai preservatives. Tapi ada bahan lain yang punya fungsi serupa: 1,2 Hexanediol dan Disodium EDTA. 1,2 Hexanediol ini bahan yang multifungsi yang dapat berperan sebagai pelarut, humectant dan emollient sekaligus meningkatkan antimicrobial activities. Disodium EDTA umum digunakan untuk membantu formula suatu produk agar tetap sama dan stabil dalam jangka waktu yang lebih lama.

Aku baru pakai serumnya 4 kali jadi belum terlihat perubahan yang signifikan. Aku akan tetap lanjutkan pemakaiannya. Nanti akan aku update dengan foto before-after dan kondisi kulitku dari minggu ke-1 sampai minggu ke-4. Tunggu update-nya yaa! See you later!


Where to buy? Jolse
Price? $18.39

16 comments:

  1. Wah super duper racun.. pengen ikutan coba, jelas banget ngejelasinnya jadi mikir dehh buat belii..Top banget kak!!

    ReplyDelete
  2. Serum vit c gini bisa untuk kulit yang berjerawat ga yah? Soalnya aku punya PIH juga dan jerawat sedikit takut makin breakout

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ditanya bisa/tidak, ya bisa aja. tapi, efeknya gimana tergantung reaksi di kulit masing-masing. breakout atau nggaknya baru akan ketahuan setelah coba langsung hehe.

      Delete
  3. Aku baru tahu loh kalo nyimpen serum vit c agak rumit ya. Jadi sayang bgt kalo sama produknya teroksidasi dan jadi ga maksimal hasilnya. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. vitamin c memang rawan teroksidasi jadi nyimpannya juga harus ekstra hati-hati 😂

      Delete
  4. Menarique huhu penasaran banget tapi liat harganya maju mundur wkwk😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata-rata serum vit c harganya agak mahal yaa 😂

      Delete
  5. Racunn mulu nih , btw selama ini aku ga pernah simpan serum di lemari es .. kayaknya perlu aku coba ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara penyimpanan tergantung bahannya sih. soalnya ada juga serum yang bisa disimpan di suhu ruang.

      Delete
  6. Jadi serum ini dipakai untuk malam hari, pengen liat seh hasil selanjutnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipakai pagi/malam boleh kok. sesuaikan aja sama kebutuhan hehe.

      Delete
  7. Aku baru tau brand Purito ini dr kamu lho hehe dan setelah ku kepoin produk mereka banyak yg menarik😍 udh beli 1 produknya kmren wkwk

    ReplyDelete
  8. Untuk serum vitamin C dan essence itu baru tau aq beb,lebih baik disimpan dilemari es ya, slma ini aq biasa simpen dlm kardusnya aja😀, thks infonya berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semua serum vitamin c harus disimpan di lemari es karena tergantung vitamin c-nya dalam bentuk apa. jadi perlu lihat lagi ingredientsnya.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2017-2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES