11 December 2018

Mukka Precision Eyeliner Pencil #Black Review

Menurutku eyeliner termasuk produk eye makeup yang wajib dipakai kalo lagi pakai kacamata. Walaupun sebagian orang lebih milih untuk pakai maskara instead of eyliner, tapi buat aku justru sebaliknya. Tujuannya sih, supaya mataku terlihat lebih hidup dan nggak kelihatan ngantuk haha. Mukka Precision Eyeliner Pencil ini sudah aku coba sejak tiga bulan lalu. Kira-kira bagaimana performanya?


mukka-precision-eyeliner-pencil-review

Pemakaian maskara saat sedang pakai kacamata malah bikin mataku nggak nyaman karena bulu matanya akan menatap/kena kacanya. Rasanya ruang di dalam kacamata akan terlalu ‘penuh’. Anyone with me? Berhubung bulu mataku sudah panjang dan setelah pakai maskara akan jadi lebih panjang, makanya aku lebih suka pakai eyeliner.

Eyeliner ini diproduksi oleh Mukka Kosmetik, pernah dengar?


mukka-precision-eyeliner-pencil-review

Selayaknya pencil eyeliner, produk ini juga berbentuk pensil dengan batang berbentuk lingkaran. Menurut website Mukka produk ini tersedia dalam 6 warna yaitu silver, white, black, gold, blue dan green dengan berat bersih 1,7 gram. Bagian ujungnya sudah diraut dan dilindungi dengan tutup. Seluruh permukaannya berwarna hitam dengan tulisan kontras berwarna putih. Ada keterangan produk berupa deskripsi, komposisi dan tanggal kadaluwarsa produk. Walaupun kelihatan meragukan in some ways, tapi produk ini sudah punya nomor BPOM (NA11171203186). Jadi bisa dipastikan bahwa produknya sudah memenuhi standar regulasi kosmetik di Indonesia. No need to worry!

Baca juga: Etude House Styling Eyeliner Review

mukka-precision-eyeliner-pencil-review


mukka-precision-eyeliner-pencil-review

Apa aja ingredients-nya?

Cocoa Seed Butter, Castor Seed Oil, Beeswax, Coconut Oil, Ceresin, Lanolin Oil, Ethylhexyl Palmitate, Stearyl Stearate, Lanolin, Carnauba Wax, Phenoxyethanol, Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Mica, CI 77499. (ingredients score)

mukka-precision-eyeliner-pencil-review
mukka-precision-eyeliner-pencil-review

Jujur aja, aku nggak punya ekspektasi tinggi terhadap produk ini. Aku beli produknya karena murni penasaran aja. Toh harganya murah, jadi kalopun produknya gagal aku nggak bakal terlalu kecewa haha. Eyeliner ini nggak dilengkapi dengan rautan jadi kamu perlu rautan terpisah untuk menajamkan ujungnya. Anyway aku beli ini online jadi nggak bisa tau swatch-nya seperti apa. Ternyata pas aku cobain warnanya nggak begitu mengecewakan.

Baca juga: Pixy Waterproof Mascara: Buy or Bye?

Pigmentasi eyeliner Mukka ini cukup bagus. Awalnya aku kira dia bakal keras gitu tapi ternyata empuk dan creamy. Nggak bikin permukaan kulit terasa sakit saat aplikasi. Aku bisa merasakan lilinnya saat eyeliner-nya meluncur di kulit. Rasanya kayak pakai crayon lol.

Apakah eyeliner Mukka benar waterproof?

Yes! Mukka Precision Eyeliner Pencil ini memang waterproof dalam artian warnanya nggak akan hilang saat kena air. But it’s not smudgeproof. Oops! Walaupun aman dibawa berendam atau hujan-hujanan, tapi warnanya akan memudar dan hilang saat tergosok. Selama kamu nggak menyentuh eyeliner-nya ya aman-aman aja.


mukka-precision-eyeliner-pencil-review
foto diambil di jam yang berbeda jadi cahayanya juga beda. mohon maklum hehe.

Kelopak mataku nggak berminyak jadi buat aku pribadi ini bukan masalah besar. Tipsnya, jika kelopakmu cenderung berminyak lebih baik pakai eye primer dulu. Aplikasi bedak tabur di kelopak mata sebelum menggambar eye-line juga bisa membantu. Sepengalamanku, warnanya akan mulai smudging setelah pemakaian 3 jam tanpa bantuan powder/eye primer dan bisa lebih cepat jika suhu sekitarku tinggi. Sedangkan dengan powder/primer, eyeliner-nya bisa bertahan hingga 8 jam (penggunaan di suhu ruang + kena air 3x). 

Baca juga: Pensil Alis Lokal Terfavorit

Pada akhirnya memang akan tetap smudging tapi sedikit sekali dan hanya di bagian ujung mata bawah aja. Selebihnya aman, nggak bikin mata kelihatan kayak mata panda kok. Bahkan di area kelopak mata juga tetap rapi (nggak ada sisa eyeliner yang menempel). Meski waterproof tapi produknya mudah dibersihkan. Formulanya yang waterproof but not smudgeproof ini bisa dihapus dengan micellar water


mukka-precision-eyeliner-pencil-review

Sampai sekarang masih aku pakai dan sejauh ini nggak ada reaksi negatif. Aku suka eyeliner-nya yang creamy dan gampang dibersihkan tanpa perlu pakai eye makeup remover. Warnanya memang langsung keluar dalam sekali oles tapi menurutku masih kurang solid. But well, untuk harga sekian aku tau seharusnya aku nggak menuntut banyak haha. Aku rasa produk ini cocok buat kamu yang sedang belajar menggunakan eyeliner. Produknya murah, sudah punya nomor pom dan isinya cukup banyak. Tapi kalo kamu sudah jago, aku sarankan lebih baik cari produk lain :)

Apa kamu pernah pakai produk makeup dari Mukka juga?




 pigmentasinya cukup
 waterproof
 mudah diaplikasikan
 nggak terasa sakit/kasar saat meluncur di kulit

 not smudgeproof
  warnanya hilang saat tergosok

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Official Website / Marketplace 
Price? Rp. 20.000

28 comments:

  1. Aku belum pernah pakai produknya mukka beb, sering liat tuh kalau lagi di boston, aku pegang2 tp masih maju mundur buat nyobain hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukka juga ada di boston? Aku baru tau malahan haha ^^;;

      Delete
  2. Aku gak pernah pake eyeliner Mukka sih, cuma pernah pake eyeshadow nya aja. Harga dan kualitas, sesuai ya .

    ReplyDelete
  3. pernah coba hehe soalnya mama aku pake ini. tapi sayangnya aku ga suka eyeliner pensil

    ReplyDelete
  4. Kalau dibanding kan viva, bagusan mana beb? Anyway memang berminyak kelopak mataku dan aku pasti kasih eye primer dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba eyeliner-nya viva, nggak bisa komentar hehe.
      Iya bener pakai eye primer ngebantu banget biar eye makeup lebih tahan lama~

      Delete
  5. Selalu suka sama hasil foto kamu. Bagus bening gitu. Pake kamera apa bebeb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Dinna! Kamera pentax & smartphone hehe.

      Delete
  6. harganya affordable banget ya beb ? aku punya produk mukka juga yang liquid eyeshadownya. Cakep !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! Kalopun beli banyak juga jatuhnya nggak mahal-mahal amat haha.
      Belum pernah coba liquid eyeshadownya.. Produk Mukka yang pernah aku coba cuma eyeliner & nail polish aja ^^

      Delete
  7. Aku pikir mukka itu produk abal-abal. Ternyata sudah ada BPOM ya.jadi penasaran buat cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun berpikir gitu wkwk. Mungkin karena packagingnya terlihat kurang menjanjikan kali ya ^^;;

      Delete
  8. Klo produk eyeliner pensil gini emg rentan smudge gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih haha. Kayaknya lebih aman yang teksturnya gel ya?

      Delete
  9. Aku kepincut sama packagingnya lucu bgt dan lumayan affordable yaaa

    ReplyDelete
  10. Aku lagi koleksi mukka, ingin bikin one brand tutorial hihi, pensil alis boleh jg, aku belum punya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi makeupnya banyak sih aku lihat di websitenya jadi bisa aja kalo mau bikin one brand tutorial :D

      Delete
  11. Murah dan ngk terlalu jelek juga ya produknya, aku belum pernah ni pake produk dr mukka

    ReplyDelete
  12. Tapi seperti pensil ya beb bentuknya, aku terbiasa pake spidol sih lebih easy pakenya ... Mungkin buat pertimbangan makeup budget kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari segi kenyamanan menurutku juga spidol lebih enak dipakainya dibanding pensil. Iya kali aja butuh yang murah bisalah pilih ini hehe.

      Delete
  13. Aq belum coba eyeliner ini, untuk daily boleh juga ya beb,soalnya harganya juga tidak terlalu mahal ,thanks infonya beb 😍

    ReplyDelete
  14. Gampang patah ngga tuh pas diraut? Saya pake silky girl tapi cuma buat bawah mata aja. Eyeliner bagian atas lebih suka yang cair sih, lebih mudah aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mbak, tapi aku ngerautnya pakai silet hehe

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES