28 October 2018

#WajahCerah14Jam dengan Fair & Lovely 2in1 Powder Cream

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Kasih tau aku dong, kamu lagi pakai krim apa sekarang ini? Kalo aku sih lagi coba Fair & Lovely 2in1 Powder Cream. Kamu sudah pernah pakai belum? Katanya krim ini bisa bikin wajah bebas kilap dan tetap cerah selama 14 jam, lho. Bener nggak, ya? Kalo kamu pengen tau, baca selengkapnya tentang perjalanan 7 hariku dengan Fair & Lovely disini~

Kegiatan yang padat kadang bikin aku susah mengatur waktu. Terutama saat pagi hari. Kadang karena terlalu sibuk menyiapkan sarapan bikin aku nggak punya cukup waktu untuk dandan. Proses skincare dan makeup terlalu panjang dan memakan waktu terlalu lama. 

Tapi skincare-ku jelas nggak mungkin di-skip jadi aku memilih untuk nggak pakai makeupBingungnya kalo di hari itu aku harus ketemu orang banyak atau ada presentasi. Nggak mungkin dong aku tampil bare face? Untung aja aku ketemu Powder Cream dari Fair & Lovely ini. Jadi setiap pagi aku nggak perlu repot pakai bedak lagi!

-
disclosure:
produk ini dikirimkan oleh Yukcobain untuk dicoba dan diulas. however, ulasan yang tertulis di sini adalah murni pendapat saya pribadi.

-

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Fair & Lovely 2in1 Powder Cream adalah gabungan produk krim pencerah multivitamin dengan bedak. Produk ini diklaim dapat mencerahkan sekaligus memberi efek seperti setelah memakai bedak. Wajah jadi terlihat lebih cerah sekaligus terasa lebih halus. Pada deskripsi produknya disebutkan:

  • Wajah tampak cerah seketika
  • Wajah halus seperti memakai bedak
  • Mengontrol minyak sepanjang hari
  • 14 jam tampak cerah (berdasarkan studi klinis konsumen pada tahun 2014/2015)
  • Tanpa kilap / Tampak bebas minyak

Krim hasil produksi PT. Unilever Indonesia Tbk. ini sudah terdaftar di BPOM dan sudah lulus uji Halal MUI. Produknya tersedia dalam dua ukuran yaitu 20 gram dan 40 gram.

Seperti produk pelembab keluaran Unilever lainnya, Powder Cream ini juga dikemas dalam box kardus. Nggak ada perbedaan khusus pada kedua ukuran produk selain berat bersihnya. Produk berukuran 20 gram da 40 gram sama-sama punya packaging berupa tube plastik dengan tutup ulir dibagian bawah. 

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Oh ya, sebelum membuka kardusnya, ada lapisan plastik yang membungkus kardus tersebut. Pada bagian depan terdapat stiker yang saat disentuh akan terasa seperti hasil akhir pemakaian produk. Menurutku ini kreatif, jadi konsumen bisa membedakan spesialnya produk Powder Cream dibanding Krim Multivitamin yang biasa.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Desain kemasan nggak jauh berbeda dengan kemasan Krim Multivitamin, masih khas Fair & Lovely banget. Bedanya sih ada di warna kemasan yang lebih colorful dengan campuran warna pink. Semua informasi yang kamu butuhkan sudah tertera jelas pada kardus dan packaging-nya. Bahkan juga ada visualisasi bagaimana cara menggunakan produknya. Lengkap deh, jadi konsumen nggak bakal bingung.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Komposisinya?
Water, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Stearic Acid, Titanium Dioxide, Niacinamide, Glycerin, Isohexadecane, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Triethanolamine, Cetyl Alcohol, Phenoxyethanol, PEG-100 Stearate, Perfume, Carbomer, Dimethiconol, Methylparaben, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Sodium Hydroxide, Aluminum Hydroxide, Disodium EDTA, Decyl Glucoside, Sodium Ascorbyl Phosphate, Pyridoxine HCI, Cyclotetrasiloxane, Sodium Carbonate, Propylene Glycol, BHT, Xanthan Gum, Sodium Chloride.

Cyclopentasiloxane (CPS)
Merupakan salah satu tipe silikon sintetik. Jika diaplikasikan ke kulit dan rambut dapat memberikan efek halus dan licin. Seperti halnya silikon lain, Cyclopentasiloxane juga dapat mengisi/menyamarkan pori-pori dan garis halus dan memberikan efek ‘plump’ sementara pada kulit.

Stearic Acid
Stearic Acid atau dikenal juga dengan Octadecanoic Acid termasuk dalam salah satu jenis fatty acid. Bahan ini bisa berasal dari sumber hewani maupun sintetik. Fungsinya untuk menjaga kelembaban dan memberikan efek ‘plump’ pada kulit. Selain itu juga berfungsi sebagai pengemulsi (emulsifier) untuk menjaga agar formula dalam suatu produk tetap utuh dan tidak terurai.

Dimethicone
Merupakan salah satu tipe silikon yang banyak digunakan pada kosmetik, skincare dan hair care. Nama lainnya adalah Polydimethilsiloxane (PDMS). Dalam penggunaannya di skincare, Dimethicone dapat memperbaiki tekstur skincare yaitu sebagai emulsifier yang dapat menjaga agar bahan-bahan di dalam suatu komposisi produk tetap menyatu. Sehingga produknya dapat diratakan dengan mudah serta dapat mengisi/menyamarkan pori-pori dan garis halus.

Niacinamide
Sering dikenal sebagai Vitamin B3 (niacin) dan Nicotinic Acid atau Nicotinamide (NAA). Niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan penampakan pori-pori yang terlihat besar, menyamarkan garis halus dan mengurangi efek kusam pada kulit. Selain itu niacin juga punya fungsi sebagai anti inflammatory yang dapat efektif mengobati acne/jerawat.

Cara pakai: Gunakan Powder Cream seujung jari pada seluruh bagian wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Lalu ratakan krimnya dengan jari. Selama percobaan, aku pakai Powder Cream ini setelah aplikasi face mist/toner dan sebelum aplikasi sunscreen.
Catatan: Aku mencoba produknya selama 7 hari dengan 1 hari pemakaian tunggal dan 6 hari pemakaian plus sunscreen. Aku membedakan cara pakai ini supaya tau performa produk saat digunakan sendirian dan saat digabung dengan produk lain yang teksturnya serupa. Selama 7 hari percobaan aku juga nggak pakai makeup untuk wajah selain blush on.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Tekstur produknya seperti lotion, super spreadable, sangat mudah diratakan. Aromanya segar tapi wangi banget. Bahkan setelah 10 menit aplikasi aromanya masih tercium. Sebenarnya krim ini punya aromanya yang enak, tapi mungkin akan ‘too much’ buat kamu yang nggak suka produk skincare beraroma kuat.

Pada awal aplikasi kulit akan terasa agak basah jadi hasilnya terlihat somewhat dewy. Butuh beberapa menit supaya lapisan produknya mengering. Kemudian akan berubah jadi lebih matte, lebih halus, tapi masih terasa lembab dari dalam. Setelah aplikasi kulitku terlihat lebih segar dan kelihatan seperti memakai bedak. Kulitku juga terasa lebih halus walau nggak sehalus stiker ‘sample’ yang tertempel pada plastik kemasannya.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Krimnya yang berwarna putih bisa menyatu dengan baik pada kulitku. Klaimnya yang bisa mencerahkan seketika terbukti tanpa bikin wajahku kelihatan belang atau terlalu putih. Gabungan pemakaian dengan sunscreen tetap bisa memberi efek halus pada kulit. Walau dilapisi produk lain, nggak bikin kulit terasa berat. Rasanya tetap ringan sama seperti saat memakai produknya sedirian.

Baca juga: Skincare Untuk Pemula 

Oil control-nya bisa dibilang cukup bagus walau nggak bener-bener nahan minyak sepanjang hari. Aku masih mendapati sedikit minyak di area pipi bagian dalam setelah pemakaian selama 6 jam. Selain itu, area hidungku kelihatan lebih shiny dibanding area kulit lainnya.  Cuma kelihatan shiny aja tapi nggak berminyak. 

Overall wajahku masih kelihatan segar. Minyak di wajahku mulai semakin banyak setelah 8 jam pemakaian. Jadi klaim bisa mengontrol minyak sepanjang hari dan tampak tanpa kilap yang disebutkan nggak terbukti di aku.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream
foto diambil di tempat & jam yang berbeda jadi ada perbedaan cahaya

Apakah efek cerahnya masih terlihat? Masih kelihatan cerah bahkan sampai jam ke-14, seperti klaimnya. Tapi nggak se-segar seperti awal pemakaian karena wajah sudah berminyak. Tenang, aku punya tips supaya bisa kelihatan segar lagi. Kamu hanya perlu pakai oil paper aja tanpa aplikasi ulang (powder cream) dan wajahmu akan seketika segar lagi.

Aku suka sama tekstur produknya yang mudah diratakan, rasanya effortless gitu. Aku juga suka sama krimnya yang bisa menyatu dengan kulitku tanpa efek cerah yang berlebihan. Awalnya sempat ragu krimnya akan terlalu putih karena posisi titanium dioxide ada di urutan atas ingredients-nya. Well, ternyata aku salah. Hasilnya tetap natural dan nggak kelihatan cemong samasekali. Sayangnya aromanya terlalu wangi. Aku pribadi bukan tipe orang yang menghindari perfume/fragrance sih, tapi yang ini termasuk berlebihan.

Aku bilang kalo klaim bebas minyak dan bebas kilapnya nggak terbukti karena setelah 8 jam produksi minyak di kulitku mulai nggak terkendali. Hal ini termasuk normal karena kegiatanku memang sering di luar ruangan dan sering terpapar polusi kendaraan. Rasanya impossible bisa bikin kulitku flawless tanpa cela hanya dengan pamakaian pelembab aja. Tapi bukan berarti nggak bisa diakali, lho. Ikuti aja tips-ku diatas: pakai oil paper. Dijamin itu minyak-minyak yang meluber akan pergi jauh.

review-fair-and-lovely-2in1-powder-cream

Di sisi lain, produk ini sudah bekerja sesuai dengan fungsi utamanya. Namanya pelembab pastinya harus bisa melembabkan, iya kan? Kulitku terasa lembab tapi nggak greasy dan nggak lengket. Intinya sih, nyaman banget! Yang nggak kalah penting, kulitku tetap terasa ringan saat pemakainnya digabungkan dengan sunscreen.
Performa yang aku jelaskan diatas bisa jadi berbeda di kulit orang lain. Hasilnya tergantung jenis dan tesktur kulit serta aktivitas masing-masing. Menurutku kalo tekstur kulitmu sudah oke, kamu mungkin bisa merasakan efek maksimal dari ‘halus ala pakai bedak’ yang disebutkan pada klaimnya. Mungkin juga kulitmu bisa terasa sehalus stiker sample yang ada di kemasannya. Fair & Lovely 2in1 Powder Cream cocok digunakan kapan aja, terutama saat kamu yang nggak punya waktu atau malas memakai bedak tapi butuh kelihatan fresh. Produk ini bisa jadi penyelamatmu.

Sejauh ini nggak ada reaksi negatif jadi aku akan lanjutkan pemakaiannya lebih lama lagi. Nanti akan aku update setelah habis 1 tube. Walaupun ada beberapa klaim yang kurang terlihat hasilnya aku tetap suka produk ini. 

Kalo ditanya apakah aku akan beli repurchase atau nggak, jawabanku adalah aku akan beli lagi! Menurutku selama dia bisa mengerjakan tugas utamanya dan terasa nyaman saat digunakan, kekurangan produknya masih bisa dimaklumi. Menurutmu bagaimana? Setelah baca blogpost ini apakah kamu tertarik untuk coba produknya?


Where to buy? Mini/Supermarket/Drugstore/Online Shop
Price? Rp. 20.000 (20 g); Rp. 39.000 (40 g)

Thank you, Yukcobain.

18 comments:

  1. aku juga pakai ini, nyaris ga ada coveragenya ya tapi bagus buat daily wear yang ga butuh makeup berat #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih nggak berharap bisa ngasih coverage. Soalnya ini pelembab jadi selama bisa melembabkan ya sudah cukup 😂

      Delete
  2. berarti pas buat yang mukanya lebih ke berminyak ya #KBBVMember Carnellin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk ini bisa dipakai semua jenis kulit. Btw, jenis kulitku kering hehe.

      Delete
  3. Aku juga suka bgt ini, aromanya enak hehe. Coba kalau ada SPFnya ya, pasti mantul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aromanya wangi bener kak 😂 Wah iya, bakal lebih oke kalo ada SPF-nya!

      Delete
  4. Aku sekarang lagi coba pake moisturizer Naruko karena tiba2 lg muncul jerawat... Tapi liat ini jd pngn coba juga karena hasilnya kece bgt yaa.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  5. Nah di aku juga ga begitu bsa ngontrol minyak sih #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ya? Cara kamu ngatasi minyaknya gimana?

      Delete
  6. My fav product! Aku lebih suka powder cream dibanding tone up cream krn efeknya lebih alami.dan iya ga bikin keliatan belang

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum nyobain tone up cream tapi pernah pakai pelembab yg (ternyata) punya efek tone up. Kalo dibandingin sama itu aku lebih suka powder cream ini 😁

      Delete
  7. Banyak yang pro ya ma produk ini. Haduh aku udah 30an pelembab kayak gini cocok gak ya.. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok aja mbak, nggak ada batasan umur kok 😊

      Delete
  8. Aq juga pke ini beb, cucok buat daily ya😘 #BSI

    ReplyDelete
  9. Aku pernah pakai ini, dan sayangnya di aku kurang nahan minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yhaa kita beda jenis kulit kan XD
      tapi bisa diakali dengan aplikasi mineral powder atau pakai oil papper~

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES