07 September 2023

Layering Serum Retinol dan Niacinamide, Boleh Nggak Sih?

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Review Serum Retinol Scarlett & Tips Layering dengan Serum Niacinamide

Seneng deh ngelihat retinol sekarang ini jadi salah satu ingredient skincare yang banyak diminati beauty enthusiast Indonesia. Soalnya kalo udah high demand gini brand lokal pada lomba bikin produk ber-retinol, yang akhirnya bikin produk retinol jadi lebih gampang dicari di sini. Diriku nggak perlu repot ikutan pre order serum retinol lagi hehehe 😁🤟🏻

Well, retinol ini terkenal dengan efeknya yang bisa bikin kulit jadi glowing dan punya sifat anti aging untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Di sisi lain, walau efek bagus begini, retinol bukan ingredient yang bisa dipakai sembarangan lho.

Retinol memang bisa dan boleh aja dilayer bareng skincare/active ingredient lainnya, tapi kudu hati-hati banget karena potensi iritasinya akan lebih tinggi. Tenang dulu, ada kok cara aman untuk pakai dan layering retinol supaya kulitmu glowing tanpa iritasi.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Beberapa cara layering serum retinol dan niacinamide yang aman:

  • Pakai produk-produk yang udah jelas cocok di kulitmu.
  • Membedakan waktu pemakaian: retinol saat malam dan active ingredients lainnya saat pagi.
  • Skincarean dengan metode sandwich: ngasih jeda waktu beberapa menit antara pemakaian retinol dan active lainnya, sekaligus pakai produk calming/soothing saat jeda tsb.

Yang utama, selalu awali proses layering ini dengan produk yang persentase retinol dan active ingredientsnya rendah dulu yaa. Tujuannya supaya kamu bisa cari tau seberapa kuat kulitmu. Karena pada akhirnya ini semua tetep cocok-cocokan ya sis 😂

Dari sekian combo active ingredients yang ada, favoritku tuh retinol + niacinamide. Keduanya sama-sama active ingredients yang strong dan cocok banget dipakai barengan. Kalo udah nemuin produk yang cocok, dijamin deh bakal suka banget sama hasilnya~

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Aku udah nemu serum niacinamide dan serum retinol yang cocok di kulitku. Kebetulan dari brand yang sama yang formulanya udah lolos uji BPOM, berlabel Halal MUI dan nggak bikin kulit iritasi! Bisa dipakai semua jenis kulit, tapi kalo kamu lagi hamil sebaiknya nggak pakai ini dulu ya.

Retinol nggak cuma direkomendasikan untuk mature skin aja, tapi bisa juga untuk kulit wajah yang gampang jerawatan. Jadi kalo kulitmu tipe yang acne prone gitu coba explore serum-serum retinol deh. Soalnya di aku, pemakaian serum retinol ternyata bisa bekerja untuk mencegah jerawat.

Makanya retinol dan niacinamide ini jadi combo favoritku. Kayak yang aku bahas di review serum Scarlett sebelumnya, Scarlett Niacinamide Serum itu efektif untuk memudarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Yang menurutku bagusnya dipakai buat ngatasi masalah setelah jerawatnya selesai. Sedangkan Scarlett Retinol serum itu bagusnya dipakai buat pencegahan yang bisa bikin jerawat jadi lebih jarang muncul.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Scarlett Retinol Serum dan Niacinamide Serum bisa dipakai dalam routine yang sama dengan cara layering, tapi aku pribadi lebih suka pakai mereka terpisah sih. Yang niacinamide aku pakai pas pagi sedangkan retinolnya buat malam hari. Soalnya ukuran serumnya kecil wkwk biar agak hemat gitu 😂

Dari segi kemasan, packaging serum retinol Scarlett ini nggak beda jauh dari serum niacinamidenya. Isinya sama-sama 15 ml, cuma labelnya warna biru aja. Botolnya kokoh berupa frosted glass semi transparan yang lengkap dengan tutup pipet. Di kemasan kardus luarnya tertera informasi umum tentang produk dan tentunya bersegel. Kamu juga bisa cek keaslian produk Scarlett yang kamu punya di sini.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum dengan kandungan tiga powerful ingredients dari  encapsulated retinol, hexapeptide-8 dan pomegranate extract diklaim bisa membantu mengencangkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah, serta membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Ingredients Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum:

Aqua,  Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, DMDM Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide, Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexyglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin
review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

  • Encapsulated Retinol: membantu menyamarkan garis halus, mengangkat sel kulit mati, dan merawat kekencangan kulit.
  • Hexapeptide-8: membantu mencegah tanda penuaan dini dan menghidrasi kulit.
  • Pomegranate Extract: membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.
  • Allantoin: membantu menghidrasi dan menghaluskan kulit.

Cara Pemakaian Serum Retinol:

  1. Pakai di malam hari.
  2. Teteskan serum pada telapak tangan lalu pijatkan perlahan pada kulit wajah.
  3. Tunggu hingga serum meresap ke kulit sebelum melanjutkan pemakaian skincare berikutnya.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Apapun jenis kulitmu, semuanya bisa pakai serum retinol local dari Scarlett ini. Walaupun pemakaian retinol di skincare routine lebih sering ditujukan untuk mature skin (biasanya usia mid-20an), yang usianya lebih muda, asalkan memang butuh, boleh aja sih kalo mau pakai.

Urutan pemakainnya di night skincare routineku kayak gini: cleanser (pastikan wajah udah bersih dan kering) > hydrating toner > Scarlett Retinol Serum > moisturizer (paginya wajib pakai sunscreen yah!).

Review Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Nggak semua serum retinol itu sama walau punya kandungan yang mirip. Rasanya di kulit gimana bisa berbeda tergantung pada formulasinya.  Nah, menurutku serum retinol Scarlett ini termasuk yang well formulated. 

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Soalnya kulitku yang super dry ini biasanya akan semakin kering kalo kena skincare dengan strong ingredients semacam retinol. Tapi selama pakai ini thankfully nggak muncul iritasi. Entah itu kulit yang jadi kering, terasa gatal, tingling atau lainnya tuh nggak ada sama sekali.

Teksturnya enak pun! Serumnya berwarna putih susu dan sedikit kental, tapi nggak susah diratakan dan cepat kok nyerapnya. Aku nggak mencium ada bau-bauan yang aneh. Bahkan setelah rata dia tuh nggak ninggalin rasa lengket berlebihan. Aku masih bisa merasakan efek hidrasi dari serumnya walau nggak langsung apply moisturizer. Nyaman deh pokoknya.

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Aku suka banget sama efek yang dikasih serum ini! Overall bikin kulitku lebih kencang dan skintone terlihat lebih bright dan rata. Untuk garis-garis halus sih di kulitku belum begitu nampak, tapi aku rasa cukup membantu smile linesku supaya nggak kelihatan makin dalam.

Efek lainnya, serum retinol Scarlett ternyata cukup membantu meratakan tekstur kulitku yang kasar karena bekas jerawat. Bahkan noda bekas jerawat lamaku (aku yakin itu udah hampir setahun sih..) kelihatan lebih cepat pudarnya sejak rutin pakai serum ini.

Btw, gara-gara ini kulitku lebih glowing jadi bikin ketagihan ngaca wkwkwk. Bagian pipiku yang pori-porinya paling nampak pun, seketika kayak tersamarkan kek habis diamplas 😂

review-scarlett-skin-smoothing-retinol-serum-southskin

Senengnya lagi, serum dari Scarlett ini tuh nggak rewel. Dia bisa matching sama produk skincare lain yang lagi aku pakai. Nggak pilling/menggumpal gitu pas diratakan. Ini poin penting soalnya yang pakai skincare brand campur-campur tentu bukan aku aja kan? ^^ Bebas deh mau aku layering bareng hydrating toner dan moisturizer dari brand lain juga nggak masalah.

Intinya Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini sangat aku rekomendasikan buat kalian yang penasaran pengen coba retinol lokal! Serumnya beginner friendly, minim iritasi dan hasilnya cakep. Harganya pun masih di bawah 100 ribu! Kalo mau beli bisa cek ke sini atau coba pantengin pas ada beauty event di shopee karena seringkali diskonnya lebih gede hehehe 😁🤟🏻

Price? Rp. 75.000 

(kalo ada pertanyaan, aku jawab lebih cepat via instagram & twitter ^^)

1 comment:

  1. combo favorit! apalagi retinol serumnya, bikin tekstur jadi alus. I like! ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES