25 December 2018

Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam Review

review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Rasanya punya satu second cleanser aja nggak cukup, ya? Walau fungsinya serupa tapi tetap saja beli lagi dan lagi. Kayaknya ini tipe produk yang paling sering aku beli walaupun yang lama belum habis. Ngomongin second cleanser, aku beli Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam ini dari Jolse bulan lalu. Ini satu-satunya produk yang sudah pernah aku coba sebelumnya dari sekian produk yang aku beli waktu itu. Penasaran kenapa aku memutuskan untuk repurchase produk ini?


Seperti namanya, produk ini adalah cleansing foam. Sebagai bagian dari second cleanser, produk ini umumnya digunakan untuk membersihkan sisa makeup/kotoran setelah penggunaan first cleanser. Atau bisa juga digunakan langsung saat sedang nggak bermakeup. Klaimnya Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam ini dapat membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori dengan baking powder. Selain itu juga membersihkan sisa residu makeup dengan busa yang melimpah.

review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Dari apa yang aku tau, produk ini sudah mengalami perubahan packaging. Model kemasannya masih berbentuk tube, tapi gambarnya berubah. Yang sekarang di dominasi oleh warna biru muda dan putih dengan desain ala awan gitu. Menurutku desain yang baru jauh lebih bagus dan kelihatan lebih fresh.

Tutupnya berbentuk flip top berwarna putih. Di bagian samping tutupnya ada stiker yang sepertinya juga berfungsi sebagai segel tambahan. Saat emmbuka tutupnya (dengan cara diputar) bagian dalamnya ada lapisan segel lain di mulut botol. Nah, selama dua segel ini masih menempel dengan baik, kamu bisa yakin bahwa produk yang kamu terima adalah baru.

review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam
review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Bagian belakangnya cukup informatif. Terdapat keterangan produk dalam Bahasa Inggris jadi konsumen internasional bisa dengan mudah memahami info produknya. Mulai deskripsi hingga komposisi produk semua tertulis jelas di sini.

INGREDIENTS:
Glycerin, Water, Stearic Acid, Myristic Acid, PEG-32, Pottasium Hydroxide, Microcrystalline Cellulose, Lauric Acid, Cocoamidopropyl Betaine, Glyceryl Stearate, Sodium Bicarbonate (0.1%), Disodium EDTA, Silica, Polyquaternium-7, PEG-100 Stearate, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Sodium Benzoate, Fragrance (ingredients score)

review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Stearic Acid
Stearic Acid atau dikenal juga dengan Octadecanoic Acid termasuk dalam salah satu jenis fatty acid. Bahan ini bisa berasal dari sumber hewani maupun sintetik. Fungsinya untuk menjaga kelembaban dan memberikan efek ‘plump’ pada kulit. Selain itu juga berfungsi sebagai pengemulsi (emulsifier) serta menjaga agar formula dalam suatu produk tetap utuh dan tidak terurai.

Myristic Acid
Merupakan bagian dari fatty acid yang banyak digunakan sebagai cleansing agent dan surfactant dalam produk sabun dan sampo. Sebagai surfactant, Myristic Acid akan mempermudah air bereaksi dengan minyak/kotoran dan membentuk busa sehingga dapat membersihkan kotoran.

 PEG
PEG atau polyethylene glycol merupakan campuran fatty acids dan fatty alcohols yang dapat dibentuk untuk berbagai macam fungsi. Misalnya sebagai stabilizer, emollients, binding agents dan cleansing agents. Semakin besar angkanya berarti komponen tersebut semakin berat dan molekulnya semakin kompleks. Contohnya, PEG-10 lebih "berat" daripada PEG-2.

Sodium Benzoate
Berfungsi sebagai preservatives, terutama untuk menghalangi pertumbuhan jamur. Bahan ini akan bekerja paling baik dalam kondisi asam dengan pH antara 3-5. Biasanya sering dikombinasikan dengan bahan pengawet lain.

Gunakan cleansing foam ini setelah menghapus makeup dengan first cleanser (jika memakai makeup). Cara pakainya dengan membasahi wajah dengan air lalu usapkan sabun yang sudah dibusakan ke seluruh area wajah. Pijat pelan-pelan lalu bilas dengan air.

Cleansing foam ini berbentuk krim berwarna putih yang creamy banget. Konsistensinya cukup thick, mirip whipping cream. Bisa bayangin? A little goes a long way. Cukup keluarkan seuprit saja untuk sekali pemakaian. Soalnya ukuran sebesar biji jagung sudah cukup untuk bikin busa yang melimpah untuk membersihakn seluruh wajah hingga leher. Busanya super lembut dan aromanya enak. Aromanya mirip citrus yang cenderung segar. Nggak mengganggu samasekali.

texture-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Saat dioleskan ada scrub kecil-kecil di dalam sabunnya. Mungkin ini adalah bagian dari baking powdernya? Well, scrub ini juga nggak ganggu sih. Begitu dioleskan ke kulit aku merasa scrub ini bisa membantu membersihkan kulit lebih dalam. Semacam mild exfoliation begitu. Walaupun ada scrub-nya tapi ini nggak kasar kok dan bisa digunakan setiap hari. Eh tapi kalo ada jerawat aktif sebaiknya ganti ke cleanser lain yang nggak mengadung scrub hehe.

Kekuatannya dalam membersihkan sisa makeup juga bagus. Sudah aku buktikan dengan mengusap toner setelah dibilas dan nggak ada residu makeup yang tersisa. Ada beberap bahan yang berfungsi sebagai surfactant yaitu stearic acid, cocoamidopropyl betaine, PEG-100 stearate dan PEG-7 glyceryl cocoate. Setelah dibilas aku merasa kulit jadi lebih bersih, lembut tanpa rasa kering atau ketarik. But still, akan lebih baik langsung dilanjutkan dengan aplikasi toner/face mist atau essence supaya kulitmu tetap lembab.

Dari sisi rasa bersih dan kenyamanan saat penggunaan sih nggak beda dari produk second cleanser lain. Satu hal yang membedakan adalah saat mencuci wajah dengan cleansing foam Etude House ini whitehead dan blackhead jadi lebih cepat pergi. Memang bukan mengusir mereka selamanya sih, tapi penampakannya jadi jauh lebih baik. Aku cukup mengandalkan si cleansing foam tanpa perlu pakai pore pack lagi haha.

review-etude-house-baking-powder-pore-cleansing-foam

Hasilnya di kulit kering seperti aku, cleansing foam Etude House ini sudah bagus. Tapi aku pribadi juga menyarankan produk ini buat kamu yang punya jenis kulit berminyak. Sepertinya akan bagus untuk membantu mengontrol sebum juga. Produknya berisi 160 ml dengan masa PAO selama 12 bulan. Jika isi produk dibandingkan dengan harga jualnya, menurutku produk ini termasuk murah. Seingatku tube yang sebelumnya baru habis setelah enam bulan. Cukup hemat, kan?

Apa kamu pernah coba cleansing foam dengan kandungan baking powder juga?



 efektif membersihkan sisa makeup & kotoran
 nggak ada rasa ketarik/kering
 bantu membersihkan white/blackhead

 nggak ada

Rating: ★★★

Where to buy? Jolse Website
Price? $11.07

18 comments:

  1. Pore cleansing product itu selalu menarik utk aku... 😍

    ReplyDelete
  2. aku pernah cobain yg packaginya masih ada gambar baking sodanya itu. busanya lembut banget. btw yg ini sama yg packaging lama ingredientsnya masih sama atau beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pengguna lama juga, ya? Aku juga pernah pakai yang versi lama. Tapi kurang tau juga apa komposisinya masih sama atau ada yang berubah ^^;;

      Delete
  3. Dulu senoes kepo diolshop olshop ada baking powder, kok kayak buat makanan, wah ternyata sebagus ini. 😍😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang versi mini/travel size juga mbak vin. Jadi kalo mau icip bisa coba beli yang kecil dulu~

      Delete
  4. waaa menariqueee jadi kepo tp lumayan efektif berarti ya ngurangin dosa komedo d wajah? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, membantu banget di aku. Makanya sampai repurchase hehe.

      Delete
  5. Wah emang bagus sih etude kak, aku masih pernah coba maskernya aja wkwkwk

    ReplyDelete
  6. salah satu produk etude yang bertahan juga nih! suka kepo tapi sayang, mayan juga harganya :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segini gede bisa awet sampai lebih dari 3 bulan kok Del. Jadi nggak mahal-mahal banget πŸ˜‚

      Delete
  7. Wah aq baru tau produk ini beb, namanya juga unik baking powder, yang aq pikir bedak awalnyaπŸ˜‚ mksh reviewnya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dilihat sekilas memang mirip bedak kak πŸ˜‚

      Delete
  8. Ini semacam clay gt ga beb, unik yaa produknya

    ReplyDelete
  9. Masih bingung sama namanya, baking powder tapi cleansing foam πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cleansing foam yang ada baking powdernya :D

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES