02 May 2019

Shopping 101: Pengalaman Belanja di Website Althea Indonesia

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Pengalaman Belanja di Website Althea Indonesia

 Ada kabar baik untuk kamu yang suka belanja kosmetik korea, Althea Indonesia is back! Yes, website Althea sudah bisa diakses lagi dari Indonesia. Bersamaan dengan comeback ini Althea punya beberapa perubahan aturan. Apa aja? Klik read more untuk baca cerita lengkapnya!


Apa itu Althea?

Buat kamu yang bener-bener awam sama Althea, aku kasih brief dulu kali, ya. Althea ini adalah salah satu e-commerce asal Korea Selatan yang menjual berbagai produk kecantikan. Apa aja yang mereka jual? Ada skincare, make up, hair care, body care dan beauty tools dari berbagai brand korea yang sudah dijamin keasliannya. Pasti original, deh.

Aku pribadi tau Althea sudah lama tapi baru sempat belanja di websitenya setelah comeback ini. Menurutku dari awal kehadirannya di Indonesia Althea ini menarik banget. Karena dulu belum banyak e-commerce yang menawarkan kosmetik korea selengkap mereka. Unfortunately, di tahun 2016 Althea hiatus dari Indonesia sehingga websitenya nggak bisa diakses.

Website Althea yang Baru

Setelah badai berlalu akhirnya Althea bisa kembali lagi ke Indonesia sejak September 2018 lalu. Mereka melakukan perubahan pada website dan peraturannya. Kalo sebelumnya website mereka diakses lewat id.althea.kr sekarang pindah ke in.althea.kr! Dan ada beberapa peraturan baru yang harus dipatuhi konsumen Indonesia saat berbelanja di website Althea yang baru, yaitu:

Jumlah pesanan
• Pelanggan layak untuk membuat 1 pesanan per 24 jam.
•Setelah melakukan pemesanan, Anda harus menunggu 24 jam agar memenuhi syarat untuk melakukan pemesanan berikutnya.

Total jumlah pesanan
• Maksimal cap Rp1.100.000 per pesanan.

Jumlah produk per pesanan
• Maksimal 8 per barang per jenis yang sama.
• Maksimal 8 barang per pesanan.

(info tentang peraturan baru Althea disalin dari website Althea)

Sudah paham aturan yang baru? Sekarang ayo kita belanja!

Bagaimana cara belanja di Althea Indonesia?

1) Login ke akunmu. Kalo belum punya akun, ya bikin dulu. Gunakan email yang aktif karena semua informasi tentang pesanan dan promo terbaru akan dikirimkan ke sini.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

2) Pilih produk yang kamu mau. Di Althea kamu bisa cari produk berdasarkan kategori–brand, hot deals, produk terbaru, produk paling laku atau jenis produknya (toner/moisturizer/dll).

3) Bayar pesananmu. Althea menyediakan beberapa metode pembayaran: Alfamart, Doku, Bank Transfer, Wechat Pay, Union Pay dan Kartu Kredit.

Berita baiknya, sekarang ada metode pembayaran baru dengan Cash On Delivery (COD)! Ini juga berlaku di Indonesia, lho. Jadi kamu bisa bayar pesananmu saat paketnya sudah sampai di rumah. Metode COD ini punya aturan khusus, yaitu:

• Total pesanan anda tidak boleh melebihi Rp. 550,000.
• COD hanya tersedia di kode pos tertentu (coba tanyakan dulu ke facebook/instagram Althea)
• Anda hanya bisa memilih untuk membayar dengan COD lagi jika status pesanan anda sebelumnya dengan pembayaran COD telah berubah menjadi 'COMPLETE COD'.

Maksudnya poin ketiga, kamu bisa menggunakan metode COD lagi (untuk kedua kalinya) setelah pembayaran pesanan COD yang pertama selesai dan begitu seterusnya. Setelah kamu bayar pesananmu ke kurir, jangan lupa pantau status pesananmu. Pastikan statusnya sudah berubah ke 'Complete COD'.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia
Kalo pesananmu kurang dari Rp. 299.999 kamu akan dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp. 70.000-. Kalo aku sih, mendingan sekalian belanja 300 ribu biar nggak bayar ongkir hehe.

4) Verifikasi KTP
Kalo itu adalah pesanan pertamamu di website Althea yang baru, kamu harus mengisi data KTP saat akan check-out. Data yang dimaksud bukan mengunggah foto KTP-mu tapi mengisi data sesuai dengan yang tertulis di KTP-mu. Kamu hanya perlu mengisi sekali aja karena selanjutnya data ini akan tersimpan otomatis di akunmu.

Yang perlu kamu isi: nomor KTP, nama, alamat, tempat tanggal lahir dan tanda tangan.

5) Selesai!

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

UPDATE 20/06/2019

Cara Belanja di Website Althea dengan M-Banking Mandiri

1) Pada menu Metode Pembayaran pilih “Bank Transfer”. Pastikan data yang tertera sudah benar lalu klik “Tempatkan Pesanan”.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

2) Kamu akan dialihkan ke halaman baru “Adyen” untuk memasukkan rincian pembayaran. Pastikan nama dan alamat email sudah benar lalu klik “lanjutkan”.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

3) Kemudian akan muncul payment code dan tata cara pembayaran via ATM dan Internet Banking. Catat payment code-nya dan jika perlu screenshot halamannya.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia
Cara membayar pesanan Althea dengan Bank Transfer via ATM dan Internet banking/Mobile Banking

4) Buka aplikasi M-Banking Mandiri dan login ke akunmu.

5) Pilih menu “Transfer” > pilih sub menu “ Ke Bank Lain Dalam Negeri”.

6) Pada kolom Rekening Tujuan isi bagian Nama Bank dengan Bank Permata dan isi bagian Tujuan dengan 16 digit payment code.

7) Isi bagian Nama Rekening dengan kode bank (013), sedangkan bagian Nama Alias dikosongi aja.

8) Klik Konfirmasi > Klik Lanjut.

9) Akan muncul laman konfirmasi. Di sini tertera kamu akan melakukan transfer ke nama yang sesuai dengan nama yang kamu masukkan di halaman Adyen (lihat langkah No. 2). Berhubung transfernya ke bank yang berbeda maka kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 6500. Jika data sudah benar klik “Kirim” lalu masukkan pin M-Banking. Selesai!

Proses pembayaran selesai sampai di sini. Selang beberapa menit Althea akan mengirimkan konfirmasi via e-mail bahwa pesananmu telah diproses. Status pesanan juga akan berubah dari yang awalnya “menunggu pembayaran” menjadi “persiapan pengiriman”. Pembayaran yang kamu lakukan akan terverifikasi otomatis jadi nggak perlu konfirmasi ke mana pun.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Bagaimana jika proses pembayaran terhenti ditengah jalan? Kamu harus mengulang semua prosesnya dari awal. Mulai dari input produk ke keranjang sampai ke pembayarannya.

Aku pernah ngalamin hal yang sama. Nggak bisa buka laman Adyen gara-gara koneksinya jelek terus panik deh wkwk. Paniknya karena aku belanja pakai kupon diskon 10% dan sisa point, yang sayang kalo hangus begitu aja hahaha.

Akhirnya aku tanya ke Customer Service Althea via e-mail. Thankfully, mereka balas e-mailnya dalam waktu 2x24 jam sesuai dengan aturan yang tertera. Ternyata, jika proses pembayaran gagal maka kupon diskon dan point yang digunakan sebelumnya akan dikembalikan utuh ke akun kita.


Tapi proses pengembalian ini butuh waktu karena harus nunggu pesanan dibatalkan otomatis oleh sistem. Pengalamanku sih butuh waktu 3 hari. Oh ya, point yang dikembalikan ke akunmu akan punya masa kedaluwarsa baru yang penuh (30 hari), sedangkan untuk kupon diskon tetap mengikuti masa berlaku awal.

Proses Pengiriman Paket Althea

Setelah proses pembayaran selesai kamu akan dapat konfirmasi email bahwa pesanan telah diterima, kayak gini:

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Pesananmu nggak akan langsung dikirim saat itu juga–kamu harus nunggu. Nah, waktu tunggu untuk proses persiapan pengiriman ini bisa beda-beda antar satu pesanan dan pesanan lainnya. Mostly, pesanan akan dikirimkan dalam waktu 5 hari kerja setelah pembayaran dikonfirmasi.

Aku pribadi cuma nunggu 3 hari kerja aja. Setelah itu kamu akan dapat konfirmasi email bahwa pesananmu telah dikirimkan, kayak gini:

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Setiap pesanan butuh waktu sampai 15 hari untuk sampai ke alamat yang dituju. Kamu bisa lacak paketmu pakai nomor resi yang dikasih Althea dengan cara login ke akunmu atau via website rincos. Hebatnya, paketku sampai dalam waktu 6 hari kerja aja! Sama sekali nggak nyangka akan sampai secepet itu. 

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia
pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Paketnya dibungkus plastik warna pink khas Althea. Semua produk yang aku beli dikemas dalam box Althea dengan bubble wrap. Aman deh.

Sebagai orang yang baru pertama kali belanja di Althea, aku puas banget sama cara kerja mereka. Mulai dari tampilan UI dan penjelasannya yang gampang dipahami sampai ke proses pengiriman dan paketnya yang aman–semuanya oke.

pengalaman-belanja-di-website-althea-indonesia

Hal yang paling aku suka dari Althea itu pengimannya yang super cepet. Biasanya paket internasional butuh waktu antara 21-25 hari kerja buat sampai ke rumahku. Sedangkan Althea cuma butuh 6 hari aja (atau maksimal 15 hari kerja). Plus-nya lagi, aku nggak dikenakan biaya tambahan pas paketnya sampai hwehehe.

Aku pasti akan belanja lagi ke website Althea. Apalagi mereka punya koleksi produk dari brand yang masih jarang ada di seller lokal. Overall recommended!

Kalo kamu pernah belanja di Althea juga, sharing yuk! Aku mau baca ceritamu :-)


24 comments:

  1. Aku udah ikutin step by stepnya sampe payment, tapi pas aku coba bayar pake monile banking, invalid trs nomer tidak ditemukan huhu pengen COD takut dateng pas ga ada orang dirumah huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba pakai metode pembayaran lain? mungkin via doku/alfa?

      Delete
  2. Masih ragu2 belanja di althea gak tau kenapa? Blog ini membantu sekali dan sangat ringkas. Semoga setelah ini mau coba hhhe.

    ReplyDelete
  3. Liat liat produk icha kelupaan aku masukin madagascar, tapi emang enak banget ya cha belanja disini. Kalo diikutin rule nya aih gak ribet dan cepet pula datangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli tonernya itu pas lagi diskon, lumayan saving sampai 80 ribu 😁
      bener banget, aturannya gampang dipahami juga kan~

      Delete
  4. Wah skrg althea ada codnya. Jadi makin gampang ya belanja produk makeup/skincare korea. Kalo gak mau ribet bayar di sana sini lngsung pake cod aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss, tinggal tunggu di rumah dan bayar langsung ke kurirnya~

      Delete
  5. Aku senang banget kalau belanja di Althea hehe gampang bgt. Btw kmren aku baru jajan skin1005 juga, mumpung promo hehe

    ReplyDelete
  6. aku sekali transaksi di althea karena efek buru2 jadi salah pilih metode pembayaran kwkwkkw ku kira klo m-banking cepet dong dan langsung dikasih no.rekening eh ini kan open new windows gitu gak boleh diclose eh aku close karena emang gak sengaja aku kira itu spam. Yaudin, aku checkout lagi pake akun lain 😭 semoga barangku nyampe dengan selamat hehe. Tutorialnya berguna biar aku gak salah2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, tapi pembayarannya sudah berhasil, kan? semoga paketnya cepat sampai yaa

      Delete
  7. ih samaa kita abis belanja di althea.. aku ga kebayang sih free ongkir dr korea itu gimana ya, keren bgt 😍😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. promo free ongkirnya menggoda banget ya. jadi pengen belanja terus 😂

      Delete
  8. althea ini langganan aku juga. lumayan karena barangnya ali dan harga juga wajar. boxnya kece dan pengirimannya cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka karena jaminan asli dan harganya yang nggak gitu mahal. bahkan, ada beberapa yang lebih murah di althea hehe

      Delete
  9. Aku juga hobby bgt loh belanja di Althea beb, kmrn waktu lauch masker A'Bloom akupun kalap hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya pas itu promonya gila banget, bisa jadi semurah itu haha! aku nyesel nggak ikutan pesan XD

      Delete
  10. Waktu itu mau manfaatin voucher member baru Althea tapi harga ongkir melebihi harga barangnya jadi urung deh :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending patungan sama temen biar bisa dapat gratis ongkir. sayang juga kalo harus bayar ongkir yang totalnya lebih besar dari harga barang :'D

      Delete
  11. Kak tgl 3 juni stts pesnnku udh berubah jadi "persiapan pengiriman" tp gmn ya aku tuh trnyat salah masukin kode pos itu ttp nyampe g kak bargnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada masalah teknis gitu langsung kontak ke CS althea aja. bilang apa masalahmu nanti mereka akan bantu follow up. semoga bisa terselesaikan ya :)

      Delete
  12. Wah aku belom pernah beli di Althea, jadi paham dan gak ragu lagi nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES