29 March 2018

DIY Masker Alami

diy-masker-alami

Jika bicara tentang kulit, seperti nggak ada habisnya, ya? Selalu ada topik baru untuk dibicarakan. Salah satu topik yang paling sering dibicarakan adalah tentang masalah kulit. Entah itu jerawat, kulit kusam, atau noda hitam. Kita semua pasti ingin kulit yang bersih dan bebas masalah, kan? Maka dari itu kulit harus dirawat. Selain menggunakan skin care sehari-hari, perlu juga melakukan perawatan mingguan. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker!

Masker wajah nggak harus beli karena kalian bisa buat sendiri. Cara ini sering disebut sebagai homemade masker atau DIY masker. Kalian bisa mencoba membuat kreasi masker dari bahan-bahan yang ada di dapur. Banyak bahan-bahan alami sangat bagus untuk kulit, yuk cari tahu apa saja yang bisa dimanfaatkan!

diy-masker-alami

 TIMUN
Timun mempunyai manfaat untuk membantu mengurangi lingkaran hitam mata, mengencangkan kulit wajah sekaligus mengurangi minyak berlebih. Masker timun ini cocok untuk kalian yang punya masalah dengan acne karena timun punya cooling effectSiapkan timun dan blender. Cara menggunakannya dengan memblender halus timun yang sudah di potong kecil-kecil kemudian dioleskan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hingga bersih dan lanjutkan dengan tahapan skin care lainnya. 

diy-masker-alami

 SUSU 
Bahan ini sudah terkenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan kulit sekaligus melembabkan kulit.  Masker susu ini cocok untuk semua jenis kulit. Siapkan susu murni (susu steril), kapas dan wadah. Tuangkan susu murni ke wadah lalu celupkan kapas ke dalamnya dan letakkan di wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air.

diy-masker-alami

 PUTIH TELUR
Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Tapi ternyata telur juga punya manfaat untuk kulit wajah. Putih telur bisa membantu mengangkat komedo dan mengencangkan kulit. Bahan yang perlu disiapkan 1 butir telur, kuas, sendok, dan wadah. Cara penggunaannya, pecahkan telur dan pisahkan putih dengan kuningnya, kocok lalu oleskan ke wajah dengan kuas. Biarkan sekitar 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

diy-masker-alami

 ALPUKAT 
Buah yang satu ini punya banyak manfaat. Selain untuk dikonsumsi langsung atau dicampur sebagai olahan, daging buah alpukat bisa juga dijadikan masker. Alpukat bisa membantu mengencangkan kulit sekaligus menjaga kelembabannya. Bagi kalian yang ingin mengencangkan kulit, bisa coba buat masker ini di rumah! Siapkan buah alpukat dan sendok. Caranya ambil daging buah dan hancurkan dengan sendok sampai halus, lalu oleskan ke wajah menggunakan jari. Masker alpukat ini juga bisa dicampur dengan 1 sdm yogurt untuk meningkatkan kelembaban kulit. Biarkan maskernya selama 20-30 menit lalu bilas dengan air.

diy-masker-alami

 GULA + MADU
Kombinasi kedua bahan ini pasti sudah diketahui banyak orang, kan? Fungsi utamanya adalah sebagai ekfoliator. Gula baik untuk membersihkan sel kulit mati di kulit dan campuran madu akan membantu melembabkan kulit. Untuk menghindari tekstur yang terlalu kasar dari gula, bisa ditumbuk/dihaluskan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan madu. Bahannya hanya gula dan madu saja. Caranya campurkan gula dan madu dengan perbandingan 2:1. Oleskan maskernya ke wajah sambil dipijat dan biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air. Hindari pemakaian di area yang sedang berjerawat ya.

diy-masker-alami

 KOPI + MADU
Kebanyakan orang tahu kopi hanya untuk diminum saja, tapi sebenarnya kopi juga bisa dimanfaatkan untuk kulit lho. Kopi punya manfaat untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan kusam serta mencerahkan kulit.. Bahan yang perlu disiapkan adalah kopi hitam dan madu. Caranya sama seperti masker gula madu, hanya perlu dicampurkan dan diaduk. Campurkan 3 sdm kopi dengan 1 sdm madu lalu aduk rata. Oleskan dengan kuas/jari dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

diy-masker-alami

 LEMON + MADU
Masker ini akan sangat cocok untuk kalian yang ingin mencerahkan kulit. Lemon yang mengandung vitamin c dapat membuat kulit semakin cerah dan madu akan membantu melembabkan kulit. Siapkan 1 buah lemon dan 2 sdm  madu. Peras isi lemon dan tambahkan madu ke dalamnya lalu aduk rata. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat. 

 OATMEAL
Ternyata oatmeal nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulit. Oatmeal sebagai masker dapat membantu mencerahkan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Bahan yang perlu disiapkan hanya oatmeal dan air. Sebelum dicampurkan, haluskan oatmeal terlebih dahulu. Bisa menggunakan blender atau hancurkan manual dengan jari. Campurkan 1 sdm oatmeal dengan 1 sdt air dan aduk rata. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.

diy-masker-alami

 TOMAT + MADU
Masker ini akan cocok untuk kalian yang punya keluhan kulit kusam. Tomat bisa membantu menyegarkan dan melembabkan kulit. Siapkan tomat, madu dan blender. Pisahkan tomat dengan bijinya lalu blender sampai halus. Ambil 2 sdm tomat halus dan campurkan dengan 1 madu. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas.

Untuk hasil yang lebih optimal disarankan menggunakan masker secara rutin dua kali seminggu dan kombinasikan dengan skincare routine yang cocok. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan gizi dan hindari makanan yang kurang baik untuk tubuh. 

Yup sekian tips resep DIY masker alami yang aku rekomendasikan untuk kalian. Post ini adalah Beauty Post Collaboration dengan teman-teman dari Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Cek juga yuk tips DIY masker andalan dari temanku, Widia ^-^

Selamat mencoba, ya! Happy weekend!

2 comments:

  1. Aku udah pernah nyoba masker kopi. Rasanya emang enak di wajah sisanya belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kombinasi kopi sama apa? Kalo aku paling sering kopi+madu sih hehe

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES