01 April 2019

Eternaleaf Moisturizing Shampoo & Pure Conditioner Review

review-eternaleaf-moisturizing-shampoo-pure-conditioner

Pertengahan bulan lalu aku coba shampoo dan conditioner baru. Buatan lokal!! Asiknya lagi, mereka berdua ini bebas sulfate dan bebas silicone. Buat kamu yang menghindari kedua bahan tersebut, produk dari Eternaleaf ini mungkin bisa jadi pilihamu.


Kebanyakan hair products yang dijual di pasaran masih mengandung sulfate (SLS/SLES) dan silicones. Ini bukan masalah kalo kamu memang nggak punya reaksi negatif terhadap dua bahan itu. Beda lagi kalo sebaliknya. Cari sampo dan kondisioner mungkin akan jadi hal yang agak merepotkan.
Apa sih reaksi/efek negatif yang bisa ditimbulkan dari penggunaan sulfate dan silicones pada produk perawatan rambut? Rambut mungkin terasa kering, kulit kepala gatal, mudah berketombe, lebih cepat berminyak dan lepek. Reaksi dan efek ini bisa jadi berbeda pada setiap orang.

Kata temanku yang nggak bisa pakai sampo bersilikon, dia bilang rambutnya jadi lebih gampang ketombean dan lebih cepat lepek. Walau “sekadar” ketombe dan lepek, tapi of course itu bukan sesuatu yang layak dikategorikan sebagai seuatu yang positif, kan?

-
disclosure:
produk ini dikirimkan oleh Gogobli untuk dicoba dan diulas. however, ulasan yang tertulis di sini adalah murni pendapat saya pribadi.

-


packaging-eternaleaf-moisturizing-shampoo-pure-conditioner

Nah, kalo kamu punya masalah yang sama, produk yang akan aku bahas kali ini mungkin jadi solusimu. Eternaleaf Moisturizing Shampoo dan Pure Conditioner diformulasikan tanpa sulfat, silikon, paraben, alkohol dan parrafin. Dan mereka sudah punya nomor BPOM.

Bahan unggulan dalam produk Eternaleaf adalah Pandanus conoidus atau buah merah papua. Buah ini merupakan buah asli asal Papua yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain tinggi antioksidan, buah merah juga mengandung beta carotene, asam oleat omega 9,  asam linoleat omega 6, asam linolenat omega 3, Vitamin C, selenium, alpha tocopherol dan carotenoid / Vitamin A.

Volume masing-masing produknya 250 ml yang dikemas dalam botol plastik bundar dengan tutup flip top. Model kemasannya memang sama persis. Hal yang bebeda hanya dari warna botolnya dan gambar grafis pada stikernya. Botol sampo punya warna merah sedangkan botol kondisioner berwarna putih.


tutup-botol-eternaleaf-moisturizing-shampoo-pure-conditioner

Aku suka pilihan Eternaleaf untuk membedakan warna kemasannya. Konsumen pun nggak perlu membaca keterangan produk pada botolnya saat akan menggunakan produknya. Jadi lebih gampang, kan?

Di bagian dalam tutupnya ada segel tambahan yang melindungi isinya supaya nggak tumpah. Jangan lupa lepas segel ini sebelum dipakai. Walau segel sudah dilepas tapi tetap aman, kok. Saat botolnya terguling isinya nggak gampang tumpah.


protective-seal-eternaleaf-moisturizing-shampoo-pure-conditioner

MOISTURIZING SHAMPOO
Sampo ini mengandung minyak essensial buah merah papua. Klaimnya dapat memperbaiki rambut yang rusak dengan Beta Karoten dan dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan Alfa Tokoferol. Rambut akan menjadi lebih sehat dan lebat.

INGREDIENTS:
Aqua, Cocamidopropyl Betaine, Lauryl Glucoside, Sodium Laureth Sulfosuccinate, Cocamide MEA, Polyquaternium-7, Behentrimonium Chloride, PEG-200 Hydrogenated Glyceryl Palmate, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Glycol Distearate, Glycerin, Perfume, Pandanus Conoidus Fruit Oil, Olive Oil, Peg-7 Esters, Citric Acid, Butylene Glycol, DMDM Hydantoin, Etidronic Acid, Iodopropynyl Butyl Carbamate.

Cairannya agak kental dan berwarna merah. Setiap kali aku lihat sampo ini aku selalu ingat jus tomat haha. Aromanya segar dan kuat. Aku suka tipe sampo yang punya aroma kuat gini. Soalnya kemungkinan setelah dibilas aroma wanginya masih nempel.

Saat dibusakan samponya menghasilkan busa yang banyak. Normal lah kalo dibandingkan dengan sampoku yang lain. Ada sedikit hint merah di busanya. Rasanya lembut pas kena rambut. Setelah dibilas nggak ada residu licin. Bersih.


texture-eternaleaf-moisturizing-shampoo

Melihat ingredients-nya, ada bahan-bahan yang berguna untuk membersihkan kulit kepala dan rambut yaitu Cocamidopropyl Betaine, Lauryl Glucoside, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Cocamide MEA, PEG-200 Hydrogenated Glyceryl Palmate, PEG-200 Hydrogenated Glyceryl Palmate dan PEG-7 Glyceryl Cocoate. Mereka ini termasuk golongan surfactant yang tugas utamanya untuk cleansing.

PURE CONDITIONER
Sama-sama mengandung minyak essensial buah merah papua. Klaimnya dapat menutrisi, memperbaiki, melembutkan dan memberi volume pada rambut.

INGREDIENTS:
Aqua, Behentrimonus Chloride, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Perfume, Propylene Glycol, DMDM Hydantoin, Iodopropynyl Butylcarbamate, Butylene Glycol, Hydroxypropyl Methylcellulose, Etidronic Acid, Pandanus Conoideus Fruit Oil, Citric Acid, CI17200.

Cairannya lebih kental daripada samponya. Warnanya merah muda dengan tekstur yang creamy. Wanginya hampir sama kayak si sampo, segar dan kuat. Kalo dipakai barengan mungkin aroma wanginya akan lebih powerful hehe.


texture-eternaleaf-pure-conditioner

Aku aplikasikan kondisionernya setelah samponya terbilas bersih. Aku diamkan sekitar 5-8 menit lalu bilas. Pastikan bilasnya bener-bener bersih sampai nggak terasa licin lagi.

Hasil Pemakaian Sampo & Kondisioner

Setelah keramas rambut jadi lebih gampang diatur, lebih halus dan lebih lembab. Wanginya bener masih nempel di rambut. Bahkan ±24 jam setelah keramas wanginya masih sama kayak sebelum dibilas. Lebih dari itu wanginya pelan-pelan akan mulai hilang.

Berhubung aku baru pakai 2 minggu, aku belum tau apakah produknya benar bisa memperbaiki rambut rusak atau nggak. Kayaknya butuh dipakai lebih lama lagi. Tapi sejauh ini nggak bikin rambutku mudah rontok. Selain itu kulit kepala terasa lebih bersih, rambut kelihatan lebih sehat dan lebih bervolume.

Nah, sekarang minusnya. Aku kurang suka efeknya yang ngasih volume ke rambutku. Kenapa? Karena rambutku sudah cukup volume. Efeknya malah bikin rambutku semakin ngembang dan menurutku ini berlebihan. Tapi ini personal ya karena tipe rambut kita bisa berbeda. Jadi aku lebih menyarankan kedua produk ini dipakai untuk rambut yang cenderung tipis dan nggak bervolume.
Aku pribadi masih pakai shampoo dan conditioner Eternaleaf ini. Soalnya nggak ada reaksi negatif dan mereka berdua sudah mengerjakan tugas utamanya dengan baik. Samponya bener bisa membersihkan kulit kepala dan kondisionernya bisa melembutkan rambut.

Aku mengubah cara pakai produknya. Aku mengurangi volume sampo yang aku pakai jadi setengahnya. Dan, aku pakai kondisionernya hanya di ujung batang rambut aja bukan dari tengah kayak sebelumnya.

Oh ya, produknya memang nggak menggunakan paraben tapi tetap ada campuran pengawetnya. Ada Behentrimonium Chloride, DMDM Hydantoin dan Iodopropynyl Butylcarbamate. Secara umum fungsinya sama seperti Parabens sebagai preservatives agar produk bebas dari bakteri/jamur sehingga kualitas produk tetap bagus (selama jangka waktu tertentu).

Di antara semua kelebihan produk hair care Eternaleaf, aku paling suka sama aroma wanginya yang tahan lama. Dibandingkan dengan sampo/kondisioner lokal yang pernah aku coba, nggak ada yang sewangi mereka berdua. Selain itu, pastinya karena formulanya yang bebas sulfat dan silikon. Kalo kamu coba juga kamu bisa beli di Gogobli :-)


Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Gogobli
Price? Rp. 156.500

8 comments:

  1. Ini cocok buatku sepertinya, karena rambutku balakangan ini makin tipis, biar keliatan ber-volume...thanks reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. samponya recommended buat yang rambutnya tipis, mbak. mudah-mudahan cocok ya ^^

      Delete
  2. Harganya lumayan juga ya. Tapi mantap lah kalo hasilnya bagus. Btw baru ngeh kalo produk shampo yg mengandung sulfate ama silicine bisa bikin ketombean dan gampang lepek. Makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sulfate & silicone di sampo nggak selalu ngasih efek kayak gitu. aku pribadi nggak ada masalah selama pakai hair care yang mengandung sulfate & silicone. tapi di beberapa orang mungkin bisa menimbulkan reaksi negatif.

      Delete
  3. sama deh silikon sering bikin rambutku gatel-gatel. thank you banget infonya. soalnya aku nggak tau kalo ada sampo lokal yang bebas silikon gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang nggak susah lagi buat cari sampo non silicone yaa :)

      Delete
  4. wah wanginya sepertinya enak nih, btw harga segitu untuk satu barang? atau sudah dapat dua ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun tanpa nama/unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES