01 August 2018

La Tulipe Sunscreen Gel SPF 17 Review

review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Pakai sunscreen itu wajib! Kayak kebutuhan kamu untuk minum air setiap hari, aplikasi sunscreen juga harus dilakuin setiap hari. Kenapa? Karena kulitmu butuh perlidungan. Kemanapun kamu pergi pasti nggak bisa lepas dari sinar matahari. Efek buruk sinar matahari inilah yang bisa bikin kulitmu rusak dan menua lebih cepat. Pastinya kamu nggak pengen kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya, kan? Makanya, pakai sunscreen yuk!


Kali ini aku akan sharing pengalamanku menggunakan salah satu sunscreen lokal asal Sidoarjo. Produk ini punya 3 kandungan sunscreen agents plus antioxidant! Sasaran utama dari produk ini adalah kamu yang punya tipe kulit berminyak. Walaupun tipe kulitku cenderung kering tapi aku juga tertarik pengen nyobain karena iming-iming kata ‘gel’ pada nama produknya. Ekspetasiku produk ini punya tekstur yang ringan. Hmm.. bener nggak, ya?

 PRODUCT DESCRIPTION
Produk ini diproduksi oleh PT. Rembaka yang juga memproduksi brand LT Pro. Dikemas dalam bentuk tube berisi 25 gram dan sudah mendapat label Halal dari MUI. La Tulipe Sunscreen Gel merupakan tabir surya dengan kandungan triple UV protection untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Triple UV protection terdiri dari Ethylhexyl Methoxycinnamate, Benzophenone-3 dan Butyl Methoxydibenzoylmethane. Selain itu juga dilengkapi dengan kandungan ekstrak Green Tea sebagai antioksidan.


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

PACKAGING
Kemasan luar terbuat dari box yang dalamnya berisi produk dan selembar kertas info produk. Bagian luar box-nya juga dilapisi plastik vacuum. Kemasan produknya sendiri berbentuk tube yang tebuat dari plastik dan didominasi oleh warna oranye. Tutupnya berbentuk ulir transparan dengan detail garis melingkar berwarna emas.


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Isinya hanya 25 ml dan nggak sebanyak produk suncreen biasanya, jadi ukuran tubenya juga nggak begitu besar. Cocok banget untuk dibawa kemana-mana. Aku pribadi kurang suka pilihan warna tulisan yang ada pada tube dan boxnya. Menurutku warna putih bikin tulisannya lebih susah dibaca.


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

 INGREDIENTS
Purified Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Benzophenone-3, Ethanol, Isopropyl Myristate, Carbomer, Triethanolamine, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Camellia sinensis Leaf Extract (Green Tea), Propylene Glycol, Diazolidinyl Urea, Cl.44090 (Acid Green 50), Methylparaben, Phenoxyethanol, Propylparaben, Ethylparaben.

Ethylhexyl Methoxycinnamate 
Disebut juga sebagai Octinoxate atau Octyl Methoxycinnamate (OMC), merupakan bahan aktif dalam produk sunscreen. Berfungsi sebagai UV Filter yang akan melindungi kulit dari sunburn. Ethylhexyl Methoxycinnamate dapat melindungi kulit dari sinar UV terutama UVB.


Benzophenone-3 (Oxybenzone) 
Fungsi utamanya sebagai photostabilizer dan sunscreen agent. Oxybenzone termasuk dalam chemical sunscreen aktif yang efektif menghalangi sinar UV terutama UVB. Penggunaannya disetujui oleh FDA dan banyak digunakan pada produk sunscreen OTC (Over The Counter). 


Butyl Methoxydibenzoylmethane (Avobenzone) 
Termasuk dalam chemical sunscreen yang dikenal sebagai broad-spectrum sunscreen agent untuk menghalangi sinar Uv terutama UVA. Bahan ini juga dikenal dengan nama lain parsol 1789. Menurut FDA, penggunaannya dalam produk Over-the-Counter (OTC) diperbolehkan dengan konsenstrasi maksimum hingga 3% sedangkan menurut Cosmetics Directive of the European Union diperbolehkan hingga konsentrasi 5%.


Camellia sinensis Leaf Extract (Green Tea) 
Ektrak dari tanaman teh hijau yang mengandungan Polyphenols yang berfungsi sebagai antioksidan dan L-thenine sebagai skin-soothing. Green Tea juga dapat meningkatkan kelembaban kulit1.


Diazolidinyl Urea 
Diazolidinyl Urea berbeda dengan urea yang biasa digunakan sebagai humectant (Hydroxyethyl Urea) fungsi utamanya adalah sebagai preservative. Diazolidinyl Urea dapat mencegah tumbuhnya bakteri maupun jamur pada produk. Biasanya digunakan bersamaan dengan Paraben. Cara kerjanya dengan melepaskan formaldehyde dalam jumlah sedikit. Penggunaannya disetujui oleh FDA dan CIR (0,5%).


Ada perbedaan antara komposisi kemasan lama (putih) dan kemasan baru (oranye). Pada kemasan baru terdapat tambahan ekstrak green tea yang belum ada pada kemasan sebelumnya. Kamu bisa lihat info skor acne/irritant/safety dari komposisi produknya disini.

 WHEN & HOW TO USE
Pada kemasan tertulis untuk mengoleskan tipis dan merata. Biasanya aku butuh 6 ruas jari untuk seluruh wajah dan leher. Pemakaiannya setelah pelembab dan dipakai sebagai step paling akhir pada skincare pagi.

 THE PERFORMANCE
Walaupun namanya sunscreen gel tapi teksturnya samasekali bukan gel, malah cenderung mirip krim tapi ringan. Konsistensinya nggak lengket dan mudah dibaurkan ke kulit. Sebaiknya mengaplikasikan sedikit demi sedikit supaya nggak ada gumpalan putih. Krimnya mudah meresap jadi kalo mau menumpuk sunscreennya pun bisa dengan mudah dilakukan tanpa harus menunggu lama. Aku rasa kandungan Ethanol yang ada di dalamnya yang membantu krimnya bisa cepat meresap atau "mengering" tanpa rasa lengket.


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Sunscreen ini nggak mengandung fragrance tapi aku masih mencium aroma pada krimnya. Menurut hidungku aromanya aneh, cenderung kimiawi gitu. Sesaat setelah diratakan aromanya akan hilang sendiri. Efek yang langsung aku rasakan adalah kulit jadi lebih lembab. Somehow kelihatan jadi lebih ‘plump’, terasa lembab dari dalam dan bebas minyak.


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Setelah pemakaian selama 4 jam tanpa bedak, wajahku terlihat berminyak terutama pada area hidung dan pipi bagian dalam. Di lain hari aku coba kombinasikan dengan bedak dan hasilnya berbeda. Setelah ditambah bedak tabur bayi hasilnya wajah terlihat lebih matte dan hanya sedikit berminyak di area hidung. Aku rasa kalo ditambah dengan pakai bedak (selain bedak bayi) yang punya oil control bagus pasti bisa mengurangi minyak yang ada di wajah.

 MY THOUGHTS
Aku suka perubahan kemasan dari yang lama ke kemasan yang sekarang. Setauku sebelumnya tubenya berwarna putih khas La Tulipe. Tau maksudku, kan? Dulu warna dan desain kemasan La Tulipe cenderung sama untuk semua produk. Menurutku kemasan lama terkesan jadul dan kental banget sama aura ibu-ibu haha. Sekarang ini kemasannya sudah berubah dan punya banyak warna. Kalo tujuannya supaya lebih diminati remaja aku rasa perubahan ini berhasil. Memang kelihatan lebih menarik dibandingkan sebelumnya :-)


review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Pada kemasan dan kertasnya hanya tercantum kandungan SPF-nya tapi nggak tercantum info tentang jumlah PA yang ada dalam produk. Aku nggak tau produk ini punya PA+, ++ atau +++, padahal info PA ini juga penting. Aku coba cari ke websitenya tapi juga nggak menemukan info tersebut. 

Aku pribadi pakai sunscreen ini saat di rumah aja karena kandungan SPF-nya nggak tinggi. Kalo buat kegiatan di luar aku pakai minimal SPF 30 PA+++. Menurut info dari Lab Muffin, SPF 15 bisa menghalangi 93% sinar UV sedangkan SPF 30 bisa menghalangi 97% sinar UV. Semakin tinggi SPF-nya maka semakin banyak sinar UV yang bisa dihalangi. 

Aku suka sunscreen ini yang mudah diratakan, cepat meresap dan nggak bikin muka kelihatan over-oily (setelah aplikasi). Cocok banget dengan sasarannya yang memang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak. Sejauh ini aku nggak menemukan masalah lain selama pamakaian. Nggak bikin break out ataupun iritasi. Cuma sayangnya setelah 4 jam akan bikin wajahku lebih oily.

Poin lainnya produk ini mengandung Benzophenone-3. Warning adanya bahan ini juga sudah ditulis pada label kemasan. Bahan ini bukan bahan berbahaya yang dilarang penggunaannya, termasuk di Indonesia. Tapi memang agak kontroversial karena dicurigai dapat menimbulkan efek samping. Di sisi lain CIR menyatakan pada konsentrasi yang digunakan dalam kosmetik dan personal products Benzophenone-3 nggak menyebabkan iritasi. Jadi, kalo kamu anti dengan Benzophenone-3 ya sebaiknya menghindari produk ini.

review-la-tulipe-sunscreen-gel-spf-17

Sunscreen series La Tulipe terdiri dari 3 produk yaitu Sunscreen Gel, Sunscreen Cream dan Sunscreen Lotion. Kalo kamu prefer pakai sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi kamu bisa coba produk saudaranya. Kamu bisa pilih antara Sunscreen Lotion SPF 21, Sunscreen Cream SPF 24 atau produk lainnya yaitu Whiteness Total UV Protection SPF 40. 

Update (13/09/2018)
Aku sudah menghabiskan 1 tube. Kesimpulan akhirnya tetap sama kayak sebelumnya. Sunscreen ini nggak menimbulkan masalah di kulitku. Aku suka teksturnya yang ringan dan mudah diratakan. Tapi kayaknya nggak aku repurchase karena aku kurang suka aromanya dan aku masih punya sunscreen lain yang harus dicoba haha. Kalopun nanti aku beli sunscreen La Tulipe lagi, mungkin aku akan coba varian lainnya.


  SPF 17 dengan ektrak green tea
  ringan dan cepat menyerap
 nggak bikin wajah terlihat oily setelah aplikasi
  melembabkan kulit

  nggak ada keterangan jumlah PA
  no fragrance inside tapi aromanya cenderung kimiawi
 pemakaian tunggal (sunscreen aja) akan bikin wajah cenderung berminyak setelah 4 jam
 ada kandungan Ethanol & Benzophenone-3 (just in case kamu menghindari bahan ini)

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? La Tulipe Official Store / Online
Price? Rp. 29.000 (25 gram)

36 comments:

  1. Jujur, selalu penasaran sama beberapa produk yang engga aku tahu sblmnya dan baru skg tahu, seperti hal nya dg sunscreen dari Latulipe ini.. sepertinya worth to try ya beb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengen nyoba sunscreen lokal, produk ini bisa jadi pilihan sih hehe

      Delete
  2. Aku belum pernah pake la tulipe. Kebetulan lagi pengen cobain sunscreen. Kayanya ini boleh dicoba sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. La Tulipe punya rangkaian produk yg menarik sebenarnya tapi iklannya nggak banyak 😅

      Delete
  3. Wah baru tau nih aku kalau Latulipe punya produk suncreen :p Berarti pakenya harus dibarengi bedak tabur ya setelahnya biar mengurangi minyak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih iya. Aplikasi bedak membantu banget supaya wajah matte lebih lama 😊

      Delete
  4. aku juga baru tau nih beb latulipe keluarin sun screen, tapi jadi pengen cobain, sunscreen buat aku benda wajib <3

    ReplyDelete
  5. Baru tau la tulip punya sunscreen. Murah lagi😄 Next time aku coba ah

    ReplyDelete
  6. Waaah kirain bakalan gel bening gitu ternyata malah kayak cream ya. Spf nya juga aku ngerasa kurang sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku ngira isinya bentuk gel gitu tapi ternyata krim 😅

      Delete
  7. wahhh bagud yaaa. aku blom pernah pake. sunscrenn padahal itu bagus banget ya buat perlindungan kulit

    ReplyDelete
  8. Bagus reviewnya, saya pakai ini nih karena memang pemakai la tulipe dan wajah berminyak. Dibandingkan produk lama, lebih ringan yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Wah jadi perubahan komposisinya bikin produknya terasa lebih ringan ya? Bagus dong ^^

      Delete
  9. belum ernah coba La Tulipe sama sekali, tapi selalu pake sunscreen heheee ini bikin white cast nggak ya? #kbbvmember

    ReplyDelete
  10. wahhhh gak bagus ya oil controlnya, sayang banget aq tipe oily hihi #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo oil controlnya bisa diakali pakai bedak sih. Tapi setelah selesai aplikasi nggak bikin wajah berminyak kok 👌

      Delete
  11. Wah packagingnya seger banget yak. Wkwk. Tapi memang la tulipe makin kece aja. Baik produk maupun packagingnya. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan warnanya pas banget ya. Ala ala warna matahari gitu haha 😎

      Delete
  12. Murmer ya baru tau kalo la tulipe punya sunscreen
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. Butuh nih kayaknya, dari komposisinya sepertinya ga ada yg aku alergi. Btw aku di rmh suka males pake sunscreen, kadang pake pelembab yg ada uv filternya aja hehehe

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kalo dirumah aku pakai pelembab yg nggak ada spfnya jadi perlu pakai sunscreen lagi 😄

      Delete
  14. Wahhh murmer juga ya ternyata produk sunscreenya Latulip. Wajib dicoba ini #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak jauh lebih mahal dibandingkan sunscreen lokal lainnya lah 😁

      Delete
  15. Baru tau kalo La tulipe punya sunscreen juga ya :) #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitasnya nggak kalah sama produk lokal lainnya 👌

      Delete
  16. aku kira bentuknya bakal mirip gel gitu, ternyata krim toh haha

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau kemasan sunscreen nya latulipe udh ganti 😍 lebih cantik kemasan yg baru yah ka 😍 . . Kemasan yg dulu ogah bgt 🤣. .

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau kalau sunscreen ini untuk kulit cenderung oily. Harganya juga terjangkau banget, bisa jadi referensi sunscreen untuk dicoba nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES