24 February 2020

Fair & Lovely Fairness Facial Foam Review

review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Fair & Lovely Fairness Facial Foam

Personally, aku seneng banget melihat brand ini semakin berkembang dengan variasi produk yang semakin banyak kayak sekarang. Aku tuh pertama kali kenal brand Fair & Lovely di tahun 2013. Waktu itu setauku produknya hanya Krim Multivitamin aja, belum ada facial wash apalagi sheet mask.


Ini brand drugstore di bawah naungan Unilever. Sejauh ini sudah ada empat produk yang beredar di Indonesia: Krim Multivitamin, 2in1 Powder Cream yang sudah aku review dua tahun lalu, Fainess Facial Wash, BB Cream dan yang terbaru, Vita Glow Serum Mask.

Aku punya sheet mask-nya juga yang aku beli di minimarket dekat rumah. Tapi belum dicoba, nanti deh ya :D

Produk ini dideskripsikan sebagai facial foam pencerah wajah dengan tagline “wajah lebih bersih cerah seketika”.

Mengandung Tri-Fair Vitamin Complex dan antioksidan yang membantu mengangkat kotoran di wajah sehingga wajah lebih cerah, wajah bersih seketika serta menjadikan wajah terasa lebih lembut dan halus.

FYI, sabun cuci muka ini tanpa kandungan SLS dan SLES. Seandainya kamu mencari sabun yang kayak begitu, produk ini bisa jadi pilihan. Tersedia dalam dua ukuran: 50 gram dan 100 gram.

review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Untuk kamu yang punya riwayat Fungal Acne, sabun ini nggak sepenuhnya Fungal Acne friendly karena ada kandungan Myristic Acid, Stearic Acid, Lauric Acid, Glycol Distearate dan Palmitic Acid.

Fair & Lovely Fairness Facial Foam INGREDIENTS:

Myristic Acid*, Glycerin, Water, Propylene Glycol, Potassium Hydroxide, Stearic Acid*, Lauric Acid*, Glycol Distearate*, Perfume, Palmitic Acid*, DMDM Hydantoin, Potassium Carbonate, Niacinamide, Tocopheryl Acetate, Polyaquaternium-7, Disodium EDTA, Sodium Ascorbyl Phosphate, Butylene Glycol, Pyridoxine HCl, Iodopropynyl Butylcarbamate, Potassium Sulfate, Sodium Benzoate, Potassium Chloride.

review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Packaging-nya dari plastik berbentuk tube dengan tutup flip top tanpa segel dan dus. Material plastik yang dipakai nggak kaku dan gampang dipencet, which is good. Jadi isinya lebih mudah dikeluarkan.

Cara pakai facial wash:


  1. Basahi wajah dengan air.
  2. Tuang Fair & Lovely Fairness Facial Foam ke telapak tangan, beri sedikit air lalu busakan.
  3. Usapkan busanya ke wajah, pijat sebentar lalu bilas.

Bisa digunakan pagi dan sore. Saranku, jika memakai sunscreen/makeup dan atau beraktivitas di luar ruangan, maka bersihkan dulu wajahmu dengan first cleanser. Baru setelah itu gunakan facial foam ini sebagai second cleanser.

Contoh first cleanser:


review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Teksturnya cenderung padat. Krimnya warna putih, polos tanpa scrub. Aromanya kuat, well, bisa ketebak dari posisi Perfume yang ada di tengah-tengah komposisinya.

Aku pribadi nggak mempermasalahkan. Aromanya segar dan ya, enak-enak aja. Kalo kamu pernah coba produk krimnya Fair & Lovely pasti lebih familiar sama wanginya ini, karena sama.

review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Walau padat, dia ini nggak susah kok buat disabunkan. Busanya langsung terbentuk dan melimpah, banyak! Busa yang dihasilkan pun cenderung lebih ‘padat’ (lihat foto di bawah). Rasanya lembut sewaktu nyetuh kulit. pH-nya termasuk tinggi, ada di angka 8.

Cleansing power-nya bagus. Terbukti bisa membersihkan kotoran dengan baik. Pun gampang dibilas tanpa menyisakan residu. Nggak ada tuh rasa licin atau sisa sabun yang nempel di wajahku.

review-fair-and-lovely-fairness-facial-foam-southskin

Facial Foam Fair & Lovely ini ngasih efek kesat begitu dibilas. Aku tau sebagian orang ada yang menghindari efek ini. Kalo kamu salah satunya, ya lebih baik nggak usah coba dan cari aja yang lain.

Selain itu ternyata dia drying huhu. Tentu ini bukan efek yang aku inginkan, terutama karena tipe kulitku kering. Rasa kering yang disertai efek ketarik ini cukup mengganggu buat aku. Maka itu harus cepet-cepet apply hydrating products, kayak Raiku Toner atau Essence Wardah setelahnya.

Bener, kulit memang jadi lebih bersih, halus saat disentuh plus cerah pula. Mungkin ini berkat kandungan Niacinamide-nya yang dikenal bagus dalam hal mencerahkan kulit. Cerahnya beneran langsung kelihatan walau nggak bertahan lama (oh, well, ini cuma sabun jadi jangan berharap lebih).

Cuma rasa kering dan ketariknya itu overpowering efek cerah dan efek positif lainnya. Jadinya bikin aku ogah beli lagi.

Aku masih bisa tahan sama efek kesat dari facial foam ini, tapi rasa kering dan ketariknya susah untuk ditoleransi. Soalnya ada lho, sabun yang kesat tanpa bikin kulitku ketarik. Nanti akan aku review lain waktu.

Dari sabun ini aku tau, ada atau tidaknya SLS/SLES dalam komposisi facial wash nggak menjadi penentu produknya akan bikin kulit kering atau tidak. Formulasi secara keseluruhan kayaknya lebih berperan besar.

Pada dasarnya produk ini bagus kok dan klaimnya terbukti. Silakan dicoba sendiri kalo kamu merasa cocok sama komposisinya dan nggak masalah dengan wanginya.


Where to buy? Supermarket / Unilever Marketplace
Price? Rp. 22.000

7 comments:

  1. Aku waktu itu dpt ini juga beb, menang giveaway itu apa ya, aku cium aromanya enak banget, tp waktu itu wajah lg breakout bgt jd ga aku coba, eh malah diminta sama adikku

    ReplyDelete
  2. Pernah punya tapi blom sempet dipake. Jadi penasaran diaku apa sampe keset ketarik juga gak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gih mbak, ntar ceritain ke aku rasanya gimana hehe.

      Delete
  3. Wah waktu jaman sekolah aku pecinta fair&lovely yg tone up cream nya loh hhi tp blm sempet cobain facial washnya, jd penasaran jg deh

    ReplyDelete
  4. Wah ini bukan tipikal efek yang aku suka juga nih dari facial wash. Suka bikin ga nyaman kalau setelahnya jd ketarik gitu. Meskipun gitu bagus ya buat mencerahkan.

    ReplyDelete
  5. wah, ternyata facial foamnya bikin keset ya diwajah. Aku kurang nyaman sama facial foam yg begitu nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES