07 November 2019

Missha Cicadin Centella Water Sunscreen Stick Review

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick

Missha Cicadin Centella Water Sunscreen Stick


Aku pilih sunscreen ini karena rekomendasinya Director Pi buat jadi pengganti sunstick Mamonde yang sudah habis bulan lalu. Menurutku sunscreen dalam bentuk stik itu ideal dipakai kapanpun dan di manapun karena aplikasinya yang mudah. Tinggal dioles aja, then you’re ready to go


Seperti yang kamu bisa tebak dari namanya, key ingredient dari produk ini adalah cica atau Centella Asiatica. Nggak tanggung-tanggung, di sini cica menggantikan posisi air sebagai komposisi utama dengan konsentrasi sebesar 25%.

Klaimnya Centella Asiatica akan memberikan sensasi dingin pada kulit sehingga dapat membantu menenangkan kulit yang mungkin iritasi akibat sinar UV. Isinya 20 gram dengan formula water-resistant tanpa tambahan pewarna buatan.


Centella Asiatica atau disebut juga Gotu Kola dikenal dapat berfungsi sebagai anti-inflammatory, antioksidan, humectant sekaligus dapat membantu menenangkan kulit.

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick

INGREDIENTS:
Centella Asiatica Extract, Polyethylene, Dimethicone, Homosalate, Neopentylglycol Diheptanoate, Propylheptyl Caprylate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Salicylate, Vinyl Dimethicone / Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Butylene Glycol, Silica, Niacinamide, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Synthetic Fluorphlogopite, Polyglyceryl-4 Diisostearate/Polyhydroxystearate/Sebacate, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Urtica Dioica (Nettle) Leaf Extract, Pyrus Malus (Apple) Flower Extract, Ficus Carica (Fig) Fruit Extract, Oak Root Extract, Ocimum Basilicum (Basil) Leaf Extract, Cannabis Sativa Seed Oil*, Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Extract, Microcrystalline Wax, Lauryl Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Cetyl Caprylate, Caprylyl Glycol, Sorbitan Sesquioleate*, Ethylhexylglycerin, Triethoxycaprylylsilane, Guaiazulene, Adenosine, Cucurbita Pepo (Pumpkin) Powder, Chlorella Vulgaris Powder.

Note: bahan berakhiran tanda bintang (*) mungkin dapat menjadi fungal acne trigger.

Kemasannya berupa twist up tube dengan tutup warna hijau tua yang dilengkapi dengan dus tanpa segel. Ada extra cap kecil transparan di dalam tube yang menutup bagian ujung stik. Catatan dari aku, perlu hati-hati saat menyimpan produknya di pouch karena tutupnya nggak terlalu rapat sehingga rawan terbuka sendiri.

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick

Hal pertama aku notice adalah aromanya yang ternyata mirip sabun haha (masih belum ingat ini mirip sabun apa). Herbal-like gitu, mungkin karena ada lavender oil kali, ya? Tapi mild kok dan akan hilang beberapa detik setelah aplikasi.

Bentuk stiknya rata dengan ujung tumpul bikin dia gampang digunakan walau nggak ada sisi lengkung kayak Mamonde Everyday Sun Stick. The stick glides smoothly, nggak berasa seret sama sekali.

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick

Warna stiknya hijau tapi nggak ngasih warna sama sekali ke kulit. Hasilnya transparan dan tanpa white cast jadi aman buat semua skin tone. Diformulasikan dengan SPF 50+ dan PA++++, sunscreen ini mampu memberikan perlindungan terhadap UV A dan UV B.

UV filter yang digunakan semuanya chemical, yaitu Homosalate, Ethylhexyl Methoxycinnamate (Octinoxate) dan Ethylhexyl Salicylate (Octisalate) untuk melindungi dari UV B, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate (Uvinul A Plus) untuk melindungi dari UV A, dan Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine (Tinosorb S) untuk melindungi dari UV A & B.

Cara pakai:
Oleskan sebanyak 4x (bolak balik) ke setiap area kulit pada step terakhir skincare routine sebelum menggunakan makeup.

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick

Teksturnya balmy dengan dewy-finish. Dibandingkan Mamonde Sun Stick, teksturnya less waxy, terasa lebih basah dan sekaligus lebih fresh karena ada cooling sensation-nya.

Pasca aplikasi kulit akan terasa licin saat disentuh karena memang nggak bisa nge-set jadi kering layaknya sunscreen kebanyakan. Entah dipakai sebagai produk tunggal atau dikombinasikan dengan skincare lain, finish-nya tetap sama.


Sebenernya dia nggak lengket dan lightweight (bahkan lebih light daripada si Mamonde) tapi tau lah ya humid-nya Indonesia kayak apa. Makanya setelah beberapa jam, aku merasa sunscreen ini bisa sedikit menyebalkan haha karena terasa oily.

Even di kulitku yang kering, rasa berminyaknya itu overwhelming dan kurang nyaman. Solusinya, selalu aplikasikan bedak setelahnya supaya kulit lebih matte. Biasanya aku pakai Pigeon Teens Compact Powder atau COSRX Perfect Sebum Centella Mineral Powder. Karena itu juga, aku kurang merekomendasikan ini untuk kulit berminyak.

review-missha-cicadin-centella-water-sunscreen-stick
hasil pemakaian tunggal missha cicadin sunscreen stick

Di sisi lain, tingkat kelembapannya terbilang bagus. Sekalipun dipakai tanpa skincare, kulitku tetap terasa lembap dalam waktu yang lama.

Dia nggak gampang luntur saat berkeringat atau kena air tapi nggak cocok untuk dipakai re-apply di atas makeup (yes, bikin makeup-nya bubar). Yet, gampang dibersihkan. Bisa dihapus dengan micellar water.


Well, dari segi kenyamanan ini bukan yang paling nyaman tapi sejauh ini kulitku cocok sama formulanya. Nggak bikin pori-poriku tersumbat, lembapnya oke dan tanpa white cast. Aku akan pakai ini sampai habis tapi kemungkinan besar nggak akan beli lagi. Mau coba yang lain hehe.


Where to buy? JOLSE
Price? $16.66

1 comment:

  1. Wah informatif sekali. Baru tahu klo ternyata ada sunscreen bentuk stik gini hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun tanpa nama/unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES