08 April 2019

Wardah C-Defense Energizing Creamy Wash Review

review-wardah-c-defense-energizing-creamy-wash

Wardah C-Defense Energizing Creamy Wash

Aku suka brand Wardah. Walau reviewnya nggak banyak di blog ini tapi percayalah aku sudah coba banyak produknya. Di antara produk skincare yang mereka keluarkan aku jarang coba face wash-nya. 

Entah kenapa aku merasa sekian varian face wash itu akan punya performa yang sama. Tapi, pikiran itu berubah setelah aku coba C-Defense Energizing Creamy Wash.

Di antara sekian first cleanser yang sudah aku coba produk ini berhasil masuk jadi salah satu skincare terbaik tahun 2018 lalu. Padahal awalnya nggak ada niat buat cobain dia. 

Ini hadiah dari lomba foto flat lay yang diadain Wardah Beauty House Surabaya tahun lalu. Nah, berhubung dikasih kan sayang kalo nggak dipakai hehe.

Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan Hi-Grade Vitamin C dan Active Moist Complex. Pembersih wajah ini diklaim mild dan fresh dengan busa melimpah yang bisa membantu angkat kotoran, makeup dan minyak berlebih. Sehingga kulit tampak lebih cerah dan terjaga kelembabannya.

Tube-nya dari plastik glossy berwarna oranye dengan tutup flip top transparan. Setiap tube berisi 60 ml produk. Produknya memang dijual tanpa kardus dan seingatku mulut tube bagian dalamnya nggak ada segelnya.


packaging-wardah-c-defense-energizing-creamy-wash

INGREDIENTS:
Aqua, Glycerin, Myristic Acid, Butylene Glycol, Stearic Acid, Potassium Hydroxide, Potassium Cocoyl Glycinate, Lauric Acid, Glyceryl Stearate, PEG-3 Distearate, Olive Oil PEG-7 Esters, Fragrance, Sodium Ascorbyl Phosphate, Phenoxyethanol, Polyquaternium-7, Panthenol, Hydroxypropyl Methylcellulose, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil.

Tekstur sabunnya sedikit kental tapi nggak padat. Aromanya segar dan cukup kuat, mirip sama bau buah jeruk. Buat yang kurang suka strong fragarnce mungkin akan sedikit terganggu.

Busanya banyak, creamy dan lembut. Kalo kamu suka tipe foaming face wash bakal suka deh sama sabun ini. Aromanya cuma bertahan selama busanya masih di wajah. Setelah dibilas aromanya bakal hilang, kok.

tube-wardah-c-defense-energizing-creamy-wash
tekstur-wardah-c-defense-energizing-creamy-wash

Setelah dibilas nggak ninggalin residu di wajah. Bersih tanpa rasa licin dan nggak bikin kulit kering atau ketarik. Wardah nggak pakai SLS/SLES di sabun ini. Melainkan pakai Myristic Acid, Potassium Cocoyl Glycinate, Lauric Acid, dan Hydroxypropyl Methylcellulose.

Sabunnya efektif membersihkan sisa kotoran setelah pemakaian first cleanser. Sudah pernah aku coba usap pakai toner setelahnya dan nggak ada sisa lagi. Di kulitku yang kering lembabnya terasa cukup.

Di komposisinya tertulis ada Sodium Ascorbyl Phosphate, yaitu derivat Vitamin C yang dikenal cukup stabil bahkan sampai level pH 7. Fungsinya sendiri kurang lebih sama kayak Vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu memudarkan noda hitam, boosting kolagen dan mencerahkan kulit.

Sayangnya posisinya nggak ada di urutan atas, sis. Posisinya dia ada bersebelahan dengan Phenoxyethanol yang berfungsi sebagai preservative. Jadi bisa dikira-kira kalo persentasenya nggak banyak atau mungkin sama besarnya. 

Kayaknya tambahan SAP cuma sebagai antioksidan untuk produknya tapi nggak banyak berpengaruh ke kulit. Kalo kamu pengen ngerasin efek antioksidan dari Vitamin C better pakai serum Vitamin C aja deh hehe.

Ngomongin Phenoxyethanol, menurut CIR konsentrasi yang aman untuk digunakan dalam kosmetik adalah < 1%. As preservatives, pastinya fungsinya untuk mengawetkan produk dan mencegah supaya nggak ada bakteri atau jamur yang tumbuh di dalam produk.


wardah-c-defense-energizing-creamy-wash-60-ml

Bedanya C-Defense Energizing Creamy Wash dengan face wash Wardah yang lain, setelah dibilas bisa bikin wajahku kelihatan lebih cerah. Selama ini aku nggak percaya sama klaim cerahnya ala sabun wajah begini. Eh, teryata beneran ada lho. 

Yaaa walaupun efek cerahnya cuma sementara. Tetap aja hasilnya bikin bahagia tiap kali selesai cuci muka hahaha. Dari apa yang aku rasakan aku bisa bilang kalo produk ini sudah bekerja sesuai klaimnya dan bener terbukti. 

baca juga: Wardah C-Defense Face Mist

Busanya beneran lembut dan melimpah. Nggak cuma efektif membersihkan kotoran, makeup dan minyak tapi juga bisa kasih efek cerah. Plus, nggak bikin kulit kering. Habis pakai ini aku jadi tertarik (lagi) buat coba face wash Wardah yang lain. Apa kamu punya rekomendasi?


Rating: ★★★

Where to buy? Wardah Official Store / Market Place
Price? Rp. 19.500 (60 ml) / Rp. 31.000 (100 ml)

10 comments:

  1. wah baca reviewnya jadi pengen cobain kebetulan aku juga pnya kulit kering nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya hehe, sabunnya nggak bikin kulit makin kering

      Delete
  2. produk wardah itu ringan di pakai jadi suka dan pernah pakai produk ini pun segar di wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya habis dibilas seger dan baunya seger juga 😄

      Delete
  3. Hampir semua produk wardah cocok di aku... Happy banget kalo nemu yg cocok trus murah itu... Tapi kalo yg seri c defense ini aku blom nyobain sih... Bikin tambah berminyak gak ya buat kulit berminyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulitku nggak berminyak jadi aku nggak bisa jawab mbak ^^;;

      Delete
  4. Well, aku belum pernah coba varian C defense nya Wardah nih, jadi tertarik juga untuk coba karena ada kandungan vit C nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cocok sama wardah, harus cobain ini! dari varian c defence ini selain face wash aku juga suka face mistnya :D

      Delete
  5. Belum pernah sih aku pakai facial wash wardah yg ini. Baru aja coba yg white secret dan charcoal . sepertinya ini menarik juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalikan dong sama aku. kalo aku belum coba dua varian itu hehe.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES