10 November 2018

Raiku Beauty Brightening & Cleansing Series Review

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Sudah pernah dengan skincare Raiku Beauty? Aku mau sharing hasil pemakaian produk seri cleansing dan seri brightening-nya, nih. Semua produk Raiku yang akan aku bahas kali ini nggak mengandung paraben. Pada kemasan produknya tertulis “no added paraben” yang berarti nggak ada tambahan paraben di dalamnya. Menarik, ya? Walaupun penggunaan paraben nggak dilarang di Indonesia but still, ini bisa jadi nilai plus tersendiri bagi kamu yang memang mencari skincare lokal tanpa kandungan paraben. Yuk, simak reviewnya!




review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Raiku Cleansing Cream

Krim pembersih dengan kandungan ekstrak chamomile dan vitamin E yang dapat membantu membersihkan kotoran, minyak dan makeup dengan lembut. Isinya sebanyak 60 gram dikemas dalam tube plastik dengan tutup flip top. Packaging-nya punya desain watercolor berwarna hijau dan biru dengan lata belakang berwarna putih. Minimalis tapi tetap eye-catching!

Apa aja komposisinya?

Aqua, Mineral Oil (Paraffinum Liquidium), Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Ricinus Communis Seed Oil, Phenoxyethanol, Imidiazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, PEG-20 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Glucose.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Produk ini termasuk first cleanser, gunanya nggak cuma untuk menghapus makeup aja tapi juga kotoran di wajah. Jadi sekalipun kamu nggak pakai makeup hari itu, sebaiknya kamu tetap membersihkan wajah dulu dengan first cleanser sebelum lanjut ke second cleanser. Caranya dengan mengoleskan krimnya ke seluruh bagian wajah yang akan dibersihkan. Pijat lembut lalu hapus dengan kapas.

Selama aku menggunakan Cleansing Cream ini, aku pernah coba dua cara yaitu dengan kapas dan dengan air. Kalo pakai kapas caranya ya seperti biasa, tinggal diusap saja. Kalo pakai air, setelah selesai memijat wajah percikkan air ke wajah mulai dari satu area lalu ke area lain sampai sebagian besar krimnya hilang. Setelah itu dibilas sekali lagi dengan air ke seluruh bagian wajah. Dua cara ini sama-sama efektif, terserah mau pakai cara yang mana.

Teksturnya seperti krim, sesuai namanya. Krimnya berwarna putih dan nggak padat. Menurutku teksturnya mirip saus fla untuk pudding, bisa bayangin nggak? Setelah diaplikasikan ke kulit krimnya akan melting jadi lebih encer tapi nggak sampai berubah jadi air. Warna krimnya akan berubah sesuai dengan kondisi wajahmu saat itu. Kalo lagi nggak pakia makeup ya warnanya kurang lebih masih sama. Kalo lagi pakai cushion dan complexion yang tebal ya warnanya juga jadi kecokelatan.

Krim ini nggak punya aroma khusus karena memang nggak mengandung fragrance. Walaupun aku bilang dia mirip fla pudding, tapi aromanya nggak manis juga nggak segar, netral aja ala krim gitu. Menurutku krimnya lembut banget. Setelah semua kotorannya bersih, kulit nggak terasa kesat dan nggak lengket.

Raiku Cleansing Foam

Pembersih dengan kandungan rice extract yang dapat membersihkan wajah secara menyeluruh, membantu mencerahkan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Isinya sebanyak 60 gram juga dikemas dalam tube plastik yang dilengkapi tutup flip top. Sekilas desain corak packaging-nya hampir serupa dengan Cleansing Cream. Tapi kalo diperhatikan lagi, mereka berdua punya perbedaan lho. Corak cat airnya lebih banyak dan hampir memnuhi sebagian besar area depan packaging-nya. Warnanya masih sama yaitu campuran hijau dan biru.

Apa aja komposisinya?

Glycerin, Aqua, Stearic Acid, Sodium Laureth Sulfate, Propylene Glycol, Cocamidopropyl Betaine, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium Cocoyl Alaninate, Cocamide DEA, Acrylates Copolymer, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Oryza Sativa Bran, Inositol, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Fragrance.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini.


review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Menurut petunjuk pemakiannya sebaiknya dipakai dua kali sehari pada pagi dan malam hari setelah aplikasi Raiku Cleansing Cream. Aku pribadi hanya menggunakan sekali sehari saat malam karena memang waktu pagi nggak cuci muka pakai sabun. Produknya berbentu krim berwarna putih. Teksturnya lebih padat dari Cleansing Cream. Sabun ini nggak wangi karena nggak ada fragrance-nya. Cocoklah buat kamu yang nggak suka wewangian di skincare. Saat dibusakan busanya cukup banyak tapi nggak bikin kulitku terasa kesat/kering setelah pemakaian. Busanya terasa lembut di kulit dan efektif membershkan sisa kotoran dan makeup.

Klaim pada deskripsi produknya bilang kalo sabun ini bisa membantu mencerahkan kulit, tapi sejauh ini aku belum merasakan efeknya. Ini kan cuma face wash yang akhirnya terbilas air, maklum banget kalo nggak bisa kasih efek cerah ke kulit. Cerah dalam arti naikin tone kulit ya. Well I don’t mind though. Selama produk ini bisa mengerjakan tugas utamanya untuk membersihkan sisa kotoran tanpa bikin kulit kesat, menurutku sudah bagus :)

Raiku Brightening Series

Produk di seri ini terdiri dari toner, serum, morning cream dan night cream. Bahan unggulannya adalah niacinamide, rice extract, safflower dan AHA dengan klaim utama dapat mencerahkan kulit. Semua produknya punya deskripsi yang sama dan tertulis beberapa klaim yaitu:

  • Dapat membantu meratakan warna kulit
  • Membuat warna kulit tampak lebih cerah
  • Kulit tampak lebih bercahaya
  • Membantu mengangkat sel kulit mati
  • Melembutkan tekstur kulit


Kelima klaim diatas disebutkan berdasarkan manfaat dari setiap bahan unggulannya. Sekalian, aku akan bahas bahan unggulannya lebih dulu sebelum masuk ke bahasan produknya.

Niacinamide
Sering dikenal sebagai Vitamin B3 (niacin). Niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan penampakan pori-pori yang terlihat besar, menyamarkan garis halus dan mengurangi efek kusam pada kulit.

► Safflower Seed Oil
Merupakan emollient oil hasil derivat dari Safflower (Carthamus tinctorius). Di dalamnya mengandung banyak fatty acids terutama linolenic acid yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

► AHA (Sodium Lactate)
Merupakan garam derivat dari Lactic Acid. Fungsi utamanya untuk memberikan hidrasi dan menyeimbangkan pH produk (buffering agent).

Raiku Brightening Toner

Toner berisi 100 ml ini sudah punya logo halal, diklaim dapat mengangkat sisa kotoran dan makeup dengan mudah. Seperti produk toner pada umumnya, toner dari Raiku ini juga dikemas dalam wadah botol. Bahannya dari plastik HDPE dengan tutup flip top. Seluruh bagian botolnya dibungkus plastic vacuum jadi lebih aman. Desain packaging-nya masih menggunakan watercolor berwarna pastel. Bedanya, toner ini punya campuran warna merah muda dan cokelat muda dengan latar belakang putih.

Apa aja komposisinya?

Aqua, Butylene Glycol, Menthylpropanediol, Glycerin, PRG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Niacinamide, Inositol, Imidiazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Allantoin, Panthenol, Menthyl Safflower Seed Date, Disodium EDTA, Sodium Lactate, Triethanolamine, Oryza Sativa Bran, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recutita Extract, Tocopheryl Acetate, Triethanolamine.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Berdasarkan petunjuknya, kamu perlu menuangkan tonernya pada kapas lalu oleskan ke kulit setelah penggunaan Cleansing Foam Raiku. Tapi aku nggak mengikuti instruksinya. Aku aplikasikan toner ini dengan tangan bukan dengan kapas. Aku pribadi lebih nyaman pakai cara ini dibandingkan pakai kapas.

Tonernya cair, runny seperti air. Nggak berwarna, bening gitu dan nggak ada aromanya. Sama seperti dua produk sebelumnya ini juga nggak mengandung fragrance. Rasanya saat diaplikasikan ke kulit agak lengket tapi lama kelamaan akan hilang sendiri kok. Efeknya bikin kulitku lembab, walaupun Raiku nggak menyinggung tentang kelembaban sama sekali pada deskripsi produknya. Dari top 5 komposisinya ada kandungan butylene glycol dan glycerin yang fungsinya memang sebagai humectant yang dapat melembabkan kulit.

Raiku Brightening Serum

Kemasan serum ini paling beda dari produk lainnya karena dilengkapi dengan kardus yang juga dilapisi oleh plastic vacuum. Packaging aslinya berbentuk botol kaca dengan pipet. Keduanya punya corak desain yang serupa, masih dengan campuran warna merah muda dan cokelat muda. Isinya sebanyak 30 ml dan sudah ada stiker halal. Semua informasi tentang serum ini tertulis di kardusnya, kecuali nomor bpom dan tanggal kadaluwarsa yang juga ada di badan botolnya.

Apa aja komposisinya?

Aqua, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Inositol, Cyclohexasiloxane, Phenoxyethanol, Allantoin, Oryza Sativa Bran, Sodium Polycrylloyldimethyl Taurate, Imidiazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Menthyl Safflower Seed Date, Triethanolamine, Hydrogenated Polydecene, Sodium Lactate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Panthenol, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recutita Extract, Tromethamine, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Gunakan serum ini setelah aplikasi toner. Caranya dengan mengoleskan serum ke seluruh bagian wajah. Tekstur serumnya agak berbeda dari beberapa serum yang pernah aku pakai sebelumnya. Serum Raiku ini warnanya putih, teksturnya kental dan cenderung creamy. Berhubung teksturnya seperti ini jadi agak susah untuk diambil menggunakan pipet. Tapi serumnya mudah diratakan, spreadable banget. Setelah aplikasi bagian kulit yang kena serum akan kelihatan lebih glowy, rasanya lembab dan kenyal. Cocok dipakai kapan saja. Bisa jadi bagian dari AM skincare atau PM skincare, nggak lengket dan nggak menganggu makeup.

Raiku Brightening Morning Cream SPF 15

Warna merah muda dan cokelat muda masih jadi ciri khas produk seri brightening. Morning Cream atau pelembab khusus pagi hari ini dikemas dalam tube plastik dengan tutup flip top. Isinya sebanyak 40 gram dan sudah punya stiker logo halal.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Apa aja komposisinya?

Aqua, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Acrylates Copolymer, Cyclopentasiloxane, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Niacinamide, C12-15 Alkyl Benzoate, Silica, Sodium Polycrylloyldimethyl Taurate, Inositol, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Caprylic/Capric Triglyceride, Oryza Sativa Bran, Allantoin, Imidiazolidinyl Urea, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Sodium Lactate, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Menthyl Safflower Seed Date, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini

Gunakan setelah penggunaan serum. Teksturnya lebih mirip lotion daripada krim, nggak kental atau padat jadi mudah diratakan. Krimnya berwarna putih akan menyatu dengan kulit dan akan terasa akan lengket di awal aplikasi. Yang aku rasakan, krimnya lumayan lama berada di permukaan kulitku. Butuh beberapa waktu untuk “mengering”. Hasil akhirnya bikin kulit kelihatan dewy basah gitu. Overall kulit kelihatan lebih sehat, apalagi kulitku memang kering jadi begitu pakai pelembab ini kelihatan banget gersangnya hilang haha. Walaupun agak lengket tapi krimnya masih cukup ringan kok untuk penggunaan pagi hari. 


Baca juga: Review Fair & Lovely 2in1 Powder Cream

Raiku Brightening Night Cream

Sama seperti Morning Cream, isinya juga hanya 40 gram. Packaging-nya berupa tube plastik dengan tutup flip top. Corak kemasannya lebih dominan warna merah muda. Produk ini juga sudah punya logo halal. Sesuai namanya, ini adalah pelembab untuk digunakan di malam hari. bedanya dengan Morning Cream, si Night Cream ini nggak mengandung SPF.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Apa aja komposisinya?

Aqua, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Niacinamide, Acrylates Copolymer, Cyclohexasiloxane, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Inositol, Oryza Sativa Bran, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Allantoin, Zinc Oxide, Imidiazolidinyl Urea, Menthyl Safflower Seed Date, Triethanolamine, Chamomilla Recutita Extract, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol.

Lihat irritant/acne/safety score dari komposisinya di sini.

Cara pakainya oleskan ke kulit wajah dan leher setelah menggunakan Raiku Serum. Teksturnya sedikit lebih encer dibandingkan Morinng Cream. Sama-sama lotion-like tapi lebih encer begitu. Aromanya sendiri lebih samar dibanding Morning Cream, karena yang ini nggak ada tambahan fragranceGampang diratakan dan lebih mudah “mengering” atau bisa juga dibilang.. lebih cepat meresap. Rasanya ringan banget, nggak lengket dan pastinya lembab. Setelah dipakai satu rangkaian saat malam hari, besoknya kulitku masih cukup lembab, sih.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Untung banget kulitku nerima semua formulanya dengan baik. Nggak ada pemberontakan samasekali hohoho. Kulitku cocok sama produk Raiku dan sejauh ini nggak ada reaksi negatif. Apakah klaim cerahnya terbukti? Well, jujur aja aku belum bisa kasih kesimpulan soal itu. Waktu pemakaian masih relatif singkat untuk melihat efek cerahnya, jadi aku perlu waktu lebih lama. Aku akan tetap lanjutkan pemakaiannya dan akan update hasilnya nanti saat produknya sudah habis. Hal yang pasti bisa aku kasih tau ke kamu adalah rangkaian produk ini bisa bikin kulitku jauh lebih lembab tanpa menimbulkan minyak yang berlebihan dan bisa bikin kulit lebih kenyal. Overall kulit kelihatan lebih sehat dan berhubung jenis kulitku kering hasil yang seperti ini sudah termasuk bagus hehe.

Raiku menulis “no added paraben” pada produknya, tapi bukan berarti produknya nggak punya pengawet samasekali. Logikanya produk yang bisa disimpan tahunan (berdasarkan exipred date) pasti mengandung pengawet untuk menjaga kualitas produknya tetap sama. Nah, kalo nggak pakai paraben lalu bahan apa yang dipakai?

Ada DMDM hydantoin, phenoxyethanol dan imidiazolidinyl urea.

DMDM Hydantoin (hanya pada Cleansing Foam)
Bahan ini berfungsi sebagai preservative yang dapat memperpanjang daya simpan suatu produk (shelf life) dengan melepaskan formaldehyde yang dapat membunuh mikroba.

► Phenoxyethanol
Dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Fungsi utamanya sebagai preservatives, selain itu juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Sering digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk dan mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur. Selain bisa dibuat secara sintetis, phenoxyethanol juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%.

► Imidiazolidinyl Urea
Tenang, adanya preservatives nggak selalu buruk kok. Justru bahan ini akan menjaga kualitas produk supaya nggak mengalami degradasi saat terkena faktor pemicu, seperti sinar matahari misalnya. Jadi kamu juga bisa menyimpan (shelf life) dan menggunakan produknya dalam jangka waktu yang lebih lama. Kalo suatu produk bisa disimpan lama tanpa tambahan pengawet samasekali kamu harusnya curiga karena mungkin produknya justru nggak aman untuk digunakan hehe.

Kalo kamu perhatikan, hanya beberapa produk aja yang sudah punya stiker label halal di kemasannya. Hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan, “Apakah produk lainnya belum halal?”. Kamu nggak sendiri, aku juga begitu ^^;; Saat pertama kali menerima produknya aku sudah menanyakan hal ini ke pihak Raiku. Jawaban mereka, semua produknya sudah halal tapi belum semuanya dapat nomor registrasi, makanya ada beberapa produk yang belum punya stiker halal. Jadi nggak perlu khawatir. Kalo kamu sedang cari skincare lokal sudah ber-BPOM, bebas paraben dan halal, produk Raiku ini bisa jadi salah satu pilihanmu.

Dimana sih beli produknya? Kamu bisa beli lewat online mall Raiku atau beli di Sociolla. Bener, produk Raiku ini sudah masuk ke Sociolla. Sekarang kamu bisa lebih mudah mendapatkan produknya karena sudah tersedia di banyak tempat. Plus, kamu juga bisa dapat diskon 50 ribu! Caranya? Pakai kode SBNLA4EN khusus untuk belanja di Sociolla ya.

review-raiku-beauty-brightening-cleansing-series

Produknya bisa dipakai untuk semua jenis kulit dan cocok juga untuk pemula. Siapa aja bisa pakai. Dari semua produk yang aku coba nih, aku paling suka sama Cleansing Cream-nya. Teksturnya lembut banget dan nggak ada tambahan fragrance jadi nyaman banget waktu dipakai. Kalo kamu bagaimana? Diantara Cleansing Cream, Cleansing Foam, Morning Cream, Toner, Night Cream dan Serum-nya, produk mana yang ingin kamu coba?




16 comments:

  1. aku juga suka banget sama iniiii
    gemes ya packaginggg

    ReplyDelete
  2. Oh, ternyata bisa pakai 2 cara ya untuk cleansing creamnya. Baru tau! #KBBVmember

    ReplyDelete
  3. cakep amat blog nya sis dan pengambilan foto2nya #KBBVMember Carnellin

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget produk yang ada ekstrak chamomilenya.. 😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
  5. Unrelated to the topic, tapi gue belajar banyak dari blog ini kayaknya nih. Wkwkwkw. Thank youuu. #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. Unrelated to the topic, tapi gue belajar banyak dari blog ini kayaknya nih. Wkwkwkw. Thank youuu. #kbbvmember

    ReplyDelete
  7. Raiku ini banyak yang review ya, bikin penasaran #kbbvmember

    ReplyDelete
  8. Produk ini tu gemes banget packagingnya ya beb, aku pake ini jugaaa <3
    #KBBVmember

    ReplyDelete
  9. aku juga lagi pakek inii nih punyaku yg anti aging #kbbvmember

    ReplyDelete
  10. Raiku ini banyak yg blg oke yaaa packagingnya jg gemess #kbbvmember

    ReplyDelete
  11. Fotonya cakep sis. Aku juga pake yg anti aging nih 😆 #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. ini favorit aku!! belakangan ini aku rutin pake raiku yang brightening series nya hihihi #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. Aku tertarik sama cleansing cream-nya. Selama ini pake Olay Total Effects, baru tau kalo ada cleansing cream merk lain hehehe

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. Wah aku pake yg anti agingnya nih ~ #kbbvmember

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES