26 November 2018

Shopping 101: Pengalaman Belanja di Website Jolse.com

Sekitar enam bulan lalu aku pernah cerita tentang shopping experience-ku di salah satu website. Nah, kalo sebelumnya aku cerita tentang salah satu website kosmetik lokal dari Indonesia, sekarang aku mau cerita tentang website kosmetik luar negeri dari Korea Selatan. Nama website-nya seperti yang tertera pada judul, www.jolse.com~

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com


Semuanya berawal karena aku biasa bikin blogpost haul tapi nggak pernah cerita itu hasil belanja dimana. Makanya pengen cerita juga pengalamanku selama belanja online. Cara pesannya bagaimana, bayarnya pakai apa, proses pengiriman berapa lama, barangnya sampai atau nggak, dan lain-lain. Siapa tau ada yang mau belanja di sana juga tapi masih ragu atau takut tertipu. Semoga adanya cerita tentang shopping ini bisa sedikit membantu hehe.

Jolse ini merupakan website yang menjual berbagai kosmetik asal Korea Selatan yang pengirimannya juga langsung dari Korea. Nggak cuma jualan aja, tapi mereka juga sering mengadakan review event bulanan dimana para member-nya bisa mendapat kesempatan untuk mencoba berbagai macam produk secara gratis. Aku juga pernah ikut dan pernah dipilih walaupun cuma sekali ^^;;


Bagian atas dari halaman utama Jolse ada info tentang produk yang baru masuk atau akan dirilis dalam waktu dekat. Ada juga info tentang best deal dan event terbaru mereka termasuk review event-nya. Pada bagian tengah ada jejeran produk yang termasuk Weekly Best. Biasanya produk di bagian ini berisi produk yang banyak direkomendasikan oleh para user.  

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Tujuan utamaku saat itu adalah beli produk first cleanser karena memang lagi kehabisan stok. Tapi ya namanya belanja online rasanya nggak mungkin cuma beli satu barang doang haha. Totalnya aku beli 9 item dengan berat paket sekitar 900 gram.

Metode Pembayaran
Jolse menerima pembayaran melalui Paypal. Kamu bisa membayar dengan saldo Paypal atau kartu debit/kredit melalui Paypal.

Proses & Waktu Pengiriman
Jolse menawarkan 4 metode pengiriman paket. Mereka menawarkan free shipping dengan Economy Mail yang berlaku untuk semua pesanan tanpa minimal transaksi. Selain Economy Mail juga ada 3 metode lainnya tapi nggak gratis alias harus bayar lagi. Ada Standart Mail, EMS dan DHL. Harga ketiga service ini berbeda sesuai dengan kecepatan pengirimannya.

Economy Mail = gratis tapi nggak dapat tracking number (nomor resi untuk ngecek posisi paket). Standart Mail bayar $2.5 dengan tracking number. EMS = $22 dan DHL = $27-$35. Kamu bisa dapat Standart Mail gratis jika belanja lebih dari $40 dan  EMS gratis jika belanja lebih dari $150. Syarat dan ketentuan lebih lanjut bisa kamu baca di halaman FAQ Jolse ya.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Aku checkout pesananku di tanggal 25 Oktober 2018. Sehari setelahnya (26/10) jam 15.50 WIB aku dapat notifikasi bahwa pesananku sudah dikirim (dengan Standart Mail). Posisi paketnya sudah ada di kantor pos Korea dan sudah dapat tracking number. Jadi proses pengiriman dari pihak Jolse hanya butuh waktu 1 hari kerja aja. 

Berdasarkan pengalamanku belanja online dari luar negeri, satu hari ini termasuk sangat cepat. Beberapa website lain rata-rata butuh waktu selama 3 hari bahkan ada juga yang sampai 7 hari kerja. Tapi kecepatan proses ini bisa jadi berbeda antar paket. Pihak Jolse sendiri sudah menyatakan bahwa akan mengirim paketnya dalam jangka waktu antara 1-5 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran diterima. 

Oh ya, semua notifikasi terkait pesananmu akan selalu dikirimkan ke e-mail yang kamu gunakan untuk daftar ke website Jolse. Kalo kamu nggak menemukan e-mailnya di folder Inbox coba cari juga di folder Spam ya, mungkin aja nyangkut di sana.

Kondisi Barang
Paketku sampai di tanggal 21 November 2018. Semua paket Internasional yang dikirimkan via Pos Indonesia selalu dikenakan biaya Rp. 20.000 saat paketnya sampai ke rumah. Bayar ke siapa? Ke Pak Pos yang mengantar paketmu. Selama ini aku nggak pernah diminta biaya lain selain ini.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Saat sampai aku menerima paketnya dalam keadaan terbungkus plastik khas Pos Indonesia (maaf nggak ada fotonya). Bentuk kardusnya mungkin nggak sempurna karena pernah dibuka sebelumnya saat pemeriksaan bea cukai. Selama masih disegel ulang menurutku kondisinya termasuk baik, sih. Semua produk yang aku beli sampai dengan selamat dan nggak ada yang cacat. Setiap produk dilapisi bubble wrap terpisah kecuali sheet mask yang dijadikan satu dalam satu bubble wrap.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Apa aja isinya?

Produk utama dari acara belanja kali ini, cleansing oil, aku pilih dari The Saem. Produknya terdiri dari tiga varian dengan bahan unggulan yang berbeda. Aku pilih yang varian Moisture karena varian ini direkomendasikan untuk pemilik kulit kering dan kusam.


Aku juga beli dua produk second cleanser. Sabun Etude House itu repurchase sedangkan yang Primera baru coba sekaligus jadi pengganti Laneige Fesh Calming Gel Cleanser-ku tinggal sisa 1/3 aja. Ini pertama kalinya aku coba produk Primera. Harga produknya banyak yang diluar jangkauan dompetku jadi sebelum coba produk yang lebih mahal, coba dulu sabunnya yang lebih terjangkau haha.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com


Rasanya nggak lengkap belanja skincare tanpa sheet mask. Ada yang merasa begini juga? Hehe. Aku ambil dua set sheet mask dan dua single sheet mask dari brand yang berbeda. Koleksi sheet mask-nya Jolse bisa dibilang cukup lengkap. Banyak banget macemnya. Mulai dari brand yang sering dan mudah ditemui di Indonesia sampai brand yang baru dan asing ada di sini.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com




pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Setiap kali belanja di website kosmetik korea pasti dikasih free sample dan belanja di Jolse juga begitu. Free sample-nya nggak cuma dua atau tiga, tapi ada sepuluh! Dua diantaranya ada 1 pc sheet mask dan 1 pc Blotting Paper.

pengalaman-belanja-di-website-jolse-com

Kesimpulan
Aku suka tampilan website-nya yang ‘bersih’ jadi nggak bikin bingung penggunanya. Sejauh ini aku belum pernah merasa kesulitan saat akan memilih produk atau saat akan melakukan transakasi. Jolse memang berpusat di Korea tapi bahasa yang digunakan pada website-nya adalah Bahasa Inggris dan mata uang yang digunakan adalah Dollar. Selain Bahasa Inggris, juga tersedia dalam pilihan Bahasa Spanyol. Kamu juga nggak perlu khawatir tentang keaslian produk karena semua produk yang dijual di sini asli.

Aku belum pernah punya masalah jadi aku nggak berinteraksi dengan pihak customer service-nya (CS). Apakah respon mereka cepat atau nggak, aku nggak bisa komentar. Seperti yang aku ceritakan sebelumnya, aku ini tipe customer yang nggak akan kirim pesan ke CS selama nggak ada masalah apapun hehe. Overall aku puas dengan pelayanan Jolse dan akan belanja lagi di website mereka ^^

Apa kamu pernah belanja di website kosmetik luar negeri juga? Atau kamu juga pernah belanja di website Jolse? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk!

16 comments:

  1. Wah nice info aku blom pernah blnja dari luar negri,oh jd ada kena biaya lg ya pas ditrima..oke noted

    ReplyDelete
  2. Ah seru banget pengalaman belanja langsung dari korea...pengen coba tapi aku ga paham pake paypal beb:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca-baca deh, gampang banget kok caranya. prosesnya cepet dan nggak ribet ^^

      Delete
  3. Terimakasih kak info nya aku baru tau nih..

    ReplyDelete
  4. Aku baru dengar tentang web satu ini Jolse, apalagi lihat belanjaan skincare kamu jadi pengen ikutan ngeborong 😘

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah belanja dari website luar negeri haha takut gak sampai. Nice infonya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sampai dalam artian hilang?
      Menurutku kemungkinan hilangnya paket dalam perjalanan bisa diminimalisir. Misalnya, pilih metode pengiriman dengan tracking number supaya bisa lacak posisi paket. Info tracking ini selalu diupdate jadi nggak bakal hilang tanpa jejak hehe.

      Delete
  6. syyg ya masih pake paypal, cb aja bisa byr dengan bank umum pasti lebih efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo internasional kebanyakan memang pakai paypal. Tapi nomor rekening lokal bisa disambungkan ke akun paypal kok 😁

      Delete
  7. Completely review, asik ya dapat banyak Sample, seandainya di Indonesia juga gitu kan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di olshop indo samplenya nggak sebanyak ini haha

      Delete
  8. Jolse emang gak peenap pekit sample, abis nyobain sample nya jd mau belanja lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss, mereka ngasih sample banyak banget! Akhir tahun ini banyak diskonan tuh di Jolse hehe.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES