15 August 2018

Travel Skincare Routine

travel-skincare-routine

Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli produk baru khusus untuk dibawa saat liburan. Alasannya karena produk tersebut tersedia dalam ukuran travel size. Bahkan ada juga yang asal bawa skincare samples karena punya banyak dan sudah menumpuk di meja. Produk travel size memang punya kelebihan tersendiri karena lebih mudah dibawa, nggak berat dan nggak memakan banyak tempat. Tapi, saat liburan kita akan bertemu dengan suasana yang berbeda dengan lingkungan asal. Entah itu suhu, polusi dan bahkan sumber air yang berbeda. 

Nggak heran kalo sesampainya disana kamu akan mengalami perubahan kondisi kulit, seperti gatal, kemerahan atau bahkan munculnya jerawat. Kondisi ini bisa jadi lebih parah karena produk skincare yang kamu gunakan tergolong 'asing' bagi kulit. Di saat seperti itu, kulitmu sedang berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan tapi harus kamu paksa juga untuk menyesuaikan diri dengan produk-produk baru. Jangan kaget kalo nantinya kulitmu mungkin akan bereaksi diluar dugaanmu.

Jadi daripada mengganti produk aku lebih memilih untuk menggunakan produk yang sudah pernah aku coba sebelumnya dan cocok dengan kulitku. Untuk aku pribadi, produk yang harus dibawa adalah basic skincare. Kalo kamu?


travel-skincare-routine

 CLEANSING
Micellar Water | Vio – All in One Micellar Cleansing Water (Clarifying)
Micellar water jadi produk wajib yang harus ada dalam pouch selama travelling. Selama perjalanan kemungkinan akan jarang ketemu air untuk cuci muka. Makanya micellar water jadi shortcut untuk mengusap kotoran yang ada di wajah. Selain itu micellar water juga aku pakai untuk menghapus sisa lipstik setelah selesai makan. Tujuannya supaya saat re-apply permukaan bibirnya jadi lebih bersih jadi hasil lipstiknya juga lebih bagus.

Waterproof Makeup Remover | Sephora Waterproof Eye Makeup Remover
Aku hampir selalu pakai maskara setiap kali keluar rumah, nggak terkecuali saat liburan. Karena maskaranya waterproof aku butuh remover khusus untuk menghapusnya. Kalo cuma pakai micellar water susah bersihnya, iya kan?

Cleansing Milk | Viva – Milk Cleanser (Lemon)
Dimanapun, kapanpun, double cleansing tetap nggak boleh terlewat, termasuk saat liburan kayak gini. Selama di jalan aku membersihkan wajah dengan micellar water tapi begitu sampai di penginapan aku tetap cuci muka seperti biasa. Diawali dengan mengusap first cleanser lalu dilanjutkan dengan second cleanser.

Face Wash | Laneige – Fresh Calming Gel Cleanser
Night routine nggak akan lengkap tanpa face wash, iya kan? Jadi sebagai pelengkap double cleansing, aku juga bawa face wash. Berhubung ukuran sabun ini gede banget aku harus mindahin isinya ke botol yang lebih kecil supaya lebih gampang dibawa.

travel-skincare-routine
travel-skincare-routine

 HYDRATING
Toner | Clean & Clear – Essential Oil Control Toner
Produk ini masih tergolong baru di skincare routine-ku. Aku baru pakai sejak dua minggu lalu. Aku pakai tonernya di pagi hari aja. Aplikasinya diusap dengan kapas.

Toner | Hada Labo – Shirojyun Ultimate Whitening Lotion
Kalo toner C&C hanya aku pakai di pagi hari, toner Hada Labo Shirojyun ini aku pakai di malam hari. Tonernya ringan, cepat meresap dan bikin kulit terasa lembab. Bisa dipakai beberapa layer juga.

Toner | Wardah – Lightening Face Toner
Sama kayak Hada Labo, aku juga pakai produk ini khusus di malam hari. Aku pakai jadi selingan Shirojyun Lotion.

Face Mist
Aku pakai face mist ini setelah cuci muka dan setelah mandi supaya kulitku tetap lembab sebelum lanjut ke aplikasi toner.

travel-skincare-routine

Travelling identik dengan kegiatan di luar ruangan, kan? Jadi kulitmu butuh perlindungan ekstra. Aku memilih untuk pakai pelembab dengan kandungan SPF dibandingkan pelembab biasa. Produk ini hanya dipakai saat pagi hari aja.

Night CreamWardah – Lightening Night Cream (lupa nggak ikut kefoto ^^;;)
Berbeda dengan pelembab pagi yang punya kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV, di malam hari kulit butuh pelembab yang punya nutrisi tinggi. Setelah pakai toner Hada Labo aku lanjutkan dengan aplikasi krim malam dari Wardah. Kombinasi keduanya bisa bikin kulitku tetap lembab selama tidur.

Mask | Sheet Mask & Tablet Mask (lupa juga nggak ikut kefoto ^^;;)
Instead of a wash-off mask, aku hanya bawa beberapa sheet mask dan tablet mask yang lebih praktis. Tablet mask ini bisa diisi macem-macem sesuai keinginan dan kebutuhan.

Lip Treatment | Laneige Lip Sleeping Mask
Nggak cuma wajah aja yang perlu dikasih masker, bibir juga lho~

 PROTECTING
Sunscreen | Emina – Sun Protection SPF 30 PA+++
Walaupun pelembab di pagi hari sudah ada kandungan SPFnya, aku tetap aplikasikan produk sunscreen lagi. Dibandingkan dengan pelembab sebelumnya, sunscreen ini mengandung SPF dan PA yang lebih tinggi. Kelebihannya produk ini sangat ringan jadi nggak bikin wajah terasa terlalu ‘berat’ ataupun berminyak. Aku mengulangi aplikasi sunscreen setiap 2 jam sekali dan setelah kena air/wudhu.

Ada 2 cara yang bisa dipakai untuk mengaplikasikan ulang sunscreen. Pertama, tanpa mengubah makeup aplikasikan ulang powder atau cushion yang mengandung SPF. Kedua, bilas wajah dengan air sampai sebagian besar makeup luntur dan atau usapkan micellar water dengan kapas. Kemudian ulangi pemakaian sunscreennya dan re-aplly makeup dari awal.

Aku juga punya beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk memilih produk apa aja yang harus dibawa saat liburan.
  • Bawa produk yang punya fungsi hydrating, moisturizing dan brightening.
  • Selalu bawa pelembab bibir dan body lotion atau hand cream di tasmu. Perjalanan yang lama mungkin kan bikin bibir dan kulit jadi kering.
  • Jangan pernah tinggalin sunscreen. Produk ini wajib banget dibawa!
  • Dibandingkan makser tipe wash-off dengan kemasan besar, masker lembaran (sheet mask/tablet mask) akan lebih mudah dibawa dan lebih praktis.
  • Kamu bisa bawa makeup remover dalam bentuk tissue/wipes sebagai ganti micellar water.
  • Supaya menghindari kemungkinan bocor, setiap produk liquid sebaiknya diberi solasi dan dimasukkan dalam plastik khusus.

Kalo kamu memang pengen bawa produk yang travel size, tetap bisa kok. Cuma bukan dengan beli produk baru, tapi beli produk yang sudah pernah kamu coba sebelumnya yang juga tersedia dalam ukuran mini. Jadi walaupun saat travelling, tetap gunakan produk skincare yang sudah kamu percaya dan sudah terbukti bekerja untuk kulitmu. Supaya saat kulitmu ‘marah’ gara-gara ada perbedaan lingkungan, kulitmu masih bisa ‘terobati’.


Apa kamu punya tips skincare saat travelling? Let me know! :^)

32 comments:

  1. wah produk kita gaada yg sama nih kak XD jadi pengen cobain semuanya deeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya? Kamu biasanya pakai produk apa aja? ^^

      Delete
  2. infonya lengkap banget dear :) buat pemula pas banget. kebetulan aku belum pernah coba produk-produk di atas.

    ReplyDelete
  3. aku suka sama micelar water nya dari VIO deh beb, wanginya seger ya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu pakai ini juga? Iya bener baunya enak hehe

      Delete
  4. Cleansing productnya lengkap juga ya untuk travelling^^

    ReplyDelete
  5. iya yaa aku smpe skrg masi ga pernah bawa sunscreen soalnya uda mikir ada spf di bedak ama lotion. ternyata butuh juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku pribadi tipe yang nggak bisa ninggalin sunscreen ^^; Sayang aja kalo perawatan selama ini percuma gara-gara kena matahari.

      Delete
  6. Kalau aku sih fokus produk hydrating dan moisturizing aja, kalau brightening ngandalin foundation aja deh biar warna kulit rata hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo liburan malah males pakai foundie. Lebih enak pakai cushion atau compact powder aja :-D

      Delete
  7. Wahh aku pernah cobain yang Lip Balm (Lanaige) ini benar-benar bagus melembabkan bibir dan Sun Protection (Emina) ini juga ckup bagus koq :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lip sleeping masknya bagus, efek lembabnya kerasa sampai pagi :D

      Delete
  8. aq sempat pakai cnclear juga tapi lumayan bikin kering #kbbvmember

    ReplyDelete
  9. Aku penasaran banget sama cleansingnya Laniage sebenarnya, tp kalau mengingat harganya lumayan juga deh bikin mo nangis kalau ingat dompet, hahah #kbbvmember

    ReplyDelete
  10. Kalo travelling aku prefer bawa produk yg kupakai sehari-hari n taruh di travel jar/ bottle sih daripada beli lagi. Dan aku lebih banyak bawa produk cleansing biar bisa bersihin muka dimana aja.
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga mindahin produk ke travel kit, tapi nggak semuanya. Ada beberapa yang memang aku bawa botol aslinya 😁

      Delete
  11. aku penasaran sama Eminanya, kapan-kapan coba beli ah :) #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. Waaaa lengkap bgt travel skincare nya. .. Aku suka males bawa banyak2 gitu. Manteb bgt deh kamu

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak repot tapi ya mau gimana lagi, aku butuh mereka 😂

      Delete
  13. kalo makeupnya tebel tripple cleansing loh #KBBVMember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sebelum milk cleanser pakai micellar water dulu sudah termasuk triple cleansing 😆

      Delete
  14. Komplit banget buat traveling! Infonya lengkap lagii❤
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. Aih sama pake hadalabo lotion, kayanya jarang deh saya nemu blogger yang nyebutin hadalabo lotion di skincare routine nya, apa aku yang kurang maen ya? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok yang pakai hehehe. Lotion-nya Hada Labo ini enak banget, lembab tapi tetap ringan~

      Delete
  16. Lumayan banyak ya bawaannya say, aku biasanya hanya tiga benda penting pembrsih wajah dalam bentuk tisu, pelembab dan sunscreen buat muka dan badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya haha. Soalnya kalo pas liburan kulit jadi kering atau dehidrasi malah bikin perjalanan nggak nyaman juga 😅

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES