20 July 2018

Marina Natural Hand & Body Lotion Review

review-marina-natural-hand-body-lotion

Di awal bulan Mei lalu aku sempat menyebutkan kalo aku lagi suka banget sama salah satu body lotion lokal. Aku pernah memasukkan dua variannya ke dalam daftar pelembab untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Kalo kamu sudah pernah baca pasti tau produk mana yang aku maksud. 


Aku memang sengaja belum memposting review produknya karena mau nunggu sampai semua variannya lengkap. Berhubung isi produknya juga banyak jadi aku butuh waktu agak lama.

Akhirnya aku berhasil menuntaskan pemakaian semua varian dari Marina Natural Hand & Body Lotion. Selama 2,5 bulan terakhir aku habiskan untuk coba satu per satu varian body lotion ini. 

Nah, sekarang reviewnya sudah selesai! Postingan ini akan agak panjang karena bahas 5 varian sekaligus. Baca sampai habis ya ^^

 PRODUCT DESCRIPTION
Produk yang akan aku bahas kali ini adalah produk hand and body lotion yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Totalnya ada 5 varian yaitu Avocado, Almond, Apple, Honey dan Oat. Produk ini tersedia dalam 3 ukuran yaitu 100 ml, 200 ml dan 350 ml. 

Walaupun kelimanya punya fungsi utama yang sama tapi mereka punya bahan unggulan yang berbeda-beda. Klaim utama dari produk ini adalah 24 moisturizing atau dapat menutrisi dan menjaga kelembaban alami kulit selama 24 jam (pada lapisan epidermis).


review-marina-natural-hand-body-lotion

Protects & Cares – Apple (pink)
Hand & Body Lotion dengan kandungan apple, hibiscus, sunscreen dan Vitamin E untuk melindungi kulit saat aktivitas di luar ruangan.

Rich Moisturizing – Avocado (hijau)
Hand & Body Lotion dengan kandungan avocado, olive dan vitamin E untuk melembutkan kulit dengan kelembaban ekstra.

Nourished & Healthy – Almond (kuning)
Hand & Body Lotion dengan kandungan sweet almond dan vitamin E untuk menutrisi dan merawat kulit.

Smooth & Glow – Honey (oranye)
Hand & Body Lotion dengan kandungan honey dan vitamin E untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit bercahaya.

Nutri Fresh – Oat (ungu)
Hand & Body Lotion dengan kandungan oat dan butiran vitamin E untuk menjaga kesegaran kulit.

Produk ini diproduksi oleh PT. Filma Utama Shop dan didistribusikan oleh PT. Barclay Products. Kelima varian yang disebutkan diatas sudah mempunyai nomor BPOM dan sudah mendapat sertifikat Halal dari MUI.

 PACKAGING
Kemasannya simple dan biasa aja, berbentuk botol transparan dengan tutup flip top berwarna-warni yang terbuat dari plastik. Bentuk botolnya agak lonjong dengan bagian tutup yang sedikit tumpul dan badan yang pipih. Tutupnya mudah dibuka-tutup tapi tetap rapat dan aman.


review-marina-natural-hand-body-lotion

Pada bagian depan terdapat nama brand dan nama produk yang dilengkapi dengan gambar perempuan khas Marina dan gambar sebagai visualisasi bahan unggulan dalam produknya. 

Botol varian Almond terdapat gambar almond, varian Avocado terdapat gambar alpukat dan seterusnya. 

Pada bagian belakang terdapat deskripsi produk, penjelasan singkat varian lotion, komposisi produk dan keterangan produksi. Tanggal kadaluarsa bisa dilihat pada bagian belakang kemasan di bagian paling bawah setelah logo Halal.


review-marina-natural-hand-body-lotion

 INGREDIENTS
Semua varian Marina Natural Hand & Body Lotion mempunyai bahan utama yang hampir sama. Empat bahan teratas yang dipakai dalam produk ini adalah aqua, isopropyl palmitate, glycerin dan stearic acid

Kemudian diikuti oleh mineral oil atau dimethicone atau cetyl/cetearyl alcoholKecuali pada varian avocado yang bahan keduanya adalah petrolatum

Bahan-bahan tersebut urutannya mungkin berbeda antara satu varian dan varian lain tapi semuanya digunakan dan ada di urutan teratas. Kamu bisa lihat safety score dari komposisi masing-masing produk dengan klik nama variannya.

Avocado
Water, Petrolatum, Isopropyl Palmitate, Stearic Acid, Glycerin, Cetyl Alcohol, Tocopheryl Acetate, Persea Gratissima (Avocado) Oil, Olea Europaea (Olive) Oil, Potassium Hydroxide, Myristyl Myristate, Glyceryl Stearate, Dimethicone, Carbomer, Allantoin, Panthenol, Fragrance, Tetrasodium EDTA, Methylparaben, Propylparaben, DMDM Hydantoin, BHT, CI 42090, CI 19140.

Almond
Water, Isopropyl Palmitate, Glycerin, Stearic Acid, Mineral Oil, Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Sweet Almond (Prunus Amygdalus Dulcis) Oil, Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Potassium Hydroxide, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Dicaprylyl Ether, Glyceryl Stearate, Ceteareth-20, Allantoin, Carbomer, Fragrance, Disodium EDTA, DMDM Hydantoin, Methylparaben, Propylparaben, BHT, CI 19140, CI 15985.

Apple
Water, Isopropyl Palmitate, Glycerin, Stearic Acid, Mineral Oil, Dimethicone, Cetearyl Alcohol, Octyl Salicylate, Titanium Dioxide, Tocopheryl Acetate, Pyrus Malus (Apple) Extract, Hibiscus Sabdariffa Flower Extract, Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Potassium Hydroxide, Cetyl Alcohol, Dicaprylyl Ether, Glyceryl Stearate, Ceteareth-20, Carbomer, Disodium EDTA, Fragrance, DMDM Hydantoin, Methylparaben, Propylparaben, BHT, CI 16255, CI 15985, CI 17200.

Honey
Water, Isopropyl Palmitate, Glycerin, Stearic Acid, Mineral Oil, Dimethicone, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Mel (Honey), Tocopheryl Acetate, Talc, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Potassium Hydroxide, Cetyl Alcohol, Dicaprylyl Ether, Myristyl Myristate, Glyceryl Stearate, Ceteareth-20, Allantoin, Carbomer, Fragrance, Disodium EDTA, DMDM Hydantoin, Methylparaben, Propylparaben, BHT, CI 77019, CI 77891, CI 15985, CI 77491.

Oat
Water, Stearic Acid, Glycerin, Isopropyl Palmitate, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Dicaprylyl Ether, Glyceryl Stearate, Sorbitan Caprylate, Avena Sativa (Oat) Kernel Extract, Lactose, Tocopheryl Acetate, Corn Starch, PEG-100 Stearate, Potassium Hydroxide, Carbomer, Xanthan Gum, Titanium Dioxide, Fragrance, Disodium EDTA, Tetrasodium EDTA, DMDM Hydantoin, Methylparaben, Propylparaben, BHT, Cellulose, Hydroxypropyl Methylcellulose, CI 77289, CI 11680.

► Persea gratissima (Avocado) Oil 
Avocado oil mempunyai manfaat sebagai antioksidan serta kandungan berupa Vit. A, D, E, lecithin, Phytosterols dan Omega 9 yang dapat membantu meregenerasi kulit dan melindungi kulit dari penuaan akibat sinar UV dan polusi. 

Bahan ini dikenal sangat baik untuk kulit kering karena fungsi utamanya adalah sebagai skin-conditioning agent yang dapat melembabkan kulit. Pada produk kosmetik dan perawatan kulit avocado oil banyak digunakan pada sabun mandi, eye makeup, lipstik, pembersih wajah maupun perawatan rambut.

► Prunus amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil 
Almond oil mengandung triglyseridan dan beberapa fatty acids (oleic, linoleic, myristic). Berperan sebagai skin conditioning agent yang dapat menghaluskan dan menghindrasi kulit.

► Pyrus malus (Apple) Oil 
Selain sebagai antioksidan, apel juga dikenal punya fungsi sebagai skin conditioning agent yang dapat melembabkan kulit. Buah apel kaya akan Vit. A, B1, B2, C dan E. Kandungan vitamin ini dapat membantu kulit melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

► Mel (Honey) 
Madu punya kandungan antioksidan, asam amino, peptida dan antibakteri. Madu dapat membentuk lapisan pada kulit yang akan membantu menenangkan dan melindungi kulit.

► Avena sativa (Oat) Kernel Extract 
Berfungsi sebagai antioksidan, moisturizer dan soothing agent sehingga dapat meredakan iritasi ringan sekaligus melembabkan kulit.

 WHEN & HOW TO USE
Usapkan ke seluruh tubuh sehabis mandi dan setiap saat diperlukan. Lotion ini bisa dipakai saat pagi, sore maupun malam hari. Aku pribadi selalu re-apply setelah wudhu dan setiap beberapa jam sekali sesuai kebutuhan kulit.

 THE PERFORMANCE
Teksturnya hampir sama kayak produk hand & body lotion lainnya. Dari kelima varian ini terdapat perbedaan tekstur. Varian apel punya tekstur yang paling thick dan lebih creamy. Saat diaplikasikan cenderung lebih susah rata dibandingkan varian lainnya. 


review-marina-natural-hand-body-lotion

review-marina-natural-hand-body-lotion

Semua varian Marina Natural Hand & Body Lotion punya wangi yang cukup tahan lama. Menurutku aroma parfumnya punya ketahanan yang hampir sama, yaitu bisa bertahan hingga 2 jam di suhu ruang. 

Varian Honey dan Avocado punya aroma yang cenderung manis sedangkan varian Almond aromanya cenderung segar. Dua varian lainnya, Oat dan Apple punya aroma yang cenderung kimiawi. 

Aku paling suka aroma dari varian alpukat dan paling nggak suka sama aroma varian apel. Ini juga yang jadi alasan utamaku kenapa varian apel jadi varian yang paling akhir aku beli. Personally karena nggak suka sama aromanya haha. 

Varian Oat punya beads atau butiran Vit. E yang berwarna kehijauan. Butiran ini berukuran kecil dan bisa menyatu dengan cairan lotionnya.


review-marina-natural-hand-body-lotion

Lotion ini cepat menyerap dan nggak meninggalkan rasa lengket di kulit. Efek yang langsung terasa setelah aplikasi ya pasti lembab. Kelembabannya bisa terasa hingga 3 jam di ruangan non-ac. 

Lewat dari 3 jam permukaan kulitku akan jadi lebih kering tapi tetap terasa halus. Biasanya aku akan re-appy supaya kulitku tetap lembab. Personally aku suka kalo kulitku terasa moist dari luar. 

Perbedaannya sebelum dan sesudah pemakaian, biasanya jika kulit digaruk akan muncul garis putih tapi setelah aplikasi (bahkan setelah > 3 jam) garis putihnya nggak muncul lagi. Jika diurutkan, rasa lembab dari varian Apple dan Avocado bisa bertahan lebih lama dibandingkan varian lainnya.

Tekstur (dari yang paling ringan): Honey/Almond/Oat > Avocado > Apple
Kelembaban (dari yang paling lembab): Avocado/Apple > Honey/Almond/Oat
Aroma (dari yang paling enak): Avocado > Honey > Almond > Oat > Apple

 MY THOUGHTS
Menurutku ini produk yang cukup oke apalagi kalo dilihat dari segi harga yang murah meriah. Isi produknya banyak dan tersedia dalam beberapa ukuran. Kelima variannya recommended. Tinggal pilih kamu suka aroma yang mana. 

Kalo suka aroma yang manis bisa pilih varian Avocado atau Honey. Kalo suka yang segar bisa pilih varian Almond. Aku pribadi nggak merekomendasikan varian Oat dan Apple karena aku nggak suka aromanya. Tapi bukan berarti produknya jelek lho. 

Aromanya nggak mempengaruhi fungsi produknya kok. Kamu bisa langsung ke mini/supermarket dekat rumahmu supaya bisa cium aroma dua varian ini. Aku nggak bisa mendeskripsikan aroma kimiawinya seperti apa :’D

Marina Natural Hand & Body Lotion ini nggak menyebutkan klaim berupa bisa mencerahkan kulit. Jadi ya jangan berharap kulitmu bisa cerah dengan pakai produk ini. Tapi kalo kamu butuh everyday body lotion yang bisa bikin kulit lembab, produk Marina yang satu ini bisa jadi pilihanmu. 

Akupun beli produknya dengan harapan yang sama, supaya kulitku tetap lembab. Well, walaupun klaimnya nggak bener-bener terbukti sih karena di kulitku cuma melembabkan selama 3 jam aja. Nevertheless, aku suka produknya dan akan repurchase varian Avocado-nya yang ukuran 350 ml untuk stok ^^

Varian Apple dan Avocado ukuran 200 ml paling sering aku lihat ada di minimarket. Varian dan pilihan ukuran yang produk lengkap biasanya ada di supermarket, coba aja cek ke giant/superindo. Berhubung aku beli produknya di beberapa tempat berbeda, aku jadi tau ternyata harganya bervariasi.

Saranku mendingan beli di supermarket aja karena harganya lebih murah. Harga di indomaret paling mahal dan giant paling murah. Tapi kalo kamu tinggal di Surabaya, beli di Sakinah pasti akan jauh lebih murah hehe.

baca juga: Body Lotion Aishaderm VS Vaseline

UPDATE (09/10/2019)
Aku masih pakai body lotion ini dan sudah repurchased varian Avocado berkali-kali. Resmi masuk ke HG list nih! 😆 Sampai sekarang pendapatku tentang produknya masih sama. Memang kelembabannya nggak bertahan begitu lama tapi buat aku pribadi ini ngak jadi masalah. Toh ya tinggal re-apply aja hehe.


Where to buy? Mini/Supermarket
Price? Rp. 7.000 - 9.500 (200 ml)

45 comments:

  1. Oh.. Ternyata setiap varian itu teksturnya beda-beda ya. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma yang ungu sama pink aja yang beda, tiga varian lainnya sama~

      Delete
  2. walah aku baru tau tentang DMDM memnag perlu belajar ingredients tuh ya :)#kbbvmember

    ReplyDelete
  3. wah lengkap banget penjelasannya, makasih ya referensinya. Aku juga lagi demen ngerawat kulit badan nih hihih #kbbvmember

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah coba lotion marina tapi menarik sama warna kemasannya hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
  5. baru pernah nyobain yang warna pink, penasaran sih pengen nyobain yang orange

    #KBBVmember
    Demia from Kembanggularoom

    ReplyDelete
  6. Lucu-lucu banget ya warna kemasannya kalau digabung gitu jadi lebih kelihatan, kalau fotoin satu doang jadi biasa haha. Marina ini wanginya terlalu strong untukku tapi enak sih sebenarnya haha (galau banget anaknya :D)
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener juga sih. Kalo dipajang semua jadi lebih menarik haha. Kalo aku lebih suka lotion yang super wangi jadi lebih kecium gitu 🤣

      Delete
  7. I really love your review karena detil bgt sampe komposisi bahan pun dibahas. Thanks again. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you 🙏 Supaya tau sebenernya isi produknya apa aja ^^

      Delete
  8. Handbody nya murah ya , aku lgi cri handbody juga karna kulitku cukup kering #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya produk Marina nggak ada yang mahal deh 😂

      Delete
  9. Penasaran sama yang varian avocado. Belum pernah nyobain hand body ada kandungan avocadonya
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personally, lotion yang ada avocadonya selalu jadi favoritku. Lembabnya kerasa banget 😆

      Delete
  10. Lengkap banget reviewnya~ harganya terjangkau banget ya! #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super murah malah. Paling mahal pun cuma 9000-an aja~

      Delete
  11. Waaah banyak banget yaa variannya.. Harganya murmer bisa dpt produk bagus. #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. suer lengkap bangeeeet hihi btw aq blm pernah coba, keknya oke yah #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke banget dicoba apalagi pas dana skincare & bodycare menipis haha

      Delete
  13. Tertarik nyobain yang Avocadonya deh #kbbvmember

    ReplyDelete
  14. uwaaa sampe sekarang aku juga masih suka pake yang ijo kalo dompet lg mepet hehehhe.. tapi meski murah ttep bagus #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. Waduh mantap banget deh reviewnya lengkap dan bagus. Jadi penasaran pengen coba yang varian hijau #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. Saya pakai handbody marina juga Mba. Tapi saya pakai yang warna pink soalnya lebih banyak manfaatnya dan sejauh ini saya suka 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Varian pink juga bisa bikin lembab kulitku, cuma personally kurang suka aromanya hehe 😅

      Delete
  17. Ini nih lotion yg dicari hehe yg ga lengket💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lengket malah jadi nggak nyaman juga kan hehe

      Delete
  18. Terimakasih kak penjelasannya sangat rinci🙏,tapi entah kenapa aku suka wangi yang ungu hehe:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tentang aroma/wanginya sih memang personal ya. Tergantung hidung masing-masing hehehe.

      Delete
  19. Varian marina sebanyak ini ya ternyata. Aku ga begitu perhatian. Padahal biasa aku beli. Tapi yg pas lagi disc aja sih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada banyak mbak. wah iya? biasanya beli varian apa nih? :D

      Delete
  20. Dari semuanya aku baru nyobain yang varian nutri fresh jatuh cinta banget sama aromanya dan lumayan lah buat lembabin tubuh apalagi harganya murah sejagat raya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju soal harganya! murce sekali nggak bakal bikin dompet bolong yak XD

      Delete
  21. hand body kesayangan waktu sekolah nih, aku selalu pake yg warna ijo. Karena wanginya seger dan aku suka warna ijo hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun sampai sekarang masih repurchase yang ijo mbak. wanginya memang enak banget!

      Delete
  22. Ak pakai yg honey, wangi & lembut..sweet��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe samaan dong kita, suka wangi yang manis :D

      Delete
  23. Wih.. Makasih banget kak reviewnya. Aku nyoba body lotion tapi belum ada yang bener" kerasa lembabnya. Aku sekarang lagi pake body lotion marina juga yang uv white hydro cool. Soalnya teksturnya gel gitu jadi cepet nyerap di kulit. Jadi makasih banget kak buat reviewnya. Mungkin aku bakal coba beli yang varian natural������

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES