24 April 2018

Shopping 101: Pengalaman Belanja di Website Sephora Indonesia

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Aku pribadi termasuk orang yang suka dan sering belanja online. Tapi, sering kali aku butuh waktu lama sebelum memutuskan untuk belanja di toko tersebut. Banyak hal yang jadi pertimbanganku karena sistemnya yang online dimana barang nggak bisa aku bawa pulang langsung setelah membayar. 


Beberapa hal diantaranya kecepatan pengiriman, harga dan kualitas customer service. Buat aku, poin-poin tersebut nggak bisa dikesampingkan. 

For the first post, aku akan cerita tentang pengalamanku belanja di website Sephora Indonesia (www.sephora.co,id). Aku yakin kamu sudah pernah dengar tentang website ini. 

Sephora terkenal dengan koleksi produk high end-nya yang selalu update. Aku pribadi tau website mereka dari dulu tapi memang belum pernah melakukan transaksi. Harga produknya bukan dikisaran harga yang bisa aku capai dengan uang bulananku hahaha. 


pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Saat masuk ke halaman home Sephora kamu akan disuguhi berbagai macam promosi dengan diskon yang bervariasi. Produk-produk terbaru yang baru masuk ke rumah mereka juga dipajang di sini. Kalo kamu baru gajian silakan eye-shopping ke Sephora, dijamin ngiler deh. 

Waktu itu aku nggak lagi cari produk tertentu, cuma karena ada waktu luang makanya main ke rumah Sephora. Tapi berhubung make up remover-ku menipis, aku sekalian cari di sana. Kalo ada ya beli, kalo nggak ada ya sudah.

Akhirnya aku beli Sephora Waterproof Eye Makeup Remover dan Laneige Fresh Calming Gel Cleanser. Awalnya sih cuma mau beli Laneige Lip & Eye Remover Waterproof_EX tapi produknya sold out tepat sebelum aku check out. Kayaknya memang belum jodoh buat cobain produk itu. Bahkan sampai sekarang pun barangnya masih belum restock haha ^^;

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Metode Pembayaran
Sephora menawarkan beberapa metode pembayaran yaitu Cash On Delivery (COD), bank transfer via bank Mandiri/BCA, Paypal dan Credit Card (MasterCard/Visa). Aku pilih untuk membayar via Paypal. Mata uang yang digunakan di Sephora adalah Dollar Singapura (SGD). 

Jika uang di akun Paypal bukan dalam SGD maka akan terkonversi otomatis berdasarkan data kurs milik Paypal. Setelah pembayaran selesai kamu akan dapat notifikasi bukti pembayaran ke akun e-mail yang kamu gunakan saat pendaftaran. Atau, bisa juga cek infonya melalui akun Sephoramu di menu “Pemesanan Saya”.

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia
notifikasi e-mail

Pengiriman Paket
Sephora memberikan layanan free shipping untuk semua paket jika total belanjanya minimal 200 ribu. Jika total belanja masih di bawah itu, kamu harus bayar 100 ribu. Ini berlaku untuk pengiriman paket ke seluruh Indonesia. 

Pada form konfirmasi pemesanan tertulis bahwa paket akan dikirim dalam waktu 6-8 hari. Tulisannya sih perkiran tanggal pengiriman, tapi nggak ada detail tanggalnya. Asumsiku paket akan diterima customer dalam rentang waktu tersebut.

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Anyway, selama tanggal 12-27 April ini Sephora ngasih diskon 50 ribu untuk minimal pembelanjaan. Jadi cuma perlu belanja 150 ribu aja supaya dapat gratis ongkir.

Karena aku bayar via Paypal jadi aku nggak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Biasanya sih paket akan dikirim paling cepat 1 x 24 jam setelah konfirmasi pembayaran diterima. 

Aku pikir Sephora akan ngasih tahu saat paketnya sudah dikirim, tapi ternyata nggak. Samasekali nggak ada pemberitahuan/notifikasi ke e-mail. Aku baru tahu kalo paketku sudah dalam perjalanan (which means sudah dikirim) 2 hari setelahnya, di tanggal 4 April 2018.

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Aku juga nggak tau persisnya kapan paketku sampai karena Pak Satpam apartemenku lupa nggak ngasih tau (kalo ada paket buat aku). Aku baru tau paketnya sudah sampai waktu ngecek akun Sephora lagi. Paketnya aku terima di tanggal 6 April 2018. 

Sephora memang nggak ngasih detail nomor resi pengiriman jadi informasi ini harus kamu cari tau sendiri lewat akun Sephora-mu di bagian menu "Pemesanan Saya". Semua proses pemesanan hingga pengiriman selesai dalam waktu 5 hari.

Di halaman "FAQ" Sephora, tertulis bahwa customer bisa menghubungi bagian customer service untuk info mengenai pengiriman paket. Aku sih milih buat nunggu selama (maksimal) 8 hari. 

Jika setelah 8 hari ternyata paketnya belum sampai, aku baru akan tanya ke customer service-nya. Tapi kalo kamu memang pengen tau banget detailnya gimana, ya silakan tanya aja hehe.

Kondisi Paket
Just like my expectation. Paket yang datang dari perusahaan besar dengan reputasi bagus, ya pasti  paketnya rapi. Barangnya dibungkus plastik bubble warna abu-abu dengan print nama “Sephora”. 

Ini ngingetin aku sama paket dari Yes24 dan paket internasional, mirip sih hehe. Produk yang ada di dalamnya juga dilapisi extra bubble, jadi nggak perlu takut bakal pecah atau tumpah.


pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Kondisi Barang Pesanan
Produk yang aku beli nggak bermasalah, semuanya datang dengan kondisi normal dan baik. Oh ya, setiap pembelian produk di Sephora kamu bisa dapat free sample. Aku nggak begitu paham sistem pemberian free sample ini kayak gimana. 

Soalnya aku cuma dapat sample dari set Laneige yang aku beli, yang memang sudah dikasih pihak Laneige-nya. Selain ini aku nggak dapat sample lain. Atau memang ini sample yang dimaskud ya? Hahaha. Aku dapat 2 sample yaitu:

  • Lip Sleeping Mask 3 ml 
  • Basic Care_Moisture Trial Kit @ 15 ml 
pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Baca juga: Sephora Waterproof Eye Makeup Remover Review

Kesimpulan
Aku nggak merasa kesulitan untuk menemukan produk di website Sephora. Navigasi yang tersedia di websitenya juga mudah dioperasikan. Metode pembayaran yang disediakan cukup oke karena bisa melayani COD, walaupun pilihan banknya hanya dua. 

Layanan free shipping-nya juga menarik karena belum banyak beauty online shop yang menyediakan layanan serupa. And talk about the discounts, banyak banget tawarannya. 

Untuk kamu yang baru daftar ke Sephora bisa pakai kode diskon “ONLINE10” supaya dapat potongan harga 10% dari total belanja. Aku juga pakai kode yang sama, lumayan kan hemat 10% hehehe.

Overall, aku cukup puas dengan pelayanan yang mereka berikan, walaupun nggak termasuk best service versiku. Mengenai layanan customer service-nya aku nggak bisa komentar karena belum pernah menghubungi mereka. 

Aku ini tipe customer yang nggak akan tanya apapun ke CS selama belum ada masalah haha. Well, still, if they provide the tracking number for every parcel and told us (customers) and notified us when our packages are on its way via e-mail, it would be really really good

Aku masih akan belanja lagi di Sephora, kalo lagi punya uang pastinya :-p

pengalaman-belanja-di-sephora-indonesia

Kamu sudah pernah belanja di Sephora Indonesia? Ceritakan yuk, aku juga pengen tau pengalamanmu :-)

6 comments:

  1. kaa mau tanyaa? aku kan order juga online cuma 1 jam blm ada konfirmasi dr email tentang pembayaran ku gimana ya?? waktu kaka cepet ga nunggu konfirmasinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu cepet sih, tapi aku bayar pakai paypal bukan pakai transfer bank. Kamu bayar via apa? Kalo di e-mail nggak ada coba cari di menu "pemesanan saya" :)

      Delete
  2. Kak kmrn aku pesan dan barang di sephora tgl18 Oktober dan udah aku transfer
    Status barang sampai sekarang masih packing order
    Dlu kakak pesan di area jabodetabek atau luar jabodetabek?

    ReplyDelete
  3. ka berarti kt gbs liat nomer resi dong buat ngelacak orderan kita

    ReplyDelete
  4. haii. aku sampai di blog ini karena penasaran sama fitur tracking order dari belanja online sephora. ini kali kedua aku belanja online di sephora dan ternyata masih belum ada update apa-apa mengenai pelacakan paket kita. huhu. sebenernya sebel aja sih karena biasa belanja online dan terbiasa memantau paket kita sudah sampai di mana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES