14 June 2021

True to Skin Review: Bakuchiol Serum, Niacinamide Serum, dan Hyaluronic Acid Serum

review-truetoskin-serum-all-variant

Review True to Skin Serum

Serum dari brand lokal baru ini terbilang cukup hype ya. Aku yakin kamu pernah lihat produk ini seliweran di timeline twitter dan instagram. Soalnya di kalangan skincare reviewer sendiri pun buanyaak yang dapat PR package True to Skin (TTS). Jadi jangan heran kalo review-nya bejibun di media sosial hahaha.

Aku juga termasuk salah satu yang dikasih produk TTS lengkap pas awal launching dulu (thank you so much!). Senangnya lagi, tim TTS nggak minta buru-buru jadi aku bisa cobain serumnya satu per satu dengan santai.

Setelah dicoba, Alhamdullilah, ternyata cocok semua. Aku merasakan serumnya ngasih efek positif yang bikin kulitku terlihat makin sehat.

baca juga: Dermaluz Lucem Smoothes Power Serum

review-truetoskin-serum-all-variant

FYI, aku pakai mereka mulai bulan Januari hingga awal April 2021. Pemakaian tunggal tanpa digabung serum apapun di dua minggu pertama, lalu coba dikombinasikan (Hyaluronic Acid + Bakuchiol/Hyaluronic Acid + Niacinamide) mulai minggu ke-7 hingga semua serumnya habis.

True to Skin Bakuchiol Serum, Niacinamide Serum, dan Hyaluronic Acid Serum, punya formula tanpa alkohol dan bebas fragrance. Jadi super rekomen buat kalian yang hidungnya sensitif sama bau-bauan di skincare. Ketiga serum TTS ini nyaman kok di hidung. Nggak bikin eneg atau pusing.

True To Skin Hyaluronic Acid Hydrating Serum

Hyaluronic acid (HA) termasuk ingredient yang basic dan pasti dibutuhin semua jenis kulit. Fungsi utamanya sebagai humectant bisa membantu memberi hidrasi dan melembapkan kulit.

review-truetoskin-hyaluronic-acid-hydrating-serum

Aku pribadi sebagai pemilik kulit kering familiar banget sama yang namanya HA. Bahkan, selama empat bulan terkahir serum HA nggak pernah absen dari skincare routine-ku karena memang sebutuh itu.

TTS Hyaluronic Acid Hydrating Serum mengandung 1% hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit, vitamin B5 untuk menenangkan dan menghaluskan kulit, serta allantoin yang membantu memperbaiki tekstur kulit.

review-truetoskin-hyaluronic-acid-hydrating-serum

Teksturnya light-gel bening yang gampang diratakan. Rasanya memang agak lengket, sih. Walau begitu dia bisa meresap dengan baik.

Efeknya bisa melembapkan kulitku yang kering, bikin tampilan kulit terlihat plump, dan bantu sedikit soothing juga saat dipakai setelah eksfoliasi.

Well, walau dia lengket, tapi nggak berasa berat sih di muka. Ya lembap, tapi bukan yang bikin kulitku jadi gerah juga. Tetep nyaman kok.

Menurutku ini serum yang nggak pernah salah karena cocok buat dipakai kapan aja dan bisa di-layer sama produk apa saja.

review-truetoskin-hyaluronic-acid-hydrating-serum

Ingredients:

Aqua, Pentylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Panthenol, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Disodium EDTA.

Nah, serum inilah yang jadi base untuk layering saat digunakan bersama kedua serum lainnya. Mau dipakai di layer pertama atau setelahnya, nggak ada masalah. Di aku sih rasanya sama aja. Sama-sama nyaman.

Truetoskin Bakuchiol Anti-Aging Serum

Bakuchiol bisa jadi alternatif untuk orang-orang yang belum berani pakai retinol. Kenapa? Soalnya bakuchiol punya manfaat yang mirip dengan retinol. 

Tapi lebih mild sehingga relatif minim iritasi dan nggak harsh di kulit, terutama kulit yang sensitif. Bahkan, dikategorikan sebagai bahan yang cukup safe untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui lho.

review-truetoskin-bakuchiol-anti-aging-serum

Manfaat bakuchiol apa aja sih? Bakuchiol dikenal sebagai agen antioksidan yang dapat berperan dalam anti-aging sehingga dapat menunda tanda-tanda penuaan dini.

Bakuchiol dapat menjaga elastisitas kulit sambil mengurangi hiperpigmentasi, kerutan dan garis halus pada kulit. Tuh, oke banget kan?

Kandungannya apa aja? Selain 1% bakuchiol yang dapat menstimulasi produksi kolagen, serum ini juga mengandung 2% PHA sebagai gentle exfoliator, dan probiotic yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

review-truetoskin-bakuchiol-anti-aging-serum

Ingredients:

Aqua, Methyl Propanediol, Butylene Glycol, PPG-13-Decyltetradeceth-24, PEG/PPG/Polybutylene Gycol-B/5/3 Glycerin, Lactobionic Acid, Polysorbate 20, Bakuchiol, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Allantoin, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Canavalia Gladiata Seed Extract, Glycine Soja Seed Extract, Lens Esculenta (Lentil) Seed Extract, Ceratonia Siliqua Seed Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Lactobacillus Ferment Lysate Filtrate, Glycerin, 1,2-hexanediol, Daucus Carota Extract, Hibiscus Sabdariffa Extract.

review-truetoskin-bakuchiol-anti-aging-serum

Jika dibandingkan dengan serum lainnya, varian Bakuchiol punya aroma yang paling kuat. Walau begitu, aromanya masih termasuk soft buatku dan hanya tercium samar.

Aku suka teksturnya yang ringan dan cepat meresap. Sama sekali nggak ada rasa lengket. Hidrasinya pun cukup. Aku suka juga efeknya yang langsung bikin kulitku lebih kenyal. Oh ya, serum ini bisa dipakai saat pagi dan malam.

baca juga: ERTO's Eye Bag & Dark Circle Serum

review-truetoskin-bakuchiol-anti-aging-serum

Kebetulan pas lagi coba ini tuh di kulitku lagi ada jerawat. Senang banget ternyata serum ini nggak bikin jerawatku makin meradang, tapi malah sebaliknya.

TTS Bakuchiol Anti-Aging Serum ini justru bikin jerawatku jadi lebih cepet matang. Bahkan, jerawatnya kempes hanya dalam dua hari aja!!

review-truetoskin-bakuchiol-anti-aging-serum

Pantas sih, soalnya ternyata bakuchiol juga bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga bisa bantu meredakan jerawat. Setelah dipakai dua minggu kondisinya sudah kembali rata dengan kulit sekitarnya dan cuma sisa bekasnya doang hehe.

Aku nggak melihat dia memperbaiki kerutan pada kulitku, tapi ya efek kenyalnya memang ada. Di sisi lain, nggak muncul iritasi, rasa tingling, atau purging sih. Amaaan.

True To Skin Niacinamide Brightening Serum

Niacinamide ini terkenal banget sebagai superstar ingredient yang punya banyak manfaat dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Selain untuk mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit, niacinamide juga bisa mengurangi inflamasi, redness, dan meredakan jerawat.

review-truetoskin-niacinamide-brightening-serum

Sebagai pemilik kulit yang punya banyak bekas jerawat, produk berbahan niacinamide ini penyelamat banget! Menurut pengalamanku, produk dengan persentase niacinamide minimal 5% efektif membantu memudarkan noda hitam bekas jerawatku dan bikin warna kulitku jadi rata lagi.

Niacinamide berfungsi untuk mencerahkan kulit kusam, allantoin untuk memperbaiki tekstur kulit, dan zinc untuk mengontrol produksi sebum.

review-truetoskin-niacinamide-brightening-serum

Nah, kalo serum ini punya kandungan 10% niacinamide dan 1% zinc yang diklaim bisa memudarkan flek hitam, mengurangi kemerahan, dan mencerahkan kulit.

baca juga: Ominiskin Watermelon Glow Serum

Ingredients:

Aqua, Niacinamide, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Zinc PCA, Hydroxyethyl Cellulose, Allantoin, Disodium EDTA, Phenoxyethanol.

Teksturnya light gel bening yang terasa sedikit lengket, tapi cepat meresap dan cukup melembapkan. Dilihat sekilas, teksturnya mirip sama TTS HA Serum, tapi Niacinamide Serum ini sebenernya lebih encer.

review-truetoskin-niacinamide-brightening-serum

Serum niacinamide yang prosentasenya tinggi biasanya terasa lengket dan kadang pilling, tapi syukurlah serum ini nggak gitu. Lengketnya masih bisa ditoleransi.

Memang agak lengket di awal, tapi setelah ditap-tap dan meresap, rasa lengketnya hilang. Setelahnya berasa banget kulit jadi lebih lembap.

review-truetoskin-niacinamide-brightening-serum

Dengan pemakaian TTS Niacinamide Brightening Serum yang rutin, aku lihat ada beberapa noda bekas jerawatku yang memudar dan tekstur kulitnya jadi lebih halus.

Nah, kalo balik ke pertanyaan di awal, serum mana yang lebih bagus? Semuanya bagus hahaha.

review-truetoskin-serum-all-variant-mana-yang-lebih-bagus

Aku merekomendasikan kalian untuk coba semuanya, tapi kalo budget-nya hanya cukup untuk beli salah satu aja, menurutku Bakuchiol Serum bisa dicoba lebih dulu.

Bener deh, serum True to Skin ini pilihan serum lokal dengan harga terjangkau dan efektivitas yang oke. Kalo ada kesempatan, kalian harus coba juga~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES