11 September 2020

Mineral Botanica Buttery Facial Foam Review

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin

 Mineral Botanica Buttery Facial Foam

Awal tahun ini aku ambis banget buat coba face wash lokal. Pengennya coba produk sebanyak mungkin biar bisa bikin recommendation list. Mauku yang tanpa sulfat dan pH-nya harus rendah. Tapi jujur aja susah susah gampang ya sis cari face wash yang begitu XD

Nah, ceritanya setelah pencarian ke sana ke mari, nemulah sabun muka buatan Mineral Botanica ini. Waktu beli dia baru rilis jadi infonya masih terbatas, termasuk soal komposisi produknya.

Berdasarkan info Mineral Botanica produk ini tanpa sls/sles makanya aku tetap putuskan untuk beli. Yaa memenuhi syarat lah, produknya lokal dan tanpa sulfat. Kalo soal pH kan harus dicek sendiri setelah dibeli nanti.

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin

Ini merupakan sabun pembersih wajah dengan key ingredients:

  • sodium hyaluronate 
  • betaine

Yang diklaim dapat membersihkan kulit sambil menjaga kandungan air dalam kulit sehingga kulit tetap lembap.

Well, iya memang sodium hyaluronate dan betaine dikenal sebagai humectant yang tugasnya adalah menarik air ke dalam kulit.

Mineral Botanica Buttery Facial Foam INGREDIENTS:

Aqua, Palmitic Acid, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, PEG-8, Betaine Anhydrous, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Trehalose, Glyceryl  Stearate, PEG-100 Stearate, Glycerin, Lauryl Betaine, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Sodium Hyaluronate, Polyquaternium-7, Fragrance, Potassium Sorbate, Disodium EDTA, Sodium Benzoate, Ethylhexylglycerin, Hydrolyzed Royal Jelly Protein.

Biasanya face wash yang mengandung fatty acid begini pH-nya cenderung tinggi dan bener aja.. haha. Setelah aku cek pH-nya ada di angka 8.

baca juga: Khalisa Lightening Facial Wash

Aku sih nggak begitu mempermasalahkan pH sabun selama dia nggak bikin kulit kering atau ketarik. Soalnya pH face wash yang tinggi masih bisa diseimbangkan dengan pemakaian hydrating toner yang pH-nya balance.

Jadi mari lihat dulu performanya gimana ^^;;;

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskinreview-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin

Tube-nya dari plastik doff dan lentur – gampang dipencet. Tutup flip top-nya rapat dan nggak gampang tumpah/terbuka. Btw, memang nggak ada kardusnya. Cuma dibungkus vacuum plastic aja.

Keterangan expired date, nomor BPOM, dan batch ada di bagian belakang. Isinya 100 gram dengan PAO 12 bulan. Produknya not tested on animals.

Aku agak kaget setelah lihat tekstur produknya. Karena ternyata berbanding terbalik dengan deskripsi produk yang tertera di label dan website resmi Mineral Botanica.

Kata mereka teksturnya kental dan lembut, tapi yang aku dapati malah teksturnya agak cair (di awal). Nah, setelah sabunnya hampir habis, barulah tekstur aslinya kelihatan.

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin

Apa produknya salah penyimpanan selama di gudang seller-nya ya? Aku nggak beli ini dari toko resmi MiCa, tapi dari seller di shopee (aku sudah biasa belanja di seller ini btw).

baca juga: Rekomendasi Toko Kosmetik Lokal di Shopee

Terlepas dari teksturnya itu, performanya dalam membersihkan kotoran tetap baik layaknya face wash pada umumnya. Lebih jelasnya baca di bawah ya.

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin
ini detail tekstur aslinya

Wanginya bisa dibilang cukup kuat dengan tambahan fragrance di dalamnya. Ini tipikal wangi yang segar bunga. Menurutku mirip wanginya sampo haha.

Busanya melimpah, terasa lembut saat nyentuh kulit, dan sekaligus gampang dibersihkan tanpa nyisain rasa licin di kulit. Aku suka karena nggak perlu pakai bubble maker buat dapetin busa yang banyak. Pakai tangan aja bisa kok.

review-mineral-botanica-buttery-facial-foam-southskin

Sayangnya ternyata masih bikin kulitku ketarik di beberapa bagian, terutama di area pipi atas (sad L). Jadi habis dibilas mesti buru-buru apply hydrating toner.

baca juga: HALE Stay Toned

Yang artinya, klaim lembap dari sabun ini nggak terbukti di kulitku. Tight feeling setelah membilas sabunnya itu menurutku terasa kurang nyaman.

Berdasarkan apa yang rasakan, aku pribadi kurang menyarankan facial wash ini untuk digunakan pemilik kulit kering. Tapi produknya mungkin akan perform lebih baik dan terasa lebih nyaman di kulit berminyak atau kombinasi.

Di sisi lain, saat digunakan sebagai cleanser tunggal cleansing power-nya cukup oke. Bisa digunakan untuk membersihkan basic makeup seperti cushion, bedak padat, blush, dan pensil alis.

Still, aku lebih menyarankan untuk double cleansing ya. Segala makeup yang dibersihkan dengan first cleanser berbasis oil terlebih dulu pasti hasilnya lebih bersih, dibanding langsung dibersihkan dengan facial wash kayak gini.

baca juga: Aromatica Orange Cleansing Sherbet

Kesimpulannya, aku nggak akan beli sabun ini lagi. Alasan utama karena dia bikin kulitku terasa kering dan itu sama sekali nggak nyaman, sekalipun aku suka busanya yang banyak itu.

Eh, tapi aku belum kapok buat coba second cleanser lokal lain kok haha. Ada saran aku coba produk apa setelah ini?

Where to buy? Mineral Botanica Official Market Place
Price? Rp. 45900

1 comment:

  1. Wowww. Busanya sebanyak itu kak? Entah kenapa suka sih sama cleanser yg busanya banyak. Berasa bersih aja gitu 😂 sayang bgt efeknya jadi kaya kerinh di kulit ya kak? Mungkin lebih cocok untuk yg oily ya kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES