09 April 2019

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ Review

review-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Selama lebih dari empat tahun aku setia sama sunscreen lokal dari Wardah. Saking setianya sampai nggak mau ganti ke brand lain haha. Tapi karena hidup ini cuma sekali, rasanya sayang kalo nggak coba-coba banyak brand sunscreen. Betul? :-p


Nah, sejak pertengahan tahun 2018 aku mulai eksplor ke produk sunscreen lainnya. Walaupun tetep, selalu sedia Wardah Sunscreen Gel sebagai cadangan ahaha. Aku nggak cuma coba brand lokal dan korea aja tapi juga brand jepang kayak Skin Aqua ini.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Lokal

Alasan utama kenapa aku tertarik beli karena formulanya yang water based. Perkiraanku formula kayak ini akan terasa ringan. Klaimnya pun bilang hal yang sama, mudah meresap, nggak lengket dan ringan di kulit.

Pada deskripsinya tertulis bahwa Skin Aqua UV Moisture Milk dapat melembabkan, mencerahkan sekaligus memberikan perlindungan ganda terhadap UV-A dan UV-B. Diformulasikan untuk kulit orang Asia serta dibuat tanpa tambahan pewarna dan pewangi. Ada kandungan Improved Hylaluronic Acid (AcHA) yang dapat memberikan kelembaban dan kelembutan ekstra pada kulit, Collagen untuk menjaga elastisitas kulit serta Vitamin B5 dan E untuk menutrisi kulit.


packaging-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Sunscreen ini punya SPF 50+ yang diklaim dapat melindungi 51 kali lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibandingkan kulit tanpa perlindungan. Selain itu juga ada PA+++ untuk melindungi dari sinar UV-A yang dapat menyebabkan timbulnya kerutan halus, bintik hitam dan penggelapan warna kulit.

INGREDIENTS:
Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Silica, Dimethicone, Triethoxysilylethyl Polydimethylsiloxyethyl Hexyl Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Isononyl Isononanoate, Polymethylsilsesquioxane, Butylene Glycol, Diethylaminohydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Acrylates/Dimethicone Copolymer, Glycerin, Lauroyl Lysine. Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate (AcHA), Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydrolyzed Collagen.


ingredients-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

packaging-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Produknya dikemas dalam botol yang dilengkapi kardus. Botolnya dari plastik dengan tutup ulir. Mulut botolnya agak runcing dengan lubang yang cenderung kecil. Diameter lubangnya ini sesuai dengan bentuk produk yang memang cair. Jadi lebih mudah dikontrol sehingga sewaktu dituang nggak akan kebanyakan.


mulut-botol-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Teksturnya watery tapi nggak secair air. Ini jadi kali pertama aku coba sunscreen yang cair begini. Menarik, sih. Soalnya tekstur Skin Aqua UV Moisture Milk ini bertolak belakang sama semua sunscreen lokal yang pernah aku coba sebelumnya. Cairannya warna putih susu dan nggak wangi. Memang nggak ada tambahan fragrance tapi aromanya sedikit manis.

Baca Juga: Mamonde Every Day Sun Stick SPF50+

Cara pakainya di step paling akhir dari skincare. Step yang aku lakukan biasanya, cleansing > toner/essence > moisturizer > Skin Aqua Sunscreen. Jangan lupa dikocok dulu sebelum dituang. Aku pakai sebanyak 6 ruas jari. Re-apply setiap kali kena air atau kalo rajin, setiap 2 jam sekali. Well.. seringnya sih nggak rajin wahaha.

Aku kira sunscreen ini akan nimbulin whitecast parah karena ada ada Zinc Oxide di dalamnya. Ternyata nggak sama sekali. Warna awalnya memang putih tapi setelah rata akan nyatu sama warna kulit.  Dia ini gampang banget diratakan. Apalagi karena teksturnya yang cair jadi effortless banget ngeratainnya.

tekstur-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Zinc Oxide ini adalah inorganic sunscreen yang dapat melindungi kulit dari UV-A dan UV-B serta bersifat stabil dan non-irritating. Biasanya akan meninggalkan whitecast yang mengganggu. Contohnya kayak Miss You A Latte SunscreenWell in case di produk ini ternyata nggak begitu.

Selain Zinc Oxide ada beberapa sunscreen agents lain yaitu Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate. Beda dengan Zinc Oxide yang inorganic, keduanya ini termasuk organic sunscreen.

Ethylhexyl Methoxycinnamate atau Octinoxate berfungsi untuk melindungi kulit dari UV-B. Sedangkan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate dikenal juga dengan nama DHHB atau Uvinul A Plus berfungsi untuk melindungi kulit dari UV-A.

Setelah aplikasi kulit akan kelihatan glossy bahkan cenderung oily. Aku ngerasa kayak ada oily film di atas permukaan kulitku. After few minutes lapisan sunscreen-nya akan menyatu dan nempel di kulit. Finish akhirnya matte, rasanya nggak lengket dan ringan banget!

Walau finish-nya matte tapi nggak bikin kulit kering (I have dry skin btw). Mungkin karena di dalamnya ada kandungan humectant dan emollient jadi tetap lembab. Salah satu kandungan humectant yang diunggulkan adalah AcHA yang merupakan modifikasi dari Hyaluronic Acid (HA) sehingga bisa melembabkan kulit lebih baik dari HA biasa. Cuma sayangnya posisinya nggak begitu strategis. Si AcHA ini adala di posisi buntut.

Dibandingkan dengan AcHA justeru beberapa emollient-nya ada di posisi lebih tinggi. Seperti Cyclopentasiloxane dan Dimethicone yang masing-masing ada di urutan ke-2 dan ke-5. Keduanya termasuk silikon yang bisa kasih efek plump sementara dan bikin kulit terasa lebih halus.


aplikasi-skin-aqua-uv-moisture-milk-spf-50

Selama pemakaian aku pernah kombinasikan sunscreen ini dengan dua jenis pelembab berbeda, gel dan cream moisturizer. Hasilnya nggak beda jauh, sih. Setelah 5 jam pertama bagian pipi dalam mulai kelihatan sedikit glowy tapi nggak bikin muka berminyak.

Buat yang pertama kali coba sunscreen Skin Aqua, aku suka performanya. Pertama karena dia nggak bikin kulitku kering walau matte. Kedua, gampang diratakan dan ringan. Ketiga, no whitecast! Nanti aku mau coba varian sunscreen lainnya hehe. Kalo kamu punya rekomendasi varian mana yang harus aku coba, feel free to comment down below!


Rating: ★★★

Where to buy? Drug Store / Supermarket / Market Place
Price? Rp. 41.000

33 comments:

  1. Aku dulu banget skin aqua masuk indo aku cobain, tp waktu itu masih bego. Kirain sunscreen gt bisa bikin wajah putih kek orang2 korea, ternyata g ada hasil di aku. Wkwkwkwk. Skg udah pinteran dikit lah, klo sunscreen beda dengan serum. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha dulu aku juga punya pikiran gitu. yang penting sekarang sudah tau fungsinya kan XD

      Delete
  2. Aku pernah pakai sunscreen ini sekitar tahun 2016 sampai 2017-an ganti2 dari semua varian skin aqua, tapi aku ngerasa yg spf 50 ini yg paling enteng. Sayangnya seiring berjalannya waktu malah sunscreen ini bikin muncul jerawat kecil2, sedih huhu.. Jadi ingin coba pakai lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kondisi kulit bisa berubah sih dan mungkin kondisi itu yang bikin sebuah produk jadi nggak cocok lagi..

      Delete
  3. bener nih gak lengket? aku dulu pernah coba sunscreen spf 50 juga tapi lengket dan berat banget malah bikin skintoneku naik 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya sunscreen spf tinggi agak lengket, tapi yang ini nggak.

      Delete
  4. Ya ampun bolak balik liat produknya di toko, di review orang, tapi sampe sekarang aku belum pernah cobain sunscreen dari Skin Aqua :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk cobain din. ringan banget jadi mungkin yang combi/oily juga bisa suka :D

      Delete
  5. Pas banget aku juga lagi ekslpore sunscreen dan belum coba skin aqua ini. Jadi makin pengen cobain deh apalagi ini katanya ringan dikulit.

    ReplyDelete
  6. Aku juga lagi cari sunscreen yg waterbased dan aku baru coba yang biore, tp ku merasa lama2 kok agak jebol kantong ya, btw klo ini dibanding sm biore gimana? Udh pernah coba blm ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah coba yang tube biru dan aku kurang cocok :(

      Delete
  7. Sunscreen kecintaan aku nih, suka sama formula dan hasilnya. Gk bikin jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka sama formulanya! pernah nyoba yang lain juga?

      Delete
  8. Sunscreen kecintaan sejuta umat ini, termasuk aku 😄 udah murah, kualitasnya jg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan? murah dan gampang dicari juga solanya sudah masuk ke supermarket dan drug store :D

      Delete
  9. baru aja kemarin aku beli ini, belum ngerasain bener sih kayak apa. tapi cocok diakuuu. cucok banget, harga murah soalnya

    ReplyDelete
  10. Aku pakai juga Skin Aqua tapi yang pink. Kalau gak salah spf nya 25. Memang ini tuh cocok banget buat kulit kering. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted! nanti aku mau coba juga yang itu 😆

      Delete
  11. Aku dulu jga suka banget pake ini pas jaman kuliah... Ringan banget dia... Tapi setelah nikah, nih produk susah di cari di tempat tinggalku yg skrg... Alhasil aku pake wardah deh... Samaan jdinya kita... Haha

    ReplyDelete
  12. Chaaa liat performanya selama 5 jam beneran gak mengkilap banget ya, ada tapi jatohnya glowing bukan kilang minyak. Aku kira ini bakal berat dan nimbulin white cast. Ternyata ngeblend sama kulit ya.

    ReplyDelete
  13. selama ini cuma pake sunscreen lokal wkwk sebenernya pengen banget cobain tapi entah kenapa males banget belinya:D

    ReplyDelete
  14. Ini sunscreen pertama yang bikin aku jatuh cinta juga karena ga lengket sama sekali, toss dulu bebbb 😚

    ReplyDelete
  15. Belom kesampean nyoba sunblock ini, jd penasaran pgn coba sendiri

    ReplyDelete
  16. Aku penasaran pengen nyoba yang moisture gelnya. Yg buat kulit berminyak 😁

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah coba produk ini , tapi pingin banget coba cuma teksturnya ini agak cair kn ya ?

    ReplyDelete
  18. Ini favoritkuuu 💙💙💙 ntah udah berapa kali repurchase hehehe, aku malah blm pernah coba yg wardah, jadi penasaran

    ReplyDelete
  19. dulu pernah ganti inii dan sempet bolak balik juga. di aku agak white cast dan parah banget berminyaknya dibanding merk jepang yg ntu. hikss :< tapi emang skin aqua murah siihh

    ReplyDelete
  20. aku juga pake ini beb, emang bagus banget dan dari awal menemukan ini sampe sekarang aku masih pakee :D

    ReplyDelete
  21. aku malah takut lagi nih mau coba skin aqua, dulu sempet ga cocok soalnya huhy

    ReplyDelete
  22. aku lg pake Parasol, kemasannya lucu dan juga watery kaya ini. Tapi enakan mana ya kak Parasol sama Skin Aqua? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah coba parasol jadi kurang tau :D

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES