25 February 2019

Ozora Brightening Treatment Essence & Vitamin C Serum Review

review-ozora-brightening-treatment-essence-vitamin-c-serum

Review di southskin ini banyak yang dari local brand karena aku memang suka cobain produk lokal. Nah, awal bulan ini aku baru kenalan dengan skincare lokal namanya Ozora Skincare. Aku exited banget waktu tau mereka punya serum dan essence untuk mencerahkan kulit.


Apa kamu masih merasa asing dengan nama brand ini? Ozora Skincare adalah brand lokal asal Yogyakarta yang produknya dibuat oleh CV Niosin Indonesia. Produknya sudah terdaftar di BPOM. Rangkaian produknya banyak, mulai basic skincare berupa cleansing foam, day cream, night cream hingga special care berupa essence dan serum. Pada blogpost ini aku hanya akan mengulas essence dan serum aja. 

-
disclosure:
produk ini dikirimkan oleh brand untuk dicoba dan diulas. however, ulasan yang tertulis di sini adalah murni pendapat saya pribadi.

-



Aku pakai dua produk ini bersamaan. Essence-nya bermanfaat untuk memberi tambahan nutrisi pada kulit dan membuat kulti tampak lebih cerah. Serumnya bermanfaat untuk untuk menstimulasi kolagen sekeligus antioksidan yang mampu mengurangi kerutan dan membuat wajah lebih cerah. Kedua produk ini diformulasikan tanpa alkohol, tanpa fragrance dan tanpa pewarna. Kalo kamu termasuk yang concern dengan skincare dengan 3 bahan tersebut, produk dari Ozora ini tentu bisa jadi pilihanmu.

Produknya dikemas dalam box dengan desain daun-daunan. Pada salah satu sisi box terdapat segel hologram dengan tulisan NOSIN. Pastikan kamu menerima produk yang segelnya masih utuh, ya.

box-ozora-brightening-treatment-essence-vitamin-c-serum

Petunjuk cara pemakaian keduanya sama, yaitu dengan mengaplikasikan ke wajah dan leher yang telah dibersihkan setiap pagi dan malam. Aku pribadi punya urutan tersendiri untuk mengaplikasikan produknya. Step-nya, cleansing > Essence > Serum > moisturizer > sunscreen (khusus pagi) atau sleepingmask (khusus malam). Kenapa serum dipakai lebih dulu dari essence? Alasannya aku bahas dibawah. Kalo kamu punya urutan yang beda nggak masalah kok, suka-suka kamu aja.

Ozora Brightening Treatment Essence - Rp. 115.000

Essence-nya dikemas dalam botol kaca tebal yang transparan. Tutupnya berbentuk pump yang dilengkapi cap transparan yang terbuat dari plastik. Bentuk botol yang seperti ini membuat produknya terkesan eksklusif dan terlihat mahal. Tapi sayangnya, stiker di badan botol nggak menempel dengan baik dan terkesan seperti buru-buru dikemas. Kayak ditempel asal-asalan begitu lho. Seandainya nempelnya lebih rapi, pasti akan terlihat lebih bagus.

packaging-ozora-brightening-treatment-essence
pump-ozora-brightening-treatment-essence

Botolnya dari kaca tapi nggak begitu berat, sih. Cap-nya sangat rapat tapi sekaligus mudah dibuka-tutup. Pump-nya juga mudah ditekan dan bisa berfungsi dengan baik. Secara keseluruhan packaging-nya nggak ada masalah, tapi aku pribadi lebih suka produk yang dikemas dengan bahan plastik dibanding kaca seperti ini. Selain karena lebih ringan pastinya juga nggak rawan pecah sehingga penyimpanannya lebih mudah.

Aqua, Sodium PCA, Methylsilanol Ascorbate, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Citric Acid, Tetrasodium EDTA, Diazolidinyl Urea, DMDM Hydantoin.

ingredients-ozora-brightening-treatment-essence

Setiap botolnya berisi 35 ml essence dan setelah aku pakai 2 minggu masih tersisa 2/3-nya. Essence-nya cair berwarna sedikit kekuningan. Teksturnya sedikit kental dengan aroma manis. Menurutku aromanya mirip sirup jeruk. Aromanya nggak menyengat sih, tapi aku kurang suka haha. Aku pakai 3 pump setiap aplikasi. Essence-nya gampang meresap walau agak lengket. Setelah kering, permukaan jadi lebih halus. Lembabnya kerasa banget dan kulit jadi lebih kenyal.

texture-ozora-brightening-treatment-essence

Rasa lembab itu mungkin disebabkan karena adanya kandungan Sodium PCA, Butylene Glycol dan Propylene Glycol yang berfungsi sebagai humectant. Secara umum, humectant berfungsi untuk mengikat air dalam kulit sehingga kulit tetap terhidrasi. Sodium PCA adalah bentuk sodium/garam dari Pyrrolidone Carboxylic Acid (PCA). Mungkin masih jarang terdengar, tapi PCA ini termasuk dalam skin-identical ingredient yang secara alami juga dapat ditemukan dalam tubuh.

Ozora Vitamin C Serum - Rp. 125.000

Sama seperti essence-nya, serumnya juga dikemas dalam botol yang terbuat dari kaca. Bedanya kacanya berwarna hijau. Tutupnya berbentuk pipet berwarna putih. Kalo dibandingkan dengan botol essence, botol serum ini jeuh lebih ringan. Tapi berhubung keduanya dari kaca, tetap harus disimpan baik-baik di tempat yang aman.

packaging-ozora-vitamin-c-serum
pipet-ozora-vitamin-c-serum


Aqua, Methylsilanol Ascorbate, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Propylene Glycol, Citric Acid, Diazolidinyl Urea, Xanthan Gum, DMDM Hydantoin, Tetrasodium EDTA, Sodium Hyaluronate.

ingredients-ozora-vitamin-c-serum

Isi serumnya hanya 20 ml. Setelah aku pakai 2 minggu masih tersisa setengahnya. Serumnya watery dan bewarna agak keruh. Aromanya sama kayak essence-nya :’) Teksturnya lebih cair makanya aku pakai serumnya lebih dulu. Karena teksturnya yang lebih cair ini juga, serumnya terasa lebih ringan dan lebih cepat meresap. Aku pakai 3 drops setiap aplikasi. Hasil yang langsung terlihat kulitku jadi lebih plump.

texture-ozora-vitamin-c-serum

Dilihat dari top 5 ingredients-nya kayaknya nggak jauh beda dengan essence-nya, ya? Perbedaanya hanya di adanya Cyclopentasiloxane dan hilangnya Sodium PCA. Cyclopentasiloxane ini adalah salah satu jenis silikon (volatile silicone) yang fungsinya sebagai emollient sekaligus pelarut. Adanya tambahan bahan ini akan membuat kamu merasakan silky and smooth feeling saat menyentuh kulit. Aku pun merasakan hal yang sama waktu pegang wajahku hehe.

Meskipun produk ini mengandung vitamin c dalam konsentrasi 10% di kulitku nggak nimbulin tingling sensation. Rasanya biasa aja. Selama 2 minggu pemakaian nggak ada reaksi purging juga. Vitamin C yang stabil seperti ini bisa disimpan di suhu ruang karena cenderung tidak mudah teroksidasi. Aku pernah tanya tentang cara penyimpannya ke Ozora dan mereka ngasih jawaban yang sama. Selama ini aku simpan di kamar dan kondisinya baik-baik aja. Nggak ada perubahan warna, tekstur maupun aroma. Jangan lupa, walau disimpan di suhu ruang tapi tempatnya harus kering dan terhindar dari sinar matahari yaa.

Final Thoughts
Eh, kamu sadar nggak kalo di komposisinya nggak tercantum Paraben? Iya, Ozora nggak menggunakan Paraben untuk mengawetkan produknya. Mereka menggunakan Diazolidynil Urea dan DMDM Hydantoin. Kedua bahan ini punya fungsi utama yang sama seperti Paraben yang menjaga kondisi produk supaya nggak menurun kualitasnya serta terhindar dari bakteri dan jamur. Terlepas dari kontroversinya sebagai formaldehyde-releasers, keduanya aman untuk digunakan dalam produk kosmetik.

Selama menggunakan kedua produk ini di skincare routine-ku, aku nggak melihat ada nya reaksi negatif. Kulitku nggak breakout maupun iritasi. Tapi di sisi lain, aku juga belum melihat adanya perubahan yang siginifikan. Sejauh ini yang terasa kulitku lembab, plump dan permukaannya lebih halus. Efek cerah yang dijanjikan sebagai klaim utama produknya belum terlihat hasilnya di kulitku. Well, it depens on the skin sih. Bisa jadi hasil di kulitmu akan lebih bagus. Caranya supaya tau ya.. silakan dicoba sendiri hehe. Aku akan tetap lanjutkan pemakaiannya dan nanti akan aku update lagi setelah produknya habis :)


Ozora Essence
Rating: ★★★☆☆


Ozora Serum
Rating: ★★★☆☆

10 comments:

  1. Wahh sama banget beb, aku juga lebih suka coba2 local brand, sekarang local brand emang sebagus itu ya beb

    ReplyDelete
  2. Packagingnya mewah ya kak.sebanding nih sama harganya hehe..
    Btw, ini produk boleh dipakai salah satunya aja kan?

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran sama Essencenya Cha tapi masih maju mundur.

    ReplyDelete
  4. Di aku lumayan ngaruh serumnya beb, ngebantu menyamarkan bekas jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. PIH-ku emang parah sih kak. jadi nggak heran kalo butuh waktu lama biar bisa pudar :')

      Delete
  5. sebenernya soal paraben di suatu produk sebenernya ga terlalu masalah sih utk aku sendiri karena menurut aku itu jenis pengawet dalam skincare utk menjaga isi produk agar tetap bagus yang penting kadar nya aja kali ya ka hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sependapat. paraben nggak semenakutkan itu haha.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES