04 February 2019

Isntree Clear Skin 8% AHA Essence Review

isntree-clear-skin-aha-essence

Chemical exfoliator untuk kulit kering.

Kalo kamu masih bingung menentukan produk acid apa yang harus dicoba, mungkin produk dari Isntree ini bisa jadi pilihanmu. Buat aku pribadi produk dengan kandungan AHA selalau terlihat menarik. Why? Karena bisa bikin kulit kelihatan cerah dan lebih halus dengan cepat. Dan ya, sudah terbukti di kulitku. Bahkan efeknya langsung terasa di awal pemakaian.


Produk ini memang baru aku terima tanggal 24 Januari lalu. Tapi, sebelum ada pertanyaan kenapa aku bisa bikin review padahal produknya baru sampai, kamu harus baca blogpost unboxing haul-ku dulu. Alasannya ada di sana hehe.

isntree-clear-skin-aha-essence
isntree-clear-skin-aha-essence

Faktor yang penting untuk diperhatikan sebelum memilih chemical exfoliator selain jenisnya, adalah konsentrasinya dan pH-nya. Keduanya punya pengaruh tinggi terhadap keefektifan produk. Diantara beberapa acid yang ada, Glycolic Acid adalah jenis acid yang paling sering direkomendasikan untuk pemilik kulit kering, seperti kulitku ini. Produk acid akan bekerja optimal pada konsentrasi minimal 4% dengan pH 3-4. Nah, produk dari Isntree ini punya kandungan Glycolic Acid dengan konsentrasi sebanyak 4%. Selain itu juga ada tambahan kandungan 4% Lactic Acid. Maka itulah namanya 8% AHA karena mengandung dua bahan aktif berupa AHA dengan total konsentrasi sebanyak 8%.

Sama seperti produk AHA lainnya, produk ini juga diklaim dapat memperbaiki tekstur kulit yang kasar menjadi halus. Kelebihannya dia mudah digunakan yaitu dengan cara diaplikasikan ke permukaan kulit tanpa perlu dibilas. Produk-produk Isntree sudah cruelty free. Isinya 100 ml dengan Period After Opening (PAO) selama 6 bulan. Aku dapat infonya dari website resmi Isntree karena pada kemasan memang nggak tercantum. PAO 6 bulan ini berarti produknya disarankan untuk digunakan selama maksimal 6 bulan setelah tutupnya pertama kali dibuka.

isntree-clear-skin-aha-essence

Kemasannya berupa botol plastik transparan dengan tutup berbentuk pump yang dilengkapi cap. Botolnya ringan, plastiknya nggak tebal tapi cukup kokoh dan nggak mudah tumpah walaupun posisinya terguling. Ukuran mulut botolnya pas jadi produk yang keluar nggak kebanyakan.

INGREDIENTS:
Water, Glycolic Acid (4%), Lactic Acid (4%), Glycerin, Butylene Glycol, Potassium Hydroxide, Morus Alba (Mulberry) Bark Extract, Asiaticoside, Portulaca Oleracea Extract, Sodium Hyaluronate, Ginkgo Biloba Nut Extract, Acorus Calamus Root Extract, Cucumis Sativus (Cucumber) Fruit Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Allantoin, Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydroxyethylcellulose, Zanthoxylum Piperitum Fruit Extract, Pulsatilla Koreana Extract, Usnea (Lichen) Extract.

isntree-clear-skin-aha-essence-ingredients

Dari luar kemasan teksturnya terlihat seperti air tapi sebenarnya sedikit kental. Teksturnya cenderung seperti gel tapi ringan. Teksturnya ini mengingatkan aku pada tekstur dari Giibon Care Skin Essence. Aromanya campuran antara pahit dan asam, mirip dengan produk acid pada umumnya. Aromanya cepat hilang setelah aplikasi jadi nggak menganggu kok. Teksturnya yang light-gel itu bikin essence ini cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket di kulit.

Cara pakai produk exfoliating ini adalah dengan aplikasi langsung ke kulit setelah cleansing di malam hari. Aku pribadi biasanya pakai setiap 2 malam sekali tapi bisa juga pakai setiap malam jika diperlukan. Tapi kalo kamu pemula dan baru kenalan dengan acid atau punya kulit yang sensitif, aku sarankan pakai dulu setiap seminggu sekali. Setelah kulitmu terbiasa, kamu bisa meningkatkan frekuensinya sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebaiknya hindari penggunaan produk eksfoliator lain secara bersamaan supaya nggak terjadi over-exfoliation, serta jangan diaplikasikan pada kulit dengan luka terbuka. Jangan lupa untuk selalu aplikasikan sunscreen selama daytime karena selama menggunakan acid kulit akan jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Aplikasi acid ini itu akan sia-sia jika kamu nggak melindungi kulitmu dengan sunscreen. Nanti bukannya makin cerah, tapi malah sebaliknya hehe. Pastikan juga kamu sudah punya emergency skincare kit yang foolproof. Sehingga jika seandainya produk ini nggak cocok di kulitmu, kamu bisa segera me-reset kondisi kulitmu.


Penggunannya 8% AHA Essense bisa disesuaikan pada area yang menjadi concern utamamu atau ke seluruh wajah (selain area mata). Target utamaku saat menggunakan essence ini adalah menghaluskan tekstur kulit terutama area hidung dan dagu. Aku pakai 2 pump untuk sekali aplikasi. Setelahnya aku pakai hydrating toner > moisturizer > sleeping mask. Oh ya kadang-kadang aku pakai sheet mask sebagai pengganti hydrating toner. Selain sunscreen, produk dengan fungsi menghidrasi wajib digunakan selama penggunaan acid. Anyway, urutan ini nggak baku. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.


Saat pertama kali aplikasi aku merasakan ada sensasi cekit-cekit tapi nggak lama dan nggak parah.  Semakin sering dipakai semakin nggak terasa cekit-cekitnya. Mungkin kulitku sudah biasa kali, ya? Sejauh ini sih belum pernah bikin kulitku berubah kemerahan atau menimbulkan iritasi. Well, ada atau tidaknya tingling sensation/iritasi bisa jadi berbeda pada kulit orang lain ya.

Hasilnya sudah kelihatan sejak awal pemakaian terutama pada area kulitku yang bermasalah. Yang aku lihat, tekstur kulit di area dagu dan hidung jadi lebih halus. Walaupun belum sepenuhnya bebas dari kerikil-kerikil kecil (small bumps) tapi sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelum pemakaian. 

before-after-isntree-clear-skin-aha-essence-

Essence ini juga bisa bantu mempercepat penyembuhan jerawat di kulitku. Calon jerawat akan lebih cepat matang dan jerawat yang sudah matang jadi lebih cepat kering. Kulitku terasa lebih kenyal dan overall skin tone-ku terlihat lebih cerah meskipun hiperpigmentasi di beberapa titik masih belum pudar. PIH di kulitku memang susah hilang sih, jadi aku nggak berharap bisa lenyap dalam satu waktu. Lagipula tujuanku pakai ini bukan untuk memudarkan PIH, so it’s okay

isntree-clear-skin-aha-essence-ingredients
source: Isntree website

Star ingredients yang ada di essence ini adalah Glycolic Acid dan Lactic Acid. Glycolic acid dikenal sebagai acids yang dapat mengangkat sel kulit mati, menstimulasi produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit terasa kenyal, serta membantu memudarkan noda hitam akibat sinar UV atau PIH. Secara umum, Lactic Acid juga punya fungsi yang sama. Dengan tambahan, Lactic Acid punya moisturizing properties sehingga bisa sekaligus membantu melembabkan kulit. Fungsi keduanya sudah aku rasakan lewat produk ini.

Selama pemakaian aku nggak mengalami purging sampai di taraf yang mengganggu. Meskipun secara keseluruhan produk ini mengandung konsentrasi AHA yang lebih tinggi daripada produk AHA yang aku pakai sebelumnya. Aku merasa dia mild tapi efektif untuk menjaga tekstur kulitku. Apalagi pas lagi haid dan bumps bermunculan di sana sini, aplikasi Clear Skin 8% AHA Essence ini sangat membantu. Hasilnya oke dan reaksi yang mild inilah yang jadi alasanku untuk repuchase produknya. Kalo kamu penasaran, do give it a try! Menurutku produk exfoliating ini bagus dan layak untuk dicoba :)


Rating: ★★★

Where to buy? Jolse Website
Price? $13.33

34 comments:

  1. Sejak masuk usia 30 tahun, saya jadi tertarik mencoba produk2 exfoliator, saking kulit wajah udah gak bertekstur seperti saat usia 20tahunan (menurut loe, Rey? wkwkwkw)

    Di mulai dari sering jerawatan di daerah rahang, kadang beruntusan, rasanya pengen dicuci bersih biar hilang penyebab semua itu hahaha

    Tapi selama ini belum pernah nyobain yang chemical sih.
    Kayaknya boleh nih dicobain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. recommeded nih mbak. soalnya yang chemical jauh lebih mild dibandingkan scrub yang cenderung abrasive.

      Delete
  2. Aku masih belum paham tentang kandungan AHA, karena ada dua produk yanh satunya cocok sedangkan satunya gak cocok. Gak paham perbedaannya cha.

    ReplyDelete
  3. Kayaknya sih simple banget pengaplikasiannya, efeknya di wajah gimana beb..? Bisa mengurangi komedo juga gak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. targetnya AHA bukan komedo sih. tapi ya ada efeknya juga walaupun nggak signifikan. kalo memang mau menghilangkan komedo mungkin bisa coba produk BHA.

      Delete
  4. aku lagi pake exfoliating toner merk lain juga. dari dulu udah berenti sama yang physical exfoliating. soalnya bikin iritasi.. enakan yang chemic gini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang chemical gini rasanya lebih lembut di kulit hehe

      Delete
  5. Jujur aja aku jarang pake produk exfoliating karena ga begitu paham fungsinya setelah baca review kamu, jadi nambah ni ilmu buat coba produk2 baru๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat aku, produk chemical exfo gini penyalamat kulitku kak haha. soalnya beneran jadi halus gitu XD

      Delete
  6. Aku pernah double exfoliated, krn berasa muka lg kotor2 nya. Jd abis ngscrub muka terus pake oxfoliating pad. Bbrapa hari kemudian kulitku jd sensitif dan muncul jerawat. Wkwk mulai dr itu kapok๐Ÿ˜ญ maavin jd curhat๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuh aku pernah juga ngerasain over-exfo. rasanya perih dan bikin kulit merah. tapi kalo sudah tau regime yang pas buat kulit, exfoliating beneran nyenengin hati ๐Ÿ˜…

      Delete
  7. Emang perlu banget ya pake exfoliator tapi jangan keseringan, aku pernah pake exfoliator keseringan malah breakout

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget kak. harus dijadwal supaya nggak over-exfo.

      Delete
  8. Wah penasaran banget yaak sama si exfo ini, tp sekali liat harganya aduh pricey skali ya untuk ukuran segitu ๐Ÿค•

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga realtif sih yaa. rata-rata chemical exfoliator korea ya segini harganya atau bahkan lebih mahal ๐Ÿ˜…

      Delete
  9. Produk yang mengandung aha ada bbrapa yang bkin muka jadi kering gtu beb di aku, tp moga ini enggak. Jd penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dikasih hidrasi belum? kalo pakai chemical exfo tanpa dibarengi hidrasi ya kemungkinan bisa bikin kering ๐Ÿ˜…

      Delete
  10. kalau aku yang pake kyknya bakalan purging deh. kulitmu dah terbiasa sama aha yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sudah biasa. makanya kalo ngomongin AHA pastinya YMMV berlaku.

      Delete
  11. PIH di wajah itu yang kaya gimana sis? aku kering jenis kulitnya,,, tapi lagi ga rajin ekspoliator,

    ReplyDelete
    Replies
    1. PIH = Post-Inflammatory Hyperpigmentation. selengkapnya bisa dicari di google :)

      Delete
  12. manteeep aku gatau manfaat glycolic acid dan lactic acid, thank you for sharing jadi nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  13. Baru tau ada produk ini. Duh kan aju jadi teracuni lagi sama si Icha ๐Ÿ˜ƒ sepertinya aman produk ino buatku.

    ReplyDelete
  14. skincare ini ccok buat kulit kering ya? kulitku berminyak jadi lebih condong ke bha

    ReplyDelete
  15. Sekarang makin banyak yaa skincare skincare bermunculan.. jujur ku baru tau lhoo tentang produk ini ๐Ÿ˜ thanks infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. brand ini masih jarang kedengeran di indonesia tapi produknya bagus :D

      Delete
  16. Rekom dong berarti produk ini ya apalagi bisa jaga tekstur kulit๐Ÿ’•

    ReplyDelete
  17. skincare yang exfoliate gini lagi in banget ya di Indo #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa nih. semuanya pada pengen kulit glowing ahaha.

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES