28 December 2018

Apieu Everyday Sun Gel SPF 50+ PA++++ Review

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Selama bertahun-tahun aku selalu setia ke sunscreen dengan SPF 30. Mau dipakai pas pagi, siang atau sore, baik itu di rumah, ke mall atau ke pantai, tetap SPF 30 yang jadi pilihanku. Dulu sih aku berpikir SPF tinggi akan terasa greasy dan lengket. Sampai akhirnya aku ketemu sunscreen SPF 50+ yang ternyata rasanya lebih ringan dari dugaanku. Salah satunya, Apieu Everyday Sun Gel SPF 50+ PA++++ ini.


Containing extract of tropical fruit guava with a strong vitality and 10 kinds of fresh vitamin fruit juice, it helps to protect delicate skin from UV rays and apply without burdens by fresh and moist feeling.”

Produknya dikemas dalam bentuk tube plastik berwarna biru dengan tutup ulir berwarna magenta (eh atau pink tua?). Memang nggak ada kardusnya jadi datangnya polos begini. Di bagian belakang ada stiker transparan yang menempel antara tutup dan tube (bagian bawah).

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Ada deskripsi singkat produknya di bagian depan tube. Tertulis dalam Bahasa Inggris tapi dengan tinta magenta. Aku pribadi kurang suka pilihan warna tintanya, bikin sulit dibaca. Though kombinasi warna biru dan magenta ini terlihat bagus di kemasan tapi untuk tulisan, aku rasa warnanya kurang cocok. Pada bagian belakang tube-nya juga ada keterangan produk. Kali ini beda warna, tintanya warna hitam. Sayangnya, semua tertulis dalam Bahasa Korea haha.

Tube sunscreen Apieu ini cukup tinggi dan ramping, nyaman digenggam. Satu tube ini berisi 30 ml sunscreen. Bagian mulut tube-nya berbentuk meruncing dengan lubang yang kecil. Aku suka diameter mulutnya yang kecil sehingga produk yang keluar nggak terlalu banyak.

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

INGREDIENTS:

Purified Water, Homosalate, Ethylhexyl Salicylate, Dipropylene Glycol, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Ethanol, Butylmethoxydibenzoylmethane, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyltriazine, Psidium Guajava Fruit Extract, Isoamyl p-Methoxycinnamate, 2-Ethylhexyl-2-cyano-3, Vitamin tree fruit extract, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Gentle Strawberry Seed Oil, Actinidia Chinensis Fruit Extract, Averrhoa Carambola Fruit Extract, Citrus Aurantium Dulcis Fruit Extract, Citrus Medica Limonum Fruit Extract, Musa Sapientum Fruit Extract, Vaccinium Macrocarpon Fruit Extract, Mangifera Indica Fruit Extract, Cucumis Melo Fruit Extract, Ananas Sativus Fruit Extract, Calamondine orange fruit extract, Glycerol, Limonia Acidissima Extract, Methoxy Peg/ppg-25/4 Dimethicone, Bis-peg/ppg-20/5 Peg/ppg-20/5 Dimethicone, Capric/Caprylic Triglycerides, Dimethicone, Acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Tocopheryl Acetate, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Isohexadecane, Sodium Hydroxide, Tween 80, Sorbitan Oleate, Edetate Disodium, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Fragrance.


apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Jujur aja, nyari komposisi lengkap dari produk ini masih susah. Komposisi yang aku temukan di cosdna adalah hasil terjemahan dari Bahasa Korea dan ada beberapa bahan yang nggak bisa diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Jadi aku coba cari terjemahannya dan jadilah list yang di atas itu.

Seperti yang kamu lihat pada gambar, Apieu Everyday Sun Gel ini punya banyak bahan aktif yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kalo kamu mau tau nilai untuk masing-masing bahannya kamu bisa lihat di sini.


Homosalate
Merupakan organic sunscreen yang melindungi kulit dari UVB. Punya nama lain yaitu Homomenthyl Salicylate. Sifatnya yang kurang stabil (not photostable) jika digunakan sendirian membuatnya sering dikombinasikan dengan bahan sunscreen lainnya.

Ethylhexyl Salicylate
Bahan ini dikenal juga dengan nama Octyl Salicylate atau Octisalate. Fungsinya sebagai pelindung sinar UVB. Penggunaannya dalam skincare diperbolehkan hingga konsenstrasi maksimal 5% di US dan Eropa, dan 10% di Jepang.

Butylmethoxydibenzoylmethane (Avobenzone)
Termasuk dalam organic sunscreen yang dikenal sebagai broad-spectrum sunscreen agent untuk menghalangi sinar UV terutama UVA. Bahan ini juga dikenal dengan nama lain parsol 1789. Menurut FDA, penggunaannya dalam produk Over-the-Counter (OTC) diperbolehkan dengan konsenstrasi maksimum hingga 3% sedangkan menurut Cosmetics Directive of the European Union diperbolehkan hingga konsentrasi 5%.

Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyltriazine
Dikenal juga dengan nama Tinosorb S atau Bemotrizinol. Bahan ini merupakan broad-spectrum sunscreen yang melindungi dari UVA-UVB dan sangat photostable. Biasanya sering digunakan pada sunscreen dengan SPF tinggi.  

Ada dua bahan yang berfungsi sebagai preservatives di sini yaitu phenoxyethanol dan ethylhexylglycerin. Keduanya saling melengkapi dan bekerja sama dalam menjaga kualitas produk agar tetap baik. 

Phenoxyethanol dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Selain sebagai pengawet ternyata juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Biasanya dibuat secara sintetis tapi juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%. Sedangkan ethylhexylglycerin biasanya sering dikombinasikan dengan phenoxyethanol sehingga bisa meningkatkan efektivitasnya (dan juga bahan pengawet lain).


HOW TO USE?

Gunakan kapanpun dan dimanapun sebelum kamu ketemu sinar matahari. Waktu penggunaannya sendiri bisa disesuaikan dengan petunjuk yang diberikan oleh brand. Biasanya aplikasikan 15-20 menit sebelumnya. Jangan lupa re-apply terutama saat kamu kena air dan berkeringat. Pakainya berapa banyak? Aku pribadi pakai sebanyak 6-7 ruas jari tangan. Tapi mau berapa banyak bebas sih, suka-suka kamu aja.

Aromanya yang wangi langsung tercium begitu aku mengeluarkan isinya. Nggak too much kok, wanginya standar dan nggak mengganggu hidung. Aromanya segar ala campuran buah-buahan. Aromanya nggak bertahan lama jadi saat mulai mengering dia akan hilang sendiri.

Baca juga: Review Sunscreen Lokal Terbaik

Teksturnya hampir sama seperti sunscreen gel yang pernah aku pakai sebelumnya. Konsistensi krimnya cenderung encer dan sangat mudah diratakan. Krimnya memang berwarna putih susu tapi setelah rata nantinya akan menyatu dengan warna kulit kok. Ah iya, sunscreen ini juga nggak bikin whitecast. Jadi nggak perlu khawatir bakal kelihatan belang hehe.

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Dari segi aroma dan tekstur produknya, Apieu Everyday Sun Gel ini mengingatkan aku pada Emina Sun Protection. Sekilas mereka berdua mirip walau feel produknya tetap berbeda. Saat dioleskan ke kulit sunscreen ini cepat kering. Hal ini secara nggak langsung bisa menghemat waktuku di pagi hari. Aku nggak perlu diem di depan kipas angin terlalu lama buat mengeringkan sunscreen-nya haha. Cukup ditap-tap aja sis~

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Rasanya di kulit samasekali nggak lengket dan ringan banget! Aku pribadi baru dua kali coba sunscreen dengan SPF 50+. Nah, dibanding sunscreen yang aku coba sebelumnya, si Apieu ini jauh lebih ringan dan lebih nyaman. Kelembabannya biasa aja tapi ini bukan masalah. Toh sehari-hari aku nggak cuma pakai sunscreen. Aku juga pakai beberapa produk lain yang bisa bikin kulitku terasa lebih lembab.
Finish-nya cenderung dewy jadi akan kelihatan agak basah gitu. Hasil pemakaian tunggal (hanya basic skincare plus sunscreen) setelah 4 jam membuat area T-zone terlihat shiny, lebih dari ketika baru selesai aplikasi sunscreen. Tapi nggak berminyak, sih. Kilapnya masih terbilang normal dan nggak bikin wajahku kelihatan kusam. Sedangkan hasil dengan tambahan aplikasi mineral powder membuat kulitku lebih matte dan bebas kilap lebih lama hingga 6 jam.

Sunscreen ini nggak waterproof ya. Kalo kena air atau keringat akan luntur. Kurang aman untuk dipakai saat main air atau saat berada di pantai. Buat kamu yang lebih cepat berkeringat, sering-seringlah re-apply supaya proteksinya tetap maksimal.

apieu-everyday-sun-gel-spf-50-review

Buat aku produk ini sudah hampir sempurna. Seandainya aja kekuatannya dalam melembabkan kulit bisa lebih baik mungkin sunscreen ini akan dapat nilai lima bintang. Nevertheless, sejauh ini Apieu Everyday Sun Gel SPF 50+ PA++++ masih jadi yang terdepan dan teratas dari segi kenyamanan dan proteksinya. Aku suka! Seneng deh kalo pertama kali nyoba produk langsung cocok gini hwehehe :3


 melindungi dari UVA & UVB
 mudah diratakan
 nggak lengket
 tetap ringan walau digabung 
dengan produk skincare dan atau makeup

 lembabnya biasa aja

Rating: ★★★

Where to buy? Jolse Website
Price? $9.07 (30 ml)

38 comments:

  1. aku pernah coba sunscreen apieu yang pure block aqua dan cocok sama kulitku. makin penasaran deh sama yang ini. eh tapi ini produk baru ya? atau aku aja yang baru tau? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum cobain yang itu tapi ada di wishlist sih hehe.
      Hmm aku kurang tau ini baru rilis apa gimana, tapi reviewnya belum banyak.

      Delete
  2. Wah packagingnya cakep banget menarik perhatian. Bentuk ujungnya juga memudahkan biar ga mubazir ya

    ReplyDelete
  3. Awalnya ga ngeh kalo ini sunscreen krn packagingnya gemes kayak obat jerawat hehehe

    ReplyDelete
  4. Suka banget sama packaging nya >.<
    Cute dan girly banget.
    Aku selama ini selalu pake sunscreen yang SPF 30 sih, maybe nanti mau coba juga yang SPF 50 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk yang ini pilihan warnanya juara banget, memang lucu sih ya :D

      Delete
  5. Wah aku juga lagi cari cari sunscreen yg SPFnya tinggi tapi ga lengket ga thick & ga whitecast sist secara kadang malas pakai hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget dong sama si apieu ini mbak. Kadang yang teksturnya thick dan lengket itu malah bikin malas pakainya, kan? Haha.

      Delete
  6. Wah slalu selengkap itu reviewnya, smngat bkin konten kakak
    Btw kalo ringan gt aku tertarik bgt nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Irma!
      Iya sunscreen-nya ringan banget. Bahkan menurutku yang kulitnya kombinasi/oily juga bakal suka.

      Delete
  7. Sunscreen ini ngaruh ga ya ke foundation setelahnya? Karena seringkali sunacreen spf tinggi itu bikin make up diatasnya jadi kurang awe aka gampang geser gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok mbak, aman jaya~ Aku juga apply concealer, cushion dan bedak setelahnya. Semuanya tetep stay nggak geser kemana-mana.

      Delete
  8. Waaah aku baru tau malah sunscreen merek ini.. kayaknya oke juga ya buat dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain juga mbak. Ada yang bentuknya krim kalo nggak suka bentuk gel hehe.

      Delete
  9. Unyu banget bentuknya,bisa buat traveling ya,dam spfnya lmayan tinggi, thkyou beb reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Body-nya slim gitu jadi bisa diselipin ke pouch kecil~

      Delete
  10. Baru tau produk ini, km rajin nyoba produk baru ya beb..

    ReplyDelete
  11. Fix, aku mau ini. Meski sunscreenku udah banyak. Tapi packagingnya meracunikuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreenku juga banyak kak. Tapi teteup aja beli lagi hahaha.

      Delete
  12. Aku lagi senang pakai Althea Petal Velvet SunAway. Setelah menyerap gak terasa berminyak :) #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak nih yang bilang gitu. Aduuh aku makin pengen nyoba 😂

      Delete
  13. Liat kemasannya kecil kupikir ini tadi lip care kl ga baca judulnya ahahah Setuju, dulu aku pikir sunscreen high spf bakalan greasy tapi ternyata nggak yah. Apieu ini kayak creamy ya, biasanya kl light encer gt hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak begitu creamy kok, kak. Malah cenderung encer. Pokoknya gampang banget diratain ke kulit hoho.

      Delete
  14. setuju beb, nyari detail produk korea tuh gampang-gampang susah loh #kbbvmember Carnellin

    ReplyDelete
  15. sunscreen favorite aku dari Avene sama Neutrogena hehehee #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. Saat ini sih aku belum nemu spf 50 yang cocok di aku. boleh jadi rekomendasi nih. Hasilnya nggak tone up kulit kayaknya oke #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada efek tone up-nya kak. Aman deh hehe.

      Delete
  17. Spfnya tinggi juga ya 50. Tapi sayang banget tdk waterproof karena cuaca di indo kan panas #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pribadi lebih suka yang nggak waterproof supaya bisa dibilas sebelum wudhu :)

      Delete
  18. selalu suka sama review-review mbak Icha, lengkap banget! aku sendiri suka ganti-ganti sih spf 30 dan 50 sama2 cocok di aku. kadang yg spf 50 lebih moisturizing aja dari pengalamanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Muti XD Anyway sejauh ini yang aku rasain efek lembabnya nggak dipengaruhi tingginya spf. Buat aku yang paling lembab tetep wardah haha.

      Delete
  19. Kemasannya imut praktis dibawa kemana-mana. Kayaknya perlu dicoba sunscreen satu ini. Makasih sharing artikelnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES