14 November 2018

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo #Royal Jelly Review

Inget nggak, di postingan tentang haul-ku beberapa bulan lalu aku sempat mention produk ini adalah sampo favoritku? Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo ini bahkan berhasil menggeser posisi sampo Dove yang sudah jadi favoritku selama bertahun-tahun. Penasaran apa bagusnya produk ini? Baca reviewnya di sini!

review-makarizo-hair-energy-fibertherapy-conditioning-shampoo

Sampo ini punya formula yang mampu membersihkan dan melembabkan rambut sehingga mudah diatur. Mengandung Asam Amino Keratin yang merupakan unsur vital pembentukan keratin dalam struktur rambut sehingga bisa membantu rambut lebih berkilau, sehat dan lebih kuat. Sampo ini terdiri dari 4 varian berbeda yang tersedia dalam dua ukuran botol 170 ml dan 330 ml, yaitu:

  • Royal Jelly Extract, untuk rambut kering dan rusak;
  • Aloe & Melon Extract, untuk rambut rontok;
  • Kiwi Extract, untuk rambut diwarnai, direbonding dan atau dikeriting;
  • Olive Extract, untuk rambut kusam dan kurang nutrisi.

Aku sudah pernah coba semuanya kecuali yang Kiwi Extract. Nah, varian yang aku bahas kali ini adalah Royal Jelly Extract. Selain royal jelly, di dalamnya juga terdapat kandungan Omega 6 dari Passiflora Plant Oil. Varian ini ditujukan untuk pemilik rambut kering (dry) dan rusak (damaged). Klaimnya dapat memberikan deep moisturizing sehingga rambut yang kering dan rusak dapat kembali halus. Diklaim juga sesuai untuk masalah rambut yang mengembang tidak beraturan.
Isinya 170 ml sampo yang dikemas dalam botol plastik HDPE pipih bewarna oranye. Warna oranye ala jeruk ini jadi ciri khasnya seri Fibertherapy. Yang membedakan antara variannya adalah warna tutup botolnya. Untuk varian Royal Jelly tutupnya berwarna senada, oranye juga. Ciri khas lain dari kemasannya adalah bagian pinggir botol yang dibuat melengkung mengikuti bentuk pegangan tangan. Terdapat 4 lengkungan di sisi kiri dan 1 lengkungan di sisi kanan. Adanya lengkungan ini memudahkan pengguna untuk menggenggam botolnya.


review-makarizo-hair-energy-fibertherapy-conditioning-shampoo

Apa saja komposisi Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo?
Water, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Glycerin, Cocamide DEA, Fragrance, Glycol Distearate, Sodium Chloride, Dimethiconol, Bis-Cetearyl Amodimethicone, Triethanolamine, Laureth-4, Carbomer, Guar Hydroxypropyltromonium Chloride, Polyquaternium-47, DMDM Hydantoin, Citric Acid, Royal Jelly, Tetrasodium EDTA, Panthenyl Ethyl Ether, CI 12490, Amodimethicone, Bisamine PEG/PPG-41/3 Aminoethyl PG-Propyl Dimethicone, Sodium Lauryl Sulfate, Laureth-5, Laureth-23, PEG-55 Stearate, CI 15985, Phenoxyethanol, Butylene Glycol, Iodopropyl Butylcarbamate, Passiflora Edulis Seed Oil, Sodium Sulfate, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, CI 16255, Hydrolyzed Keratin, Magnesium Nitrate, Euterpe Oleracea Fruit Oil, Methylchloroisothiazolinone, Magnesium Chloride, Methylisothiazolinone.

Kamu bisa lihat acne/irritant/safety score dari bahan produk ini di sini.

Royal Jelly
Royal jelly adalah hasil sekresi lebah yang digunakan untuk memberi makan larva lebah. Di dalamnya terdapat kandungan protein, lemak, vitamin dan mineral. Manfaatnya untuk kecantikan adalah sebagai skin conditioning agent yang bisa memberikan kelembaban.

► Passiflora Edulis Seed Oil
Merupakan salah satu minyak nabati yang dikenal juga sebagai Passion Fruit Oil atau Maracuja Oil. Di dalamnya terdapat kendungan > 70% linoleic acid yang kaya akan Omega 6. Fungsinya antara lain sebagai emollient untuk menjaga kelembaban kulit, anti-inflammatory untuk mengurangi inflamasi dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Penggunaannya dalam hair care product dapat membantu pertumbuhan rambut serta memperbaiki rambut kering dan rusak.

► Hydrolyzed Keratin
Keratin yang telah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil (hydrolyzed) dapat membentuk lapisan pelindung pada rambut sekaligus memberikan efek berkilau. Banyak digunakan dalam produk perawatan rambut guna membantu memperbaiki rambut yang kering dan rapuh serta membuatnya lebih mudah diatur.

Cara pakainya masih sama seperti sampo pada umumnya. Nggak ada instruksi khusus. Tuangkan samponya pada telapak tangan lalu usapkan ke rambut yang sudah dibasahi. Pijat dan busakan lalu bilas dengan air sampai bersih. Hati-hati saat menggunakan supaya nggak kena mata. Sampo ini nggak boleh digunakan untuk anak usia di bawah 3 tahun, ya.


review-makarizo-hair-energy-fibertherapy-conditioning-shampoo

Setiap kali membeli sampo, hal pertama yang aku perhatikan selain komposisinya adalah aromanya. Apakah aromanya enak? Karena percuma ada janji klaim 100% terbukti kalo aromanya nggak enak. Nah, aroma dari sampo ini manis banget dan kuat. It was okay but not my favorite. Kalo kamu pernah pakai Hair Mask Makarizo dari varian yang sama, ya aromanya kayak gitu.
Teksturnya not too watery tapi juga nggak begitu creamy. Busa yang dihasilkan melimpah. Bagi sebagian orang, banyaknya busa juga jadi standar apakah produk sampo itu bagus atau nggak, nyaman atau nggak, bakal dibeli lagi atau nggak. Aku termasuk bagian dari orang-orang ini. Menurutku rasanya kayak belum keramas kalo pakai sampo yang nggak ada busanya. Jadi akan lebih nyaman jika sebuah sampo itu punya busa yang banyak. Of course, sebagian orang lainnya punya pendapat berbeda. Buat kamu yang nggak doyan sampo berbusa, this one is not for you.

Kalo dilihat di komposisinya ada kandungan Sodium Laureth Sulfate, Coco-betaine dan Cocamide DEA sebagai surfactant utama. Pada urutan tengah, juga ada kandungan Sodium Lauryl SulfateLaureth-4, Laureth-5 dan Laureth-23. Ada SLES dan SLS, jadi sudah jelas sampo ini nggak sulfate-free. Sampo ini nggak mengandung paraben tapi masih ada bahan pengawet lain yaitu:

DMDM Hydantoin (di posisi ke-15)
Bahan ini berfungsi sebagai preservative yang dapat memperpanjang daya simpan suatu produk (shelf life) dengan melepaskan formaldehyde yang dapat membunuh mikroba.

► Phenoxyethanol (di posisi ke-28)
Dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Fungsi utamanya sebagai preservatives, selain itu juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Sering digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk dan mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur. Selain bisa dibuat secara sintetis, phenoxyethanol juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%.

 Iodopropyl Butylcarbamate, Methylchloroisothiazolinone dan Methylisothiazolinone.

Hasilnya? Rambutku lebih halus, wangi dan lebih mudah diatur. Walaupun masih mengembang mirip rambut singa, tapi so far kondisinya sudah lebih baik. Aromanya masih tercium setelah rambut dibilas dan masih bertahan hingga H+2 setelah keramas. Rasa halusnya ini sama seperti hasil pemakaian sampo dengan tambahan conditioner. Sampo ini bikin aku lebih hemat karena nggak perlu beli conditioner lagi haha. Satu hal yang nggak aku dapatkan dari sampo lain adalah Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo ini berhasil bikin rambutku terasa sangat ringan. Bikin kepala rasanya enteng banget gitu. Di dalamnya juga ada kandungan silikon yaitu dimethiconol dan amodimethicone.

review-makarizo-hair-energy-fibertherapy-conditioning-shampoo

And here is the bad side, ternyata botol yang ke sekian ini bikin punggungku jerawatan. Saat pakai ini aku nggak sedang pakai produk “baru” lain dan sedang dalam kondisi diet yang sehat. Bukan karena makanan. Padahal dulu pakai berbotol-botol nggak pernah ada reaksi negatif. Baru kali ini aku ngerasain jerawat di punggung. Makanya sempat kaget dan sedih huhu :( Aku juga sudah coba pakai varian lain dan ternyata sama aja. Apa komposisi dan formulanya berubah, ya? Aku nggak mendokumentasikan komposisi produk satu per satu, sih. Untuk kebanyakan produk, asal nggak ada alkoholnya ya aku pakai aja. Perubahan yang aku tau cuma bentuk packaging-nya. Sampo yang sekarang di jual ini punya body yang lebih ramping dan sedikit lebih tinggi.

Hmm.. mungkin sekarang saatnya berpisah. Well, kita pernah jadi teman baik dear Fibertherapy. I had a great time with you :”) 

Baca juga: Yohmo Hair Tonic Review

Reaksi negatif yang muncul di aku belum tentu akan terjadi di kamu juga. Dasarnya kulit setiap manusia beda jadi hasilnya juga mungkin berbeda. Overall, sampo ini adalah salah satu sampo “supermarket” terbaik yang pernah aku coba. Aku paling suka sama efeknya yang bisa bikin rambut lebih ringan dan wanginya yang cukup tahan lama. Walaupun muncul reaksi negatif di kulitku, aku tetap merekomendasikan produk ini untuk kamu coba. Siapa tau jatuh cinta juga :-)



 aroma wangi cukup tahan lama
 rambut lebih halus dan mudah diatur
 nggak perlu pakai conditioner lagi karena
hasil sama bagusnya dengan sampo lain+conditioner

 agak susah didapatkan
 personally, bikin punggungku jerawatan :( 

Rating: ★★★
seandainya nggak ada reaksi negatif, ratingnya akan jadi 5 bintang

Where to buy? Supermarket (Giant) / Minimarket (Alfa) / Online Shop
Price? Rp. 23.000 (170 ml); Rp. 39.000 (330 ml)

37 comments:

  1. Ini sih aromanya perfect banget buat aku, aduh kenapa ya hair carenya makarizo itu bagus semua, aku yg paling rutin pake yg creambath beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka tuh, bisa bikin rambut halus hehe.

      Delete
  2. Kemasannya lucu ya, aku jg mau coba deh nanti #bsi

    ReplyDelete
  3. Makarizo emang juara deh buat hair treatmentnya #bsid

    ReplyDelete
  4. Nah ini yg dibutuhin ngga perlu pake conditioner uda bagus #bsid

    ReplyDelete
  5. Aku seribg sih liat d supermarket, tp blum trarik coba, stlah liat reviewnya jd ada keinginan hhe #BSI

    ReplyDelete
  6. blm pernah nyoba, biasanya pake dove hehehe tapi kayaknya menarik niiiii boleh lah kalo shampoo di rumah udah abis xixi #BSID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum kenal makarizo ini aku juga pakai dove. Menurutku lebih bagus makarizo hehe.

      Delete
  7. duh, kayaknya boleh banget ini dicoba

    ReplyDelete
  8. Produk andalan buat rambut sih ya makarizo tuhhh sis..

    ReplyDelete
  9. ku suka bat wangiii royal jelly gatau napaπŸ˜‚

    ReplyDelete
  10. Aku suka pakai produk ini juga beb.. creambathnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hair mask-nya? aromanya juga mirip sih πŸ˜†

      Delete
  11. Aku baru tau ada 4 varian, tak kira'in sama ja, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sama enaknya kok. Tinggal pilih sesuai kebutuhan aja ^^

      Delete
  12. Wah iya emang hair product yg gak cockm bisa jadi lenyebab bacne :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pertama kalinya aku ngalamin jerawat punggung haha. Sempet kaget juga :'D

      Delete
  13. Yah di kamu bikin punggung jerawatan yah huhu jd takut nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku cocok banget kok sama produk ini. Lagian reaksi negatif nggak bisa dipukul rata bakal sama ke semua orang, kan? Kalo penasaran coba aja 😁

      Delete
  14. HM... Enak juga nih gak perlu pakai conditioner LG. Lebih simpel dan gak kelamaan.

    Tapi itu punggung jerawatan, mungkin bisa balik kepalanya ke bawah pas mandinya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampangnya sih minta dikeramasin aja ala salon biar nggak kena punggung πŸ˜‚

      Delete
  15. Super penasaran banget sama produk ini karna banyak yg suka

    ReplyDelete
  16. makarizo memang vitamin rambut bangey uyy

    ReplyDelete
  17. Wanginya enak ya? Jadi pengen cobain ntar dehh..

    ReplyDelete
  18. aku belum pernah nyobain ini ih beb, jadi penasaran pengen cobain deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES