01 October 2018

Emina Creamatte #03 Mauvelous Review

review-emina-creamatte-mauvelous

Sejak dirilis tahun 2016 lalu, produk ini memang sudah punya tempat tersendiri di hati banyak orang. Termasuk aku. Dari sekian warna di koleksi pertamanya, aku paling suka sama shade nomor tiga. Kayaknya sih, akan terlihat bagus juga di bibirku. 

Jujur, produk ini adalah lip cream lokal pertama yang aku coba. Awalnya nggak berharap banyak, asalkan nyaman aja sudah cukup. Tapi ternyata hasilnya melebihi ekspetasiku. Penasaran gimana performanya? Langsung aja ke reviewnya yuk!

Packagingnya hampir serupa dengan produk lipstik lokal pada umumnya. Bentuknya tube plastik yang dilengkapi dengan box berupa kardus. Bagian tutupnya berwarna hitam dengan gambar logo pada bagian atasnya, sementara body-nya transparan. Kamu bisa melihat warna dan banyaknya lipstik dari luar kemasannya. Kardus box-nya punya warna sesuai dengan shade yang pilih. Info yang tertera disini lengkap, termasuk deskripsi, komposisi dan tanggal kadaluarsa produk.

review-emina-creamatte-mauvelous

Deskripsinya mengatakan bahwa produk ini akan memberikan matte finish dan mengandung Vitamin E yang melembabkan. Netto produknya cukup banyak yaitu 5.5 ml, bahkan lebih banyak dibandingkan lipstik lokal pada umumnya yang hanya sekitar 4 gram aja. Personally, aku suka desain kardusnya yang terkesan girly. Bukan cuma berwarna polosan aja tapi juga ada ilustrasinya.

review-emina-creamatte-mauvelous

Beda dengan kardusnya, pada tube nggak ada banyak hiasan. Hanya ada tulisan nama brand dan nama produk serta stiker info produk di bagian dasar. Kemasan produknya ringan dan nggak gampang lecet walaupun jatuh berkali-kali. Aplikatornya berbentuk doe foot yang lembut sehingga memudahkan saat aplikasi ke bibir.

review-emina-creamatte-mauvelous


Komposisinya?
Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Diisostearyl Malate, Caprylyl Methicone, Trimethylsiloxysilicate, Synthetic Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Starch, Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silicate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Fragrance, Talc, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane.

May contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499, CL 77891, CI 15850:2, CI 15850:1, CI 42090.

Tocopheryl Acetate
Dikenal juga dengan nama Vit. E yang berfungsi sebagai antioksidan dan skin conditioning agent. Vit. E dapat memperkuat lapisan pelindung kulit (skin barrier) dan memberi kelembaban pada kulit.

Dilihat dari namanya pasti sudah bisa nebak teksturnya akan seperti apa. Nama produknya “Creamatte” cukup menggambarkan bahwa produk ini adalah lip cream. Teksturnya creamy, jauh lebih kental dibandingkan liquid lipstick. It has thick consistency tapi nggak lengket dan mudah untuk diratakan. 

Sesuai namanya, produk ini menawarkan hasil akhir berupa matte. Aromanya cenderung manis, mirip cake atau permen?? Saat diaplikasikan ke bibir aromanya nggak tercium lagi. Jadi tenang saja, nggak mengganggu hidung kok. Lipstiknya bisa diaplikasikan dengan mudah dan nggak gampang menggumpal.

review-emina-creamatte-mauvelous

Bibir akan terasa agak licin, basah dan akan terasa kayak ada lapisan ‘tebal’ diatasnya. Kamu harus menunggu lapisan ini kering dulu sebelum mengatupkan bibirmu. Waktu yang dibutuhkan untuk nunggu si lipstik kering bisa jadi berbeda-beda. Tergantung banyaknya lipstik yang diaplikasikan. Semakin banyak (e.g. full lips atau berlapis-lapis) bisa jadi semakin lama. 

Aku pribadi nunggu sekitar 30-40 detik jika mengaplikasikan satu bibir penuh. Setelah kering ternyata warnanya masih transfer sedikit ke gelas/sedotan. Dikit banget sih, nggak sampai bikin warnanya bolong-bolong.

review-emina-creamatte-mauvelous
Swatch Emina Creamatte Mauvelous
Pigmentasi dari shade Mauvelous ini bagus dan pekat. Satu kali celup sudah bisa untuk menutup seluruh warna bibir asliku. Saat di-layer berulang pun, warnanya tetap cantik tapi nggak akan jadi lebih tua/gelap. Jadi warnanya tetap sama, tapi  coverage-nya makin tinggi dan lebih menutup warna asli bibir. Setelah kering lip cream ini terasa ringan banget, kayak nggak pakai apa-apa. Permukaan bibir jadi halus dan terasa seperti ada serbuk bedak diatasnya.

Baca juga: Emina My Favourite Things Lip Color Balm (New Shades)

Ketahanan produk ini lumayan bagus. Saat dipakai makan makanan berminyak warna bagian dalam akan sedikit pudar. Kalo makanannya berkuah, sebagian besar warnanya akan luntur hanyut bersama kuahnya. Terutama pada bagian dalam bibir sedangkan bagian luar/pinggir bibir nggak banyak berubah. Tapi kalo cuma dipakai minum dan makan snack/cake sih, masih aman kok.  

Aku suka produknya yang pigmented, gampang diratakan dan terasa ringan di bibir walau ditumpuk berkali-kali. Aku juga suka produknya yang bisa menutup warna asli bibirku dengan baik tapi tetap mudah dibersihkan. Cukup bersihkan dengan kapas yang dibasahi two-phase makeup remover aja. Hanya perlu ditekan sebentar lalu diusap pelan, nanti warnanya akan hilang. 

Saranku, sebelum pemakaian lebih baik pakai lip balm dulu dan diamkan beberapa saat lalu hapus ‘sisa’ lip balm-nya tepat sebelum memakai Creamatte. Soalnya waktu aku coba pakai tanpa lip balm, bibirku terasa agak kering. Jadi pemakaian lip balm bisa membantu supaya bibir terasa lebih lembab. Jangan lupa juga melakukan lip care secara rutin supaya bibir tetap sehat sehingga hasil lipstik bisa optimal.

review-emina-creamatte-mauvelous

Tapi, kayaknya nih, aku salah pilih shade. Awalnya aku pilih shade ini karena lihat swatch di bibir orang lain terlihat cantik dan banyak juga yang suka. Eh, Mauvelous ini termasuk shade terfavorit diantara koleksi warna seri pertama bukan, sih? Aku termakan iklan hahaha. Pas aku coba di bibirku sendiri ternyata nggak sesuai harapan. 

Kalo di orang lain Mauvelous ini akan kelihatan pink mauve agak gelap, di bibirku malah kelihatan lebih muda. Padahal pas aku swatch di tangan (lihat foto sebelumnya), warnanya keluar sesuai dengan apa yang aku lihat di postingan orang-orang haha. Mungkin skin tone wajahku juga ikut berpengaruh kali yaa?
Nah, supaya produknya nggak kebuang sia-sia akhirnya aku kombinasikan warnanya dengan lipstik lain supaya nggak terlalu muda. Biasanya akan aku pakai dengan lipstik warna merah bata. Aku oleskan tipis diatas lapisan Creamatte pada bagian tengah bibir. 

Oh iya, kalo warnanya hilang setelah dipakai makan lebih baik jangan meratakan ulang warna yang tersisa. Solanya Creamatte ini bakal agak susah menyatu kalo sudah terlanjur kering. Jadi mendingan ditumpuk aja supaya warnanya full lagi.

review-emina-creamatte-mauvelous

Beberapa waktu lalu Emina sudah merilis koleksi terbaru Creamatte dengan varian warna nude. Koleksi Emina Creamatte new shades ini termasuk warna-warna favoritku. Aku tertarik buat coba tapi memang belum beli. Kalo ada kesempatan, aku akan beli dan review juga warna barunya :-D 

Well, despite the ‘wrong’ shade, aku cukup puas dengan formula dan hasil akhirnya. Aku rekomendasikan produk ini buat kamu yang butuh lipstik pigemented dan tahan lama tapi tetap ringan di bibir. Saat ini Emina Creamatte tersedia dalam 15 pilihan warna berbeda, jadi kamu bisa pilih sesuai dengan kegiatanmu. Pilihan warnanya cocok untuk sehari-hari, ke kantor, ke sekolah sampai ke pesta!

Apa kamu sudah pernah coba Emina Creamatte? Apa shade favoritmu? 

  pigmented
  creamy dan mudah diratakan
 bisa menutup warna asli bibir dalam satu kali aplikasi
 terasa ringan walau di-layer/ditumpuk berkali-kali
 variasi warna beragam
 mudah dibersihkan

 terasa agak kering jika dipakai tanpa lip balm

Rating: ★★★

Where to buy? Official Store, Market Place
Price? Rp. 47.500

32 comments:

  1. Warnanya cantik sih, cuma emang kayanya cocok sama skintone tertentu ya. Di skintone aku yang sawo matang sih udah pasti ga cocok hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitku lebih ke kuning langsat sebenernya. Aku ngerasa warnanya terlalu terang hahaha

      Delete
  2. warnanya cantik banget di bibir beb, duh aku jadi pengen beli nih, <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik sih cuma terlalu terang buat aku 😭

      Delete
  3. Favoritku ini yang Mauvelous hehe warnanya pas utk daily😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga tetap pakai ini buat sehari-hari tapi kudu dicampur sama warna lain 😅

      Delete
  4. Belum pernah coba satupun shade dr emina. Hehehe... karena ya warnanya terlalu bright buatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi warna yang terbaru nggak terang kok. Malah cenderung nude, banyak warna cokelatnya~

      Delete
  5. Warnanya baguuss.. blm pernah coba emina ini jadi pngen coba jugaa

    ReplyDelete
  6. Ini lipcream kesukaan adikku ak jg taunya dr dia trus aku coba juga😍😍

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka sama tekstur lip cream ini hehe

    ReplyDelete
  8. baru mau coba hahahahhah udah beli 4 warna sih, tapi oke banget nih review kamu bebb, thank you for sharing yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama! Anyway, kamu belinya banyak juga haha. Beli shade apa aja? 😆

      Delete
  9. Racun sociolla making banyak ya sis, gileee hhahahha #KBBVmember Carnellin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi ada promo diskon juga tuh sekarang hehehe

      Delete
  10. Shade favoritku dari jaman doeloe. Pertama kali beli shade ini karena kehabisan yg nomer 2, tapi lama-lama suka banget. Udah repurchase berkali-kali, love banget dah #KBBVmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sudah habis? Padahal isinya lumayan banyak lho ini 😂

      Delete
  11. Pas di swatch di tangan kayak gelap ya. Tapi pas di bibir baguuus, cerah.

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya warnanya sama-sama bagus tapi aku pribadi lebih suka swatch aslinya yang di tangan hehe

      Delete
  12. Warnanya bagus ya, aku belum cobain juga sampai sekarang produk bibirnya emina. Kayaknya banyak yang suka juga ya #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang suka. Apalagi ada tambahan koleksi warna terbaru yang nuansa nude gitu 😊

      Delete
  13. wah, aku jadi ingat punya ini tapi blom dicoba hahaaa blom di review juga #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, untunglah inget. Semoga produknya belum kadaluwarsa 😅

      Delete
  14. Lip cream lokal fav ak nih. Ak paling suka yg fuzzy wuzzy soalnya bgs buat base hikin gradient lips #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk base aku lebih suka pakai color lip balm-nya emina sih 😁

      Delete
  15. Emina creamatte shade mauvelous ini memang favorit banget lho. Di os ku juga laris banget yg warna ini. Hehe. #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terbukti memang banyak peminatnya ya mbak 😆

      Delete
  16. aq juga punya ini tapi yang seri lama hehe bagus warnanya #kbbvmember

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun tanpa nama/unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES