08 October 2018

Rekomendasi Sunscreen Lokal

rekomendasi-sunscreen-lokal

Apa kamu sudah baca blogpost tentang skincare untuk pemula yang aku upload minggu lalu? Kalo kamu sudah baca, pasti tau dong produk apa yang harus dan wajib dipakai karena fungsinya yang krusial? Yup, sunscreen. Produk ini harus sering diaplikasikan ke kulit setiap kali beraktivitas selama sinar matahari masih terlihat.


Aku mau kasih rekomendasi sunscreen lokal yang harganya terjangkau untuk kantong remaja. Semua produknya punya harga jual dibawah Rp. 50.000! Pembahasan kali ini nggak cuma tentang harga aja, tapi juga meliputi kandungan bahan aktif dan performa produknya. Tapi aku hanya akan menulis bahasan singkat. Ulasan selengkapnya bisa dibaca di blogpost masing-masing produknya ya~

rekomendasi-sunscreen-lokal


Kalo kamu butuh sunscreen yang Halal maka produk ini bisa jadi pilihanmu. Sunscreen dengan berat bersih 40 ml ini sudah lolos uji Halal MUI. Nama produknya memang ‘gel’ tapi teksturnya mirip lotion dan agak kental. Lebih kental dibandingkan gel tapi lebih encer dibandingkan krim. Kandungan fragrance masih tertulis sebagai salah satu bahan pada komposisinya. Aromanya sendiri cenderung segar ala buah-buahan tapi nggak menusuk hidung. Sunscreen Wardah mengandung beberapa bahan aktif yaitu Ethyhexyl Methoxycinnamate, 4-Methylbenzylidene Camphore dan Butyl Methoxydibenzoylmethane yang berfungsi sebagai filter sinar UVA dan UVB.

Bagi pemilik kulit berminyak mungkin akan kurang menyukai teksturnya karena mungkin akan terasa agak ‘berat’ di wajah. Tapi bagi pemilik kulit kering kayak aku, tipe sunscreen seperti ini pas banget. Terlebih lagi karena efek lembabnya yang cukup tahan lama. Karena didalamnya juga terdapat kandungan moisturizing agents yaitu Panthenol, Propylene Glycol dan Aloe Barbadensis Leaf Extract.

rekomendasi-sunscreen-lokal


Kalo kamu mnegira produk ini akan berbentuk gel, kamu salah. Nyatanya tekstur produk ini malah lebih mirip krim. Sunscreen La Tulipe yang sudah berlabel Halal MUI ini menawarkan perlidungan SPF 17 dengan tiga bahan aktif. Bahan tersebut adalah Ethyhexyl Methoxycinnamate, Benzophenone-3 dan Butyl Methoxydibenzoylmethane.

Good news untuk kamu yang nggak suka fragrance, sunscreen ini nggak mengandung parfum. Well, tapi tetap ada aromanya jadi nggak bener-bener scentless. Menurutku aromanya cenderung kimiawi yang mana kurang enak dicium. Untungnya nggak bertahan lama, setelah meresap aroma ini akan hilang sendiri. Selesai aplikasi kulit akan terlihat lebih sehat, plumper, somewhat dewy. Walau produknya berbentuk krim tapi tetap mudah meresap dan terasa ringan. Disisi lain, sunscreen ini punya kandungan antioksidan berupa Camellia sinesis Leaf Extract atau ekstrak teh hijau yang dapat meningkatkan kelembaban kulit.

rekomendasi-sunscreen-lokal


Wardah dan Emina berasal dari satu induk yang sama tapi ternyata mereka punya rasa produk yang berbeda. Jika dilihat dari komposisi dua produk tersebut terdapat bahan penyusun yang berbeda. Pada sunscreen Emina ini mengandung Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate sebagai bahan aktif.

Dibandingkan dua produk sebelumnya, Emina Sun Protection punya tekstur yang paling ringan. Teksturnya mirip lotion dan sedikit lebih encer. Aromanya cenderung segar mirip buah-buahan. Menurutku aromanya wangi banget. Masih akan tercium selama beberapa saat setelah aplikasi. Sunscreen ini cepat meresap dan nggak bikin kulit terasa lengket. Selain bahan aktif guna melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, produk ini juga mengandung emollient untuk menjaga kelembaban kulit.

Kelebihan dari ketiga produk tersebut adalah nggak bikin whitecast, bisa menyatu dengan warna kulit dan bisa digunakan dengan makeup. Kekurangannya, ketiga produk itu nggak waterproof. Jadi kurang cocok digunakan untuk kamu yang sehari-hari sering berinteraksi dengan air. Lapisan sunscreen-nya mungkin akan terbilas dan luntur. Meskipun begitu, kamu bisa lebih mudah mengaplikasikan ulang sunscreen-nya tanpa bikin wajah terasa greasy.

Setiap produk punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aku pribadi berpikir kalo nggak ada produk yang bener-bener 100% sempurna. Yang ada adalah produk yang kekurangannya bisa diterima dan dimaklumi oleh si pengguna. Jadi silakan cari sunscreen yang cocok dengan kondisi kulitmu. Kamu bisa baca review lengkapnya untuk tau pengalamanku dalam menggunakan tiga produk diatas.

Apa kamu tertarik mencoba? Atau, sudah pernah pakai ketiga produk tersebut? Share your thoughts below!

34 comments:

  1. aku lagi coba yang wardah nih, sejauh ini cocok di kulit muka aku heheh
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga seterusnya bisa cocok sama sunscreen-nya wardah yaa πŸ‘Œ

      Delete
  2. Aku masih pake sunscreen dari Skin Aqua sih belom berani nyoba yg lain takut gak nampol, hhee
    #kbbvmember *Elvina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak dicoba dulu nanti nggak bisa tau efeknya gimana mbak hehe πŸ˜…

      Delete
  3. wah pas banget minggu depan aku mau ke bali bisa jd referensi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo kena panasnya Bali kayaknya perlu yang lebih dari SPF 30 deh mbak ^^;;

      Delete
  4. Aku pake sunscreennya wardah sehari2 meskipun menurutku agak lengket... jadi penasaran nyobain yang emina setelah baca ini wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya nggak lengket bisa diangin-anginkan lebih lama atau bisa coba kombinasikan pakai moisturizer yang punya tekstur lebih ringan.

      Delete
  5. waaah kebetulan banget lagi cari sunscreen. kalau yang emina dia bikin berminyak kayak wardah juga ngga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kulitku sih nggak ya. Malah sunscreen Emina terasa lebih ringan dibandingkan Wardah.

      Delete
  6. Blm pernah cb satupun sunscreen nya nih hehe penasaran ama yg EminaπŸ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emina punya tekstur yang paling ringan~ Silakan dicoba! ^^

      Delete
  7. Sunscreenya chemical semua ya hehehe.. kalo aku lbh suka mineral sunscreennya innisfree yg no sebum. Btw yg La Tulip ada Benzophenone-3 itu kayaknya haram buat bumil & busui deh πŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, yang pakai benzophenone nggak cuma La Tulipe aja sih. Tapi kalo mau tau apakah boleh dipakai untuk bumil/busui sebaiknya konsultasi ke dokter aja. Supaya infonya lebih pasti hehe.

      Delete
  8. Wahh favorit ke si wardah sunscreen gel beb.. Bagus bangettt πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  9. terjangkau banget ih. kudu harus cobain deh setelah sunscreen ku habis.

    ReplyDelete
  10. Aku masih maju mundur banget mau beli emina, tapi kalo baca-baca review, yang paling light sih katanya emina, banyaak bener deh yang ngerekomendasiin emina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu punya tipe kulit yang cenderung berminyak mungkin akan lebih suka sama teksturnya si Emina, soalnya lebih ringan.

      Delete
  11. Kebetulan banget lagi cari2 sunscreen nih.. tp malah jdi galau antara wardah or emina..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dua-duanya aja mbak, biar bisa membandingkan performanya gimana~

      Delete
  12. Wah boleh nih dicoba klo lokal pasti gampang dibeli dimana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di mall atau bahkan minimarket juga sudah ada yang jual~

      Delete
  13. unik yah beb, padahal selama ini aku punya pemikiran kalau yang gel gel malah buat kulot berminyak tapi ini sebaliknya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalamanku, tekstur gel lebih ringan dan lebih cepat 'kering' jadi nggak terasa begitu lengket/berminyak.

      Delete
  14. Wah ngebantu bangett, aku jarang pake sunscreen. Ternyata ada yang harganya terjangkau yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mulai sekarang rajin pakai sunscreen! Ada banyak sunscreen yang murah dan nggak bikin kantong bolong hehe.

      Delete
  15. Ak pake sunscreen nyaa emina , ak suka krn ringan dan g lengket ^^ #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap setuju, rasanya memang ringan di kulit ^^

      Delete
  16. Dari ke-3 rekomendasi di atas, yg udah aku coba baru punya Wardah hahaha Sekarang udah ga berpaling dari Skin Aqua, cuma lagi pengen coba Biore juga sih #eaaa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru coba satu varian sunscreenya Skin Aqua kak. Enak sih dan pengen coba yang lain juga. Kalo yang Biore aku sudah coba tapi nggak cocok nih :(

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2018 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES