24 September 2018

Skincare Untuk Pemula: Harus Mulai Dari Mana?

skincare-untuk-pemula-basic-skincare

Halo!

Postingan pertama di seri Skin Talk ini aku mau bahas tentang langkah-langkah basic skincare atau skincare untuk pemula. Aku tulis ini buat kamu para remaja atau dewasa yang baru tertarik untuk merawat kulit atau baru ‘putus’ dari krim dokter dan pengen mulai kenalan dengan skincare routine. Aku harap tulisanku ini bisa membantu :-)


Aku newbie, nih. Apa itu skincare? Harus mulai dari mana, ya?

Itu pasti salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pemula. Nggak salah, kok. Aku juga dulu begitu, bingung harus mulai dari mana dan bingung harus pakai produk apa aja. 

Pada tulisan ini aku akan bahas step by step dari basic skincare dan rekomendasi produknya. Tenang aja, aku akan merekomendasikan produk yang gampang dicari di Indonesia kok.

STEP BY STEP
Step basic skincare sebenernya nggak banyak kok, cuma empat aja. Tujuan dari basic skincare ini adalah membangun ‘dasar kulit’ yang kuat jadi produk yang dipakai hanya produk yang paling dibutuhkan oleh kulit. Apa aja sih step-nya?

Cleansing > Toning > Moisturizing > Protecting

BE CONSISTENT
Oke sebelum aku mulai, aku mau kasih tau kalo you will have a long journey to go. Perjalanan menuju kulit yang cerah nan mulus nggak pernah instan. Produk yang kamu pakai butuh waktu supaya bisa bekerja di kulitmu. 

Hasilnya nggak bisa terlihat dalam 1 atau 2 minggu aja. Jadi supaya hasilnya maksimal kamu harus ekstra sabar dan konsisten. 

Karena produk sebagus dan semahal apapun nggak akan ngasih efek kalo nggak dipakai rutin.

Oke, sekarang lanjut ke masing-masing step-nya :-)

1 CLEANSING
Cuci muka adalah step paling dasar dari skincare routine. Setiap hari kulitmu tekena kotoran dan polusi jadi wajib dibersihkan. 

Apalagi kalo kamu pakai makeup. Tapi cuci muka dengan sabun aja belum cukup, lho. Kamu peru membersihkan wajahmu dengan double cleansing.

Apa sih double cleansing itu?

Prinsip double cleansing adalah membersihkan wajah dengan dua jenis produk cleansing yang berbeda. Produknya terdiri dari first cleanser berbahan dasar minyak (oil based) dan second cleanser yang berbahan dasar air (water based). 


skincare-untuk-pemula-basic-skincare

Sebaiknya kamu pilih cleanser yang nggak mengandung SLS supaya kulitmu nggak terasa ketarik atau terasa kencang setelah cuci muka. 

Varian produknya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

skincare-untuk-pemula-basic-skincare

Kalo kamu lebih suka untuk menggunakan cleansing water atau micellar water sebagai first cleanser, ya silakan. Jangan lupa, kapas yang digunakan harus benar-benar basah seluruh permukaannya. 

Setelah itu tetap harus cuci muka dengan sabun, oke? Di bawah ini aku punya beberapa rekomendasi cleansing water yang bisa kamu coba.


skincare-untuk-pemula-basic-skincare

  • Kapan perlu melakukan proses Cleansing?
Kamu wajib membersihkan wajah dengan double cleansing setiap kali selesai beraktivitas, terutama saat kamu menggunakan makeup dan sunscreen

Saat pagi hari, kamu bisa membersihkan wajah dengan cleansing water/micellar water dan atau face wash

Bisa pakai keduanya atau pakai salah satunya. Kalo kamu pakai micellar water aja untuk mengusap wajah, pastikan kamu tetap membilas wajahmu dengan air lagi setelahnya.

Pagi:

micellar water face wash > toner ATAU face wash > toner ATAU micellar water > bilas air > toner

Malam:

double cleansing > toner

2 TONING
Sama kayak cleansing, toning juga terbagi atas dua produk yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Bedanya terletak pada fungsi produknya. 

Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sedangkan hydrating toner berfungsi untuk mengembalikan dan memberi kelembaban pada kulit. 

Untuk pemula aku rasa belum perlu exfoliating toner sih, jadi sebaiknya kamu fokus dulu ke hydrating ya. 


  • Kapan perlu melakukan proses Toning?

Kamu bisa mulai menggunakan toner setelah mengeringkan wajah. Saranku pakailah handuk khusus untuk wajah atau tisu. 

Kalo pakai handuk, pastikan sering mengganti handuknya. Gunakan toner setiap pagi dan malam hari. 

Aplikasi tonernya bisa menggunakan kapas atau langsung dengan tangan. Terserah kamu lebih nyaman pakai cara yang mana. 

skincare-untuk-pemula-basic-skincare


3 MOISTURIZING
Fungsi utama dari moisturizer adalah untuk melembabkan kulit (obviously) dan mengunci kadar air dalam kulit. Produk moisturizer yang baik seharusnya membuat kulitmu nyaman, terjaga kelembapannya dan terlihat sehat. 

Jadi harus pintar dalam memilih produk yang tepat sesuai jenis kulit. Tekstur yang berbeda mungkin bisa ngasih sensasi berbeda juga.

Untuk jenis kulit berminyak, aku sarankan pakai pelembab yang teksturnya gel. Untuk jenis kulit kering aku sarankan pakai yang teksturnya cream, sedangkan untuk kulit normal/kombinasi bisa pakai yang teksturnya lotion

Karena masih pemula, aku rasa belum perlu untuk membedakan pelembab pagi dan malam. Kamu cukup pakai satu produk aja. 


  • Kapan perlu melakukan proses Moisturizing?

Kamu bisa mulai menggunakan pelembab segera setelah aplikasi toner. Gunakan pelembab rutin setap pagi dan malam hari. 

Kamu mungkin perlu menunggu beberapa menit sampai beberapa menit supaya moisturizer-nya meresap karena dia punya konsistensi yang lebih kental dibandingkan toner. 

Pastikan produknya sudah meresap sebelum lanjut ke step berikutnya. Aku pribadi biasanya memberi jeda sekitar 3 menit sebelum lanjut ke produk lain. 

skincare-untuk-pemula-basic-skincare

4 PROTECTING
Ini dia, sunscreen, produk paling penting di antara produk skincare lainnya. Kenapa? Karena fungsinya yang krusial yaitu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari hingga mencegah penuaan dini. 

Pemakaian sunscreen secara rutin bisa membantu mencegah munculnya garis halus (wrinkles). Jadi, pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen setiap hari, kapanpun, dimanapun!

baca juga: Rekomendasi 7 Produk Sunscreen Korea SPF 50+

Kamu bisa pilih sunscreen dengan tekstur gel, cream atau lotion. Pakailah sunscreen sebanyak 6 ruas jari tanganmu.  

Gunakan 15-20 menit sebelum terekspos sinar matahari atau sesuai petunjuk produk sunscreen yang kamu pakai. 

Jangan lupa juga aplikasi ulang setiap dua jam sekali dan setiap kali terbilas air. 

Kedengaran repot, ya? Tapi percaya deh, ini akan ngasih perubahan besar ke kulitmu. Soalnya kalo kamu sudah ikutin step 1 sampai step 3 tapi masih malas pakai sunscreen, sama aja bohong. 

Percuma dan sia-sia. Sekali lagi, jangan lupa pakai sunscreen!!


  • Kapan perlu melakukan proses Protecting?

Kamu bisa menggunakan sunscreen khusus saat pagi sampai sore hari atau saat sinar matahari masih terlihat. 

Kalo kamu pengen pakai makeup, kamu perlu menunggu sunscreen-nya kering dulu. Aku pribadi biasanya memberi jeda sekitar 8-10 menit sebelum pakai makeup

Catatan juga, sunscreen itu termasuk skincare dan skincare selalu dipakai lebih dulu sebelum mengaplikasikan makeup, bukan sebaliknya. 

Urutannya: toner > pelembab > sunscreen > mekeup (bedak / cushion / primer / foundie / blush / etc.).
skincare-untuk-pemula-basic-skincare

Cuma segitu aja step-nya, gampang kan? 

Rekomendasi produk diatas berdasarkan pengalaman pribadiku yang cocok menggunakan produknya. Tapi, mereka belum tentu cocok untuk kulitmu. 

Untuk tau produk apa yang paling cocok ya harus dicoba sendiri, ada trial-error-nya. 

Sebelum beli produk apapun coba biasakan cari review-nya dulu, entah dari baca blog atau nonton video. Oh ya, beberapa produk diatas juga sudah pernah aku review di blog ini. Kalo mau baca kamu bisa cari review-nya lewat search box

Produk yang sama di kulit yang berbeda bisa ngasih efek yang beda. Bahkan sekalipun jenis kulitnya sama, efeknya juga belum tentu sama. 

Kalo sudah coba banyak produk nanti kamu akan tau produk yang mana dan produk seperti apa yang paling cocok dan ngasih hasil terbaik ke kulitmu. Kuncinya harus sabar, konsisten dan jangan nyerah ditengah jalan.

Kalo ada pertanyaan silakan tanya lewat kolom komentar dibawah :-)  

Selamat mencoba!

12 comments:

  1. Banyak banget yg bilang klo sun screennya Emina & Wardah katanya bagus beb, aku pengen coba, mending coba yg mana duluan?

    ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini kedua produk itu hasilnya oke di kulitku. Tapi kalo dilihat dari harga, bisa coba emina dulu soalnya lebih murah 😂

      Delete
  2. Jujurnya dari semua step, pakai sunscreen yg aku ga rutin :(. Awalnya krn mikir aku kerja pagi2 buta, matahari blm terbit, pulang pas matahari jg ga ada. Selama di kantorpun dlm ruangan tertutup yg ga ada jendela. Ga pernah kluar makan krn selalu nitip ob. Tp ternyata baru tau kalo sinar matahari pun bisa tembus ke ruangan. Makanya aku telat mulai rutin pake sunscreen ini. Tp memang udh diniatin ga boleh lg lupa pake ini, kalo ga mau muka muncul bintik2 gelap :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fanny,
      Selama masih ada matahari sebaiknya tetap pakai sunscreen. Well, lebih baik telat mulai daripada nggak sadar samasekali. Mulai sekarang jangan lupa pakai sunscreen yaaa 😉

      Delete
  3. Wah makasih infonya mba. Aku termasuk newbie nih. Utk waktu pemakaiannya antara cleanser, mousturizer, itu gimna ya? Ada jeda waktu atau jadwalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Visya, makasih koreksinya. Info tentang waktu/jeda pemakaian produk barusan aku tambahkan. Kamu bisa baca lagi ya hehe 😅

      Delete
  4. Tampilan blognya rapi bgt siih.. nyaman bacanya...

    Dan untuk skincare itu memang yg double cleansing kadang ke skip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! Next time double cleansingnya jangan di skip yaa. Kulitnya harus dibersihkan dulu 😊

      Delete
  5. aku malah triple cleansing hahahhah soalnya kadang ada kotoran tersembunyi yang ga kena basuh, tapi kena toner jadi lebih bersih lagi sih. Ohya mau tanya, kalau udah pakai make up, gimana mengaplikasikan sunscreennya? apa dihapus dulu makeupnya? soalnya aktivitas aku kan seharian gitu di luar. kalau langsung ditumpuk di make up kan ga bisa juga ya? ini selalu jadi dilemaku. bagi ilmunya dong hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung makeupnya pakai apa aja. Kalo aku cuma pakaibedak aja, bisa langsung dibilas air > keringkan > re-apply sunscreen > pakai bedak lagi.

      Kalo lagi makeup pakai foundie dkk ya dihapus dulu. Pakai cleasning tissue atau micellar water > bilas air > keringkan > re-apply sunscreen > pakai makeup lagi. Atau gampangnya, tinggal re-apply bedak/bb cream/cushion/foundie yang ada SPFnya.

      Aku nggak tau apakah efek perlindungannya bisa sama atau beda. Aku pribadi lebih memilih untuk pakai produk yang memang fungsinya sebagai sunscreen. Jadi terserah kamu mau pilih opsi yang mana 😁

      Delete
  6. Wah aku belum pernah nyoba Emina Trace Less Oil Cleanser nih. Biasanya cuma pakai viva milk cleanser yang greentea sbg first cleanser. So far cocok sih, tapi pengen ganti yang oil/balm. Makasih sharingnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo pengen tau rasanya pakai oil cleanser bisa coba produk lokal dulu ^^

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan bukan akun anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2020 ICHA AMALIA - SOUTH-SKIN.COM | THEME BY RUMAH ES