13 August 2018

Wardah Lightening Night Cream Review

wardah-lightening-night-cream-review

Apa kamu membedakan pelembab yang digunakan saat pagi dan malam hari? Kalo aku sih iya. Belakangan aku pakai krim malam lokal dengan kandungan glycolic acid. Mungkin kamu juga sudah sering lihat produk ini, tapi gimana hasilnya ya? :-)


Aku pakai dua produk moisturizer yang berbeda, day cream dan night cream. Bahkan biasanya produknya berasal dari brand berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Night cream yang aku pakai lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu yang nggak bisa dilakukan produk day cream saat pagi hari. 

Produk ini diproduksi oleh PT Paragon Technology and Innovation yang juga memproduksi brand Emina dan Make Over. Produk ini sudah mendapat sertifikat Halal MUI, logo Halalnya bisa kamu temukan di bagian samping kardus. Deskripsi produk tertulis dalam 2 bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

UPDATE (20/11/2018)
Foto yang ada di sini sudah diganti dengan foto kemasan baru dengan resolusi yang lebih baik. Ada tambahan di bagian komposisi produk karena ada perubahan pada produk versi terbaru.


wardah-lightening-night-cream-review

Krim ini adalah perawatan lanjutan dengan kandungan AHA 2x lebih tinggi (dibandingkan krim step 1) yang bisa membantu membuat kulit tampak cerah alami. Terdapat 7 Actives White Complex + AHA dan Vitamin E yang membantu kondisi kulit tetap lembab dan ternutrisi sepanjang malam.

Produknya dikemas dalam bentuk tube plastik yang dilengkapi dengan kardus. Seperti pada seri Lightening Series lainnya, kemasan pada produk ini juga berwarna biru muda. Tutupnya berbentuk flip top berwarna putih. Krim malam ini tersedia dalam 2 ukuran yaitu tube berisi 20 ml dan jar berisi 30 g.


wardah-lightening-night-cream-review

Pada kardusnya tertulis nama, deskripsi, cara pakai, komposisi dan keterangan produksi. Tanggal kadaluwarsa bisa kamu temukan di bagian bawah kardus. Pada body tube hanya tertulis deskripsi produk dan exired date aja. Lightening Night Cream punya 2 jenis produk yaitu Night Cream Step 1 dan Step 2. Keduanya punya kemasan yang sama persis jadi perhatikan keterangan produknya ya supaya nggak tertukar.

Sesuai dengan petunjuknya, gunakanlah pada malam hari. Oleskan merata pada seluruh wajah yang telah dibersihkan kecuali area mata. Disarankan untuk menggunakan Step 1 sebelum lanjut ke krim Step 2. Kenapa? Karena komposisinya berbeda. Lengkapnya aku bahas di bagian Ingredients. Aku akan tulis komposisi lengkap krim Step 1 dan Step 2 untuk perbandingan. Supaya kamu juga bisa lihat perbedaannya apa aja.

Komposisi Wardah Lightening Night Cream Step 1
Aqua, Glyceryl Stearate, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Dimethicone, Aluminum Starch, Octenylsuccinate, Octamethylcyclotetrasiloxane, Cyclopentasiloxane, Glycolic Acid, Triethanolamine, Cetyl Alcohol, Stearyl Alcohol, PEG-100 Stearate, Polysorbate 60, Stearic Acid, Decamethylcyclopentasiloxane, Dimethicone Crosspolymer, Titanium Dioxide, Methylparaben, Propylparaben, Allantoin, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Tocopheryl Acetate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fragrance, Menthol, Dimethiconol, Fucus Vesiculosus Extract, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Carbomer, Glutathione, Polysorbate 20, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Palmitoyl Pentapeptide-4, Propylene Glycol, Potassium Iodide.

Komposisi Wardah Lightening Night Cream Step 2
Aqua, Glycolic Acid, Niacinamide, Glycerin, Glyceryl Stearate, Octamethylcyclotetrasiloxane, Triethanolamine, Butylene Glycol, Cetyl Alcohol, Aluminum Starch, Octenylsuccinate, Dimethicone, Stearyl Alcohol, Cyclopentasiloxane, Polysorbate 60, Stearic Acid, PEG-100 Stearate, Decamethylcyclopentasiloxane, Dimethicone Crosspolymer, Titanium Dioxide, Methylparaben, Propylparaben, Allantoin, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Tocopheryl Acetate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Menthol, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fucus Vesiculosus Extract, Dimethiconol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Carbomer, Glutathione, Polysorbate 20, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Palmitoyl Pentapeptide-4, Propylene Glycol, Potassium Iodide.

Bahan-bahan yang dipakai dalam kedua produk sama tapi ada perubahan pada urutan bahan.  Jadi ada perbedaan pada top 5 ingredients sedangkan bahan mulai Arbutin ke bawah urutannya masih sama. Perubahan yang paling mencolok adalah bergesernya posisi Glycolic Acid menuju urutan ke-2 dari yang sebelumnya ada di urutan ke-11. Berhubung posisinya berubah drastis pastinya persentase bahan juga semakin tinggi. Makanya kulit perlu kenalan dulu sama AHA di Step 1 yang punya konsentrasi lebih rendah sebelum pindah ke Step 2.

wardah-lightening-night-cream-review


Komposisi Wardah Lightening Night Cream (versi terbaru)
Aqua, Glycolic AcidNiacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Triethanolamine, Octamethylcyclotetrasiloxane, Glyceryl Stearate, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Stearyl Alcohol, Cyclopentasiloxane, Polysorbate 60, Stearic Acid, PEG-100 Stearate, Decamethylcyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, FragranceDimethicone Crosspolymer, Titanium Dioxide, Chlorphenesin, Allantoin, Tocopheryl Acetate, Menthol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Isopropyl Titanium Triisostearate, Dimethiconol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Propylene Glycol, Ulva Lactuca ExtractAcetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root ExtractAminopropyl Ascorbyl PhosphateScutellaria Baicalensis Root Extract, Carbomer, Glutathione, Polysorbate 20, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Palmitoyl Pentapeptide-4.

Posisi bahan di urutan lima teratas nggak banyak berubah, glycolic acid dan niacinamide tetap ada diurutan kedua dan ketiga. Bedanya, butylene glycol naik ke posisi kelima menggantikan glyceryl stearate. Perbedaan lainnya, pada versi terbaru ini ada tambahan Ulva Lactuca Extract dan sudah nggak ada kandungan paraben lagi. Sebagai gantinya ada kandungan pengawet lain yaitu phenoxyethanol dan chlorphenesin. Fungsi masing-masing aku deskripsikan di bawah ya. Kalo kamu mau lihat skor Acne/Irritant/Safety dari komposisi produk ini bisa langsung ke link ini (untuk versi lama) dan link ini untuk versi baru.

► Glycolic Acid
Marupakan salah satu jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang berasal dari tanaman. Manfaatnya dapat membantu mengurangi sel kulit mati pada permukaan kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan dini (aging) dan meningkatkan produksi kolage sehingga akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan plumper1. Jangan lupa gunakan sunscreen saat kamu memakai produk AHA karena kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Niacinamide
Sering dikenal sebagai Vitamin B3 (niacin) dan Nicotinic Acid atau Nicotinamide (NAA). Niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, menyamarkan penampakan pori-pori yang terlihat besar, menyamarkan garis halus dan mengurangi efek kusam pada kulit. Selain itu niacin juga punya fungsi sebagai anti inflammatory yang dapat efektif mengobati acne/jerawat.

Tocopheryl Acetate
Dikenal juga dengan nama Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan skin conditioning agent. Vit. E dapat meningkatkan efektivitas bahan aktif produk sunscreen, mengurangi radikal bebas akibat paparan sinar UV dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu juga dapat memperkuat lapisan pelindung kulit (skin barrier) dan memberi kelembaban pada kulit.

Arbutin
Arbutin dapat dibuat secara sintetis maupun dari ekstrak tanaman. Manfaatnya untuk membantu mencerahkan kulit (brightening uneven skin tone). Bahan ini merupakan alternatif yang lebih aman dari hydroquinone yang terkenal dapat memudarkan hiperpigmentasi. 


Aminopropyl Ascorbyl Phosphate
Derivat Vitamin C yang dikenal baik sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, mengurangi penampakan garis halus dan mencerahkan serta meratakan warna kulit.


► Phenoxyethanol
Dikenal juga dengan nama lain yaitu 2-phenoxyethanol. Fungsi utamanya sebagai preservatives, selain itu juga digunakan untuk mengstabilkan komponen parfum dan sabun. Sering digunakan sebagai pengganti paraben untuk mengawetkan produk dan mencegah pertumbuhan bakteri maupun jamur. Selain bisa dibuat secara sintetis, phenoxyethanol juga bisa ditemukan secara alami pada teh hijau. Menurut CIR phenoxyethanol aman untuk digunakan dalam kosmetik dengan konsentrasi < 1%. 


Clorphenesin
Preservative yang berguna untuk mengawetkan produk dengan cara mencegah pertumbuhan mikroorganisme sehingga tidak terjadi perubahan warna, perubahan aroma dan perubahan kualitas lainnya.

wardah-lightening-night-cream-review

Tekstur krimnya lebih cenderung ‘padat’ daripada creamy. Krimnya bewarna putih dan cepat meresap ke kulit. Nggak ninggalin rasa lengket dan bikin wajah terasa lembab. Begitu diratakan krimnya akan segera menyatu dengan kulit dan bikin seakan pori-pori terlihat lebih samar. Aromanya enak, wangi, segar dan cukup kuat. Bisa dilihat kalo posisi fragrance ada di tengah-tengah makanya wajar kalo wangi. Saat krim sudah menempel pada kulit aromanya akan menghilang. Jadi aku rasa ini nggak mengganggu.


wardah-lightening-night-cream-review

Satu tube 20 ml bisa digunakan selama +/-25 hari. Tube yang aku review kali ini adalah tube ke-4 yang aku pakai, tapi aku sempat berhenti di tube ke-3 sejak Januari lalu karena punya krim malam lain. Tube ke-4 ini baru aku pakai sejak akhir Mei. Sampai review ini tayang, aku masih melanjutkan pemakaiannya. Efek yang langsung terasa esok harinya adalah kulit (masih) terasa lembab dan bebas minyak. Sedangkan untuk pemakaian jangka panjangnya, aku merasa permukaan kulit lebih halus dan terasa kenyal.

Sejak awal pemakaian aku nggak merasakan adanya reaksi negatif. Makanya aku selalu repurchase produknya. Secara umum produk ini aman untuk digunakan setiap hari. Pada bagian cara pakai yang tertera di kemasan nggak ada larangan apapun selain petunjuk untuk menggunakan produk ini di malam hari. Ada atau tidaknya reaksi itu tergantung individunya. Oh iya, produk dalam kemasan jar setauku sudah nggak terbagi dua step lagi tapi dijadikan satu. Tapi untuk kemasan tube setauku masih ada dalam dua step. Jadi kalo mau coba bisa beli yang kemasan tube dulu. 

Sejauh ini selain permukaan kulit yang halus dan supple menurutku efek cerahnya juga terlihat walaupun cuma sedikit. Jangan berharap produk ini akan mengubah kulitmu dalam semalam karena nggak akan kejadian. Klaimnya adalah mencerahkan secara alami bukan memutihkan kulit. Aku nggak bisa jamin produk ini akan bekerja atau cocok di kulit semua orang. Kamu sendiri yang harus cari tau dengan coba produknya langsung.

Tertarik untuk coba? Atau sudah pernah coba? Gimana hasilnya? :^)


  ada kandungan glycolic acid, niacinamide & arbutin
  produk lokal jadi mudah ditemukan
  permukaan kulit lebih halus dan terasa kenyal
 melembabkan kulit selama tidur 
(walau saat bangun rasanya  nggak selembab saat malam)
 tersedia dalam 2 versi: step 1 & step 2

  belum nemu ^^;

Rating: ★★★★

Where to buy? Supermarket / Drug Store / Wardah Official Store
Price? Rp. 27.500 (20 ml); Rp. 44.000 (30 g)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES