04 July 2018

Sariayu Refreshing Toner #Jeruk Review

review-sariayu-jeruk-refreshing-toner

Dari sekian banyak brand skincare lokal, kayaknya aku masih jarang coba produknya Sariayu. Jadi mulai bulan lalu aku berniat untuk coba lebih banyak varian produknya dan bikin reviewnya. Dimulai dari Refreshing Toner ini, aku harap seterusnya akan ada banyak produk Sariayu yang bisa aku coba.


Jujur aja, aku tertarik sama produk ini karena packagingnya. Bisanya toner punya kemasan yang begitu-begitu aja tapi yang ini beda. Kalo kataku sih bentuknya mirip alu/pestle atau ulekan lah gampangannya hehe tapi kalo kata temanku bentuknya kayak mikrofon yang terbalik ^^; Setauku toner pembersih/penyegar Sariayu punya bentuk kemasan yang ramping. Mungkin ini versi kemasan terbaru kali, ya?

PRODUCT DESCRIPTION
Produk ini tersedia dalam 2 varian yaitu jeruk dan mawar serta tersedia dalam 2 ukuran yaitu 100 ml dan 150 ml. Varian jeruk berukuran 150 ml yang akan aku bahas disini adalah produk yang disarankan untuk pemilik kulit normal-berminyak dengan ekstrak Gardenia sebagai bahan utama. 

Sariayu Jeruk Refreshing Toner mengandung lime extract dan peppermint oil dan ekstrak Gardenia sebagai antioksidan. Menyegarkan wajah, meringkas pori-pori dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Produk ini hanya untuk digunakan sebagai pemakaian luar dan hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.


review-sariayu-jeruk-refreshing-toner

PACKAGING
Packagingnya berbentuk botol tabung yang semakin melebar ke bawah berwarna putih. Botolnya terbuat dari plastik dengan tutup flip top kuning. Pada bagian atas tutupnya ada gambar daun yang berwarna senada. Terdapat nama brand, nama produk dan gambar potongan jeruk pada bagian depan botol. Deskripsi produk, cara pakai, komposisi, tanggal kadaluarsa dan keterangan produksi bisa ditemukan di bagian belakang botol.


review-sariayu-jeruk-refreshing-toner

Pada bagian belakang botol juga bisa terdapat PAO produk dalam bentuk logo tutup terbuka di bawah keterangan produksi. Logo tersebut menyatakan bahwa produk ini sebaiknya digunakan (maksimal) dalam waktu 12 bulan setelah dibuka. Belum banyak produsen kosmetik lokal yang mencantumkan logo PAO, jadi menurutku ini poin plus tersendiri untuk Sariayu :-)


review-sariayu-jeruk-refreshing-toner

INGREDIENTS

Water, Alcohol, Glycerin, Sorbitol, Gardenia Jasminoides Leaf Extract, Phyllanthus Niruri Extract, Gardenia Jasminoides Flower Extract, Citrus Aurantifolia (Lime) Fruit Extract, Tocopheryl Acetate, Mentha Piperita (Peppermint) Oil, Polysorbate 20, Sodium Metabisulfite, Sodium Chloride, Sodium Sulfate, Phenoxyethanol, Sodium Benzoate, Chlorphenesin, Fragrance, CI 19140, CI 16255.

Bagi beberapa orang alkohol masih menjadi masalah. Mungkin ini termsuk bahan yang kamu hindari? Akupun juga sama, kalo bisa ya menghindari alkohol (sebagai bahan utama). Jujur aja, aku masih kesusahan mencari produk toner/astringent lokal yang bebas alkohol. Mostly akan ada alkohol atau sebangsanya.


Gardenia jasminoides Leaf & Flower Extract
Nama lokalnya adalah Kaca Piring, yaitu tanaman perdu dengan bunga berwarna putih yang sangat harum. Gardenia mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mengurangi efek buruk dari radikal bebas.

Phyllanthus niuri Extract
Nama lokalnya dalah Meniran Hijau dan mengandung antimicrobial agent.

Citrus aurantifolia Fruit Extract 
Lime extract diketahui mempunyai kandungan antioksidan. Namun juga diketahui dapat menyebabkan reaksi photosensitive saat digunakan pada kulit.

Mentha piperita Oil 
Peppermint mengandung menthol yang dapat memberi efek dingin (cooling effect) pada kulit dan dapat mencerahkan kulit kusam. Peppermint dapat mengurangi sekresi minyak, mencegah penyumbatan pori-pori dan mencegah munculnya jerawat.


WHEN & HOW TO USE
Produk ini adalah toner pembersih atau astringent. Caranya, tuangkan ke kapas (sampai benar-benar basah) lalu usapkan ke wajah. Aku pribadi pakai setelah cuci muka untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran yang mungkin belum terbilas. Lalu bilas muka sekali lagi dengan air.

THE PERFORMANCE
Satu hal yang paling noticeable dari produk ini adalah aroma jeruknya. Menurutku aromanya cukup menyengat. Sayangnya ini bukan jenis aroma fresh ala buah jeruk yang baru dikupas, tapi justru aroma kimiawi jeruk dan sudah bercampur dengan alkohol. Well, aroma alkoholnya sih nggak begitu tercium tapi tetap kerasa. Aku yakin dalam sekali cium pun pasti tau kalo toner ini ada alkoholnya. Aku pribadi sih kurang suka sama aroma semacam ini.

Toner ini berupa cairan berwarna kuning. Secair toner pada umumnya sih, kayak air. Hasilnya bisa membersihkan sisa-sia kotoran yang masih menempel di kulit. Saat diaplikasikan ke wajah, kulit akan terasa segar dan bersih. Tapi saat membersihkan area mata agak terasa pedih sedangkan untuk area bibir nggak ada masalah. Jadi saranku sih nggak jangan dipakai untuk mengusap area mata. Lebih baik pakai produk lain yang lebih gentle dan sudah terbukti aman untuk area sensitif seperti mata.

MY THOUGHTS
Sariayu Refreshing Toner Jeruk ini membersihkan sisa-sisa kotoran dengan baik, nggak bikin kulit terasa ketarik dan tetap terasa lembab setelahnya. Nggak menyisakan residu minyak yang bikin kulit terasa nggak nyaman, semuanya bersih tuntas. Selama pemakaian aku nggak mendapati masalah. Nggak ada iritasi kulit atau bahkan kulit yang break out. Sejauh ini produk ini masih cocok di kulitku.

Akhir-akhir ini aku lagi menghindari face wash di pagi hari jadi aku cuma pakai cleansing water dan air aja untuk cuci muka. Nah terkadang juga aku pakai di pagi hari. Walaupun ini bukan cleansing water sih tapi bisa dijadikan alternatif hehe. Efeknya kulit terasa lebih segar dan bebas dari minyak sisa skincare semalam.


review-sariayu-jeruk-refreshing-toner

Aku merasa klaimnya yang menyegarkan dan mengurangi kelebihan minyak di wajah terbukti. Memang terasa sega dan nggak terasa lengket, juga bisa membersihkan sisa cleansing milk tanpa membuat kulit terasa berminyak. Sedangkan klaimnya yang bisa meringkas pori-pori (tightens the pores) wajah belum aku rasakan. Pori-pori wajahku terutama di bagian yang paling kelihatan yaitu hidung, masih sama seperti sebelum menggunakan Sariayu Refreshing Toner Jeruk ini. Nggak ada perubahan.

Oh iya, kayaknya produk ini adalah re-packaging dari seri Refreshing Aromatic. Waktu aku cek ke website Sariayu nggak ada produk dengan nama Refreshing Toner, tapi ada produk dengan nama Penyegar Refreshing Aromatic. Keduanya punya deskripsi produk yang serupa. Selain perubahan kemasan, Sariayu juga melakukan perubahan pada komposisi produk tapi masih sama-sama menggunakan peppermint oil. Bahan kedua di produk versi lama adalah mineral oil sedangkan di produk ini adalah alkohol. Overall, aku rasa produk ini bekerja sesuai fungsinya walaupun nggak semua klaimnya terbukti. 


  membersihkan sisa clenasing milk dengan baik
  menyegarkan kulit
  nggak bikin kulit terasa kering/ketarik
  nggak meninggalkan residu & rasa lengket setelah aplikasi
 tercantum PAO di kemasannya

  aroma jeruknya menyengat
  masih ada kandungan alkohol
  terasa agak pedih saat dipakai di area mata

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Minimarket / Supermarket
Price? Rp. 11.000 (150 ml)

8 comments:

  1. Ini packaging barunya ya cha?, aku waktu itu beli yg kenanga masih packaging lama yg gepeng. Waha da keterangan PAOnya yah? Keren. Aku sih berharap suatu saat nanti smua produk ga cuma menyantumnya exp date aja tp juga nyantumin PAOnya karna ga bisa dipungkiri msh byk org yg ga paham tentang PAO, apalagi PAO tiap produk pasti beda2 kan? Aku aja ga apal semuanya hihihi

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kemasan baru kak. Bener tuh, masih jarang yg merhatiin PAO produk. Padahal penting juga 👌

      Delete
    2. PAO = Period After Opening, batas waktu penggunaan produk setelah produknya pertama kali dibuka.

      Delete
  2. Kayanya iya deh ini semacam re-packaging, saya pernah pake yang kemasan lama tapi gasuka soalnya muka saya jadi makin berminyak dulu.
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak orang yang ngira ini produk baru gara-gara kemasannya berubah ^^;

      Delete
  3. wah, masih ada kandungan alkohol tapi gak bikin kering ya ? Interesting nih #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak ngerasa kulitku makin kering selama pakai toner ini ^^

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Semua komentar dalam moderasi dan akan disetujui asalkan tidak berisi link/spam/promosi dan akun unknown/anonim :-)

Powered by Blogger.
COPYRIGHT © 2019 - SOUTH SKIN | THEME BY RUMAH ES