Etude House Dear Darling Tint MLBB #PK003 Review

10:08 AM

etude-house-dear-darling-tint-mlbb-pk003-review

Kayaknya bulan ini aku banyak review skincare ya. Sudah lama nggak review make up, terutama lipstick and friends. Jadi kali ini aku mau sharing tentang lip tint favoritku. I’ve been using it since 2013. Sejak packagingnya masih dengan tutup silver, sampai sekarang packagingnya berubah dengan tutup merah muda.

Back then, lip tint Etude ini booming banget. Aku masih ingat lip tint pertamaku, nama shade-nya Vampire Red. Dulu aku beli lip tint ini gara-gara keracunan review salah satu blogger. Tapi ya nggak nyesel sih, produknya memang bagus kok. Produk yang akan aku bahas adalah Etude House Dear Darling Tint shade #PK003 Sweet Potato Red, baca reviewnya sampai selesai ya. Siapa tahu kamu jadi keracunan dan ikutan beli juga hahaha. 

PACKAGING
Sejak tahun 2013 packagingnya nggak banyak berubah. Bentuk ‘wadah’nya masih sama, cuma tutupnya yang berubah warna. Kemasannya setinggi 11 cm dan terbuat dari plastik. Kamu bisa lihat warna asli produknya seperti apa dan isinya seberapa banyak. Tapi, dibandingkan dengan lip tint keluaran sebelumnya, badan si lip tint keluaran terbaru agak sedikit lebih pendek. Tutup produk keluaran terbaru berwarna merah muda. Kalo sebelumnya nama produk ditulis secara horizontal, keluaran terbaru ditulis secara vertikal. Model font yang digunakan juga berbeda dan tulisan terfokus di tengah-tengah. Kalo kamu juga pernah punya Dear Darling Tint model lama pasti tau deh.

Pada kemasan lip tint ini nggak punya banyak hiasan. Pada bagian depan ada nama produk dan nama brand. Pada bagian belakang, ada nama shade, barcode dan tanggal kadaluarsa. Overall sama aja kayak packaging lip tint pada umumnya. Aplikatornya cukup panjang dan juga nyaman digunakan.

etude-house-dear-darling-tint-mlbb-pk003-review

TEXTURE, COLOR & SCENT
Teksturnya cair tapi nggak watery, lebih mirip gel sih. I’m not really sure how to explain the texture lol. Pokoknya saat dioleskan dia nggak akan ngalir tapi tetap stay di tempat. Saat diaplikasikan ke bibir juga nggak terasa lengket. Tapi tetap, jangan langsung katupkan bibirmu. Tunggu dulu sekitar 3 menit supaya warnanya ‘set’ ke bibirmu. Kalo mau lebih cepat kering kamu bisa berdiri di depan kipas angin hehe.

Shade PK003 Sweet Potato Red ini memang beneran mirip warna sweet potato. Menurutku warnanya campuran antara ungu tua dan cokelat. Pigmentasinya lumayan. Walaupun dari packagingnya kelihatan kayak warnanya akan bold banget, ternyata nggak se-bold perkiraanku. Dibandingkan dengan versi Dear Darling biasa, versi MLBB ini lebih sheer. Tapi hal ini bisa jadi akan berbeda di bibir orang lain, bahkan juga bisa berbeda dengan pilihan shade lain.

Baunya mirip bau buah, as usual. Tapi bau buahnya nggak se-strong varian Dear Darling versi normal. Baunya enak kok, nggak menyengat samasekali.

etude-house-dear-darling-tint-mlbb-pk003-review


DURABILITY
Warnanya di bibirku terlihat lebih mirip lip gloss dibandingkan lip tint. Pemakaian dengan sekali aplikasi nggak akan bikin bibir kelihatan menor tapi kalo dilapisi berkali-kali warnanya akan kurang rata. Nggak bisa rata dan sebagus aplikasi pertama karena lapisan pertama sudah kering dan nempel di bibir. Warna di bibirku nggak bisa sebagus warna bibir model Etude House hahaha. Saranku kalo kamu ingin warnanya lebih bold, langsung aplikasikan ke bibirmu tanpa tunggu kering dulu. Langsung pakai yang agak banyak gitu. Setelah benar-benar kering, warnanya nggak akan transfer kemana-mana.


Pemakaian tanpa makan dan hanya minum dengan sedotan bisa bertahan hingga 5 jam. Warnanya akan tetap sama seperti saat aplikasi awal. Tapi, kalo kena air secara langsung warnanya bisa pudar. Saat dipakai makan, warnanya sebagian besar akan hilang terutama di bagian dalam bibir tapi tetap menyisakan stain. Saranku kalo kamu ingin aplikasi ulang setelah makan, lebih baik hapus dulu sisa lip tint-nya supaya warnanya lebih rata.



MY THOUGHTS
Cara pakai Dear Darling Tint versi South Skin adalah lip balmlip tintlip balm

Langkah pertama harus dan wajib pakai lip balm, tunggu minimal 5 menit sampai lip balm menyerap ke bibir. Kemudian hapus sisa lip balmnya dengan tisu. Langkah kedua, oleskan lip tint ke bibir yang sudah lembab dan tunggu sampai kering. Langkah terakhir, oleskan lip balm lagi tipis-tipis. Cara ini akan menyelamatkan bibirku saat berada di ruangan ber-ac selama 2 jam. Setelahnya kalo terasa kering tinggal oles lip balm lagi ^^

Baca juga: Lip Care Routine

Pastikan kamu pakai lip balm dulu ya. Jangan lupa juga scrubbing minimal satu kali seminggu. Kalo dipakai di bibir yang kering warnanya akan kelihatan aneh. Selama pemakaian, aku nggak merasa bibirku panas, cekit-cekit atau perih. Selama ini aman-aman aja. Etude House Dear Darling Tint bisa dengan mudah dihapus menggunakan micellar water, nggak perlu remover khusus.

Warna bibirku memang nggak rata antara bagian dalam dan luarnya. Warna bagian terluar memang lebih gelap. Nah, warna lip tint ini lebih nempel ke bibirku yang bagian dalam dan lebih cepat pudar pada bagian terluarnya. Jadi agak susah ‘ngakali’ supaya warna lip tint yang sheer ini bisa rata ke semua bagian bibir. That’s why lebih aman cari warna yang lebih bold. Kalo kamu juga punya masalah bibir yang sama kayak aku, mungkin bisa coba dua warna yang pernah aku pakai sebelumnya, yaitu:

  • Dear Darling Tint – Vampire Red (versi lama, nggak tau masih ada atau sudah discontinue)
  • Dear Darling Tint – Plum Red (versi sebelum MLBB, masih diproduksi)

Overall, aku suka produknya dan aku pasti akan beli lagi tapi next time aku akan beli varian warna lain. Kayaknya bibirku lebih cocok sama varian warna Old Red-nya dibandingan warna MLBB Red begini. Bukan salah produknya, tapi salah bibirku ahahaha. Kalo warna bibirmu sudah rata, it will looks pretty on your lips.

Kesimpulan terakhir, ini bukan lip tint yang bisa kamu pakai seharian tanpa touch up :-)

etude-house-dear-darling-tint-mlbb-pk003-review

Kamu sudah pernah coba lip tint dari Etude House? Kalo pernah coba dan menurutmu daya tahannya bagus, boleh banget tulis rekomendasinya di bawah. Aku juga mau coba! :-D



✿ pilihan warnanya menarik
✿ teskturnya nyaman di bibir
✿ baunya enak!
✿ daya tahan hingga 5 jam
✿ mudah dibersihkan

✿ wananya nggak begitu bold
✿ akan pudar jika kena air

[Formula] ★★★☆☆
[Texture] ★★★★☆
[Scent] ★★★★★
[Color] ★★★☆☆
[Durability] ★★★★☆
[Overall] ★★★★☆

Where to buy? Etude House official store / Online shop.
Price? Rp. 50.000

You Might Also Like

2 comment(s)

  1. Aku pernah beli ini,tp yg travel size yg sachet’an gituu..


    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yang sachet ya, coba beli yang full size deh hehe 😄

      Delete

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Maaf, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik 'notify me' supaya bisa tau balasanku :-)