My Diet Story: Pengalaman Diet | Turun 3 kg dalam 8 hari

1:58 PM


Hai, kali ini aku bukan mau kasih review produk tapi mau cerita pengalaman dietku di tahun 2017. Ini bukan pertama kalinya aku diet. Sebelumnya pernah beberapa kali tapi kali inilah yang hasilnya paling bagus dan memuaskan. Aku bukan diet expert atau nutrition expert ya. Aku juga nggak belajar di bidang ini secara profesional. Apapun yang aku tulis disini murni berdasarkan pengalamanku aja dan nggak disponsori oleh brand manapun. Nanti aku juga akan kasih beberapa foto makanan/minuman yang aku makan/minum dan resep makanan yang aku makan. Tujuan utama post ini adalah untuk curhat, jadi bakal panjang banget dan akan lebih banyak tulisannya dibandingkan foto. Selamat membaca :-)

First of all I want to share my body condition. Tinggi badanku 158 cm, terakhir ngukur kelas tiga sma which is lima tahun lalu. Tapi kayaknya ya nggak makin tinggi juga sih haha. Berat badanku sejak awal sma selalu stabil rata-rata 50 kg. Berat badan ini masih aku jaga sampai aku masuk kuliah. Caraku menjaga berat badan dengan cara jaga makanan. Ini berpengaruh banyak, serius deh. Walaupun aku jarang olahraga, beratku tetap stabil asal nggak makan yang aneh-aneh. Aku punya keturunan diabetes dan tekanan darahku rendah. Karena itu aku sangat menjaga asupan gula. Nggak boleh terlalu banyak tapi juga nggak menghindari gula. Kalo terlalu banyak aku takut berpengaruh ke diabetesnya tapi kalo nggak makan gula samasekali bisa bikin pusing. Gula disini maksudnya gula dari makanan manis/minuman manis ya. 

Secondly, I want to share my environtment condition. Selama sekolah sma aku tinggal satu rumah dengan orang tua. Semua makanan dikendalikan oleh mamaku hahaha. Makanan/minuman yang kami makan/minum aman dan nggak ada yang aneh-aneh. Nah kondisi ini berubah waktu aku masuk kuliah. Aku kuliah di luar kota dan pulang ke rumah hanya beberapa kali dalam jangka waktu tertentu. Pola makan dan tidur juga ikut berubah. Selama satu tahun pertama kondisi badan nggak banyak berubah. Berat badan naik turun tapi masih normal antara 50-52 kg aja. Masuk ke tahun kedua kuliah, jadwal kuliah dan tugas jadi semakin padat. Nah disini badanku juga mulai berubah. Nggak tau gimana tiba-tiba waktu nimbang berat badanku jadi 57 kg :-( Maka dari itu aku memutuskan harus diet. Horror banget kan tiba-tiba naik 5 kg -_- Aku akui selama kuliah memang makananku nggak aku jaga. Asal makan alias makan apa aja yang ada. Goreng berminyak oke, daging berlemak oke, burger, pizza, soda oke, pokoknya semuanya oke. Waktu untuk olahraga juga minim banget. Selama sma aku masih sempat jalan kaki atau naik sepeda keliling komplek tiap weekend, tapi selama kuliah belum pernah sempat olahraga kayak gini. 

Sejauh ini aku udah pernah tiga kali diet. Yang pertama kali di tahun 2014, kedua di akhir 2016 dan yang ketiga di tahun 2017 ini. Cerita dietku di tahun 2014 aku tulis di buku (foto ada di bawah). Diet ini berjalan selama tujuh hari dan nurunin berat badanku ke 55 kg. Berat badanku memang turun tapi bikin sakit jadi aku anggap ini nggak berhasil. Akhir Desember 2016, aku mulai diet lagi tapi sayang nggak ada dokumentasinya. Awalnya gara-gara ngerasa celanaku agak sempit gitu. Ternyata waktu nimbang memang berat badanku naik jadi 56 kg haha. Kali ini dietnya berhasil!! Selama 12 hari aku bisa nurunin 2 kg! Dietnya tetap aku lanjutin sampai berat badanku kembali ke 50 kg. Then time flies and its 2017 already. Pertengahan tahun 2017 ini aku sibuk ngurusin skripsi. Teman-temanku banyak yang bilang kalo waktu ngerjain skripsi nggak kurus itu sayang banget. Karena bakal banyak pikiran dan banyak yang harus disiapkan jadi bikin kalori yang kebuang juga banyak. Kejadian di aku malah kebalikannya lol. Berat badan malah naik karena makan sembarangan dan tidur nggak teratur. Nah karena urusan skripsi ini beratku naik jadi 53 kg haha. So aku diet lagi, selama delapan hari dan berhasil nurunin 3 kg!! So far, inilah yang hasilnya paling bagus. Lebih singkat daripada dietku sebelumnya dan jumlah kg yang hilang lebih banyak plus nggak bikin sakit (✿˵◕ ɜ◕˵)

Di bawah ini adalah short resume tentang dietku.

 2014 
Concept : increasing the frequency of eating into 5 times a day, cutting the calories intake into max. 1000 kcal per day, no more food above 7 PM.
Foods : rice, instant food (nugget), chocolate milk, green tea, sometimes chicken/meat.
Exercise : squats jumps. rope jumps, walking, dancing. 

 2016 
Concept : cutting the calories intake to max. 1000 kcal per day, eat whenever and whatever I want, exercise more.
Foods : rice, bread, eggs, oatmeal, fruits (banana/pear/mango), chicken, diet tea, green tea, lots of water BUT no meat, no salty/oily snacks & no soda.
Exercise : walking, dancing, zumba.

 2017 
Concept : cutting the calories intake to max. 1000 kcal per day, eat whenever and whatever I want without rice, drink a lot of water, exercise more.
Foods : eggs, tofu, tempeh, eggplants, meat, juice, green tea, water, fruits (pear/watermelon) BUT no salty/oily snacks & no soda.
Exercise : walking, dancing, zumba

buku diet journal tahun 2014
Diet pertama tahun 2014 aku banyak konsumsi nugget. Alasannya karena kalorinya rendah. Nasi + nugget ayam seingatku hanya sekitar 150 kcal. Susu milo kalorinya sekitar 140 kcal. Waktu ngejalanin diet ini aku pake aplikasi yang bisa ngitung kalori makanan/minuman, namanya myfitnesspal. Bisa download gratis di google play. Aplikasi ini bisa otomatis ngehitung jumlah kalori makanan per jenis dan per kuantiti jadi lebih mudah dibandingkan hitungan manual. Kalo makanan/minuman yang kamu pilih belum tersedia di database mereka, kamu bisa daftarin pake barcode. Ini aplikasi terbaik sih, ngebantu banget. Selama tujuh hari diet aku hanya olahraga dua kali. Oh ya kalo belum tau cara baca jumlah kalori dari label makanan/minuman bisa baca artikelnya alodokter ini.



Diet kedua di tahun 2016 memang nggak ada dokumentasinya. Jadi seingatnya aja ya. Aku tetap pake aplikasi yang sama untuk ngehitung jumlah kalori yang aku makan. Selama 12 hari, aku banyak makan roti isi. Ini ngikutin resep dari Seonkyoung Longest di youtube. Tujuan resepnya memang bukan untuk diet tapi gizinya cukup karena ada variasi bahan. Walaupun kalorinya lebih tinggi dibandingkan nasi+nugget (dalam sekali makan). Resep aslinya punya kalori 3552 kcal tapi yang aku makan kalorinya sekitar 400 kcal kalo nggak salah. 

Berat badan : (awal) 56 kg | (akhir) 50 kg.
Kecepatan : 2 kg dalam 12 hari, totalnya 6 kg dalam 48 hari.
Waktu : 12 hari selama 4 bulan. Setiap tanggal 1-12 aku diet, tapi di tanggal 13-30 boleh bebas makan.
Periode : akhir Desember 2016 s/d April 2017.

Maksudnya, selama 12 hari beratku turun 2 kg dan aku melakukan diet ini selama 4 bulan berturut-turut. Dalam satu bulan hanya diet selama 12 hari sedangkan 18 hari sisanya aku makan biasa. Nggak membatasi kalori tapi tetap menghindari gorengan dan soda. Berat badanku kembali lagi ke 50 kg setelah 4 bulan diet. Memang sengaja aku selingi supaya badanku nggak kaget.




 RECIPE #1 : Roti Isi (~400 kcal)
Resep asli bisa dibaca di blognya Seonkyoung. Bahannya udah aku modifikasi jadi lebih sederhana. Satu prosi roti isi ini biasanya untuk dua kali makan dengan selang waktu dua jam.
✿ 2 lembar roti, aku pake roti kupasnya sari roti.
✿ 1 telur ayam, didadar tanpa garam.
✿ 1 sosis sapi, aku pake sosis bernardi (dikukus) atau sosis instant so nice/kimbo.
✿ 25 gram kubis, potong tipis memanjang.
✿ 2 sdm/1 sachet saus cabe, aku pake saus sambal sasa.
✿ 2 sdt gula pasir.

Selain roti isi aku juga banyak makan buah terutama pisang, mangga dan pir. Sehari makan satu macam buah. Aku minum teh hijau seperti biasa, dua gelas sehari tiap pagi dan malam sebelum tidur. Aku juga minum teh khusus diet dari mustika ratu, setiap setelah makan berat (nasi/roti). Aku juga coba makan oatmeal. Ini pertama kalinya aku makan oatmeal. Awalnya ragu untuk beli karena aku nggak suka makan energen. Well energen dan oatmeal punya bentuk yang sama kan hahaha. Tapi kalo udah tau mau dimasak jadi apa bakal lebih enak makannya. Resep modifikasi oatmeal yang ada dibawah itu yang pernah aku coba ya. Aku nggak suka makan oatmeal yang manis (campuran susu/madu) lebih suka oatmeal gurih.



 RECIPE #2 : Oatmeal (~170-275 kcal)
1 ) with egg soup | 230 kcal
✿ 4 sdm oatmeal, aku pake quaker.
✿ 1 telur ayam.
✿ 1 sdt bubuk cabe, aku pake bon cabe.
✿ garam.
================
✿ pecahkan telur di air mendidih, aduk hingga telur menyebar.
✿ tuang oatmeal, masak hingga matang.
✿ tambahkan bubuk cabe dan garam, aduk

2) with meat | 275 kcal
✿ 4 sdm oatmeal.
✿ 50 gram daging sapi tanpa bumbu, potong kecil-kecil.
✿ 1 sdt bubuk cabe.
✿ garam.
================
✿ masak oatmeal dan daging secara terpisah.
✿ rebus daging dalam air yang diberi garam selama 40 menit.
✿ seduh oatmeal.
✿ tambahkan bubuk cabe, aduk.
✿ tambahkan daging.

3) with corn soup | 190 kcal
✿ 4 sdm oatmeal.
✿ 12,5 gram bubuk sup jagung, aku pake royco.
================
✿ masak sup jagung hingga setengah matang (belum mendidih).
✿ tuang oatmeal, masak hingga matang.

4) plain oatmeal | 150 kcal
✿ 4 sdm oatmeal.
✿ 1 sdt bubuk cabe.
================
✿ seduh oatmeal.
✿ tambahkan bubuk cabe, aduk.


Slimming tea-nya mustika ratu nggak banyak ngasih pengaruh. Efeknya nggak kelihatan. Nggak ngerasa ada perubahan selain bikin lebih cepat kenyang (karena kebanyakan minum haha). I think it's better to have a balanced diet. Ah iya, aku juga punya satu aplikasi lagi yang bisa bantu diet. Pacer, namanya. Aplikasi ini bisa ngehitung berapa kalori yang dibakar sekaligus jarak yang ditempuh saat jogging/running. Aku suka banget sama aplikasi ini, bikin semangat karena kelihatan berapa kalori yang kebakar hahaha (〃‿〃✿)




Diet ketiga di tahun 2017 aku jalani selama 8 hari, mulai 11/09-18/09. Aku nimbang berat badan hanya diawal (11/09) dan diakhir (tgl 19/09). Kali ini aku nggak cuma ngukur berat badan tapi juga lingkar pinggang. Berat badan awal 53 kg, lingkar pinggang awal 80 cm. Kalo belum tau lingkar pinggar itu bagian mana, bisa baca artikelnya wikihow ini. Khusus ini aku punya list makanan apa aja yang aku makan selama 8 hari (foto ada dibawah). 

Supaya termotivasi aku pasang wallpaper hp pake foto joy red velvet hahaha. Suka sama badannya yang nggak terlalu kurus dan kelihatan sehat gitu *semoga bisa kayak gini*. Ada satu quotes tentang diet yang aku suka :

Nothing tastes as good as skinny feels

Aku udah nggak pake aplikasi myfitnesspal untuk ngehitung kalori harian. Pake itu hanya untuk cari tau jumlah kalori makanan aja. Pacer masih aku pake setiap kali jalan kaki, kemana aja, dekat atau jauh. Kali ini aku banyak minum air putih dan usahakan selalu minum teh hijau setiap hari. Udah stop minum teh diet dan lebih sering olahraga (dance/zumba). Joggingnya cuma sempat dua kali aja. 

 Air Putih | Teh Hijau
✿ 400 ml-700 ml sebelum makan.
✿ 350 ml ditengah makan.
✿ 350 ml setelah makan.
✿ 400 ml teh hijau setelah makan (minimal 1x sehari).



Aku usahakan selalu zumba/dance setiap hari selama minimal 30 menit. Ada banyak tarian zumba yang bisa dicoba, bisa lihat disini. Kalo aku sering ikuti tarian zumba-nya ini dan ini. Dance-nya aku sering lihat koreografi dari girl group korea sih hehe. Tapi karena memang dasarnya badanku nggak elastis jadi aku cari yang gampang diikuti hahaha. Paling favorit koreonya sistar shake it dan snsd the boys, Selain itu aku juga biasa ikuti dance-nya Marshall. Kalian bisa cari lagu yang kalian suka. Kalo aku paling suka sama video ariana grande - into you, rihanna-work dan justin-sorry. Linknya bisa dicari sendiri lah ya di youtube hehehe (˵◕ ʚ ◕˵✿)
September diet meal list

Berat badan : (awal) 53 kg | (akhir) 50 kg.
Lingkar pinggang : (awal) 80 cm | (akhir) 78 cm.
Kecepatan : 3 kg dalam 8 hari.
Waktu : 8 hari.
Periode : 11 Sep s/d 18 Sep 2017.

 RECIPE #3 : Sup Tahu Telur (175 kal)
✿ 100 gram tahu putih.
✿ 1 telur ayam.
✿ 1 sdt bubuk cabe, aku pake bon cabe.
✿ garam.
================
✿ masak telur dan tahu terpisah.
✿ pecahkan telur di air mendidih, aduk.
✿ rebus tahu, tambahkan garam di air rebusan.
✿ tuang tahu matang ke mangkuk telur.
✿ tambahkan bubuk cabe, aduk.

 RECIPE #4 : Tumis Tahu/Tempe (267/286 kal)
✿ 100 gram tahu putih / 50 gram tempe.
✿ bawang merah, bawang putih.
✿ cabe (opsional)
✿ 1 sdm kecap manis.
✿ 1 sdt bubuk cabe.
✿ 1 sdt gula.
✿ garam.
✿ 1 sdm minyak goreng.
================
✿ tumis bawang merah, putih, cabe, garam, gula.
✿ masukkan tahu/tempe yang sudah matang.
✿ tambahkan kecap dan bubuk cabe, aduk.

Makanan yang paling aku hindari selama dua diet terakhirku (2016-2017) adalah gorengan dan soda. Selain itu juga nggak makan martabak dan terang bulan yang biasanya aku makan tiap weekend. Menghindar dari nongkrong cantik dan cup coffee yang baunya sangat menggoda iman. Nggak makan junkfood juga, say goodbye to kfc and a&w dan rela nahan buat nggak ambil pizza yang dibeli housmateku. Penuh perjuangan hahaha ヽ༼ຈل͜ຈ༽ノ. Pada akhirnya bisa berhasil dan sesuai target!

Setelah 8 hari diet dan berhasil nurunin 3 kg, aku berhenti. Hari selanjutnya makan seperti biasa tanpa batasan kalori. Maksudnya aku udah nggak ngehitung asupan kalori yang aku makan gitu. Walaupun makannya juga nggak berlebihan sih. Mungkin badanku udah terbiasa hahaha. Porsi makanku jadi lebih sedikit dibandingkan sebelum mulai diet. Kebiasaan minum air dan teh hijau masih aku jalani. Aku makan nasi lagi, makan ayam, makan daging, makan cake, donat tapi nggak makan junkfood dan soda. Olahraganya jadi lebih jarang, paling dua kali seminggu aja.

Berhasil atau nggak-nya diet tergantung tubuh masing-masing. Mudah atau sulitnya berat badan untuk turun tergantung dari metabolisme tubuh. Setiap orang punya cara kerja tubuh yang berbeda. Diet yang berhasil di aku belum tentu berhasil di tubuh orang lain, begitu juga sebaliknya. Cari cara diet yang sesuai sama tubuh memang nggak gampang. Aku sendiri baru nemuin yang paling pas setelah 3 tahun haha. Honestly, aku bukan tipe yang bisa nggak makan nasi samasekali lho. Tapi ajaibnya di diet yang terakhir bisa berhasil dan sehat-sehat aja. Nggak lemes, nggak pusing, fit as usual. Mungkin karena aku nggak memaksakan olahraga yang berat kali ya. Yang paling penting harus tau batas dan harus kasih tubuh waktu untuk beradaptasi. Harus tau kapan waktu untuk berhenti (diet) dan waktu untuk memulai (diet) lagi. Saranku sih, jangan memaksakan diet dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus. Kasihan badannya hehe.

Kayaknya ini akhir dari curhatan dietku, finally hahaha. See you later! (⁄ ⁄◕⁄‿⁄◕⁄ ⁄✿)

You Might Also Like

0 comment(s)

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Sorry, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)