Mentholatum Acnes Tea Tree Oil Clay Mask Review

8:57 PM

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

Masker ini adalah jawaban untuk kalian yang pengen coba clay mask tapi dompet lagi tipis banget.  Aku termasuk pengguna setia produk dari Acnes, tapi baru kali ini aku tau ternyata mereka juga punya produk masker hahaha. It's my first time to try local clay mask and the result is pretty good. So let's jump into the review! 

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

Aku beli masker ini waktu wandering di Carrefour. Niatnya mau beli masker Mustika Ratu tapi malah berakhir beli dia haha. Harganya lebih mahal dari masker lokal lainnya yaitu Rp. 33.000 untuk 50 gram. Bahkan aku pernah lihat di supermarket lain yang harganya Rp. 40.000. Perbedaan harganya lumayan banyak ya. Harus hati-hati nih buat yang mau beli masker ini. Coba bandingkan dulu antara satu tempat dan tempat lainnya.

 PACKAGING
Kemasannya terbuat dari plastik berbentuk tube dengan kombinasi warna putih dan hijau khas Acnes. Tutupnya berbentuk flip top yang bisa dibuka-tutup dengan mudah. Kamu bisa menemukan nama produk pada bagian depan kemasan dan deskripsi hingga komposisi produk di bagaian belakang kemasan. Tanggal kadaluarsa produk bisa dilihat pada bagian teratas kemasan.

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

 PRODUCT DESCRIPTION
Masker ini menyatakan dapat membersihkan kotoran, merawat kulit berjerawat, mengontrol minyak berlebih dan membantu merawat tekstur kulit. Produk ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama untuk kulit berminyak dan kasar. Kelebihan dari produk ini adalah mempunyai 3 multi actions, yaitu:
  • Cleans away dirt
  • Oil control & acne care
  • Helps treat skin texture

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review


 INGREDIENTS
Tiga bahan utama (selain air) dalam masker ini adalah butylene glycol, bentonite dan kaolin.  Bahan butylene glycol cukup sering aku sebut di postingan review produk skin careku sebelumnya. Bahan ini dipastikan selalu ada disetiap varian masker yang aku pakai. Wellbutylene glycol memang terkenal dengan fungsinya sebagai skin conditioning yang dapat melembabkan kulit. Maka dari itu dia selalu jadi bahan utama. Fungsi pemakaian masker yang paling penting itu untuk melembabkan kulit. Kalo malah kasih efek yang sebaliknya ya mending nggak usah pakai, kan? Hehe. 

Nah, beda lagi nih dengan dua bahan selanjutnya. Aku sendiri baru nemuin mereka berdua (sebagai bahan utama) di masker ini. Fungsi utama keduanya hampir sama, yaitu sebagai agen penyerap yang dapat menyerap kotoran dan minyak berlebih. Spesifikasinya, bentonite berfungsi sebagai agen yang membawa kotoran ke permukaan kulit, sedangkan kaolin berfungsi sebagai bahan yang dapat mengobati peradangan kulit. Adanya kombinasi ketiga bahan tersebut tentu dapat membersihkan kotoran dan merawat kulit berjerawat seperti pada klaim produk ini. 

Nggak cuma itu aja, ternyata masker ini juga punya kandungan bahan yang bekerja khusus. Bahan tersebut adalah Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil dan citric acid. Seperti namanya Tea Tree Oil Clay Mask, pastinya masker ini punya kandungan tea tree oil dong ya. Fungsi tea tree oil adalah sebagai antioksidan sekaligus bahan yang dapat melawan jerawat. Citric acid sendiri punya fungsi sebagai penyeimbang pH sekaligus anti-aging! More than that, juga ada kandungan Aloe barbadensis leaf extract that will help to soothing the skins.

 HOW TO USE
Cara pemakaiannya dalah dengan mengoleskan krim maskernya ke seluruh area kulit wajah kecuali mata dan bibir. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Saran pemakaiannya seminggu dua kali, tapi aku pakai setiap dua hari sekali. Selama satu bulan percobaan pertama, aku rutin pakai seminggu tiga kali setiap malam (sebelum night skincare).

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

 THE PERFORMANCE
Warna maskernya hijau muda, tekturnya kental seperti masker pada umumnya. Ada baunya, kalo aku bilang sih mirip bau obat yang rasa mint gitu. Slightly scented kok, nggak mengganggu samasekali. Berbau hanya diawal aja (waktu dioles ke wajah) setelah itu baunya hilang sendiri.

Awalnya aku kira masker ini akan punya hasil akhir dengan tekstur keras karena tipenya clay mask. Ternyata salah. Tekstur maskernya nggak banyak berubah setelah mengering di wajah. Nggak jadi keras dan kaku seperti masker pada umumnya. Rasanya lapisan maskernya menyatu sama kulitku, jadi kalo megang wajah nggak kerasa basah gitu. Hmph I don't know how to explain those feeling. Warnanya juga nggak berubah, tetap hijau sebelum maupun setelah kering. Karena ini juga aku berani pakai maskernya lebih sering dari saran pemakaian. Maskernya nggak bikin kulit ku kering/kaku ^^


Saat dibersihkan aku baru nyadar kalo masker ini punya butiran yang seperti scrub tapi sedikit sekali. Mungkin kalo langsung dibilas tanpa memijat wajah nggak akan kerasa. Menurutku lebih enak dibilas dengan air hangat karena lebih cepat hilang dibandingkan air biasa. 

 MY THOUGHTS
Hasilnya setelah sekali pemakaian wajah terasa lebih lembab. Iya cuma lembab aja. Setelah satu bulan pemakaian, aku merasa Acnes Tea Tree Oil Clay Mask bisa membantu jerawatku jadi lebih jarang muncul. Selama pemakaian ini aku sering banget makan makanan pedas (yang biasanya bikin aku jerawatan). Sejak aku pakai masker ini jerawat yang biasanya selalu muncul jadi nggak muncul hehehe. Selain itu biasanya aku pakai ini di bagian hidungku setiap pagi (sebelum morning skincare). Hasilnya minyak di hidung jadi lebih berkurang~ Aku merekomendasikan produk ini untuk kamu yang punya tipe kulit berminyak. Acnes Tea Tree Oil Clay Mask ini punya oil control yang oke banget.

Dari segi produknya nggak ada masalah. Mulai dari kemasan, isi produk, hingga hasil pemakaian semuanya bagus. Dari segi harga ini termasuk murah dibandingkan dengan clay mask produksi brand luar yang harganya bisa sampai ratusan ribu. Tapi sayangnya masker ini belum bisa ditemukan di minimarket jadi harus beli ke drugstore atau supermarket.

mentholatum-acnes-tea-tree-oil-clay-mask-review

✿ melembabkan kulit kering
✿ mengurangi minyak di wajah 
✿ mencegah jerawat
alcohol free
✿ ada bahan untuk acne & anti-aging care 
✿ nggak bikin kulit terasa kering selama pemakaian (sebelum dibilas)

✿ ada kandungan paraben (methylparaben)

[Formula] ★★★★★
[Moisture] ★★★★★
[Oil Control] ★★★★☆
[Scent] ★★★★☆
[Overall] ★★★★☆

Where to buy? Supermarket/online shop
Price? Rp. 33.000

You Might Also Like

0 comment(s)

Terima kasih sudah mampir! Komentarmu akan segera aku balas. Sorry, komentar berisi link hidup/spam/promosi akan dihapus. Jangan lupa klik "notify me" supaya bisa tau balasanku :-)